APA ITU DROPSHIPPING DAN BAGAIMANA CARA MEMULAI BUKA TOKO DROPSHIPPING ?

Hits: 26

Apa yang dimaksud dengan dropshipping? Dropshipping adalah suatu bisnis dimana kegiatannya adalah menjual atau memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan lain tanpa harus membeli atau menyimpan stok terlebih dahulu. Orang yang melakukan bisnis dropshipping disebut dengan dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan suatu bisnis yang dapat dikatakan hampir tanpa modal, sebab ia hanya memasarkan atau menjual produk orang lain. Pendapatan yang diperoleh oleh para dropshipper berasal dari komisi penjualan, atau selisih harga antara harga yang ditawarkan oleh dropshipper dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik produk. Bisnis ini unik dan menarik, sebab para dropshipper mendapatkan keuntungan penjualan bahkan tanpa perlu susah payah mengirimkan produk ke pembeli, karena tugas pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan yang punya barang, Dengan kata lain, bisnis dropShipping tidak perlu menyiapkan toko fisik! Anda hanya perlu kelancaran internet!

DropShipping bukanlah istilah atau konsep baru dalam e-commerce tetapi jarang orang yang tahu bagaimana memulai bisnis DropShipping. Lalu bagaimana cara memulai toko dropshipping ? berikut adalah cara yang pernah saya lakukan ketika membangun toko dropshipping hingga akhirnya memiliki toko sendiri dan memiliki barang sendiri. Dengan meningkatnya kegiatan e-commerce atau bisnis berbasis internet, ini juga meningkatkan jumlah orang yang ingin memulai bisnis e-commerce tersebut. Kewirausahaan ecommerce adalah karir yang menarik di era millenial ini. Namun persoalan klasik dalam berbisnis adalah bahwa memulai suatu bisnis perlu memiliki dukungan investasi yang baik. Umumnya, modal adalah investasi terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Dan ini membuat banyak orang yang berniat untuk berbisnis mundur teratur karena tidak memiliki modal. Bisnis dropshipping menjawab kendala keterbatasan modal tersebut, karena dropshipping hampir dipastikan tidak perlu modal. Artinya anda tidak perlu terlebih dahulu membeli produk secara grosiran dan menyimpan stok barang jualan untuk kembali dijual secara eceran.

Menurut pendapat saya, dropshipping adalah lebih dari hanya sekadar bisnis. Dropshipping adalah layanan. Internet berhasil! Ini adalah metode bisnis ritel di mana penjual tidak menyimpan produknya di toko atau gudang. Berikut ini adalah keunggulan bisnis DropShipping:

  1. Diperlukan modal investasi yang minimum bahkan mungkin tanpa modal
  2. Tidak ada rintangan sulit dalam mendirikan toko dropshipping
  3. Margin risiko lebih rendah
  4. Pebisnis dropshipping dapat menetapkan harga sendiri untuk produk yang dijualnya.

Lalu bagaimana cara memulai buka toko dropshipping?

  1. Langkah pertama adalah cari tahu terlebih dahulu minat bisnis anda. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan , produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Teliti basis pelanggan Anda dan lihat produk apa yang dapat memberi Anda keuntungan lebih tinggi
  3. Cari tahu siapa pesaing Anda dalam menjalankan bisnis ini dan bagaimana cara mereka memaksimalkan keuntungan.
    Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kedua adalah : Temukan pemasok Dropshipping yang cocok dengan anda

Pemasok dropshipping pada dasarnya adalah sumber hidup bisnis anda. Ia adalah pahlawan bagi anda, karena pemasok adalah orang yang akan menangani semua tugas fisik bisnis seperti pengepakan, dan pengiriman. Oleh karena itu penting untuk menghubungi pemasok terpercaya yang dapat melakukan sinkronisasi dengan produk yang ingin Anda jual. Pastikan anda memperoleh kejelasan dari pemasok akan hal-hal berikut.

  1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesanan.
  2. Sistem pelacakan atau sistem tracking seperti apa yang mereka sukai.
  3. Jika pemasok menawarkan garansi untuk produk mereka, pastikan jangka waktu garansi tersebut.
  4. Agar lebih tenang, anda sebaiknya harus mendapatkan pemasok yang sudah memiliki NPWP. Dan anda harus tahu nomor NPWP pemasok tersebut. Ini penting agar anda tidak tertipu oleh pemasok bohongan yang akan membuat reputasi anda jadi ikut-ikutan hancur karena dianggap pembohong oleh pembeli. Padahal anda tidak berniat untuk berbohong atau menipu.

Langkah yang ketiga adalah: Pilih Platform Anda untuk berbisnis.

Setelah Anda selesai dengan prasyarat yang diberikan pada langkah-langkah di atas, Anda perlu mencari tahu platform mana yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Ada banyak platform toko online yang bisa anda gunakan, seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan Bukalapak untuk platform bisnis online lokal Indonesia.

Untuk skala global, eBay adalah platform e-niaga yang paling banyak digunakan dan mudah bagi pemula untuk memulai. Amazon adalah situs e-niaga terbesar di dunia untuk menjual dan membeli produk. Bonanza dan Ruby Lane juga merupakan toko e-niaga yang dapat membantu mengangkat produk Anda. Jika tidak mau menggunakan salah satu dari platform ini, Anda dapat mendesain toko e-niaga Anda sendiri dengan platform seperti Shopify.

Langkah keempat: Pasarkan dan Promosikan!

Jika anda memiliki ide bisnis yang luar biasa dan bahkan membuat toko online tetapi tidak ada yang mengetahuinya, ini alah sama saja dengan percuma! Anda membuang waktu banyak sekali untuk hasil yang tidak memuaskan sama sekali. Disinilah pentingnya analisis pemasaran yang untu mulai memasarkan produk dan toko online Anda. Mulailah kampanye pemasaran toko di berbagai di platform media sosial. Gunakan kekuatan email massal ke pelanggan target. Buat kupon diskon karena diskon lebih memesona dan lebih cepat membuat orang tergoda untuk berbelanja.

Itulah langkah-langkah memulai toko dropshipping. Dengan konsistensi dan kerja keras, anda akan memperoleh hasil di e-commerce. Selamat berjuang. dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.