oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Komunikasi Yang Saya Lakukan Adalah Respon Yang Saya Dapatkan

July 14th 2012 in entrepreneurship, Komunikasi, Marketing, society
Apakah Anda pernah mengkomunikasikan suatu hal terhadap seseorang, tapi orang itu tidak mengerti apa yang Anda katakan? Apakah Anda menyalahkan mereka untuk tidak mendengarkan dengan baik, atau untuk salah menafsirkan kata-kata Anda? Atau apakah Anda mengambil tanggung jawab untuk respon komunikasi yang anda timbulkan? Apakah Anda terpusat dengan kebenaran Anda selain bersikap fleksibel dalam pendekatan Anda? 
Komunikasi adalah seperti tari, di mana kita memimpin dan mengikuti, memberi dan menerima, berbicara dan mendengarkan, membuat dan menerima. Melalui tarian ini kita bisa menguasai diri kita. Kita harus bertanggung jawab atas komunikasi kita agar dapat menyentuh daya pikir orang lain. Jika ini tidak dilakukan, maka ini tidak membantu tarian, juga tidak mencerminkan respon baik pada para penari ketika salah satu pasangan menyalahkan yang lain ketika salah langkah.
 

Komunikasi yang efektif adalah lebih dari sekedar mengatakan apa yang ada di pikiran Anda. Jembatan komunikasi yang efektif menjembatani dunia yang berbeda! Hal ini membutuhkan ekspresi aktif, mendengarkan, pengolahan informasi, fleksibilitas, dan kesadaran. Komunikasi yang paling efektif adalah ketika dua orang atau lebih dapat dengan mulus menyelaraskan dan menjadi satu dalam pikiran. 
Banyak cara berbeda yang ada untuk mengungkapkan hal yang sama? Ketika seorang anak di sekolah dasar berbicara kepada temannya dengan  mengatakan, “Bolehkah saya menggunakan itu?” bukan, “Berikan itu padaku!” Coba bandingkan bagaimana respon temannya tersebut? 
Komunikasi tidak hanya dengan menggunakan kata-kata yang berbeda, akan tetapi juga dapat melalui penyesuaian intonasi, infleksi dan volume. Di lapangan olahraga mungkin dapat diterima untuk benar-benar memproyeksikan suara kita dengan volume tinggi, di mana di perpustakaan komunikasi lebih tepat dilakukan dengan tenang. Sungguh menakjubkan betapa perubahan kecil dalam cara kita berkomunikasi menyebabkan perubahan besar dalam cara orang merespon. 

Sebagian besar komunikasi adalah, pada kenyataannya, nonverbal, termasuk jeda, bahasa tubuh dan kesadaran. Ketika totalitas komunikasi kita adalah sama dan sebangun dengan apa yang kita ingin ungkapkan, maka respon pendengar akan selaras dengan hasil yang kita inginkan. Jika bahasa tubuh kita, nada atau volume tidak sesuai dengan kata-kata kita, atau konflik kata-kata kita dengan identitas kita, maka kita cenderung untuk mencapai hasil/respon yang tidak kita inginkan. 

Penguasaan diri dan komunikasi 
Jika kita memiliki kesulitan berkomunikasi atau menemukan diri kita tidak puas dengan hasil yang diharapkan, maka selidikilah alasannya, dan ingat bahwa kita selalu memiliki kekuatan untuk membuat perubahan.
 

Komunikasi yang efektif menghasilkan respon yang efektif. 
Respon penolakan mencerminkan kepada kita bahwa kita berkomunikasi dengan perlawanan. 
 Jika seseorang berkata, “Tidak mungkin saya dapat berkomunikasi dengan anda!”, maka dapat dipastikan bahwa mereka kurang keterampilan untuk memacu seseorang menjadi bertindak melalui komunikasi.Orang yang jeli dalam komunikasi tidak menganggap orang lain yang menajdi lawan bicaranya sebagai orang keras kepala atau lambat, tidak mungkin atau bodoh. Orang ini jeli dan menyadari gaya komunikasi lawan bicaranya, dan cukup fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan cara orang itu untuk berkomunikasi.


Komunikasi dikatakan berhasil jika
para pendengar dapat mengakui bahwa mereka diberdayakan untuk membuat perubahan yang diinginkan. Mereka menyadari bahwa tanggapan yang mereka miliki adalah refleksi dari ekspresi mereka sendiri. Dan mereka segera bertindak dengan sepenuh hati untuk mendukung kesuksesan tujuan.(Pesuy2012)

One comment to...
“Komunikasi Yang Saya Lakukan Adalah Respon Yang Saya Dapatkan”
Avatar
frynki.com

excellent post




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Bisnis dari semua ukuran memperluas dengan ebooks. Sebuah ebook adalah sebuah buku tanpa kertas dalam format digital yang dapat Anda download ke komputer Anda, perangkat genggam pembaca atau lainnya. Hal ini dapat dibaca dengan menggunakan program software seperti Adobe (untuk format pdf.) Atau Microsoft Word.Berikut adalah beberapa cara untuk memperluas operasi bisnis Anda sendiri dengan […]

Previous Entry

Setiap sekolah atau dunia pendidikan memiliki silabus yang didalamnya berisi tentang materi-materi yang akan diajarkan kepada siswanya. Setelah materi diberikan kepada siswa, maka sekolah akan melakukan suatu evaluasi sebagai parameter keberhasilan siswa. Langkah evaluasi sekolah kepada siswa selain dengan tahapan ujian, juga dengan mewajibkan siswanya untuk membuat karya tulis.karya tulis adalah karya tulis yang dibuat […]

Next Entry