CARA MENGHUBUNGKAN ROUTER TP LINK WR-740N KE Iconnet UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN SINYAL WIFI

CARA MENGHUBUNGKAN ROUTER TP LINK WR-740N KE Iconnet UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN SINYAL WIFI

Visits: 1206

Iconnet adalah layanan jasa internet berbasis fiber optik atau serat fiber yang diluncurkan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara atau PT.PLN. Dengan adanya jaringan internet dari iconnet, maka masyarakat luas sudah dapat menikmati akses internet rumahan cepat sehingga informasi maupun kegiatan digital lainnya seperti bisnis dropshipping secara online dapat di akses dengan baik. Akses internet rumahan iconnet sebetulnya dapat diakses secara nirkabel, namun ada kalanya jangkauan wifi iconnet terbatas. Penyebabnya bisa saja karena jarak yang terlalu jauh, atau kondisi rumah yang terhalang beton, misalnya pada rumah berlantai 2 atau 3. Untuk mengakali berkurangnya sinyal wifi iconnet, maka dapat digunakan router TP LINK WR-740N sebagai alat tambahan alat untuk memperluas jangkauan sinyal wifi iconnet. Berikut adalah cara menghubungkan router TP LINK WR-740N ke Iconnet untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Cara setting TP LINK WR-740N ke Iconnet ini pada prinsipnya adalah sama dengan cara setting TP LINK WR-740N untuk mikrotik, dimana Router TP LINK WR-740N berfungsi sebagai acess point.

ROUTER TP Link WR-740N

Tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut koneksi Router TP LINK WR-740N ke Iconnet.

  1. Pastikan bahwa Firewall dan security network pada laptop, tablet, atau hp android dalam kondisi off atau mati.
  2. Sambungkan perangkat TP-LINK WR-740N dengan daya listrik. Tunggu sesaat hingga lampu-lampu indikator pada perangkat menyala, yaitu indikator power, setting, dan wifi.
  3. Sambungkan kabel LAN dari Port LAN 1 IConnet ke Port WAN pada perangkat TP-LINK
  4. Jika perangkat adalah perangkat yang pernah digunakan, maka tekan tombol reset dengan menggunakan jarum atau ujung pulpen pada perangkat TP Link yang posisinya ada di bagian belakang alat. Jika perangkat TP link WR-740N adalah perangkat baru, atau belum pernah dipakai, maka langsung loncat ke langkah nomor 5.
  5. Buka laptop, atau tablet, atau HP android.
  6. Klik koneksi internet wifi dan pilih TP-LINK. Dan pastikan berstatus connected atau terhubung. Jika tidak terhubung, maka mungkin ada masalah di kabel LAN.
  7. Buka browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Disarankan menggunakan Mozilla Firefox. Pada address bar, ketikan tplinkwifi.net atau http://192.168.0.1/ . Login dengan user name: admin, dan password: admin
  8. Pada menu, klik Nirkabel atau wireless. Dan lakukan penyetingan sebagai berikut.
  9. Pada kolom Nama jaringan nirkabel, isi dengan nama jaringan yang ingin anda buat. biarkan settingan yang lain, kemudian klik save atau simpan. Perhatikan gambar berikut.
tampilan setting TP Link WR-740N

11. Anda akan diperintahkan untuk restart. tekan “click here” untuk restart, dan tunggu beberapa saat hingga lampu indikator perangkat TP LINK WR-740N menyala normal.

12. Hubungkan komputer anda dengan jaringan wifi yang sudah anda buat tadi. (Jika sebelumnya nama jaringan wifi adalah TP-LINK…., sekarang nama jaringannya adalah nama jaringan yang sudah anda buat.

13. Kembali masuk ke menu TP LINK di tplinkwifi.net atau http://192.168.0.1/ .

14. Pada menu DHCP, klik nonaktif pada server DHCP. Ini artinya adalah bahwa perangkat TP Link ini akan mengikuti settingan alamat IP yang sama dengan alamat IP Iconnet. karena perangkat TP link ini berfungsi untuk hanya meneruskan sinyal wifi Iconnet. Alias alat TP LINK menjadi acces point atau wifi expander. Perhatikan gambar di bawah ini

15. Klik Simpan, lalu lakukan restart perangkat dengan meng-klik tombol “click here”.

16. Buka koneksi internet di laptop, atau tablet, atau hp android, dan pilih koneksi jaringan wifi yang telah anda buat. pastikan terhubung atau connected.

17. Test browsing dengan membuka laman Youtube, atau laman Google.com

Itulah cara menghubungkan router TP LINK WR-740N ke Iconnet untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.