buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Marketing Unik Dari Perusahaan Penerbangan

October 30th 2014 in bisnis, Marketing

Saat ini bisnis penerbangan semakin ketat. Maskapai penerbangan melakukan berbagai upaya agar bisnisnya tetap bertahan. Upaya trend yang dilakukan saat ini adalah dengan strategi LCC.

LCC adalah singkatan dari Low Cost Carrier. pada prinsipnya LCC adalah menurunkan boaya operasional suatu pesawat agar dapat mempertahankan profit. Strategi LCC ini akan berujung pada murahnya harga tiket. penurunan biaya opwrasional bisa berupa menurunkan/ menghilangkan catering di pesawat, pengurangam bahan bakar, atau pengurangan lainnya yang dirasa kurang penting. inyi utamanya hanyalah menwrbangkan seseorang ke tempat tujuan.

 Namun tidak demikian halnya dengan eva air Taiwan. Eva air Taiwan melakukan suatu strategi yang unik dan berbeda dengan maskapai lain. Ia menggunakan karakter kartun populer Hello Kitty untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama. Dari sisi penampilan pesawat, seluruh body pesawat yang digunakan di lukia dengan karakter Hello Kitty. Dari sisi pelayanan makanan di dalam pesawat, alih-alih mengurangi kualitas makanan, eva air Taiwan justru memodifikasi makanan yang sesuai dengan karakter Hello Kitty. Makanan dibuat selain lezat juga memarik dalam penampilan, tanpa perlu mengurangi kualitas.

 Tidak hanya penampilan pesawat dan pelayanan di dalam pesawat. Keseriusan Eva air mengusung karakter Hello Kitty dibuktikan dengan promosi terbang bersama pencipta karakter populer tersebut.

 Lalu apa tujuan mengusung karakter ini? Betulkah ini dapat menarik pelanggan lebih banyak? Untuk menarik pelanggan memang jawabannya perlu dibuktikan demgan data, yang mungkin saja tidak akan diperlihatkan kepada publik. Sedangkan untuk tujuan, kita dapat memperkirakan berdasarkan teori marketing.

 Seperti yang kita tahu, dalam marketing ada yang dinamakan segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting berarti suatu perusahaan membagi- bagi kriteria pelanhgan dalam kelompok tertentu. Kriteria yang dibagi tentu terserah pemilik bisnis, dalam hal ini eva air. Targeting berarti produk bisnis yang dimiliki diupayakan dapat terjual kepada satu atau beberapa segmen yang telah dibagi tersebut. Positioning berarti menancapkan pengaruh produk yang dimiliki pada target yang sudah ditandai.

 Mungkin saja Eva air Taiwan menemukan segmen bahwa ada banyak penumpang yang menyukai Karakter Hello Kitty sehingga ini dianggap segmen yang potensial untuk dijadikan target. Harapannya dan tujuannya adalah bahwa eva air memposisikan diri untuk melayani penumpang pencinta Hello Kitty. Dengan kata lain, jika ia ingat hello kitty, maka ia akan ingat eva air.

 Saya yakin analisis ini masih dangkal, perlu pembahasan yang lebih lanjut mengenai hal ini. Akan tetapi benang merah yang dapat disimpulkan disini adalah bahwa jasa penerbangan yang saat ini begitu ketat harus dihadapi dengan berbagai inovasi dan kreativitas marketing agar tetap bertahan. Eva air menunjukkan hal ini dengan cara yang sangat unik.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Penyelenggaraan sekolah yang baik perlu didasari oleh filosofi pendidikan. Filosofi ini harus menyuburkan dan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitas yang ada dan dilaksanakan melalui proses pendidikan yang bermartabat, pro-perubahan, kreatif, inovatif, dan eksperimentif sehingga dapat mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik. Filosofi itu juga harus berpandangan bahwa dalam proses belajar mengajar, […]

Previous Entry

Semua kemajuan sains dan teknologi supercanggih yang membuat kita kagum dan tercengang semula berawal dari kekuatan imajinasi manusia. Adalah Christopher Columbus (1451-1506) yang menggemparkan penduduk Eropa setelah berhasil mendarat di Pulau Bahama (1492) karena keberanian berimajinasi untuk menaklukkan lautan lepas yang semula tak terbayangkan. Penduduk Eropa pun gempar dan mulai membayangkan adanya dunia baru untuk […]

Next Entry