oceanofish.com
Pemikiran dan Ide Apa Saja. Dibagikan Gratis…

Guru Yang Hebat Pasti Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Luar Biasa!

October 20th 2012 in Dunia Pendidikan, Komunikasi, society
Beberapa kawan bahkan mungkin para guru yang lain berpendapat bahwa kunci utama dalam mengajar adalah bahwa kita harus memahami dulu materi yang akan disampaikan. Itu tidak salah, sebab memang tidak mungkin kita akan menyampaikan hal-hal yang tidak kita pahami sebelumnya. Namun menurut saya, kalau hanya sekedar memahami saja tidaklah cukup. Selain memahami materi, kita juga harus mampu emmahami tentang cara-cara mentransfer materi tersebut, dan cara-cara mentransfer ilmu tersebut sesungguhnya adalah sepenuhnya tentang komunikasi.
Komunikasi dalam mengajar sangat penting, dan itu sangatlah vital. Vital dalam arti bahwa kesuksesan transfer suatu ilmu sangat bergantung bagaimana seorang guru mengkomunikasikan materinya kepada anak didiknya. Jika sang guru mampu mengkomunikasikan, maka ilmu dapat terserap dan anak didik pun dapat dengan senang hati mendengarkan guru. Untuk itu sangatlah penting jika seorang guru harus memahami ilmu komunikasi, tidak perlu terlalu tinggi, setidaknya adalah tentang prinsip-prinsip komunikasi dan gaya komunikasi. Itu saja sudah cukup.
Komunikasi pada intinya adalah penyampaian pesan dari pengirim pesan dalam hal ini guru kepada penerima pesan, yaitu peserta didik. Agar pesan dapat diterima dan dimengerti dengan baik, maka pengirim pesan harus memahami berbagai hal terlebih dahulu, misalnya isi materi, kualifikasi pendengar apakah anak-anak, remaja, atau orang dewasa, serta bahan-bahan dukungan jika perlu. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut, maka penyampaian materi dapat berjalan dengan baik.
Hal selanjutnya yang harus kita lakukan sebagai seorang guru adalah menentukan gaya komunikasi yang akan kita pakai. Setiap orang atau guru atau bahkan para komunikator memiliki gaya masing-masing dalam mengkomunikasikan suatu pesan atau materi, dan mereka biasanya memiliki gaya khas masing-masing. Akan tetapi sebetulnya gaya komunikasi pun dapat dipelajari dan dirubah-rubah sesuai dengan kondisi lingkungan komunikasinya. Jadi seorang guru menurut saya selain memiliki gayanya yang khas, juga harus memiliki pengetahuan tentang berbagai macam gaya komunikasi yang lain. Hal ini akan membantu dirinya dalam penyampaian pesan, dan dalam kondisi tertentu dapat menghilangkan kebosanan para peserta didik.
Saya meyakini bahwa seorang guru yang hebat pasti memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa disamping pemahaman materi yang diampunya. Dengan gaya bicaranya yang luar biasa, para anak didik dapat dibuat terpesona dan terkesima olehnya. Pada saat mereka terpesona, itulah saatnya bagi sang guru memberikan masukan-masukan baik materi ajar ataupun pesan-pesan moral kepada anak didiknya. Dengan terpesonanya mereka, maka respon terhadap apa yang dikomunikasikan oleh guru akan lebih cepat. Dan hasilnya saya yakin sangat luar biasa, akan teringat lama di benak anak didik. Bukankah itu adalah inti seorang guru bukan? Seorang guru bukan saja mengajarkan materi pelajaran tertentu, yang paling utma adalah seorang guru harus dapat mengembangkan pola pikir anak didik serta dapat mendidik moral dan sikap mereka sehingga menjadi lebih baik. Itulah sikap seorang guru mulia.



required



required - won't be displayed


Your Comment:

Comments links could be nofollow free.

Apa itu personal branding? Personal branding menurut pemahaman saya adalah upaya untuk meningkatkan citra pribadi kita di mata orang lain. Pentingkah personal branding? Bagi saya ya, personal branding adalah penting, sebab itu menunjukkan kehormatan, kebanggaan, dan harga diri seseorang di mata orang lain. Personal branding dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan prestasi dan nilai seseorang. […]

Previous Entry

Salah satu bisnis yang kini banyak diminati oleh orang-orang adalah bisnis retail. Bisnis retail dipercaya mampu memberikan banyak peluang untuk meningkatkan taraf hidup karena dapat memberikan keuntungan yang berlipat jika dibandingkan dengan bekerja menjadi pegawai. Lalu apakah sebenarnya bisnis retail itu? Retail merupakan bagian paling akhir dari proses pemasaran. Artinya adalah bahwa produk yang ditawarkan […]

Next Entry