buy hypertropin

oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Teman adalah Aset Tak Ternilai

December 11th 2012 in bisnis, entrepreneurship, Marketing
Semua orang pasti ingin memiliki aset tak ternilai, dan orang bisa sukses asal fokus dan kerja keras. Tapi, apa hanya itu yang anda perlukan agar sukses di dunia bisnis Jawabannya, tidak! Karena, untuk mengembangkan bisnis, anda perlu teman (relasi dan koneksi).
Saya ingat, beberapa waktu lalu teman saya membuka warung makan di sekitar kampus. Warungnya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.
Karena di sekitar kampus sudah banyak warung berdiri, maka sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Teman saya itu sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misalnya menu-menunya berbeda dari warung yang lain.
Tapi, tidak banyak mahasiswa yang berkunjung. Mahasiswa adalah pelanggan yang penuh perhitungan. Lebih baik memilih di warung langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba dan kecewa. Dan pada umumnya, orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal.
Lalu, teman saya itu memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun berpromosi pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan mencoba masakannya. Akhirnya dari situ warung teman saya punya daya tarik. Mahasiswa di sana menjadi penasaran. Hasilnya kini warung teman saya itu menjadi salah satu yang paling laris.
Kawan dalam dunia bisnis adalah bersifat portable alias bisa dibawa kemana saja. Kuncinya adalah kepercayaan. Jika mereka sudah percaya kepada reputasi kita, maka mereka akan dengan mudah melakukan apa pun yang kita inginkan, bahkan mungkintanpa meminta sekalipun.
Karena itu, luaskan jaringan anda setiap hari, karena jaringan tersebut adalah asset anda untuk memperluas pangsa pasar produk anda. Strategipemasaran akan lebih mudah diterapkan jika anda memiliki banyak relasi. Bukan tidak mungkin, bahwa teman anda itu adalah menjadi konsumen setia anda. Dan jangan lupa terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Karena itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik. Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Bisnis adalah dunia yang penuh dengan produktivitas. Uang hanya akan datang jika anda produktif. Karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan waktu untuk terus berproduksi. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan produktivitas?1. Buat Variasi Produk Buat produk-produk baru yang bervariasi. Produk baru akan memicu dan memacu otak anda untuk terus kreatif. Berupayalah untuk membuat produk-produk yang dibutuhkan orang […]

Previous Entry

E-Commerce Indonesia siap masuki 2013 dengan semangat baru. Hal itu ditandai dengan diresmikannya kerjasama antara DOKU, penyedia solusi pembayaran online Indonesia, dengan PayPal, motor pembayaran online global. DOKU mengintegrasikan PayPal sebagai pilihan metode pembayaran untuk para merchant premium sehingga system pembayaran dapat dilaksanakan secara lintas Negara. Melalui kemitraan bisnis ini, E-Commerce Indonesia akan sangat terbantu […]

Next Entry