buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuka Toko

October 24th 2011 in Bisnis Retail, entrepreneurship
Anda pasti punya keinginan untuk berbisnis. Dan bisnis yang akan anda jalankan adalah dengan membuka suatu toko. Kalau anda menyewa seorang konsultan retail untuk membangun sebuah toko kecil, tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tapi anda bingung dan akan kesulitan jika tidak ada tempat untuk bertanya dalam persiapan membuka toko. Berikut ini saya mencoba untuk berbagi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan dalam membuka suatu toko retail modern, bukan tradisional lagi. Ini diambil dari pengalaman saya dalam membuat suatu specialty store di bidang hiburan pada waktu beberapa tahun kebelakang.
Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuka toko pertama kali adalah :
1. Tempat
Toko retail offline tentunya berbeda dengan toko retail online yang tidak memerlukan tempat. Tempat yang dimaksud merupakan tempat untuk melakukan segala kegiatan usaha anda dalam berbisnis toko retail. Tempat yang digunakan bisa milik sendiri atau dengan cara menyewa. Apabila anda mengambil keputusan untuk menyewa tempat, maka anda harus mencari tempat yang anda anggap strategis untuk menjual produk-produk anda. Tentukan tempat yang akan anda sewa apakah akan berada di suatu shopping mall, atau dipinggir jalan.
2. Produk
Tentu saja, kalau gak punya barang apa yang akan anda jual ? Persiapkan jumlah barang jualan anda setepat mungkin. Tidak boleh over stok apalgi low stok, karena jumlah barang yang anda miliki akan menentukan pendisplayan toko. Jika anda punya budget banyak dan kurang memiliki kemampuan untuk lobi komunikasi, anda tinggal beli kontan saja ke supplier untuk penyediaan barangnya. Jika anda jago dalam komunikasi bisnis, dan kebetulan punya anggaran terbatas, gunakan kelebihan komunikasi anda untuk lobi supplier agar bisa berhutang dulu dalam penyediaan barang dagangan. Tapi ingat, kalo anda melakukan lobi, anda harus junjung tinggi kejujuran dan kepercayaan, karena ini kunci utama dalam bisnis.
3. Karyawan
tak perlu banyak-banyak untuk merekrut karyawan. Sesuaikan dengan kebutuhan anda dan tentunya sesuai dengan perencanaan keuangan bisnis anda. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merekrut pramuniaga adalah :
a. Penampilan.
Siapa bilang penampilan itu gak penting ? Sangat penting. Logikanya ? Apa perasaan anda jika didekati oleh wanita cantik dan wangi ? Senang bukan ? Pelanggan juga merasakan hal yang sama. Saya gak bilang pramuniaga anda harus cantik, akan tetapi setidaknya karyawan anda harus mau diajari dan bisa untuk memperbaiki penampilan dirinya.
b. Percaya Diri
Menjadi seorang pramuniaga bukanlah pekerjaan yang remeh. Sebaliknya, hidup matinya suatu toko bergantung kepada pramuniaga ini. Menjadi pramuniaga bukan hanya sekedar menjaga toko agar barangnya gak hilang, atau hanya sekedar melayani orang yang mau beli saja. Jauh lebih penting dari itu. Seorang pramuniaga harus mampu memperoleh pelanggan yang loyal untuk tokonya, agar pelanggan itu loyal berbelanja di toko anda, maka mereka harus dilayani dengan excellent. Dan pelayanan akan excellent ketika karyawan anda memiliki kepercayaan diri tinggi.
c. Terampil
jangan carikaryawan yang malas, cari yang terampil. Ini memudahkan anda dalam melakukan kegiatan di toko.
4. Sistem POS
Hal selanjutnya yang ahrus dipersiapkan dalam membuka toko retail modern adalah mempersiapkan POS. Pos adalah singkatan dari Point Of Sales, yaitu seperangkat komputer yang digunakan untuk proses transaksi jual beli di toko and. Apakah perlu ? Tentu saja, ini adalah persiapan toko retail modern, bukan toko biasa ! POS bukan hanya untuk proses transaksi saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai sumber data untuk melakukan analisa-analisa misalnya analisa penjualan, efektifitas customer, Produktivitas per transaksi, dsb. Semua serba canggih, tak perlu gunakan buku-buku catatan yang mungkin bisa memakan banyak ruangan. Standar POS untuk toko meliputi monitor komputer, customer display, CPU, barcode scanner, dan printer. Jika anda yakin bahwa toko anda akan ramai dikunjungi ? Anda bisa gunakan 2 atau 3 POS sekaligus, akan tetapi jika belum yakin, cukup sediakan 1 unit POS saja. Dan jangan lupa, berikan pelatihan kepada karyawan anda dan buat Prosedur Operasi standarnya agar transaksi tidak mengalami kesalahan.
5. Pendisplayan
Coba anda perhatikan ketika anda berkunjung ke suatu shopping mall. Toko-toko yang ada di dalamnya memajang produk dagangan mereka dengan cantik dan rapih. Ini dibuat tidak dengan sembarangan, punya aturan dan teknik tertentu, dan ini dinamakan dengan teknik pendisplayan. Teknik pendisplayan penting untuk menarik minat pelanggan berkunjung ke toko anda, dan sebagai pendukung dalam impulse buying customer. Karena itu standarkan cara pendisplayan barang di toko anda, dan sosialisasikan kepada semua karyawan anda. Pendisplayan disini juga mencakup design interior toko anda. Buat design toko anda semenarik mungkin, namun juga tidak terlalu ramai. Rasakan ketika anda berperan sebagai seorang pelanggan, apa yang ingin anda peroleh ketika berkunjung ke suatu toko ? Kenyamanan.
Itula 5 hal yang harus diperhatikan dalam membuka suatu toko retail modern. Ini baru langkah awal, belum menuju ke pengelolaan toko. Namun seiring berjalanya waktu, saya yakin anda akan semakin mahir dalam mengelola toko. Dan jika anda telah mahir, segeralah untuk berbagi ilmu retail anda ke orang lain, karena itu akan semakin meningkatkan rejeki anda.
Semoga Berhasil !!!
(Anda dapat melihat artikel ini dalam versi Bahasa Inggris di www.reachschools.org)

3 comments to...
“Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuka Toko”
Avatar
parfum

Menurut saya Lokasi adalah utama selain produk yang ingin dijual juga harus memiliki keunikan dibandingkan dengan produk yang sudah ada dipasaran. Mungkin selain produk yang unik, diperlukan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan yang sudah ada di tempat lain.

Salam,
Parfum


Avatar
sawali tuhusetya

dalam berbisnis sekarang ini muncul fenomena aneh, bos. bukannya melakan perhitungan2 rasional, tetapi justru “berpakta” dengan hal2 yang irasional.


Avatar
oceanoffish.blogspot.com

berfakta pada hal-hal yang irasional maksudnya gimana ya ?




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Begitu banyak bisnis yang bisa dikembangkan, dari bisnis rumahan hingga bisnis berbasis industri. Apapun skala bisnisnya, semuanya memiliki satu tujuan yaitu meraih profit. Namun ada satu bisnis yang dirasa jarang orang untuk berani berinvestasi di dalamnya. Bisnis itu adalah bisnis penangkapan ikan di laut, atau disebut hanya dengan penangkapan ikan saja.Bisnis penangkapan ikan adalah […]

Previous Entry

Sejak awal diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2007, animo masyarakat terhadap Yamaha V-ixion sudah sangat antusias. Ini terbukti dari ribuan konsumen yang mengantri untuk mendapatkan produk ini sejak bulan Februari. Kenapa Yamaha vixion begitu sukses meraih pasar hingga mengalahkan pesaingnya Honda Tiger ? Ini dia jawabannyaSebelum mulai diproduksi,Yamaha V-ixion memposisikan diri sebagai motor sport untuk […]

Next Entry