4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional

4 Elemen Perilaku Kepemimpinan Transformasional

Visits: 146

4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional
4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional

Pada artikel terdahulu, kita sudah membahas mengenai pengertian kepemimpinan transformasional. Pada intinya, definis kepemimpinan transformasional atau transformational leader adalah sikap dan prilaku pemimpin yang dapat mengayomi, memotivasi, dan menciptakan atau merubah budaya kerja melalui contoh tindakan, ucapan yang membakar semangat, dan konsistensi tindakan atau keputusan untuk kemajuan bersama suatu organisasi. Kali ini yang kita bahas adalah 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional, maksudnya adalah bahwa seorang pemimpin transformasional setidaknya harus memiliki 4 elemen tersebut. 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional tersebut adalah:

  1. Pertimbangan individual, yaitu sejauh mana pemimpin memperhatikan kebutuhan setiap bawahan , bertindak sebagai mentor atau melatih bawahan dan mendengarkan kekhawatiran dan kebutuhan bawahan. Pemimpin memberikan empati dan dukungan, menjaga komunikasi tetap terbuka dan menempatkan tantangan di hadapan para bawahan. Ini juga mencakup kebutuhan untuk menghormati dan mengapresiasi kontribusi tiap bawahan kepada tim, serta memberikan nasihat yang memotivasi.
  2. Stimulasi Intelektual, yaitu sejauh mana pemimpin mampu menguji asumsi, mengambil risiko, dan mengakomodir gagasan bawahan. Pemimpin dengan gaya ini merangsang dan mendorong kreativitas bawahannya. Mereka mengasuh dan mengembangkan bawahannya untuk berpikir mandiri. Untuk pemimpin seperti itu, pembelajaran adalah suatu hal yang bernilai tinggi dan situasi atau keadaan yang tak terduga dilihat sebagai kesempatan untuk belajar. Ketika para bawahan mengajukan pertanyaan, ia memikirkan secara mendalam, dan mencari cara yang terbaik untuk melaksanakannya.
  3. Motivasi Inspirasi, yaitu sejauh mana pemimpin mengartikulasikan visi yang menarik dan menginspirasi bawahan. Pemimpin dengan motivasi inspirasional menantang bawahan dengan standar tinggi, mengomunikasikan optimisme tentang tujuan masa depan, dan memberikan makna untuk tugas di tangan. Bawahan perlu memiliki tujuan yang kuat dan mereka harus termotivasi untuk bertindak. Untuk mencapai hal itu aspek pemimpin dengan kepemimpinan transformasional harus didukung oleh keterampilan komunikasi yang membuat perkataan mudah dipahami, tepat, kuat, dan menarik. Para bawahan bersedia menginvestasikan lebih banyak upaya dalam tugas mereka, dan optimis tentang masa depan, serta percaya pada kemampuan diri mereka sendiri.
  4. Pengaruh yang ideal– Yaitu pemimpin memberikan panutan untuk perilaku etis yang tinggi, menanamkan kebanggaan, mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan.

Itulah 4 elemen perilaku kepemimpinan transformasional yang harus dimiliki agar tujuan organisasi dapat tercapai dan bertahan dalam waktu yang lama. Sebagai studi, contoh para pemimpin yang dianggap sebagai pemimpin transformasional adalah gandhi, Nelson Mandela, dan Abraham Lincoln.

Leave a Reply

Your email address will not be published.