Angpau, Makna Filosofis Bisnis Bangsa China

Perayaan Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa bukan hanya sekedar ritual rutinitas tahunan saja, namun juga merupakan warisan budaya yang sekaligus menyatu dengan kepercayaan. Karena itu Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa sangat bernilai sakral.
Jika ditelusuri asal sejarahnya, perayaan Imlek atau dalam Bahasa China disebut Sin Tjia, sebenarnya bermula dari sejenis perayaan yang sering dilakukan para petani di China pada setiap tanggal satu di bulan pertama tahun baru. Tradisi ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. Nilai kesakralan perayaan ini biasanya diisi dengan beberapa ritual keagamaan menghormati Tuhan Yang Maha Kuasa dan para leluhur.
Tradisi simbolik lainnya pada perayaan Imlek adalah pemberian angpau, yaitu suatu amplop berwarna merah yang berisi uang. Angpau bagi bangsa China bermakna filosofi sebagai transfer energy kesejahteraan. Transfer energy kesejahteraan dari orang mampu kepada orang miskin,orang tua kepada anak-anak, dan dari anak-anak yang sudah menikah kepada orang tua.
Sejalan dengan perkembangan strategi bisnis dan perluasan jaringan, angpau berkembang menjadi suatu pelengkap dan pengikat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan diantara para pelaku bisnis. Angpau diberikan tidak hanya di sekitar anggota keluarga saja, angpau kini diberikan dari atasan kepada bawahan, pemilik bisnis kepada para karyawan, pemilik bisnis kepada rekanan maupun partner bisnis.
Pemberian ini secara sacral merupakan transfer energy kesejahteraan, namun jika dicermati dari sisi logika bisnis, pemberian angpau merupakan suatu strategi bisnis yang sangat brilian. Seorang pemilikusaha memberikan angpau kepada para karyawannya menunjukan bahwa pemilik bisnis tersebut peduli kepada para karyawannya, kepedulian ini akan dibalas oleh karyawan dengan bekerja sepenuh hati untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. Harapannya, semakin maju perusahaan maka angpau di tahun-tahun berikutnya akan semakin besar.
Pemberian angpau kepada rekanan dan partner bisnis memiliki symbol bahwa sesame pebisnis harus saling menghormati , dan saling berbagi. Kepercayaan adalah kunci bisnis yang utama,dan itu disimbolkan denganpemberian angpau kepada rekan atau kolega yang dipercaya. Bagi etnis China, Tahun baru Imlek dan pemberian angpau merupakan suatu kesempatan untuk mengukuhkan kerjasama bisnis,perluasan jaringan, dan peningkatan kepercayaan. Strategi bisnis China memang hebat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *