Cara Menempelkan e-meterai di pendaftaran CPNS 2023 Kementerian Kelautan dan Perikanan

Visits: 32

Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah dimulai sejak tanggal 20 September 2023. Sejumlah dokumen penting mulai dari KTP hingga Curriculum Vitae (CV) wajib dipersiapkan terlebih dahulu agar kelancaran pendaftaran CPNS 2023 menjadi lancar. Termasuk juga didalamnya, para pendaftar CASN 2023 dan PPPK 2023 wajib membeli e-meterai untuk surat pernyataan. E-meterai digunakan karena pendaftaran dilakukan secara online atau daring.

Pemerintah menunjuk Perum Peruri sebagai satu-satunya penyedia meterai elektronik atau e-meterai dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara 2023. Penunjukan langsung ini dilakukan agar tidak lagi terjadi kendala dalam pembelian e-meterai seperti pelaksanaan CASN tahun lalu. dilansir dari laman cnbcindonesia.com, Perum PERURI menyiapkan meterai elektronik dalam sistem yang terintegrasi dengan sistem seleksi CASN. Dengan sistem yang terintegrasi tersebut peserta akan lebih mudah dalam membubuhkan meterai di dokumen yang dibutuhkan.

Perum PERURI, yang merupakan perusahaan milik negara menyediakan portal khusus untuk CASN dalam pembelian emeterai yang merupakan isolated environment dan dedicated yang hanya terintegrasi di CASN. Demikian menurut Direktur Digital Business Peruri dalam konferensi pers persiapan seleksi CASN 2023 atau seleksi CPNS 2023. Peruri menyediakan sebuah portal helpdesk yang aktif 24 jam untuk membantu para peserta pendaftaran CPNS 2023 apabila mengalami kendala dalam menggunakan e-meterai ini. Peserta yang mengalami kendala bisa menghubungi Peruri melalui WhatsApp, e-mail maupun chatbot yang telah disediakan secara resmi.

Cara membubuhkan e-meterai di Pendaftaran CPNS 2023 teknisnya sama untuk pendaftaran CPNS 2023 atau PPPK 2023 di instansi manapun termasuk Kementerian kelautan dan Perikanan. Berikut adalah cara membubuhkan e-meterai di Pendaftaran CPNS 2023. Video tutorial cara pembelian dan membubuhkan e-meterai dapat dilihat di kanal youtube PERUM PERURI pada link video youtube PEUM PERURI.

– Buka website sscasn.bkn.go.id

– Login ke website sscasn.bkn.go.id

– Isi data diri anda secara lengkap dan benar, lalu klik selanjutnya.

– Berikutnya adalah pilih jenis seleksi lalu klik selanjutnya.

– Isi formasi, pilih instansi, pendidikan, lokasi dan jabatan formasi yang dilamar dan klik selanjutnya.

– Isi riwayat pekerjaan dengan lengkap, klik selanjutnya.

– Lalu anda buka lagi website sscasn.bkn.go.id, dan lakukan login.

– Pada menu unggah dokumen klik unggah, dan klik unggah pdf yang belum ada e-meterai. Pilih dokumen yang telah ditandatangani dan telah siap untuk dibubuhkan e-meterai.

-Klik cek akun e-meterai untuk membubuhi meterai elektronik.

-Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran akun e-meterai. Klik registrasi e-meterai, isi kolom e-mail dan buat password untuk membuat akun e-meterai, dan klik submit.

-Anda akan mendapatkan e-mail notifikasi untuk mengaktivasi akun e-meterai. Klik link aktivasi di akun e-mail.

-Selanjutnya peserta akan diarahkan pada laman meterai desk elektronik. Anda harus melakukan login kembali dengan memasukan akun, password dan ketik captcha dengan benar, lalu klik login.

-Lakukan pembelian kuota e-meterai dengan klik pembelian.

-Pilih dokumen dan klik open. Posisikan e-meterai dan letakan di sebelah tanda tangan. Pastikan posisi e-meterai dan letakan di sebelah tanda tangan. Pastikan e-materai tidak menimpa gambar atau tulisan apapun. Lalu klik unggah e-materai.

-Peserta dapat mengecek riwayat status pembubuhan e-meterai yang berhasil dengan klik cek riwayat pembubuhan. Kemudian klik unggah pdf yang sudah ada e-materai, pilih dokumen lalu klik open.

-Di tahap ini, pengunggahan dokumen e-meterai sudah selesai. Klik lihat untuk memastikan dokumen benar sudah terunggah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.