oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Komunikasi Bisnis dalam Bentuk Penyampaian Pesan

June 13th 2014 in bisnis, Komunikasi

Hubungan bisnis biasanya diwarnai oleh pertimbangan biaya dan manfaat, tetapi perusahaan juga perlu menjaga hubungan personal dan kekeluargaan dengan para relasi. Pesan-pesan yang bersifat kekeluargaan atau memiliki niat baik (goodwill) tersebut berpengaruh positif terhadap kegiatan bisnis.

Bentuk-bentuk goodwill yang sering dibuat perusahaan adalah :

1.      Ucapan selamat (Congratulation)

Ucapan selamat biasanya diberikan atas keberhasilan perusahaan atau individu. Misalnya, memperoleh penghargaan (awards), keberhasilan melakukan kegiatan tertentu, peresmian gedung baru, pembukaan cabang baru, dan lain-lain.

Pada pesan dengan niat baik, ide pokok diletakkan dibagian awal. Hal itu dilakukan untuk memberikan penekanan terhadap apa yang akan disampaikan. Setelah itu, diuraikan alasan pemberian ucapan. Pada bagian penutup diyakinkan bahwa perusahaan tersebut memang pantas memperoleh keberhasilan dan memiliki harapan yang lebih baik dimasa mendatang.

2.      Penghargaan (Message of Appreciation)

Penghargaan biasanya diberikan atas kemampuan individu atau perusahaan mencapai prestasi kerja tertentu. Gaji dan bonus merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pekerja. Namun, penghargaan dalam bentuk uang saja tidaklah cukup. Penghargaan yang diberikan dalam bentuk surat penghargaan akan memotivasi pekerja untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. Disamping itu, perusahaan juga perlu membuat surat ucapan terima kasih dengan alasan yang tepat dan kepada pekerja yang tepat. Ucapan terima kasih yang kurang tepat justru akan merusak iklim internal organisasi. Selain kepada pihak internal, perusahaan juga perlu memberikan penghargaan dan atau ucapan terima kasih kepada individu atau organisasi diluar perusahaan. Misalnya, atas kesediaan mereka dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan.

3.      Ucapan Dukacita

Dalam perjalanan waktu, individu atau organisasi mungkin saja mengalami musibah atau bencana. Ucapan dukacita itu lebih mudah disampaikan secara lisan, baik melalui telepon ataupun datang secara langsung. Namun karena alasan tertentu, ucapan dukacita dapat disampaikan melalui pesan tertulis. Ucapan duka menunjukkan perhatian dan rasa simpatik perusahaan terhadap individu atau organisasi yang mengalami musibah. Ucapan duka bisa diawali dengan rasa simpati, lalu diikuti dengan hikmah yang bisa diperoleh, serta ditutup dengan dorongan untuk menghadapi musibah dengan tabah. Bantuan duka dapat disisipkan dalam ucapan duka, tetapi hendaknya tidak hanya basa-basi dan tidak bermaksud menyinggung perasaan.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Fakta yang terjadi, tidak sedikit orang yang kecewa melakukan pembelian furniture secara online, sebab furniture yang ia terima ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dan, tidak sedikit juga pembeli yang merasa tertipu ketika membeli furniture secara online sebab setelah terjadi transaksi dan uang muka sudah dibayarkan, ternyata furniture yang dipesannya tak kunjung dikirim, dan parahnya […]

Previous Entry

Ada beberapa kalangan yang mengatakan bahwa bisnis tidak memerlukan uang. Pernyataan itu ada benarnya,akan tetapi tidak dapat dipungkiri, uang atau financial merupakan salah satu kekuatan yang signifikan dalam pengembangan bisnis. Semakin banyak uang dimiliki, maka kita akan semakin leluasa dalam membangun dan mengembangkan bisnis.
Tidak dipungkiri pula bahwa salah satu faktor penyebab kegagalan seseorang dalam berbisnis […]

Next Entry