buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Mengaplikasikan Type Kepemimpinan- Anda Perlu Menggunakan Gaya Kepemimpinan Yang Berbeda Terhadap Orang Yang Berbeda

February 23rd 2016 in Kepemimpinan

Tuntutan kinerja setiap sumberdaya manusia akan selalu berubah-ubah setiap saat. Hal ini berbanding lurus dengan kondisi suatu organisasi yang juga selalu berubah sangat cepat dan menuntut berbagai target yang harus direalisasikan dengan segera. Kondisi ini menyebabkan tekanan terhadap pemimpin untuk melakukan analisa profil terhadap karyawan atau pekerja yang ada dibawahnya.

Saat ini, pemimpin dengan satu gaya kepemimpinan utama tidak bisa bertahan hidup. Tuntutan baru dari pelanggan, karyawan dan masyarakat mendorong perusahaan atau organisasi dan pemimpin menjadi berbeda. Ini berarti bahwa seorang pemimpin perlu untuk menilai dan mengevaluasi apa yang harus dilakukan agar menjadi pemimpin yang sukses. Hal ini juga mengharuskan dia untuk siap, bersedia dan mampu mengubah budaya, karakter, dan pola kerja baik individu maupun organisasi. Ciri-ciri pemimpin yang sukses di era sekarang adalah:

– Ia secara rutin mengevaluasi dirinya sendiri dan terus-menerus bertanya: “Bagaimana saya bisa melakukan ini lebih baik?”

– Dia adalah fleksibel, belajar cepat, berpikir dan bertindak secara global dan menciptakan nilai bagi seluruh stakeholder.

– Dia mengambil tanggung jawab penuh atas perilaku sendiri dan mendorong timnya untuk mencapai hasil yang luar biasa.

– Dia berlaku gaya kepemimpinan situasional untuk memastikan setiap anggota tim menciptakan nilai dan hasil bagi perusahaan.

 Setelah Anda mengambil alih suatu departemen atau divisi, atau bahkan suatu organisasi secara keseluruhan, maka  Anda harus membantu anggota tim Anda memahami dan sepenuhnya melakukan internalisasi prinsip-prinsip motivasi diri dan tanggung jawab pribadi.

 Anda perlu menggunakan gaya kepemimpinan yang berbeda untuk orang yang berbeda dan situasi yang. Anda perlu mengevaluasi kemampuan dan motivasi bawahan Anda untuk melakukan tugas-tugas mereka, apa jenis dukungan yang dibutuhkan bawahan Anda dalam berbagai tugas dan tanggung jawab mereka. Itulah esensi dari seorang pemimpin yang sukses dalam melaksanakan target organisasi, dan melakukan perubahan karakter individu dalam organisasi

 Bagilah anggota tim Anda ke dalam tiga kategori. Ini akan mengarahkan kepada gaya kepemimpinan yang berbeda untuk setiap tugas, tergantung pada kemampuan dan kinerja mereka.

 1. Karyawan atau Pegawai yang “Low Performance”.

Orang ini memiliki sedikit atau beberapa kemampuan dan atau baru dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas tertentu. Dia tidak memberikan hasil yang signifikan. Mereka berkinerja rendah adalah karena kurangnya kemampuan, kurang dalam pemahaman pekerjaan, demotivasi (tidak berkomitmen untuk pekerjaan) atau sikap kerja negatif. Gaya kepemimpinan bagi pemain rendah seperti ini adalah “MENGARAHKAN”. Anda mengatakan kepadanya apa yang dia perlu lakukan: memberikan dia dengan arah yang jelas, klarifikasi dan pelatihan, kemudian mengawasi erat dan tindak lanjut yang sesuai.

 2. Karyawan atau Pegawai “Rata-rata”

Orang ini memiliki pemahaman yang baik tentang pekerjaan atau tugas tertentu dan bahkan memiliki kemampuan tinggi dalam hal tertentu. Penampilannya bervariasi sepanjang tahun. Kadang-kadang, kesediaannya untuk melakukan pekerjaan berkurang karena kurangnya rasa percaya diri, motivasi rendah atau kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas.  Gaya kepemimpinan bagi seorang pemain rata-rata adalah “PEMBINAAN”. Anda mendorong, mendukung, memotivasi dirinya, dan memberikan beberapa arahan dan klarifikasi.

3. Karyawan atau Pegawai “High Performance”

Orang ini memiliki pemahaman yang sangat baik dan memiliki kemampuan tinggi atas apa yang perlu dilakukan. Kinerja yang ditunjukkan dapat melampaui harapan atau bahkan menghasilkan hasil yang lebih unggul. Dia selalu bermotivasi tinggi dan dia jarang membutuhkan dorongan dari orang lain. Dia adalah self-starter dan bahkan tidak memerlukan arahan atau pengawasan. Dia akan mengharapkan atasannya untuk memfasilitasi dan berharap bahwa atasannya tersebut adalah seorang manajer yang lebih mengarah ke kolegial atau mentor. Gaya kepemimpinan untuk pemain dengan high profile seperti ini adalah “PEMBERDAYAAN”. Anda mendelegasikan tanggung jawab, memberinya wewenang untuk memutuskan dan menantang dia untuk mengambil tanggung jawab tambahan.

Seorang pemimpin yang sukses karena itu harus menguasai kepemimpinan situasional. Dia harus fleksibel dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Dalam bahasa mudahnya, hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website kita. Hosting ini disediakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting. harganya bermacam-macam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas maka semakin besar harganya. Setiap perusahaan hosting menyediakan harga yang berbeda-beda, ada yang hanya hosting saja, ada juga yang menyediakan satu paket dengan domain. Blog saya […]

Previous Entry

Dalam bahasa mudahnya, hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website kita. Hosting ini disediakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting. harganya bermacam-macam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas maka semakin besar harganya. Setiap perusahaan hosting menyediakan harga yang berbeda-beda, ada yang hanya hosting saja, ada juga yang menyediakan satu paket dengan domain. Blog saya […]

Next Entry