oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Memenangkan Kompetisi Bisnis

November 25th 2011 in entrepreneurship
Kompetisi bisnis tidak bisa dihindari dan pasti akan terjadi dengan berbagai alasan. Kenapa ? Pertama, karena sesuatu yang bagus dan menguntungkan akan mengundang pemain lain masuk ke dalam bisnis yang sama, apalagi di bisnis retail yang sangat mudah untuk dimasuki baik skala kecil maupun menengah. Kedua, adalah karena pasar selalu membutuhkan suatu pilihan. Kehadiran kompetitor merupakan hal yang selalu dinanti oleh konsumen.
Sudah menjadi suatu hal yang umum bahwa kehadiran kompetitor mengancam kestabilan suatu bisnis. Akan tetapi dibalik keadaan tersebut kehadiran kompeatitor bisa menjadi pemicu bagi pebisnis untuk menjaga kualitas dirinya sehingga mampu mempertahankan pelanggannya.
Pasar ibarat kue yang diperebutkan oleh sejumlah orang yang berminat Diantara orang-orang yang berminat tersebut, akan ada yang makan lebih banyak dan ada yang hanya bisa makan sedikit saja. Tidak bisa dihindari, setiap kali bisnis kedatangan kompetitor baru, maka bisnis tersebut mau tidak mau akan berbagi kue untuk pendatang baru tersebut.
Pertanyaannya adalah seberapa besar kue yang harus terbagi atau “tercuri” oleh kompetitor ? Sedikit atau banyak pasar yang hilang oleh kedatangan kompetitor baru tergantung dari kemampuan bisnis tersebut dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan service yang dimilikinya. Kehilangan pasar adalah kehilangan pelanggan. Berarti jika bisnis anda tidak mau tercuri pasarnya, maka anda harus mempertahankan pelanggan anda. Slah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah melalui service beyond “service” excellent.
Klik disini untuk versi Bahasa Inggris.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Dalam suatu bisnis toko retail, kemajuan dan kelancaran operasional toko dipengaruhi oleh kecakapan seorang manager toko. Manager toko merupakan orang yang penting di suatu toko dan merupakan representasi manajemen perusahaan di garis depan. Karena itu seorang manager toko harus mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawabnya agar operasional toko dapat berjalan dengan lancar dang menghasilkan […]

Previous Entry

Setiap orang berkata bahwa untuk memulai bisnis perlu modal yang lumayan besar. Well, bagi saya pemikiran itu sedikit keliru. Sebab pemikiran tentang perlunya modal besar untuk usaha adalah persepsi bahwa kita akan berbisnis berskala besar. Padahal sebetulnya berbisnis itu tidak harus berskala besar. Bisnis lebih enak dimulai dari skala kecilsaja. Kenapa ? Sebab langsung berbisnis […]

Next Entry