Hal-hal Menarik Yang Dapat Mempengaruhi Proses Komunikasi

Visits: 15

Hal-hal menarik yang dapat mempengaruhi proses komunikasi selain teknik dan gaya berbicara adalah cara berpakaian, pandangan mata, raut muka, sikap, suara, dan tulisan.
1. Pakaian
Cara berpakaian yang baik, sederhana, serasi, rapi, bersih akan menambah serta menunjukkan :
1. Percaya Diri
2. Harga diri
3. Kepribadian seseorang
mengenakan pakaian bukan berarti benar atau slaah dalam mengenakan pakaian, akan tetapi adalah tentang kepantasan berpakaian. Pakaian yang pantas adalah kebutuhan hidup. Warna pakaian juga berpengaruh pada penampilan, misalnya warna pakaian yang agak terang akan memberikan dampak visual dan penampilan, serta kredibilitas yang lebih kuat. Warna pakaian hitam dapat mengkomunikasikan bahwa yang bersangkutan sedang berduka cita, atau akan menghadiri suatu pesta yang anggun.
2. Pandangan mata
Pandangan mata perlu diperhatikan dalam proses berkomunikasi, apalagi dalam komunikasi bisnis. Sebab selain menunjukkan kepribadian dan tata krama, juga pandangan mata dapat menunjukkan wibawa. Seorang pembicara jangan menundukkan kepala ketika berbicara sebab akan dianggap tidak sopan dan menunjukkan seolah-olah tidak menguasai permasalahan.
3. Raut muka
Raut muka hendaknya mengikuti isi pembicaraan. Rasa heran, gembira, kagum, terkejut atau sedih tidak hanya diungkapkan dengan kata-kata akan tetapi juga dapat ditunjukkan dengan raut muka.
4. Sikap badan
Sikap badan dapat ditunjukkan dengan sikap duduk dan berdiri. Sikap dudukdan berdiri harus sopan dan tegap. Sikap badan yang loyo akan mengkomunikasikanbahwa orang tersebut adalah tidak kredibel dantidak profesional.

5. Suara
Setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda. Suara pada dasarnya adalah pembawaan seseorang. Agar suara memiliki kesan positif, hendaknya diucapkan dengan jelas, tidak monoton, bersemangat, dapat didengar, dan berekspresi.
6. Tulisan
Tulisan tidak lain dari lambang-lambang berbentuk huruf, angka, atau gambar sebagai sarana untuk menjelaskan apa yang dibicarakan. Menggunakan tulisan-tulisan sambil berbicara dengan penuh ekspresi akan membuat omunikasi menjadi lebih hidup dan lebih dapat diterima oleh para pendengar.
Itulah hal-hal yang menarik yang bisa diperhatikan pada pembicara pada saat sedang melakukan komunikasi publik. Bagi pembicara yang sudah berpengalaman, keenam hal ini akan keluar dengan sendirinya, alias bahwa ekspresi-ekspresi ini akan secara spontan keluar ketika mereka berbicara. Bagi orang-orang yang masih belajar berbicara di depan publik, memang perlu latihan yang lebih banyak agar keenam hal ini dapat sinergi digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.