Toyota Kijang: The Brand Legend

Semua orang di Indonesia pasti tahu dan kenal tentang Toyota Kijang. Ya, mobil yang satu ini memang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan boleh dikatakan sudah menjadi legenda.

Mulai dikenalkan pada tahun 1975, Toyota kijang sudah menjelma menjadi legenda otomotif Indonesia. Sudah empat generasi kijang melakukan reborn, dan kesemuanya selalu mendapatkan tempat yang pas di hati seluruh keluarga Indonesia. Oleh sebab itu, ketika Innova muncul di tahun 2004, nama “kijang” tetap melekat di depannya. Bahkan generasi Innova terbaru yang akan diluncurkan tanggal 23 November 2015 pun, nama Kijang tidak dihilangkan. Kijang amerupakan kesuksesan suatu brand yang menjadi legenda.Ia mengalahkan musuh-musuhnya yang berada di pasar yang sama. Mengapa ini bisa terjadi?

Saya berpendapat bahwa legenda kijang tieak terlepas dari kejeniusan Toyota dalam memahami demografi dan psikologi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi. Ketika ia memiliki suatu kebahagiaan, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan seluruh keluarga besar. Toyota kijang hadir dengan melirik hal tersebut. Ketika seseorang memiliki sebuah mobil kijang, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan keluarga besar lain. Karena itulah Toyota kijang dirancang untuk mampu memuat orang banyak. Agar semua terfasilitasi.

Kejelian ini ditambah dengan performa kendaraan yang tangguh serta harga yang relatif murah. Hampir dipastikan bahwa setiap keluarga kelas menengah akan melirik mobil kijang sebagai mobil keluarganya. Soal gaya? Jangan tanya! Mobil kijang memipiki gaya yang long lasting. Gaya body yang ia usung tidak erkalahkan dengan gaya -gaya mobil saat ini. Bahkan jika anda memiliki kijang LGX tahun 1997 pun, jika ia terawat dengan baik, ia masih mampu bersanding sejajar dengan kijang innova keluaran terbaru. Mungkin itulah mengapa toyota kijang dapat dikatakan menjadi legenda.

Kijang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, dan identitaz Toyota Kijang menjelma menjadi identitas masyarakat Indonesia. Itulah mengapa ketika generasi terbaru innova diluncurkan, nama kijang tetap melekat di depannya. Mungkin ini menunjukkan bahwa Kijang merupakan produk orisinil Indonesia. Dan baranhkali itu pula tema yang diusung pada peluncuran innova terbatu mendatang bertajuk The Legend Reborn.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *