oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

July 8th 2014 in perikanan, society

Minyak ikan dianggap sebagai salah satu bahan makanan super karena mengandung asam lemak esensial omega-3 yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari menstabilkan tekanan darah, mencegah peradangan, membantu kinerja otot hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi seberapa besar manfaat minyak ikan untuk menjaga kesehatan tubuh? Benarkah khasiatnya bisa ‘seajaib’ itu? Seperti dikutip dari ABC Australia, minyak ikan banyak digunakan untuk merawat berbagai kondisi tubuh tertentu. Kandungan omega-3 yang tinggi dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah, baik untuk diabetes, meringankan radang sendi hingga membantu menyembuhkan asthma.

Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari banyak jenis ikan-ikanan. Di antara jenis ikan, ada beberapa yang terhitung paling tinggi omega-3 nya seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna. Minyak ikan juga tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul yang biasanya bisa didapatkan lewat apotek atau supermarket.

Ada sejumlah fakta ilmiah yang membuktikan kalau omega-3 yang berasal dari minyak ikan sangat berdampak positif bagi kesehatan. The Heart Foundation di Australia merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi sedikitnya 500 mg omega-3 setiap hari, sebagai bagian dari diet sehat untuk mencegah gangguan pada pembuluh darah maupun jantung. Itu artinya, Anda disarankan makan dua hingga tiga porsi ikan berminyak dalam seminggu, atau minum kapsul minyak ikan satu kali sehari.

Studi lainnya menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan bisa membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung. Ada pula penelitian yang menemukan bahwa omega-3 di dalam minyak ikan juga bisa mengurangi risiko stroke, namun para ahli mengatakan hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Dan pada penelitian terbaru, minyak ikan kemungkinan juga bisa mencegah terjadinya demensia atau kepikunan, juga kanker. Meski begitu, konsumsi minyak ikan sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan baru.

Ada bukti yang menunjukkan, konsumsi omega-3 terlalu banyak, baik dari ikan atau suplemen, meningkatkan risiko terjadi kanker prostat. Jadi konsumsilah minyak ikan dalam jumlah wajar seperti yang telah direkomendasikan lembaga kesehatan resmi, dan Anda akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga serius. Ada baiknya juga jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Sebelum mancing ikan mas, akan lebih baik jika kita memahami dulu karakter ikan Mas..Ikan mas hidup di air tawar , walau terkadang hidup juga di air payau.Bersikap rakus pemakan segala (sayuran, lumut, serangga, cacing dsb).Ikan Mas hidupnya suka bergerombol dan suka di air yang mengalir..Oleh sebab itu kalau mau mancing ikan Mas lebih baik dekat […]

Previous Entry

Keberadaan dan perkembangan kehidupan manusia tidak terlepas dari kebutuhan dan keberadaan energi. Peran dominan energi dalam tatanan kehidupan manusia membuat sumber energi, termasuk minyak dan gas, sebagai kekuatan bisnis yang sangat potensial untuk diolah. Bahkan, dominasi energi dalam kehidupan manusia dapat menyebabkan suatu tatanan komunitas masyarakat menjadi berubah. Atau bahkan komunitas masyarakat baru muncul sebagai […]

Next Entry