buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Membina Emotional Relationship Dengan Pelanggan

December 10th 2011 in Bisnis Retail, Marketing
Makin disadari bahwa dalam memenangkan suatu kompetisi bisnis retail, mengandalkan assortment dan harga tidaklah selalu efektif. Mengandalkan assortment, dalam waktu yang relatif singkat akan ditiru oleh pesaing. Demikian pula dengan mempermainkan harga, pesaing akan dengan cepat menyamakan harga jual produknya. Yang terjadi justru adalah perang harga yang tidak menguntungkan kedu pelah pihak di kemudian hari.
Cara lain yang justru murah namun sulit untuk ditiru adalah membina ikatan emosional dengan pelanggan anda. Contoh dari ikatan emosional yang berhasil adalah ketika jutaan orang rela mengirim SMS untuk calon favoritnya dalam suatu ajang pencarian bakat di televisi. Kalau ribuan orang yang bahkan tidak pernah bertemu muka dengan orang yang didukungnya saja mau memberi dukungan, bagaimana dengan store manager dan seluruh staffnya yang setiap hari bertemu dengan pelanggannya? Seharusnya mereka bisa membangun ikatan emosional yang lebih erat dengan pelanggan. Dengan ikatan emosional yang erat, pelanggan yang anda miliki akan sulit berpindah untuk berbelanja di toko lain. Tawaran promosi dari toko lain tidak menggerakkan mereka untuk berpindah.
Membentuk suatu ikatan emosional dengan pelanggan tidak harus dimulai dari sesuatu yang besar, namun juga dapat dari suatu hal yang kecil namun bersifat sangat personal bagi pelanggan.Beberapa contoh hal kecil namun dapat bersifat personal tersebut diantaranya adalah :
1. Ingat nama pelanggan anda
2. Cari tahu ranggal lahir mereka dan beberapa anggota keluarga mereka, dan berikan kejutan pada hari ulang tahun mereka.
3. Miliki nomor telepon mereka untuk berjaga-jaga apabila ada produk yang sekiranya memang mereka perlukan.
4. Ingat barang-barang yang rutin mereka beli, dan pastikan barang tersebut selalu tersedia di toko.
5. Permudah dan bantu mereka dalam mengurus after sales service.
Itulah beberapa contoh hal kecil yang dapat membina hubungan emosi dengan pelanggan menjadi semakin erat. Kedekatan anda dengan pelanggan anda akan menciptakan banyak pelanggan yang loyal kepada toko anda.Dan pada akhirnya penjualan anda akan selalu maksimal.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Setiap kali saya sering bertanya kepada klien : “Apakah sudah punya tagline untuk bisnis anda?”Kebanyakan dari mereka menjawab : “Belum, mungkin bisa dibuatkan sekalian” atau “Ada, We serve the best!”Hal ini menunjukkan kurangnya pemahaman klien mengenai tagline. Sehingga, mereka tidak begitu menganggap tagline itu sebagai sesuatu hal yang penting atau tagline yang diciptakannya kurang menyentuh. […]

Previous Entry

Sebagai seorang pebisnis dan pemilik toko, anda harus mengenali para pemain yang terlibat dalam usaha anda. Ada tiga pemain yang sangat menentukan keberhasilan anda, dan anda harus mengenal mereka dengan baik, yaitu pelanggan, pemasok,dan karyawan.Pelanggan adalah sumber penghasilan anda. Merekalah yang diharapkan menyumbangkan aliran masuk uang kas anda dan pada akhirnya menambah kekayaan anda. Untuk […]

Next Entry