Cara menentukan posisi kapal dengan baringan silang

Hits: 282

Baringan silang adalah teknik menentukan posisi sejati kapal dengan cara membaring dua benda yang ada di sekeliling kapal. Perpotongan kedua garis baringan menunjukkan posisi kapal yang sebenarnya (posisi sejati kapal). Berikut adalah langkah-langkah dalam CARA MENENTUKAN POSISI KAPAL DENGAN BARINGAN SILANG. Materi ini dapat dilihat melalui aplikasi Belajar NKPI.

Atau melalui channel youtube: yusepchannel33

Langkah pertama adalah buat garis haluan kapal di peta laut. garis haluan yang dibuat di peta laut ini merupakan haluan sejati kapal. Artinya, haluan pedoman kapal harus dirubah terlebih dahulu menjadi haluan sejati kapal, yaitu dengan memperhatikan variasi peta laut dan deviasi kompas pedoman.

Kemudian tentukan terlebih dahulu dua benda di darat yang terlihat jelas dari kapal dan tertera pada peta laut. Misalkan dua buah mercusuar yang terletak di tanjung, yaitu Mercusuar tanjung A dan Mercusuar tanjung B. Setelah dua benda tersebut dibaring dalam waktu yang hampir bersamaan, rubah baringan pedoman tersebut menjadi baringan sejati dengan menggunakan rumus :
Bs = Bp + (variasi + deviasi).

Setelah Baringan sejati ditentukan, buat garis baringan sejati tersebut di peta laut. Gunakan mawar pedoman pada peta laut sebagai penentu sudut baringan sejati tersebut. Perpotongan garis baringan sejati ini adalah posisi sejati kapal, sedangkan posisi awal kapal sebelum benda di baring, atau posisi kapal berdasarkan GPS disebut dengan posisi duga kapal. Dan perbedaan antara posisi duga kapal dengan posisi sejati kapal disebut dengan Salah duga.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan anda tonton video Penentuan POSISI KAPAL DENGAN BARINGAN SILANG pada channel Youtube Yusep Channel .

Yusep channel merupakan channel video bidang kelautan dan perikanan. Pada channel ini anda dapat melihat berbagai materi video yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan, termasuk di dalamnya ada video belajar bidang kelautan dan perikanan, tutorial mengajar bidang kelautan dan perikanan, dan termasuk juga mengenai teknik penangkapan ikan dan hobi memancing, serta Materi belajar SMK Program NKPI atau Nautika Kapal Penangkap Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.