human choroinic gonadotropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Karakteristik Seorang wirausaha

April 8th 2013 in entrepreneurship
Entrepreneurship adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Seorang wirausaha memiliki sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif, serta berdaya cipta dalam berusaha untuk meningkatkan penghasilanbagi dirinya.
Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usahanya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa henti, karena dia meyakini bahwa dengan berkreasi dan berinovasi maka semua peluang dapat diperolehnya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Berikut adalah karakteristik seorang wirausaha. Mungkinkah anda termasuk didalamnya?
1. Motif Untuk Berprestasi
Seorang wirausaha selalu memilikimotif bahwa bekerja itu adalah untuk membentuk suatu prestasi. Prestasi yang diperolehnya merupakan kepuasan tersendiri bagi dirinya. Oleh karena itu, seorang wirausaha adalah orang yang rajin dan tekun dalam bekerja. Apa yang dilakukannya sekarang berharap menghasilkan sesuatu di masa yang akan datang.
2. Selalu Perspektif
Perspektif adalah cara pandang seseorang akan suatu hal di masa mendatang. Seorang wirausaha selalu memiliki perspektif, artinya bahwa ia selalu memiliki pandangan yang jauh ke depan tentang apa yang akan terjadi sebagai akibat dari apa yang dilakukannya sekarang. Keberhasilan di masa mendatang sangat tergantung dari kinerjanya di saat sekarang.
3. Memiliki Kreatifitas
Seorang wirausaha akan selalu mencari dan menemukan jalan untuk mengerjakan sesuatu. Jika suatu pekerjaan terhambat, maka ia akan berfikitr untuk menemukan solusi atas hambatannya tersebut. Dan solusi yang dikeluarkannya biasanya sangat menakjubkan dan tak terduga.
4. Memiliki Perilaku Inovatif
Karena seorang wirausaha memiliki kreatifitas, maka tentu saja ia pun memiliki daya cipta atau perilaku inovatif yang tinggi. Demi mencapai prestasidan perspektifnya dimasa mendatang, ia selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang dirasa dapat bermanfaat di masa mendatang. Harapan lebih jauh lagi adalah bahwa berkat inovasinya tersebut maka penghasilannya dapat bertambah. Tengoklah contoh kasus Akio Morita, seorang entrepreneur pendiri Sony Corp yang berinovasi dengan walkman-nya.
5. Selalu Komitmen dalam Pekerjaan, Memiliki Etos Kerja dan Tanggung Jawab
Seorang wirausaha akan selalu menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bekerja. Bahkan di saat sedang beristirahat pun, biasanya otak yang dimilikinya terus bekerja untuk memikirkan pekerjaannya. Seorang entrepreneur yang sedang istirahat makan siang akan langsung meninggalkan makannya karena mendadak menemukan ide untuk pekerjaannya. Ini adalah suatu etos kerja yang sangat luar biasa, sekaligus juga menunjukkan bahwa ia memiliki komitmen tinggi dan tanggung jawab terhadap apa yang ia kerjakan.
6. Mandiri
Seorang entrepreneur adalah orang yang kreatif dan inovatif, artinya bahwa ia selalu menggunakan otaknya dalam melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu, maka seorang entrepreneur juga dapat bersikap mandiri. Ia akan selalu mengutamakan kemampuan dirinya untuk mengatasi segala masalah sebelum menemui orang lain. Jika sudah tidak mampu, maka barulah ia menemui seseorang yang dianggap lebih mampu. Itupun mungkin hanya sebatas konsultasi untuk menyempurnakan idenya bukan pertolongan penuh untuk menyelesaikan pekerjaannya
7. Berani Menghadapi Risiko
Akan selalu ada resiko dalam melakukan suatu bisnis. Tingkat Resiko suatu bisnis tergantung dari bentuk bisnisnya. Seorang wirausaha akan berani mengambil resiko demi apa yang dia lihat dalam perspektifnya. Namun resiko yang dia ambil tentu saja sudah dia perhitungkan dengan sangat matag, dan ia bertanggung jawab atas resiko yang dia ambil dengan cara berkomitmen pada keputusan yang dia ambil tersebut. Caranya adalah dengan meningkatkan kinerjanya untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan resiko tersebut.
8. Selalu Mencari Peluang
Seorang wirausaha akan selalu mencari peluang untuk berbisnis, dan ketika ia menemukan peluang maka ia akan langsung memanfaatkan peluang tersebut untuk dikonversi menjadi sumber penghasilannya
9. Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan manajerial
Seorang entrepreneur adalah orang yang lebih banyak menggunakan otaknya untuk bekerja dibandingkan dengan fisiknya. Kadangkala fisik yang dia miliki tidak gagah seperti atlet binaraga, akan tetapi daya pikirnya justru sangat luar biasa. Seorang entrepreneur mungkin tidak sanggup bekerja fisik mengangkat beban, akan tetapi untuk menutupi kekurangannya ini, maka ia akan menggunakan akalnya untuk mempengaruhi orang untuk melakukan pekerjaan fisik untuknya.
10. Memiliki Kerampilan Personal
Keterampilan personal adalah keterampilan khas yang dimiliki seseorang yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Keterampilan personal ini merupakan perpaduan antara keterampilan yang ia pelajari di pendidikan formal dengan karakter inovatif dalam dirinya. Sehingga karya yang ia buat akan terlihat berbeda di mata orang lain, walaupun mungkin karya itu adalah sesuatu hal yang biasa bagi mereka yang sudah paham. Akan tetapi berhubung dia adalah innovator, maka ia akan terlihat sangat special di mata orang lain.

One comment to...
“Karakteristik Seorang wirausaha”
Avatar
Kisah Sukses

Berangkat Bersama Menuju Kesuksesan yang bisa diraih dengan iman yang kuat Kisah Sukses Izin Mampir ya gan




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Tiap orang pastilah ingin sukses. Banyak definisi dan pengertian tentang sukses karena banyak yang mengartikan sukses secara berbeda. Ini adalah hal yang saja sebetulnya. Sebab tiap orang memiliki pengalaman, cara pandang, dan penekanan yang berbeda dalam menyikapi tentang kesuksesan.Dalam suatu bisnis, kesuksesan biasanya dinilai dari hal materi. Profit penjualan yang tinggi, merk yang semakin terkenal, […]

Previous Entry

Seorang manajer dituntut untuk memiliki kemampuan briefing dan komunikasi ide gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasinya serta bagaimana menyampaikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada pelanggan. Terdapat 6 kendala yang mungkin muncul saat manajer mengkomunikasikan bisnis organisasinya, yaitu :a. Struktur komunikasi yang burukStruktur komunikasi adalah faktor esensial, yang menentukan baik-buruknya komunikasi bisnis. Tidak penting apakah […]

Next Entry