buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Metode penangkapan Ikan VS Teknik Penangkapan Ikan

September 10th 2011 in perikanan
Seorang murid bertanya kepada gurunya : “Pak,apa bedanya metode penangkapan ikan dengan teknik penangkapan ikan ?”. Sang guru diam sejenak, lalu menjawab :”Beda-beda tipisnak. Kalau metode itu cara bagaimana melakukan, sdangkan teknik adalah cara pelaksanaannya.” Sang murid masih tetap bingnung karena perbedaan itu katanya sangat tipishingga tidak tahu sama sekali maksudnya. Semua orang memahami perbedaan akan metode dengan teknik, “Hanya saja ketika dituangkan kedalam teori, sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata”, demikian seorang pujangga berujar. Secara harfiah arti metode dan teknik keduanya mengacu pada arti cara. Namun apa sebenarnya perbedaannya ? Kalau kita merujuk pada suatu contoh cerita, anggaplah cerita perang-perangan, maka perbedaan metode dengan teknik akan jelas terlihat.
Pada saat berkecamuk Perang Dunia II,seorang panglima perang Perancis mengadakan pertemuan dengan para komandan lapangannya untuk membahas rencana peperangan melawan pasukan Jerman.Dari hasil pertemuan itu Panglima perang tersebut memerintahkan agar seluruh pasukan Perancis akan melawan pasukan Jerman dengan metode perang gerilya, atau dengan kata lain melakukan prinsip/strategi gerilya. Dari pertemuan itu Panglima perang Perancis memerintahkan pula kepada para komandan lapangannya untuk segera meyusun teknik atau taktik pertempuran agar strategi gerilya yang telah diputuskan memperoleh kemennagnan yang gemilang. Tidak lama kemudian setelah mengetahui kondisi kekuatan persenjataan serta medan tempur masing-masingwilayahnya, para komandan telah menyusun taktik gerilya masing-masing dan disampaikan kepada prajuritnya untuk segera dilaksanakan.
Dari uraian diatas jelas terlihat bahwa sebetulnya taktik merupakan turunan dari strategi atau dengan kata lain teknik merupakan turunan dari metode. Metode berarti cara daris udut pandang suatu ide atau pemikiran, sedangkan teknik mengedepankan suatu cara pelaksanaan yang terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai hal yang lebih detail meliputi sumber daya yang dimiliki serta daya dukung di sekitarnya agar tujuan dari strategi dapat tercapai.
Sekarang kembali lagi kepada pertanyaan awal mengenai perbedaan Metode Penangkapanikan dengan Teknik Penangkapan Ikan !
Mengacu dari analogi perang diatas, maka sangat jelas bahwa Metode Penangkapan Ikan dengan Teknik Penangkapan Ikan adalah sangat tebal perbedaannya, tidak beda tipis seperti yang sebelumnya disangkakan. Metode Penangkapan ikan berarti suatu strategi atau prinsip dalam rangka memperoleh ikan. beberapa strategi atau metode penangkapan ikan diantaranya adalah melalui menjerat ikan, memburu ikan, melingkari ikan, serta mengumpan ikan. Selanjutnya disusun suatu teknik atau taktik dalam operasi penangkapan ikan berdasarkan strategi atau metode tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti alat tangkap ikan, fishing ground, sumber daya manusia, perbekalan, olah gerak kapal, serta alat bantu penangkapan ikan lainnya. Penguasaan serta pertimbangan secara matang berbagai hal tersebut akan menciptakan suatu teknik/taktik penangkapan ikan yang cepat, tepat dan aman, dimana pada akhirnya merupakan faktor penentu dalam keberhasilan suatu metode/strategi menangkap ikan.
Demikianlah perbedaan Metode Penangkapan Ikan dengan Teknik Penangkapan Ikan melaluisuatu pendekatan logika. Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi !



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Satuwaktu.net adalah toko online yang menjual film original berformat DVD dan Blu-ray. Selain itu Satuwaktu.net menjual buku-buku perikanan dan kelautan disamping buku-buku umum lainnya. Berbagai label film besar Hollywood seperti Dreamworks, Sony Pictures, Paramount, 20th Century Fox kami sediakan disini, termasuk dari label-label Indonesia serta dari National Geographic dan Discovery Channel. Kunjungi www.satuwaktu.net.

Previous Entry

Beberapa tahun lalu saya kuliah di sekolah milik negara dimana semua biaya kuliah hingga makan dan tidur di asrama¬†ditanggung oleh negara. Pakaian yang digunakan untuk belajar pun menggunakan seragam layaknya seorang tentara yang sedang mengikuti pendidikan. Pokoknya perguruan tinggi ini berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya.Ketika pertama kali masuk saya begitu […]

Next Entry