Bisnis Tutor Online, Apakah Ini Bagus?

Jawaban pertanyaan ini tergantung kepada siapa yang ditanya. Jika bertanya kepada para guru atau institusi pendidikan formal, kurasa mereka akan terbagi menjadi dua kubu. Ada yang pro dan ada yang kontra. Yang pro mungkin berpendapat bahwa siswa who find a tutor online akan terbantu dalam proses belajar mengajarnya. Sedangkan yang kontra akan berpendapat bahwa tutor online akan membuat siswa menjadi malas belajar. Segala pekerjaan rumah tidak akan mereka kerjakan, karena mereka mengandalkan tutor online ini untuk mengerjakannya. Akibatnya, para siswa tidak akan mengetahui ilmu yang mereka pelajari. Mereka tidak akan bisa apa-apa. Hal ini akan berujung pada masa depan mereka yang bisa saja menjadi suram.
Namun bagi sisi bisnis, kurasa jawabannya tidak akan terbagi menjadi pro dan kontra. Dari sisi bisnis, ini adalah suatu opportunity. Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para siswa merupakan suatu opportunity bisnis. Dengan didukung oleh era teknologi internet di jaman ini, tutor online menjadi suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan tentu memiliki banyak kelebihan.
Kelebihan yang pertama adalah tutor online dapat siap sedia selama 24 jam, bahkan ketika malam hari di saat para guru sudah tidur dan tidak dapat dimintai bantuan, tutor online adalah menjadi suatu alternative. Kelebihan yang kedua adalah bahwa tutor onlinr ini dapat membantu para murid menyelesaikan home work mereka dengan cepat dan tepat. Para siswa tinggal mengajukan persoalannya, dan dalam beberapa saat jawaban sudah tersedia. Jadi apakah Bisnis tutor online itu bagus? Jawabannya kembali kepada diri kita masing-masing. Dimanakah peran kita apakah sebagai pebisnis, atau sebagai seorang guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *