oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

3 Type Aplikasi E-Commerce

April 13th 2013 in bisnis, Bisnis online, Bisnis Retail, e-commerce
Perdagangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Sejalan dengan perkembangan manusia serta teknologi, maka cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan manusia adalah e-commerce.
Secara umum, e-commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang popular digunakan saat ini adalah internet. Perkembangan teknologi di masa mendatang, memberikan kemungkinan yang terbuka untuk penggunaan media lain selain internet.
Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan hanya berhubungan melalui suatu public network yaitu internet. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menghubungkan perusahaan dan konsumen melalui transaksi elektronik. Selain perdagangan barang, layanan dan informasi juga dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antar perusahaan, antara perusahaan dengan pelanggan, atau antara perusahaan dengan institusi pelayanan publik. Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu, sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar diantara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia. Keuntungan menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, respon dan pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau jasa pengiriman lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual. Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti memberikan keuntungan, antara lain :
• untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet;
• harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat;
• internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah;
• pembelian melalui internet selalu akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Seorang manajer dituntut untuk memiliki kemampuan briefing dan komunikasi ide gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasinya serta bagaimana menyampaikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada pelanggan. Terdapat 6 kendala yang mungkin muncul saat manajer mengkomunikasikan bisnis organisasinya, yaitu :a. Struktur komunikasi yang burukStruktur komunikasi adalah faktor esensial, yang menentukan baik-buruknya komunikasi bisnis. Tidak penting apakah […]

Previous Entry

Sebelum anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan e-commerce,sebaiknya anda harus memahami karakteristik e-commerce,sehingga anda dapata menentukan strategi yang tepat dalam menindaklanjuti pengembangan e-commerce untuk bisnis anda. Berikut adalah beberapa karakteristik E-Commerce:a. Transaksi tanpa batas Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal […]

Next Entry