oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

10 Nilai-nilai Sam Walton

January 12th 2012 in Bisnis Retail, entrepreneurship
Anda tentunya tahu Sam Walton, sang pendiri Wal-Mart. Bagaimana Sam Walton menjadikan Wal-Mart sebagai perusahaan yang memiliki pendapatan milyaran dollar setiap tahunnya dan menjadi salah satu perusahaan yang paling diminati? Inilah beberapa nilai-nilai yang dilakukan oleh SamWalton dalam menjalankan bisnisnya!
1. Komitmen yang tinggi pada usaha anda. Jika anda yakin dengan bisnis anda,maka cintailah ia dan tunjukkan bahwa anda selalu melakukan yang terbaik.Kecintaan ini akan membuat anda antusias dalam bekerja, dan rasa antusiasme ini akan menular kepada lingkungan anda.
2. Berbagi keuntungan dengan seluruh karyawan, dan perlakukan mereka sebagai mitra. Dan jadilah orang yang menghargai bagaimana kemitraan itu harus terus diwujudkan.
3. Berikan motivasi pada mitra anda. Uang dan kepemilikan tidaklah cukup. Anda harus selalu mencari cara-cara baru yang inovatif untuk memotivasi dan memberi tantangan pada mereka. Buat sasaran yang tinggi,dorong persaingan dan tetaplah memberikan evaluasi.
4. Berkomunikasi sebanyak mungkin pada mitra anda. Semakin banyak mereka tahu, semakin mereka memahami perusahaan. Semakin mereka memahami perusahaan, maka mereka akan semakin perhatian pada perusahaan. Jika anda tidak percaya pada mitra anda atas sesuatu yang terjadi, maka giliran mereka tahu, mereka akan menganggap anda tidak menghargai mereka sebagai mitra.
5. Hargai semua yang dilakukan karyawan anda. Selain memberikan uang dan kesempatan memiliki saham agar karyawan loyal, ia harus dihargai. Setiap orang selalu suka bila diberitahu bahwa seseorang menghargai pekerjaannya. Selalulah memberikan pujian, itu semua tidak memerlukan biaya dan bermanfaat untuk masa depan.
6. Rayakan kesuksesan anda. Cobalah temukan sisi humoris dari kegagalan anda. Jangan terlalu dianggap serius, dan cobalah untuk santai. Jika anda santai,maka orang di sekitar anda akan santai juga. Bersenang-senanglah, dan selalu untuk menunjukan antusiasme.
7. Dengarkan setiap orang di perusahaan anda. Cobalah usahakan agar mereka dapat bicara. Apalagi mereka yang ada di barisan depan, karena mereka yang selalu berhadapan dengan pelanggan, dan mengetahui lebih banyak. Inilah total quality sesungguhnya, dimana anda mendorong tanggung jawab dan mencoba untuk memberitahukan kepada anda apa yang sedang terjadi.
8. Lebihkan harapan pelanggan anda. Jika anda lakukan itu, maka mereka akan terus kembali dan kembali lagi. Berikan mereka apa yang mereka inginkan dan tambah sedikit lagi. Tunjukkan bahwa anda sangat menghargai mereka. Akui semua kesalahan anda dan jangan mencari alasan, segeralah meminta maaf.
9. Awasi biaya anda. Karena dari sinilah salah satu sumber keunggulan bersaing peritel. Anda masih sempat melakukan beberapa kesalahan dan tetap bisa menjalankan bisnis jika anda beroperasi dengan efisien.
10. Cobalah melawan arus. Cobalah cari jalan yang berbeda. Kalau semuaorang melakukan satu cara yang sama, maka ini adalah kesempatan bagi anda untuk mencari keuntungan dengan cara yang berbeda
Itulah nilai-nilai yang diwariskan Sam Walton untuk pengembangan bisnis retail anda. Semoga nilai-nilai ini dapat menular kepada anda.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.
Diolah dari buku Sam Walton: Made In America, My Story, co-authored by J.Huey, Doubleday

One comment to...
“10 Nilai-nilai Sam Walton”
Avatar
Rizkyzne.com

tipsnya sangat bermanfaat dari Sam Walton, izin save yh sob




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Pada umumnya orang memilih berinvestasi dalam bentuk emas untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan pertambahan nilai dari emas dinilai tidak terlalu besar dalam jangka pendek dibandingkan dengan investasi di bursa saham misalnya. Tapi ada periode-periode tertentu dimana investasi emas dalam jangka pendek menghasilkan return yang lebih tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan investasi […]

Previous Entry

Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya membuat analisis secara terperinci terlebih dahulu mengenai lingkungan eksternal perusahaannya sebelum melakukan ekspansi bisnis. Lingkungan itu dapat berupa lingkungan sosial, ekonomi, politik, maupun teknologi. Pembahasan yang dilakukan lebih mengarah kepada aspek makronya, meskipun dikaitkan dengan kepentingan perusahaan. Bagi pengelola toko, tentu saja harus menganggap bahwa analisis itu penting. Kedalaman dan rincinya […]

Next Entry