human choroinic gonadotropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Ujicoba Membuat Alat Tangkap Ikan

May 7th 2016 in Pendidikan, perikanan

DSCF8869

Hallo kawan-kawan… Maafkan saya karena sudah lama tidak ketemu disini. Maksudnya saya sudah agak lama gak posting artikel di blog ini. Bukan karena sengaja, ini adalah karena kesibukan saya yang lumayan rada menantang nih, sehingga menyita waktu banyak. Saya agak lama gak posting artikel karena sedang menjalankan proyek baru dari sekolah yaitu membuat alat tangkap ikan.

Ya, saya bersama rekan-rekan mendapat tantangan untuk menghidupkan Teaching Factory di jurusan Nautika Perikanan Laut (NPL). Sebenarnya tantangannya adalah bagaimana agar jurusan NPL dapat produktif menghasilkan ikan hasil tangkapan ketika kegiatan praktek siswa dilakukan. Akan tetapi kami bersama tim menambah tantangan itu sendiri sehingga menjadi lebih seru, dan berharap produksi jurusan NPL itu bukan hanya produksi hasil tangkapan saja, melainkan produksi alat tangkap ikan.

Akhirnya, setelah melalui argumentasi yang lumayan melelahkan dengan para pemangku-pemangku jabatan dan tentunya para atasan, maka disetujuilah bahwa tim NPL membuat alat tangkap yang original. Arti original adalah bahwa alat tangkap itu di desain sendiri, dibuat sendiri, dan untuk selanjutnya digunakan untuk memproduksi peanngkapan ikan.

Project dimulai di pertengahan bulan Maret 2016 ketika saya membuat suatu desain alat tangkap ikan. Alat tangkap ikan yang saya buatkan desainnya adalah tergolong dalam entangled net atau jaring puntal. Alat ini terbuat dari bahan nylon dengan ukuran mata jaring 4cm stretched. Setelah desain dibuat, selanjutnya proposal kegiatan dubuat sebagai syarat agar dana bisa cair. Alhamdulillah dana cair, tentu saja dengan banyak argumentasi baik kepada atasan juga kepada rekan-rekan sendiri.

Pada awal bulan April 2016, bertepatan dengan ulang tahun saya, Setelah bahan dibeli, kami akhirnya membuat jaring tersebut. Jaring dibuat pada awalnya tentu berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Dengan bantuan pengerjaan dari para siswa, yang tentu saja ini diharuskan ada keterlibatan siswa karena menyangkut teaching factory, jaring akhirnya selesai dalm waktu dua minggu.  Jaring tersebut telah menghabiskan 420 buah pelampung, 10 pcs jaring nylon, serta lebih dari 300 meter tali berdiameter 3mm. Alhamdulillah..Kini waktunya uji coba..

Jpeg

Ujicoba dimulai di pertengahan bulan April 2016. kami melakukan 3 hari operasi penangkapan dengan 9 kali setting penangkapan. Hasilnya?? Alhamdulillah.. Secara desain jaring terbuka secara sempurna, artinya jaring tidak mengalami kendala pada saat dioperasikan. Jaring terbentang dengan sempurna dan sesuai dengan harapan. Dari itu saja saya sangat bersyukur sekali karena ilmu saya terbukti dapat diaplikasikan. Saya dulu sekolah di Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan. Salah satau pelajarannya adlah Bahan ALat Tangkap, dan baru kali inilah saya membuktikan sendiri ilmu yang saya miliki diaplikasikan dengan membuat desain sendiri dan dioperasikan.

Secara hasil, jaring yang kami buat cukup menggembirakan. Berbagai jenis ikan pelagis seperti tongkol, selar, kembung, hingga teri berhsail kami tangkap. Dengan demikian, terbukti lagi bahwa jaring ini adalah jaring yang lumayan efektif untuk menangkap berbagai jenis ikan. Jaring tersebut kini merupakan jarng andalan saya untuk melakukan operasi peanngkapan. Sebagaimana sekolah SMK punya mobil merk ESEMKA, maka saya menamakan jaring tersebut “Jaring S.U.K.A”, yang merupakan singkatan dari Sekolah Usaha Perikanan Kotaagung. Saya berharap jaring ini bisa menjadi jaring acuan untuk proyek pembelajaran para siswa bidang Nautika Perikanan Laut, dan mudah-mudahan saja bisa memberikan kontribusi bagi para nelayan sekitar utnuk menggunakannya.

Jpeg

bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih detail mengenai desain jaring S.U.K.A., atau juga ingin dibantu untuk dibuatkan jaring tersebut, ddengan senang hati saya akan membantu. Silahkan inbox di facebook saya atau twitter saya atau Google plus saya Alamat facebook saya bisa dilihat di “Tentang Saya




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Dalam bahasa mudahnya, hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website kita. Hosting ini disediakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting. harganya bermacam-macam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas maka semakin besar harganya. Setiap perusahaan hosting menyediakan harga yang berbeda-beda, ada yang hanya hosting saja, ada juga yang menyediakan satu paket dengan domain. Blog saya […]

Previous Entry

Dalam bahasa mudahnya, hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website kita. Hosting ini disediakan oleh perusahaan penyedia jasa hosting. harganya bermacam-macam sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas maka semakin besar harganya. Setiap perusahaan hosting menyediakan harga yang berbeda-beda, ada yang hanya hosting saja, ada juga yang menyediakan satu paket dengan domain. Blog saya […]

Next Entry