Belajar Marketing Secara Sederhana

Semua orang sering mendengar istilah marketing. Dalam pemahaman orang awam marketing adalah memasarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen. Ya, pengertian itulah yang selalu tertanam dalam mindset setiap orang. Begitu kuatnya pengertian marketing ini hingga terkadang ada beberapa orang yang antipati.
Mau bukti ? Coba anda renungkan ! Pernahkah rumah anda dikunjungi oleh seseorang yang menawarkan produk dagangan kepada anda ? Bagaimana reaksi anda ? Tidak interest, acuh tak acuh hingga akhirnya menolak dengan bahasa halus karena gak mau dengar lagi ocehannya.
Sesempit itukah pengertian marketing ? Jawabannya adalah tidak ! Pengertian marketing adalah lebih dari sekedar menawarkan produk dagangan atau jasa kepada anda. Menawarkan adalah sales, dan sales adalah bagian dari marketing.
Marketing bukan hanya suatu teori, tetapi juga merupakan suatu seni. Bahkan Prof. Dr. Hermawan Kartajaya meredefinisi marketing sebagai suatu strategi bisnis. Strategi apa saja ? Banyak !! Sebut saja misalnya bagaimana agar suatu merk menjadi terkenal, bagaimana caranya memperoleh pelanggan loyal, dsb.
Marketing sebagi suatu seni bukan hanya untuk bidang bisnis saja. Suatu organisasi, sekolah, bahkan partai politik memerlukan seni marketing. Marketing sangatlah komplek, bukan hanya ilmu bisnis saja yang mendukungnya, akan tetapi juga didukung oleh ilmu komunikasi, statistik, ilmu sosial, dsb. Perlu waktu dan biaya banyak untuk menjadi seorang ahli marketing, dan mungkin anda sudah tidak ada waktu lagi untuk belajar di kelas.
Tapi marketing itu penting !!! Kalau anda punya usaha, tentunya usaha anda ingin dikenal bukan ? Atau mungkin pribadi anda ingin dikenal oleh orang lain. Ini namanya Personal Branding, bagian dari marketing. Tak perlu keluar biaya banyak untuk belajar marketing. Saya sarankan anda buka www.reachschools.org. Website ini memberikan pembelajaran yang mudah mengenai dunia marketing dan bisnis, yaitu melalui suatu cerita-cerita yang sedang terjadi saat ini. Coba saja anda simak salah satu artikelnya European Champions League Not Just Only Prestige. Disitu dijelaskan mengenai arti penting suatu merk dagang. Memang artikelnya berbahasa inggris, akan tetepai seorang pengusaha atau profesional seperti kita tentunya sudah paham Bahasa Inggris bukan ? Kalau belumpaham Bahasa Inggris ya anggap saja sambil belajar.
Karena marketing itu penting, saya sarankan agar anda mulai belajar dari sekarang. Dan kalau perlu add bookmark website tersebut dan bergabung dengan facebook page -nya untuk referensi belajar marketing anda.

2 thoughts on “Belajar Marketing Secara Sederhana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *