oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Cara Membangun Team Work

April 1st 2013 in kepemimpinan/leadership, Tutorial, Tutorial bisnis
Anda tidak dapat bekerja sendiri. Jika tahu bagaimana cara mengelola teamwork,maka anda akan mendapatkan hasil kerja yang luar biasa. Teamwork yang efektif akan menghasilkan produktivitas, kualitas dan loyalitas diatas rata-rata. Berikut adalah tips-tips membangun teamwork:
1. Fokus
Jelaskan rencana organisasi bisnis anda kepada para anggota tim, dan lakukan follow up secara teratur. Follow up berguna bukan hanya untuk mengetahui progress pekerjaan saja, akan tetapi juga berguna untuk mengingatkan agar mereka tetap focus pada tujuan awal.
2. Definisikan peran
Garis bawahi dengan jelas tanggung jawab dan peran setiap individu dalam suatu tim. Hall ini sangat penting untuk menjamin kesuksessan tim. Dengan mendefinisikan peran masing-masing,maka para angota tidak akan bertanya-tanay tentang apa tugas mereka dan bagaimana mereka bekerja.
3. Tetapkan tujuan
Anggota tim perlu untuk memperhatikan tujuan pekerjaan anggota tim lainnya. Dengan mengetahui tujuan sesama anggota, maka mereka akan saling mendukung saling dan membantu.
4. Bagikan informasi
Seorang pemimpin tim wajib membagikan informasi yang dirasa perlu untuk mendukung pekerjaan mereka. Itulah sebabnya mengapa briefing pagi sebelum melakukan aktifitas kantor adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai ada kesalahan komunikasi bahkan kesulitan komunikasi di dalam internal tim, karena hal ini kan menghambat pekerjaan. Sampaikan informasi-informasi yang dibutuhkan sesegera mungkin.
5. Kepercayaan
Perlakukan setiap anggota tim dengan perlakuan yang sama. Bangun kepercayaan terhadap merekadan diantara mereka sendiri. Mengajak makan malam bersama diluar jam kantor atau mengadakan pesta kecil-kecilan di akhir pekan dapat membangun kepercayaan mereka terhadap anda.
6. Dengarkan
Bersikaplah terbuka terhadap ide-ide dan keluhan dari anggota tim. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan pendapat dalam suatu rapat.
7. Bersabar
Bila tim anda terlihat bermasalah dan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, maka anda harus bersabar. Beri waktu dan amati perkembangannya. Setelah mengetahui permasalahannya, anda harus bertindak cepat untuk memperbaikinya.
8. Dukungan
Setiap anggota tim harus ditantang untuk berkontribusi dalam segala hal.Dorong mereka untuk mengikuti pelatihan bila memang diperlukan. Beri mereka kesempatan untuk keluar sejenak dari tugas dan tanggung jawabnya untuk melakukan kegiatan pribadi mereka.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Menulis suatu essai bisnis sangat berbeda dengan menulis fiksi. Menulis suatu essai memiliki tambahan beban tanggung jawab karena ini adalah penyampaian suatu ilmu kepada public. Jika ilmu yang tidak jelas maksudnya, maka ini akan membingungkan pembaca. Lebih parah lagi jika ilmu yang disampaikan dalam essai keliru, maka penulis akan dipertanyakan kemampuan dan pengetahuannya. Secara umum, […]

Previous Entry

Tim merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan kemampuan, talenta, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda. Pada tim yang ideal, mereka berkumpul bersama-sama untuk mencpai tujuan yang sama dengan memandang perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan sebagai penghalang.Pada realita di lapangan, menjaga kekompakan suatu teamwork merupakan hal yang cukup sulit. Egoisme masing-masing anggota, […]

Next Entry