oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Langkah-langkah Melamar Pekerjaan Untuk Pemula

April 29th 2013 in melamar pekerjaan, society, Tutorial
Melamar pekerjaan bagi seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja biasanya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah bekerja. Penyebabnya adalah bahwa mereka yang telah berpengalaman kerja memiliki jaringan yang kuat dan keterampilan yang telah teruji. Akan tetapi bagi yang belum berpengalaman kerja tidakperlu patah semangat dalam mencari pekerjaan. Dengan strategi dan teknik yang jitu, maka pekerjaan akan mudah didapatkan.
Berikut adalah langkah-langkah melamar pekerjaan bagi anda yang belum memiliki pengalaman kerja:
1. Cari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Janganlah asal memilih pekerjaan, sebab ini akan membuat anda banyak mengeluh jika nanti diterima. Kemudian anda harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang anda miliki, karena ini akan mempercepat karir anda nantinya. Anda dapat mencari pekerjaan melalui lowongan pekerjaan online, koran,atau majalah.
2. Buat surat LamaranPekerjaan. Buatlah surat lamaran pekerjaan yang singkat namun jelas. Seyogyanya surat lamaran tidak boleh lebih dari satu lembar.
3. Buat Daftar Riwayat Hidup. Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran tentang perjalanan hidup anda yang perlu diketahui oleh pihak perusahaan. Membuat Daftar Riwayat Hidup yang komprehensif dengan tampilan yang menarik akan membuat perusahaan melirik berkas lamaran anda.
4. Ikuti keinginan perusahaan. Ketika anda dipanggil untuk wawancara, pastikan anda untuk menghadirinya. Jangan melakukan negosiasi atas jadwal yang telah ditetapkan, karena ini akan membuat perusahaan beranggapan anda tidak serius dalam melamar pekerjaan.
5. Perhatikan penampilan. Penampilan adalah hal yang termudah untuk dinilai. Gunakan pakaian terbaik yang anda miliki. Anda harus terlihat rapi, bersih dan wangi.
6. Bersikap jujur. Pewawancara akan mengetahui kejujuran atas jawaban anda. Jawablah semua pertanyaan dengan singkat namun jelas, tidak pelu mengada-ada apalagi berbohong.
7. Negosiasi gaji. Ingat, anda adalah pekerja pemula. Walaupun anda memiliki keterampilan, namun keterampilan tersebut belum teruji di lapangan pekerjaan. Mintalah gaji yang ideal sesuai dengan kebutuhan hidup anda ditambah dengan rencana menabung anda.
Itulah beberapa langkah dalam melamar pekerjan untuk pemula. Secara umum, type perekrutan pekerjaan oleh perusahaan manapun akan tidak jauh berbeda. Selamat berjuang.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Memperoleh uang dengan cara berbisnis membutuhkan kompleksitas pengetahuan. Bisnis bukan saja merupakan suatu seni, akan tetapi juga merupakan suatu ilmu. Maju mundurnya suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang bisa dipengaruhi oleh kualitas pengetahuan bisnis orang tersebut. Oleh karena itu sudah selayaknya bila seorang pebisnis harus belajar secara formal di sekolah bisnis.Melalui sekolah bisnis, mereka […]

Previous Entry

Ada dua type entrepreneur. Type yang pertama adalah entrepreneur yang tidak pernah mengenyam pendidikan bisnis secara formal. Orang-orang di type ini cenderung menjalankan bisnisnya berdasarkan insting dan pengalaman pribadinya selama menjalankan bisnis bertahun-tahun. Biasanya pola pikir entrepreneur di type ini kurang maju (kalau tidak ingin di katakan terbelakang), karena pengetahuan mereka mengenai bisnis sangat terbatas. […]

Next Entry