oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Analisis Lingkungan Bisnis

January 16th 2012 in Bisnis Retail, entrepreneurship, Marketing
Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya membuat analisis secara terperinci terlebih dahulu mengenai lingkungan eksternal perusahaannya sebelum melakukan ekspansi bisnis. Lingkungan itu dapat berupa lingkungan sosial, ekonomi, politik, maupun teknologi. Pembahasan yang dilakukan lebih mengarah kepada aspek makronya, meskipun dikaitkan dengan kepentingan perusahaan. Bagi pengelola toko, tentu saja harus menganggap bahwa analisis itu penting. Kedalaman dan rincinya analisis yang dilakukan tergantung dari skala dan ukuran toko.
Aspek-aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya suatu toko adalah :
Trend belanja masyarakat
Jika kita membangun suatu toko, tentu yang kita pikirkan bukan hanya barang yang akan di jual di toko, akan tetapi trend belanja disekitar toko kita pun harus dipikirkan. Mengapa? Bayangkan saja jika toko kita terletak di lingkungan kelas menengah kemudian toko kita menjual barang-barang yang bermerekterkenal dan berharga tinggi.Apakah akan laku dijual? Jelas tidak. Itulah pentingnya menganalisa trend belanja masyarakat. Agar toko kita mampu menyediakan produk yang benar-benar
dibutuhkan oleh pelanggan.
Apakah pelanggan kini lebih memperhatikan hal-hal khusus dalam berbelanja? Apakah mereka lebih menghargai mutu? Cobalah untuk mendapatkan masukan dari hal-hal diatas dengan memonitornya melalui majalah bisnis, mengamati prilaku pelanggan toko anda, atau menganalisis laporan penjualan toko. Bagaimana kecenderungan berbelanja suatu keluarga yang kedua orangtuanya bekerja? Apakah para ibu lebih suka berbelanja barang tertentu dibandingkan ayahnya? Berapa kali dalamseminggu seorang ibu berbelanja?
Begitulah, banyak sekali pertanyaan yang akan membimbing kita untuk mengetahui gaya belanja suatu masyarakat. Dengan mengetahui gaya belanja ini, maka kita dapat membuat suatu segmentasi pasar untuk toko kita. Dari segmentasi yang dibuat, maka target dan positioning toko kita pun akan terdeskripsikan. Dan pada akhirnya Toko aakan mendapatkan pendapatan yang maksimal.
Perekonomian
Faktor ekonomi memiliki dampak berantai terhadap bisnis yang kita jalankan. Nilai tukar berubah, maka kemungkinan haraga barang di toko anda pun ikut berubah. Harga bahan bakar naik,maka tentu anda harus menghitung ulang pembelian anda. Jika daya beli pelanggan bergeser, maka anda pun harus cerdik memperlakukan harga barang anda.
Karena itu, perubahan perekonomian nasional bahkan mungkin global, tergantung dari skala bisnisnya, harus selalu diamati untuk pengambilan keputusan strategis bisnis kita.
Sebagai contoh jika anda akan membuka cabang baru di suatu tempat. Investasi membuka cabang baru memakan biaya yang tidak sedikit. Mungkin saja anda harus meminjam dana ke bank untuk ekspansi cabang baru anda. Jika anda tidak memahami kondisi perekonomian terkini, misalnya suku bunga pinjaman, inflasi, dan sebagainya, bisa jadi dana pinjaman anda hilang begitu saja. Toko baru anda tidak berkembang, sementara anda harus membayar cicilan. Akhirnya hal ini dapat membahayakan
bisnis anda.
Kebijakan Pemerintah
Jangan sekali-kali mengabaikan aspek kebijakan pemerintah. Kebijakan impor barang, peraturan perpajakan, zonasi pasar modern, upah minimum,dan lain-lain harus anda perhatikan.Kadang-kadang kebijakan yang dikeluarkan bisa menguntungkan bisnis anda, tapi kadang-kadang juga akan membuat anda kesulitan. Akan tetapi suka atau tidak suka, mau atau tidak mau hal ini harus dilakukan demi keamanan dan kelancaran bisnis toko kita.
Apa hubungannya kebijakan pemerintah dengan keamanan toko kita? Ok, anggap saja jika anda mengabaikan kebijakan pemerintah mengenai upah minimum. Anda membayar kayawan anda dibawah upah minimum yang ditetapkan pemerintah. Bisa jadi toko anda akan didemonstrasi, entah dengan cara dibajak, atau bahkan mungkin barang-barang anda dicuri oleh karyawan anda sendiri. Sangat jelas tidak aman.

Teknologi
Perubahan-perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi, khususnya tenologi informasi dan komunikasi sangatlah cepat. Orang menyebutnya double phenomenon karena pertumbuhannya selalu berlipat dua. Bagi peritel, pengaruh perkembangan teknologi ini sangat signifikan bagi operasional toko. Arah perubahan perangkat teknologi pada industri ritel membuat operasi toko menjadi lebih efisien, cepat, dan seringkali lebih murah. Teknologi yang mempengaruhi operasional toko meliputi Point Of Sales, software pembayaran elektronik, manajemen database pelanggan, software inventory, dsb.
Trend Industri
Trend industri ini mencakup perkembangan dunia ritel yang kita jalani,misalnya format-format toko yang saat ini sedang trend, pola distribusi,pola pelayanan pelanggan, desain warna toko, trend teknologi, dsb.
Persaingan
Pengelolaan bisnis ritel disatu sisi memiliki prospek yang baik,karena potensi pasarnya yang sangat besar. Namun dalambisnis apapaun, ungkapan “ada gula ada semut” selalu terjadi. Jika ada suatu bisnis yang menguntungkan, maka dengan cepat akan muncul pelaku-pelaku bisnis baru yang ikut terjun.
Tingi rendahnya intensitas persaingan akan mempengaruhi mulus tidaknya bisnis yang kita jalankan. Amatilah pesaing-pesaing baru maupun lama, mulai dari strategi promosi mereka, hingga produk-produk yang mereka jual. Semuanya akan membantu anda mengevaluasi strategi anda. Kemenangan dalam persaingan adalah mereka yang memiliki informasi dan menyusun strategi yang tepat berdasarkan informasi tersebut.
Kesemua faktor-faktor tersebut berada diluar kekuasaan kita, namun demikian, dengan menganalisa hal-hal tersebut, kita dapat meraih peluang bagi bisnis yang kita jalankan. Dan dari hasil analisis pun kita juga dapat mengantisipasihal-hal buruk yang bisa mengganggu operasional toko kita.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Anda tentunya tahu Sam Walton, sang pendiri Wal-Mart. Bagaimana Sam Walton menjadikan Wal-Mart sebagai perusahaan yang memiliki pendapatan milyaran dollar setiap tahunnya dan menjadi salah satu perusahaan yang paling diminati? Inilah beberapa nilai-nilai yang dilakukan oleh SamWalton dalam menjalankan bisnisnya!1. Komitmen yang tinggi pada usaha anda. Jika anda yakin dengan bisnis anda,maka cintailah ia […]

Previous Entry

Sebagai pemasar, kita semua tahu, konsep brand loyalty sebenarnya merupakan ukuran keterikatan pelanggan terhadap sebuah merek. Ukuran tersebut mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek lain, terutama jika didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga atau atribut lainnya, pada merek dimaksud. Menurut Henry Assael , loyalitas terhadap merek merupakan hasil dari keputusan […]

Next Entry