oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja Wirausaha

March 14th 2014 in wirausaha

Kewirausahaan adalah sikap mental dan sifat jiwa selalu aktif berusaha untuk memajukan karya baktinya dalam rangka meningkatkan pendapatannya sedangkan wirausahawan adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang-peluang usaha. Keberhasilan para wirausahawan itu terletak pada hal-hal berikut :

1. Kreativitas dan rasa percaya diri untuk berusaha
2. Kecakapan dan keahliannya di dalam berwirausaha
3. Sikap dan kemauan untuk berwirausaha
4. Keberanian di dalam berinisiatif
5. Berani untuk memikul segala resiko di dalam usaha

Wirausahawan yang mempunyai semangat kewirausahaan itu merupakan motor penggerak dalam pembangunan, yaitu:

1. Ikut serta mengurangi pengangguran
2. Ikut serta dalam mengurangi kemiskinan
3. Meningkatkan taraf hidup anggota masyarakat
4. Meningkatkan perekonomian bangsa dan negara

Semangat kewirausahaan yang perlu sekali dimasyarakatkan dan dibudayakan pada khususnya adalah :

© Kemauan kuat untuk berkarya (terutama dalam bidang ekonomi) dengan semangat mandiri
© Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko
© Kreatif dan inovatif
© Tekun, teliti dan produktif
© Berkarya dengan semangat keberanian dan etika bisnis yang sehat

Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha adalah :

1. Daya saing
Unsur-unsur daya saing meliputi karakteristik wirausahawan seperti disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis, pendidikan dan pelatihan seperti pendidikan formal dan non formal, modal (uang untuk mendanai usaha).

2. Sikap selalu ingin maju
Sikap selalu ingin maju atau kerja prestatif akan menimbulkan semangat kerja wirausahawan karena pada umumnya manusia yang memiliki obsesi akan bersemangat agar keinginannya tercapai.

3. Memiliki kepribadian unggul
Yaitu mampu merumuskan tujuan hidup, mampu merumuskan tujuan usahanya, mampu menempatkan waktu, mampu memanfaatkan kesempatan serta dapat melaksanakannya dan berdaya pikir positif untuk maju.

4. Mengenal diri sendiri
Mengetahui kesempatan, kecakapan dan kemampuan dalam usaha, dapat menilai, menghargai dan memanfaatkan modal yang dimilikinya, dapat memanfaatkan kekayaan dan kekuatan yang dimiliki, dan dapat memilih dan menentukan kegiatan sesuai dengan kemampuan dirinya.

5. Mengenal dan memperhatikan risiko
Yaitu segala risiko yang akan terjadi, hambatan-hambatan yang akan terjadi di dalam usaha dan prospek kemajuan dan keberhasilan di dalam usaha.

6. Kemauan untuk belajar
Kemauan untuk belajar merupakan bukti untuk maju, tidak putus asa pada waktu mengalami kegagalan, tetapi mempelajari kegagalan untuk keberhasilan pada waktu mendatang, belajar terus, belajar keras, belajar efektif dan efisien.

7. Mempunyai keahlian khusus
Wirausaha yang memiliki semangat kerja harus memiliki keahlian khusus yang berguna dalam menunjang perkembangan usahanya. Keahlian khusus tersebut dapat diperoleh melalui spesialisasi keahlian dari sekolah, pengalaman belajar dan bekerja, keahlian di dalam manajemen.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Ketika anda menerima penolakan atas penawaran penjualan anda, kekecewaan biasanya datang menghampiri. Hal ini akan berujung kepada menurunnya semangat anda untuk menawarkan penjualan kembali. Tapi perlu diingat bahwa penolakan yang terjadi sebetulnya dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan, yaitu:
1. Calon pelanggan belum memerlukan produk anda.
2. Calon pelanggan masih mempercayai produk pesaing anda.
3. Calon pelanggan belum mengetahui kelebihan […]

Previous Entry

Ketika seorang pemimpin pertama kali memegang jabatan di suatu organisasi, hal yang pertama ia lakukan biasanya adalah menyusun kekuatan. Penyusunan kekuatan ini adalah sangat penting untuk keberhasilan misi dan visi yang ia bawakan. Selain itu menyusun kekuatan berarti ia melakukan konsolidasi untuk mengetahui siapa saja yang bisa ia andalkan untuk menjadi tim suksesnya, serta untuk […]

Next Entry