oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Apakah Paypal Policy Update Mempengaruhi Bisnis Online Anda

September 6th 2013 in bisnis, Bisnis online
Saya baru saja menerima email dari Paypal tentang Paypal Policy Update yang berlaku efektif tanggal 13 September 2013. Kebijakan terbaru dari Paypal ini adalah tentang pengaturan commercial payment fee. Pada intinya, terhitung tanggal tersebut diatas, maka Paypal akan mengenakan fee atas segala bentuk transaksi Paypal, termasuk record request fee. Apakah ini akan mempengaruhi bisnis online kita?
Ya, tentu saja! Dengan adanya kebijakan atas tariff ini, maka pembayaran yang dilakukan melalui Paypal akan dikurangi oleh Paypal. Dengan demikian sudah tentu profit yang kita terima pun menjadi berkurang.
Bagi para pebisnis online yang menggunakan Paypal sebagai metode pembayaran, ada 3 solusi yang bisa dilakukan untuk menyiasati kebijakan ini, yaitu :
1. Anda menutup akun Paypal anda. Ini mngkin dilakukan oleh para pengusaha online yang merasa bahwa tariff ini terlalu berat, atau fee ini membuat produk anda yang dijual tidak memiliki profit atau bahkan mengalami kerugian. Mereka yang menutup akun Paypal mungkin akan mencari alternative pembayaran lain yang dirasa lebih ringan dibandingkan dengan kebijakan Paypal ini. Namun resikonya adalah bahwa mereka harus mulai lagi mengedukasi pelanggan-pelanggannya agar membuat akun baru di tempat pembayaran virtual yang lain. Dimana hal ini besar kemungkinan tidak dikehendaki oleh mereka, karena mereka telah merasa nyaman dan percaya dnegan Paypal. Penutupan akun Paypal harus mempertimbangakn resiko akan kehilangan pelanggan setia anda yang menggunakan Paypal sebagai metode pembayarannya.
2. Tidak menutup akun Paypal dan tidak melakukan tindakan apapun atas kebijakan ini. Dalam solusi kedua ini, pemilik bisnis online tidak melakukan tindakan apapun atas produk ataupun jasanya.mereka tidak menaikan harga barang atau jasa yang dimilikinya. Mereka merasa bahwa fee yang diminta oleh Paypal masih terlalu kecil dan mungkin tidak berpengaruh besar kepada profit bisnisnya. Solusi nomor dua ini akan dilakukan oleh pengusaha-pengusaha bisnis online yang sudah berprofit besar.
3. Tidak menutup akun Paypal dan segera melakukan perubahan kebijakan perusahaannya. Perubahan-perubahan ini bisa meliputi menaikkan harga jual barang sebagai pengganti profi yang hilang karena fee Paypal. Akan tetapi resiko dari kenaikan harga jual ini tentu saja akan berpengaruh kepada pembelian yang dibayarkan melalui transfer konvensional (karena memiliki harga yang sama).Pada akhirnya ini akan berpotensi kepada menghilangnya pelanggan-pelanggan bisnis yang sudah mempercayai anda.
Bagi pengusaha bisnis online berskala kecil, adanya kebijakan baru Paypal ini mungkin menjadi dilemma.Di satu sisi akan terasa memberatkan, sebab profit anda akan semakin berkurang, sementara di sisi lain mereka masih membutuhkan Paypal sebagai pembayaran virtual-nya karena validitas dan popularitas Paypal sangat besar. Kita semua tahu bahwa Paypal adalah metode pembayaran yang sangat umum di kalangan pebisnis online. Hampir semua pebisnis oline memiliki akun Paypal. Ini artinya jika tidak menggunakan Paypal, maka bisa jadi bisnis akan mengalami kemunduran bahkan bisa berujung kepada penutupan usaha.
Semua terserah anda. Anda tahu kondisi bisnis anda sendiri. Anda dapat menentukan salah satu dari solusi tersebut, atau mungkin ada alternative solusi yang lain. Yang pasti tentu saja anda berharap bahwa adanya kebijakan Paypal terbaru tidak akan mempengaruhi bisnis anda.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Pada intinya, meningkatkan frekwensi penjualan adalah bagaimana agar para customer yang sudah pernah membeli produk anda kembali lagi di masa depan untuk membeli lagi produk anda.Ini dapat terwujud jika anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik bukan hanya sebatas pada kualitas produk yang baik dan tidak bermasalah, melainkan juga terletak pada […]

Previous Entry

Blog yang digunakan untuk Paid To Review adalah bisnis yang sangat beresiko terkena penalty Google. Kenapa? Karena Google tidak menyukai bisnis ini. Oleh sebab itu blog yang digunakan untuk Paid To Review dianggap melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh Google. Jika Google menemukan suatu blog yang terindikasi digunakan untuk Paid To Review,maka blog tersebut akan terkena […]

Next Entry