oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Pebisnis Retail Online Tak Perlu Resah Dengan Adanya Kebijakan Bank Indonesia Soal RTGS

December 15th 2014 in bisnis

Per tanggal 15 Desember 2014, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan membatasi nilai transfer nasabah antarbank dengan menggunakan Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement minimal Rp 100 juta. RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah proses penyelesaian akhir transaksi (settlement) pembayaran yang dilakukan per transaksi (individually processed / gross settlement) dan bersifat real time (electronically processed), dimana rekening peserta dapat didebit/dikredit berkali-kali dalam sehari sesuai dengan perintah pembayaran dan penerimaan pembayaran.

Dari pengertian tersebut diatas, asumsi orang awam (sama seperti halnya saya) awalnya panik dengan kebijakan tersebut diatas. Kenapa? Karena saya meanggap bahwa berarti transaksi bisnis yang saya lakukan di bawah Rp 100 juta tidak akan dapat cepat sampai ke klien saya. Ini tentu dapat membuat masalah kepada bisnis saya.

Itu adalah asumsi saya pada awalnya. Namun ternyata, kepanikan saya tidak berdasar, dan justru kepanikan saya tersebut adalah karena informasi yang saya dapat belum lengkap soal RTGS ini. Transaksi BI_RTGS ditujukan untuk melindungi sistem perbankan, dan semakin memaksimalkan proses pelayanan perbankan. Untuk transaksi-transaksi di bawah Rp.100 juta atau bahkan transaksi berapapun, jika menggunakan e-banking atau internet banking, tetap akan dilayani pada hari itu juga. Dengan demikian, sebenarnya justru BI mendorong agar masyarakat semakin giat menggunakan internet banking dalam proses transaksi keuangannya.

Pada kenyataannya BI justru membantu wirausahawan dalam pengembangan bisnis retail dan pelayanan transaksi online. Pembayaran saya yang menggunakan paypal pun tidak menjadi masalah. Saya masih tetap bisa menggunakan fasilitas pengkonversian nilai Dollar saya di paypal ke bank lokal tanpa ada kendala.

Jadi kesimpulannya, bagi bisnis online, kebijakan BI mengenai RTGS ini sebetulnya tidak perlu dibuat heboh. Karena kita yang menggunakan fasilitas internet banking dalam bertransaksi tetap dilayani seperti pada awalnya, yaitu menyelesaikan transaksi keuangan tepat dalam satu hari.

So, Do not be panic




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk produk Anda? Setelah Anda memasukkan semua pajak, biaya produksi, dan pemeliharaan, berapa banyak yang ingin pelanggan Anda bayar untuk menggunakan produk Anda? Sebagai manajer produk, kita semua memiliki hubungan dua sisi dengan harga produk yang akan dijual. Mereka ingin memperoleh uang sebanyak mungkin dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan perusahaan […]

Previous Entry

Paradigma baru dalam model pembelajaran kepemimpinan telah ditemukan melalui sistem nilai generatif, dan dirilis oleh Integral Cultural Creatives, Dr. Paul Ray, 2002. Dan penyebaran benih untuk warisan kepemimpinan baru telah ditaburkan di atas lanskap yang telah berubah. Revolusi leadership telah merubah segala hal tentang leadership meliputi pengertian, tujuan, target, dan pengelolaan.
Berikut adalah transformasi kepemimpinan dalam […]

Next Entry