cara pemasaran murah pameran UMKM

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Visits: 25

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.