5 KEBUTUHAN DASAR MANUSIA MENURUT ABRAHAM MASLOW

Views: 24

Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi. Berikut ini adalah 5 kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow yang
disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial.

Abraham Maslow lahir pada tanggal 1 April 1908 . Beliau adalah seorang teoretikus yang banyak memberikan inspirasi dalam teori kepribadian. Beliau juga adalah seorang psikolog yang berasal dari Amerika dan menjadi pelopor pada bidang psikologi khususnya aliran psikologi humanistik. Beliau dikenal dunia atas teorinya tentang hierarki kebutuhan manusia, yang terdiri dari lima kebutuhan, yaitu: kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

1.KEBUTUHAN FISIOLOGIS

Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia yang paling utama. Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang sudah menjadi kodrat manusia, dan bukan merupakan suatu pilihan, Contohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.

2.KEBUTUHAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN

Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman,
bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.

3.KEBUTUHAN SOSIAL

Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan
cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.

4.KEBUTUHAN PENGHARGAAN

Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.

5.KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI

Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.