Ada Pelajaran Dari Orang Yang Telah Meninggal

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri pemakaman seseorang yang baru saja meninggal dunia. Suasana haru dan sedih membayangi rumah duka, demikian pula dengan alam yang ikut bersedih ditandai dengan cuaca mendung sepanjang hari. Saya menghadiri pemakaman adalah untuk berbelasungkawa dan ikut membantu prosesi pemakaman, walaupun bantuannya hanya sebatas doa saja.
Namun ternyata apa yang saya alami hari itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Saya menemukan suatu pelajaran dan ilmu kehidupan yang luar biasa. Kita tahu bahwa kita tidak tahu kapan, dimana dan bagaimana cara kita meninggal,hal itu adalah rahasia Tuhan. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha menjalani hidup dengan baik agar kita meninggal dalam keadaan baik pula. Bagi saya, orang yang baru saja meninggal memberitahu saya bahwa ketika kita mati, kita tidak akan membawa apa-apa. Kita hanya dibungkus oleh sehelai kain kapan, dan diberi ruangan yang sangat sempit. Bahkan untuk membersihkan diri pun kita harus dibantu oleh orang-orang. Kita meninggalkan semua yang kita miliki di dunia ini, termasuk anak dan istri.
Jadi apalah artinya kita mengejar kekayaan hingga menggunung dengan cara-cara yang tidak baik, jika kita mati saja tidak membawa apa-apa. Apalah artinya kita dengki kepada orang-orang jika ternyata pada akhirnya pun kita akan dibantu oleh orang-orang. Itulah pelajaran yang saya peroleh hari itu. Bahkan orang meninggal pun masih bisa menjadi guru untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *