7 Kunci Sukses Menjawab Pertanyaan Calon Supplier Toko Kelontong

Hits: 254

Ketika supplier ada yang akan masuk menjadi partner kita, ini merupakan suatu kemajuan dan ekuntungan bagi toko kita. Sebab, adanya supplier berarti kita tidak perlu modal lagi untuk membeli barang. Suplier yang akan menyediakan barang, dan kita tinggal jualan. Akan tetapi, tidak mudah untuk memperoleh supplier. Para supplier mungkin akan memperhatikan reputasi toko kita, menganalisis transaksi penjualan kita, dan bahkan mungkin juga mereka akan mengirimkan mistery shopper utnuk mencari tahu cara kita melayani para pelanggan. Bahkan, ada beberapa supplier yang melakukan wawancara terlebih dahulu dengan kita sebelum mereka memutuskan untuk menjadi supplier toko kita. Berikut adalah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong ketika mereka melakukan wawancara dengan toko kita. Inti dari ketujuh kunci ini adalah komunikasi. Komunikasi memainkan peran penting dalam kesuksesan meraih supplier, karena komunikasi adalah sesuatu yang dapat menyegel kesepakatan atau membatalkannya. Komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan, pemikiran, dan ide Anda dengan cara yang benar, sehingga menarik perhatian. Untuk menyampaikan komunikasi yang efektif dalam wawancara dengan calon supplier, ada tujuh kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong, yaitu:

  1. Kebenaran
    Ketepatan mengacu pada penyediaan fakta yang benar, menggunakan tingkat bahasa yang tepat dan menyampaikan pesan yang tepat kepada pewawancara, yang dalam hal ini adalah calon supplier. Ini mengacu pada menghindari kebohongan data dalam bentuk komunikasi secara tertulis maupun secara lisan. memberikan informasi yang bohong akan menimbulkan efek negatif yang berakibat menjadi buruknya reputasi toko kelontong kita.
  2. Kejelasan
    Kejelasan memerlukan penggunaan bahasa sedemikian rupa sehingga calon supplier dapat dengan mudah memahami arti sebenarnya dari kalimat tersebut. Kita perlu menekankan pada pesan tertentu pada suatu titik waktu. Jika ada kejelasan dalam pemikiran dan gagasan, maka itu memungkinkan makna kalimat tersampaikan dengan mudah.
  3. Kelengkapan
    Jika kita ingin mendapatkan respons yang diharapkan calon supplier, maka kita harus selalu menyediakan semua detail yang diperlukan. Kita harus mempertimbangkan keadaan pikiran pewawancara dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan mendukung tanggapan dengan fakta dan angka yang lengkap.
  4. Ringkas
    Di dunia bisnis, tidak ada yang punya waktu untuk komunikasi bertele-tele. Jadi, lebih baik ringkas dalam komunikasi dan hemat waktu Anda dan orang lain. Anda dapat mencapai keringkasan dengan menghindari pengulangan pemikiran dan ekspresi bertele-tele. Sebaliknya, Anda harus menggunakan kalimat singkat yang to the point tetapi menyelesaikan komunikasi.
  5. Pertimbangan
    Ini adalah komponen terpenting dari komunikasi yang efektif yang menyiratkan pemikiran dari perspektif calon supplier. Kita sebagai orang atau pemilik toko yang diwawancara harus mempertimbangkan pandangan, latar belakang, tingkat pendidikan, pola pikir, keinginan, dan masalah calon supplier tersebut saat sedang berwawancara dengan kita.
  6. Kekonkretan
    Kekonkretan dalam memberikan penjelasan mengacu pada kejelasan dan ketepatan kata-kata yang dapat menghindarkan hal-hal kabur dan tidak jelas. Kita harus menyajikan fakta yang benar dan spesifik di depan mereka untuk komunikasi yang efektif.
  7. Kesopanan
    Sopan santun adalah komponen inti dari setiap komunikasi yang efektif. Awal dan akhir komunikasi harus dengan sopan. Ini mengacu pada menghargai perasaan orang lain karena itu akan membangun niat baik. Kita harus menggunakan kata-kata yang sopan dan menunjukkan rasa hormat kepada calon supplier, sebab jika tidak, sebenar apapun bukti yang kita berikan, selengkap apaun keterangan yang kita jelaskan. Kita tidak akan berhasil jika kita tidak memiliki kesopanan. Kesopanan adalah faktor subjektif mereka yang sangat mungkin akan mengesampingkan semua kekurangan data hanya karena hati mereka tersentuh dengan kesopanan yang kita berikan.

Itulah 7 kunci sukses menjawab pertanyaan calon supplier toko kelontong yang dapat meningkatkan reputasi, profit, dan merk dagang toko kelontong kita. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *