4 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Toko Ritel Online

Hits: 23

Perkembangan teknologi yang semakin canggih di era millenial ini telah membuat berbagai dampak perubahan. Jika dahulu anak-anak bermain bersama di lapangan di luar rumah, kini mereka sudah terbiasa berlama-lama di dalam rumah hanya untuk bermain game online. Jika dahulu orang berangkat ke kantor menggunakan bus kota, kini dengan teknologi, orang-orang berangkat ke kantor dengan menyewa taxi online atau ojek online. Semua cara hidup sudah berubah, dan pola bisnis pun berubah. Tidak terkecuali pada bisnis ritel, baik ritel skala besar maupun skala kecil.

Pada era tahun 90-an, toko ritel atau toko kelontong kecil hanya bisa berjualan pada skala lokal dan hanya menggunakan uang tunai, kini bahkan toko kelontong atau toko ritel kecil pun sudah bisa berjualan secara online di dunia maya, dan tentunya bisa tanpa uang tunai, tanpa batas wilayah, dan tanpa tatap muka antara pembeli dan penjual. Jika anda adalah seorang penjual atau pemilik toko eceran kecil, sudah saatnya anda meraih pendapatan yang lebih besar dengan memanfaatkan teknologi informasi..Berikut adalah 4 aplikasi yang harus dimiliki oleh pemilik toko ritel online. Keempat aplikasi ini harus selalu ada di hanphone android anda, karena tanpa aplikasi ini maka bisnis ritel online anda tidak akan bekerja secara maksimal.

  1. Aplikasi jualan online

Barang yang anda jual, misalnya jika anda berjualan baju, maka baju anda bisa diposting di aplikasi jualan online. Kini ada banyak pilihan aplikasi jualan online, ada shoppee, Lazada, Bukalapak, JD.ID, Tokopedia, dsb. Untuk skala internasional ada Alibaba dan Amazon. Anda bisa pilih salah satu untuk menampilkan produk yang anda jual. Atau bahkan jika anda mampu, anda bisa mendaftarkan barang anda di semua aplikasi jualan online.

2. Aplikasi keuangan

aplikasi keuangan merupakan aplikasi dimana uang hasil penjualan anda tersimpan. Bisnis online adalah bisnis yang tidak membutuhkan uang tunai. Metode pembayaran pada bisnis online adalah dengan cara transfer antar bank atau menggunakan uang virtual. Untuk itu, sebagai sarana agar transfer bank lebih mudah, maka anda harus memiliki aplikasi mobile banking. terserah adna gunakan internet banking dari bank mana saja. Bisa Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BSI, Bank BCA, atau bank lainnya yang menyediakan aplikasi internet banking.

Selain internet banking, metode pembayaran pada bisnis online adalah bisa dengan menggunakan uang virtual atau virtual money. Virtual money adalah  Dikutip dari Wikipedia, Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah biro Keuangan AS, mendefinisikan mata uang virtual adalah sebagai sebuah perwakilan digital dari nilai yang dikeluarkan oleh sebuah bank sentral atau sebuah otoritas publik, maupun kebutuhan yang ditujukan untuk mata uang fiat, tetapi diterima oleh orang-orang hukum atau alami sebagai alat pembayaran dan dapat ditransfer, disetor atau diperdagangkan secara elektronik”. Lebih lanjut menurut menurut ECB (2012), uang virtual adalah jenis uang digital yang penerbitan dan kotrolnya dilakukan oleh pengembangnya, tidak diatur oleh otoritas tertentu, dan biasanya hanya diterima dan digunakan oleh komunitas tertentu. Contoh mata uang virtual adalah OVO pay. Dengan OVO pay, GO Pay, dsb.

Selain itu untuk transkasi pembayaran yang bersifat internasionala tau lintas negara, anda harus memiliki akun Paypal untuk memudahkan bertransaksi.

3. Aplikasi pengiriman pesan

Aplikasi pengiriman pesan wajib dimiliki oleh pebisnis online. Tanpa aplikasi pengiriman pesan, maka komunikasi antara anda dengan pembeli atau dengan supplier dipastikan akan terhambat, dan ini akan mempengaruhi siklus hidup bisnis anda. Aplikasi pengiriman pesan yang saat ini populer digunakan dan tentunya hampir semua orang menggunakannnya adalah aplikasi Whatsapp. Namun tentu ada aplikasi pengiriman pesan yang lain seperti Telegram atau Blackberry Messenger (Namun sayang Blackberry Messenger kini sudah banyak ditinggalkan orang).

4. Aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media merupakan alat untuk mempromosikan, memasarkan, atau bahkan mengenalkan toko dan brang anda. Perlu anda ketahui bahwa bisnis online itu sama saja dengan bisnis offline dimana bisnis tidak akan sukses jika tidak ada promosi penjualan, marketing, ataupun strategi bisnis. Aplikasi media sosial adalah sarana yang ahrus anda maksimalkan agar bisnis online anda sukses. Aplikasi media sosial untuk bisnis kini sudah banyak, dan anda bisa memanfaatkan dan memaksimalkan aplikasi tersebut. Aplikasi sosial media untuk bisnis online yang paling sederhana adalah melalui Facebook. Sebarkan dan kenalkan toko anda di news feed facebook anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Youtube Channel untuk memperkenalkan bisnis anda dalam format video .

Itulah 4 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Toko Ritel Online agar jualannya laris manis tidak hanya di skala lokal, namun juga laris di skala internasional. Toko anda mungkin kecil, tapi bisa jadi, di era millenial ini, toko dan barang anda terkirim ke berbagai belahan dunia. Semua berkat teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *