oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Inilah 6 perlengkapan yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi

March 22nd 2013 in bisnis, Komunikasi, Marketing, Tutorial, Tutorial bisnis
Anda tentu berharap bahwa presentasi bisnis yang anda lakukan akan berjalan lancar dan sukses. Untuk itu presentasi yang anda bawakan harus dipersiapkan sedini mungkin. Inilah beberapa alat yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi.
1. Laptop atau computer tablet
Ini adalah alat utama anda untuk melakukan presentasi. Tentu saja laptop atau tablet yang dibawa berisi materi presentasi anda termasuk data-data pendukungnya. Materi presentasi bia anda buat di Microsoft PowerPoint, Macromedia, atau yang software yang lainnya. Yang jelas, anda harus mempersiapkan materi-materi yang akan anda bawakan di laptop atau tablet yang anda bawa. Jangan lupa, materi tersebut harus anda back up di flash disk atau hard disk external. Hal ini untuk melindungi anda apabila terjadi kerusakan teknis pada laptop anda ketika anda akan melakukan presentasi.
2. Produk
Jika anda akan melakukan presentasi suatu produk ke clon konsumen anda, maka produk adalah hal yang penting yang harus anda bawa. Lien anda tentu sangat ingin melihat produk anda dari dekat. Mereka sangat berharap untuk mencoba dan melihat manfaat-manfaat dari produk yang anda bawa. Dan tentu saja secra logika, bagaimana mungkin anda akan menjual suatu produk jika produk tersebut tidak anda bawa. Jika perlu bawalah produk agak banyak, sehingga akan mempermudah prosus omunikasi anda dengan calon konsumen anda.
3. LCD Projector
Barangkali ada diantara anda yang beranggapan bahwa membawa alat ini tidklah diperlukan, sebab mungkin sudah dipersiapkan oleh pihak penyelenggara. Namun demikian, saya rasa tidak ada salahnya jika anda membawa LCD projector sendiri. Saat ini banyak LCD projector portable yang berukuran kecil yang bisa dimasukan dalam tas anda. Ini untuk melindungi anda jika ternyata di tempat presentasi, LCD projector yang disediakan mengalami masalah dan tidak dapat digunakan.
4. Print out presentasi
Agar presentasi anda memuaskan dan meemproleh hasil maksimal, maka anda harus selalu mempersiapkan segalanya dan memiliki rencana cadangan. Print out merupakan rencana cadangan apabila ternyata pada saat anda melakukan presentasi, semua perlengkapan anda tidak dapat digunakan, misalnya jika pada saat anda melakukan presentasi, listrik di tempat anda berpresentasi teryata padam. Print out adalah jalan keluar yang terbaik. Selain itu membagikan print out di awal sebelum presentasi akan menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dengan para pendengar anda. Print out bisa mereka baca berulang kali yang dapat merangsang mereka untuk bertanya. Ini adalah kesempatan anda untuk menjelaskan kepada mereka secara lebih detail dan mendalam.
5. Microphone
Saya rasa keefektifan anda dalam melakukan presentasi tergantung dari kesiapan anda sendiri. Anda tahu apa yang akan anda lakukan. Microphone adalah alat utama anda berbicara di depan audiens anda. Anda harus membawa microphone sendiri yang anda yakini dapat mendukung mobilitas anda dalam melakukan presentasi. Jangan mengandalkan penyelenggara untuk hal ini.
6. Alat Presentasi
Sama halnya seperti microphone, alat presentasi sangat penting untuk digunakan agar anda memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan presentasi. Kurasa melakukan presentasi hanya dengan duduk di depan laptop anda adalah sesuatu yang kurang menantang dan bisa membosankan audiens anda. Pada akhirnya, audiens anda berharap untuk segera beranjak dari tempat duduknya.
Itulah 6 perlengkapan presentasi penting yang harus anda bawa agar presentasi berbuah hasil yang maksimal. Jangan lupa, sebelum anda beraksi, cobalah dahulu keenam alat tersebut beberapa saat sebelum mulai. Pastikan itu semua berfungsi. Presentasi bisnis adalah suatu media komunikasi bisnis yang bisa efektif meraih pelanggan, atau bahkan justru tidak sama sekali. Itu semua tergantung pada kesiapan anda sendiri. Persiapkanlah presentasi anda segalanya, mulai dari materi, data pendukung, hingga alat-alat untuk melakukan presentasi. Tapi ingat, semua hal tersebut juga tidak akan bermanfaat jika anda tidak mengetahui teknik-teknik presentasi yang efektif dan gaya komunikasi tidak menarik.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Menjadi seorang Millionare tidak semudah membalikkan telapak tangan, Seorang entrepreneur harus memiliki tiga hal dalam memulai bisnis property, yaitu knowledge, skill,dan passion. Ketiga hal ini bila di gabungkan maka anda akan mencapai impian untuk menjadi kaya dan bebas finansial melalui properti. Tiga hal tersebut tentunya butuh kerja keras, mau belajar, dan tetap konsisten. Real Estate […]

Previous Entry

Tengoklah steve jobs, Akio Morita, Steve Zuckerberg, Thomas Alpha Edison, dan yang lainnya. Mereka adalah entrepreneur yang selalu berfikir inovatif dan kreatif. Dengan ide-idenya, maka produk-produk yang mereka pasarkan, dan perusahaan yang mereka bangun dapat merajai dan mempengaruhi aktivitas manusia di dunia.Mungkin kita tidak perlu berfikiran sehebat orang-orang tersebut, akan tetapi jika kita dapat memahami […]

Next Entry