Category Archives: Bisnis Retail

Pentingnya Sebuah Aplikasi Mobil Untuk Pengembangan Bisnis

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah perubahan  tradisi dari kultur masyarakat sehari-hari, dengan terciptanya sebuah keterbukaan dan transparansi di berbagai bidang, yang terutama di bidang Teknologi Informasi (IT). Informasi yang cepat dan akurat merupakan bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk didalamnya dunia bisnis.

Berkembangnya penggunaan Internet dan mobile application, menyebabkan munculnya penggunaan internet mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar maupun kecil. Sejak berkembangnya teknologi internet di gadget-gadget komunikasi, penggunaan mobile application menjadi semakin meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis.

Salah satu jenis implementasi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah e-Commerce mobile application.

Ide dasar dari e-Commerce mobile application adalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan. Melihat kenyataan tersebut, setiap perusahaan e-commerce, atau bahkan perusahaan bisnis lainnya kini selalu menganggarkan mobile app development cost dalam setiap rencana bisnis tahunannya. Hal ini tidak lain adalah untuk ntuk mempercepat dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan layanan secara on-line.

Jika dilihat dari sisi budget, maka itu sangat tergantung dari fitur, kecepatan access, dan kompatibilitas. Tapi jika dilihat dari sisi value, maka biaya pembuatan mobile app sedianya jauh lebih murah. Karena keberadaan mobile ap ini akan nyata sekali dalam peningkatan brand awareness, jangkauan pangsa pasar, serta penjualan produk.

Saat ini bisa dikatakan bahwa 9 dari 10 orang pasti memiliki smart mobile communication. Dan kecenderungan orang untuk berbelanja secara online akan terus meningkat setiap waktu. Mobile app merupakan salah satu factor penyebab peningkatan tersebut. Oleh sebab itu, sangatlah disayangkan jika suatu bisnis atau e-commerce tidak dilengkapi dengan sistem aplikasi mobil yang compatible dengan semua gadget smart phone.

Kepuasan Pelanggan Dilihat Dari Perspektif Retailer

Banyak sekali buku dan artikel mengenai kepuasan pelanggan yang dari waktu ke waktu  selalu menjadi fenomena menarik untuk dikaji. Kepuasan pelanggan merupakan  pengetahuan yang dinamis, selalu berubah dan terbuka pada langkah korektif lebih baik.  Dari sekian banyak referensi tentang kepuasan pelanggan, muncul pertanyaan: yang dimaksud pelanggan itu siapa?

Konsumen akhir (end consumer) atau perantara/pengecer  yang biasa juga disebut sebagai customer. Dilihat dari perspektif tadi, maka terjadi perbedaan yang sangat mendasar atas obyek kebutuhannya. Pelanggan akhir sebagai konsumen, orientasinya—selain fitur produk—juga manfaat produk yang dirasakan, sehingga pelayanan  merupakan bagian dari kontekstual hal  tersebut.

Jika kita melihat kepuasan pelanggan dari pengertian customer adalah pelanggan atau para pedagang perantara, maka obyektif kepuasan yang dimaksud sudah mengalami pergeseran, yaitu produk komersial menjadi pelengkap dan kebutuhan utama, selain fitur produk dan manfaat produk.

Dari pengamatan kami, yang menggeluti dunia penjualan dan distribusi, terhadap perspektif para pedagang eceran tentang kepuasan yang mereka harapkan dari para distributor melalui jajaran penjualnya (sales force), maka pemenuhan kebutuhan kepuasan pelanggan dapat dikategorikan dalam empat bagian, yaitu:

1. Kepuasan Atas Marjin

Kepuasan ini adalah adanya “kepastian” marjin yang diperoleh atas produk yang  dijualnya. Kepastian di sini bukan semata-mata keuntungan yang besar, namun  keuntungan yang wajar dan tidak terjadinya perang harga, baik antar-sesama pedagang,  bahkan para illegal  importir yang mengganggu harga beli dan harga jual.

Biasanya bagi  para pedagang besar/grosir, tolok ukur yang paling mudah untuk persentase marjin produk yang dijualnya adalah sekurang-kurangnya 2 kali lebih besar dari suku bunga bank. Sedangkan bagi para pengecer kecil, kisarannya 5–15%; bagi pasar modern biasanya  dalam situasi normal bisa 12–25%, sementara beberapa produk komoditi tertentu (seperti beras, gula, terigu, rokok, dan susu) mendapat pengecualian bisa saja di bawah kisaran tadi.

2. Kepuasan Atas Kualitas Produk

Kepuasan atas kualitas produk dari perspektif pengecer di sini adalah bisa diterima tanpa adanya keluhan dari para pembeli/konsumen akhir maupun pedagang eceran di bawahnya; kadaluwarsa produk cukup panjang; terjadi siklus order ulang yang tinggi; serta tidak mudah pecah, berubah warna, meleleh, membeku, berubah wangi, mengendap, dan lain-lain.

Kepuasan ini juga mencakup dukungan promosi yang membantu selling out di toko, stok selalu siap, termasuk ada sample produk untuk kasus tertentu, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kemudahan dalam pengembalian barang atau penukaran barang (tidak  birokratis).

3. Kepuasan Atas Problem-Solving Skill Salesman

Banyak perusahaan sangat membatasi kewenangan, informasi maupun pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh para jajaran penjual—yang berhadapan langsung dengan para  pelanggannya. Batasan ini biasanya meliputi kepastian kecukupan stok order, kepastian  pengiriman produk yang diorder, batasan otorisasi wewenang produk kembali/tukar, dan  toleransi pembayaran pada situasi sulit.

Memang dalam kasus tertentu diperlukan batasan yang jelas dan tegas untuk menghindari hal-hal yang mungkin akan merugikan perusahaan. Namun di lain pihak, para pelanggan pun mengharapkan adanya kecepatan dalam  mendapatkan keputusan dan solusi dari jajaran penjual pada saat mereka datang—bukan ucapan, “Nanti saya harus lapor  bos dulu.“ Jawaban klasik seperti itu terjadi di hampir setiap situasi saat pelanggan memberikan keberatan (objection). Dan hal ini merupakan situasi yang membuat pelanggan tidak puas.

4. Kepuasan  Atas  Intensitas  Sales  Coverage

Seperti yang kita ketahui, kini semakin banyak product item dan product category baru. Sementara itu, luas areal penjualan hampir tidak berkembang, terlebih lagi di kota besar yang harga tanah untuk jual maupun sewa sangat mahal.

Karenanya, para pengecer cenderung dari melakukan langkah simpel. Pertama, membuang daftar produk yang kurang laku (setelah habis tidak melakukan order ulang). Langkah kedua, mengurangi kuantitas order. Perlakuan mengurangi  kuantitas order ini terjadi juga pada produk-produk laku, di mana biasanya produk laku akan membutuhkan order besar dan gudang besar.

Maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan cara meningkatkan “frekuensi dan intensitas” kunjungan; kepastian hari kunjungan untuk permintaan order maupun jadwal tagihan;  kisaran jam kunjungan; serta dapat dilakukan dengan multi kunjungan, yaitu selain secara fisik, juga melalui telepon, faks atau lainnya.

Dimanakah mencari furniture berkelas berharga murah?

Furniture Murah berkualitas adalah dambaan semua orang. Bahkan jika anda memiliki dana yang cukup besar untuk dialokasikan bagi pembelian kursi, meja, dan perlengkapan rumah lainnya, anda pasti lebih senang jika bisa mendapatkannya dengan harga special bukan? Semua orang pasti memerlukan perabotan berkualitas namun murah untuk mengisi rumahnya, dan karena itulah kini terdapat berbagai tempat penjualan furniture online.

Dengan banyaknya kebutuhan anda, mendapatkan produk furniture dengan harga murah tanpa mengabaikan kualitas tentu akan sangat melegakan. Hal ini dapat terlaksana jika anda melakukan pencarian dan pembelian secara online, dimana anda bisa mencari harga terbaik dari beberapa toko sekaligus. Anda bahkan bisa menemukan perabotan berkelas yang bekas tetapi masih dalam kondisi yang sangat baik demi mendapatkan mebel murah yang bercita rasa tinggi.

Revolusi internet memungkinkan segalanya menjadi mudah, termasuk impor furniture secara retail. Jaman dulu, sebelum ada internet, mungkin anda akan kesulitan untuk membeli sebuah sofa buatan luar negeri. Anda hanya bisa mencari atau memesan di toko local, dan tentunya dengan harga yang sangat mahal. Kini, ketika internet sudah menjadi suatu kebutuhan setiap orang, mengimpor furniture berkelas dari luar negeri dapat dilakukan hanya dengan “satu klik” saja.

Anda tidak perlu khawatir dengan kenyataan bahwa anda tidak bisa melihat produk secara langsung. Toko furniture online yang terpercaya tidak akan menipu anda atau membuat anda seolah-olah tertipu. Anda tidak perlu bertanya-tanya tentang diskon, karena biasanya toko online sudah menyediakan diskon berbentuk kupon online yang nilainya sudah pasti. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tentang bagaimana furniture cantik dengan harga discount bisa sampai di rumah anda, karena selama masih ada jasa pengiriman yang beroperasi di kota tempat tinggal anda, maka anda bisa mendatangkan perabotan dari mana saja. Banyaknya penawaran yang muncul di toko online membuat lebih banyak pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Furnitur yang dijual dengan harga pabrik sekalipun, masih mungkin mendapatkan potongan harga.

Hal-Hal yang Membuat Penjualan Gagal dan Solusinya

Penjual harus selalu menjadi pengendali dalam setiap langkah yang diambil oleh calon pembeli. Termasuk ketika penjualannya menghadapi serangkaian kendala dan permasalahan yang bisa menghambat proses transaksi. Tentunya tidak dengan harus memperlihatkannya kepada calon pembeli tersebut. Ada penjual yang berhasil membawa calon pembelinya sukses melakukan transaksi. Namun, ada pula yang tak sengaja menjerumuskan rencananya sehingga rencana penjualanmenjadi gagal.
Ada beberapa hal bisa membuat seorang penjual mengalami kegagalan dalam menjual.Penjual yang ingin sukses sebaiknya bisa mengatasi hal-hal berikut ini:
Ketakutan
Ketika presentasi penjualan sudah mulai tak terkendali, hal yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan. Namun, terkadang seseorang justru menghadapi ketakutan ketika hendak mengambil keputusan itu. Akibatnya, ia tak melakukan perubahan dan secara perlahan membawa presentasinya dan juga tujuan bisnisnya menuju kegagalan. Solusi untuk menghadapi ketakutan ini yaitu melakukan perubahan dan jangan takut untuk mencoba.
Kebingungan
Kebingungan bisa ditimbulkan dari ketidakpahaman atas masalah yang sedang terjadi atau karena tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memberikan solusi. Bila seorang penjual dilanda kebingungan, ia tidak akan bisa melakukan pengendalian kepada calon pembeli,sehingga transaksi akan cenderung gagal. Untuk itu, sebaiknya penjual berusaha menyiapkan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban seputar masalah-masalah yang diperkirakan akan terjadi.
Kepercayaan
Menjual sesuatu kepada pelanggan tidak hanya sebatas menjual produk saja, akan tetapi harus bersama dengan kepercayaan. Bahkan prinsip menjual yang utama adlah bahwa anda harus menjual kepercayaan, nukan produk anda. Orang yang membeli produk anda adalah orang yang percaya kepada anda, karena itu anda harus mempertahankan kepercayaan tersebut. Jika tidak, maka akan bisa membawa bisnis Anda pada kegagalan. Selalu pantau pelanggan yang pernah bertransaksi dengan anda secara rutin. Lakukan evaluasi dan jangan segan untuk memberikan pertanyaan seputar pemanfaatan atau kendala dari produk yang mereka beli dari anda. Berikan mereka solusi atas permasalahan mereka.

Mobile Banking untuk Business Kecil dan Menengah

Transfer antar bank semakin mudah dan cepat dengan menggunakan mobile banking. Jika beberapa tahun ke belakang atm diklaim sebagai layanan perbankan yang memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi perbankan, kini dengan kehadiran internet dan kemajuan teknologi smartphone, para nasabah semakin dipermudah lagi. Kini kemudahan layanan transfer online antar bank dapat dilakukan hanya melalui smartphone milik nasabah. Ingin transfer online ke rekan bisnis atau keluarga, cukup melalui mobile banking di smartphone Anda.
Dengan mobile banking, Anda dapat melakukan transfer online ke banyak bank yang sudah bergabung dalam jaringan pelayanan antar bank. Dana yang ingin ditransfer dapat diterima oleh rekening bank tujuan saat itu juga (real time online).
Ini sangat bagus untuk operasional bisnis, terutama bisnis online. Yang dibutuhkan kini tinggal kepercayaan yang diberikan oleh konsumen kepada pengusaha online. Dan sebaliknya pengusaha online harus mempertahankan kepercayaan pelanggan ini dengan segala upaya. Melalui transaksi mobile banking, bisnis yang skala kecil pun bisa menembus lintas batas suatu negara. Karena itu, fasilitas layanan mobile banking adalah suatu keharusan bagi pelaku bisnis terutama bisnis retail online.

Sales Weapon: Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Pada intinya, meningkatkan frekwensi penjualan adalah bagaimana agar para customer yang sudah pernah membeli produk anda kembali lagi di masa depan untuk membeli lagi produk anda.
Ini dapat terwujud jika anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Memberikan pelayanan terbaik bukan hanya sebatas pada kualitas produk yang baik dan tidak bermasalah, melainkan juga terletak pada proses transaksinya, hingga after sales-nya.
Sebagai contoh, jika anda memiliki toko, para pengunjung toko anda dilayani sedemikian rupa hingga mereka merasa nyaman dengan anda dan percaya bahwa toko anda dapat memberikan solusi atas masalah-masalah mereka. Toko adalah salah satu contoh. Pada prinsipnya, apapun yang anda jual jika mereka nyaman dengan anda, dan mereka percaya dengan anda, maka mereka akan menyimpan anda (atau toko anda) sebagai referensi pemecahan masalah di masa mendatang. Dengan kata lain jika mereka membutuhkan sesuatu, maka mereka akan kembali membeli kepada anda.
Ini juga termasuk tentang masalah penentuan harga. Harga yang ditentukan untuk barang anda haruslah bersaing. Harga bersaing disini maksudnya adalah sesuai dengan kualitas barang. Harga tidak mahal namun juga tidak terlalu murahan. Jika ada kompetitor yang menawarkan produk yang sama, setidaknya harga produk kita tidak jauh berbeda. Terkecuali jika brand anda sudah terkenal, mungkin penetapan harga jual yang tinggi adalah persoalan lain.
Senjata yang ketiga ini merupakan suatu filosofi bisnis, sebagai turunan dari hukum bisnis biasa. Hukum bisnis menyatakan bahwa semakin tinggi permintaan maka harga akan semakin tinggi. Penggunaan senjata ketiga ini adalah untuk menciptakan permintaan agar semakin tinggi. Peningkatan permintaan akan berujung kepada peningkatan nilai brand produk kita. Dan ini semua dapat terwujud melalui excellent service.
Akhir kata, meningkatkan frekwensi penjualan adalah dengan cara menerapkan pelayanan yang prima kepada pelanggan.

Langkah pertama membuat toko online: cari web hosting terbaik!

Banyak orang kini lebih suka berbelanja online dibandingkan berbelanja secara offline. Berbelanja online banyak keuntungannya, yaitu dapat menghemat waktu (anda bisa melakukan aktivitas lain), dan menghemat uang (anda tidak perlu membayar parker mobil atau membeli produk-produk yang tidak perlu). Oleh sebab itu bisnis membuka toko online adalah bisnis yang sangat menjanjikan.
Jika anda memiliki suatu produk, kini sudah saatnya anda untuk menjual produk anda secara online. Dengan menjual secara online, maka produk anda bisa dipasarkan lebih cepat dan bisa meraih market secara global. Lalu apa yang harus anda lakukan pertama kali sebelum membuat toko online?
Ok, jika anda suah memiliki produk dan sudah mempersiapkan nama untuk toko anda, maka langkah pertama anda membanguns ebuah website toko online adalah dengan mencari web hosting. Secar sederhana Web hosting adalah suatu tempat dimana anda mendaftarkan nama toko anda sekaligus tempat untuk melakukan maintenance website anda. Ada banyak web hosting yang ditawarkan, baik hosting local maupun internasional. Cari web hosting yang menurut anda cocok utnuk pasar produk anda. Jika anda hanya ingin memasarkan produk secara local, maka sebaiknya anda mencari web hosting local saja, dan jika ingin go internasional, maka gunakan web hosting internasional pula. Jangan lupa pertimbangkan mengenai harga hosting. Carilah web hosting berharga sesuai dengan kemampuan keuangan anda namun memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya anda mencari web hosting yang menyediakan diskon.
Itulah langkah pertama dan paling utama membangun toko online. Langkah selanjutnya tentu adalah melakukan maintenance website dan strategi marketing.

Business Opportunity: Menjual Retail Handphone Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri di piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Handphone Android adalah handphone yang sistem operasionalnya menggunakan Android. Sistem operasi Android menjadi pilihan bagi vendor-vendor smart phone karena memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang open source. Tidak hanya itu Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Karena biaya lisensi yang relatif murah dan bersifat open source, maka berbagai produsen elektronik menciptakan menciptakan handphone berbasis android dengan harga murah. Dari sisi aplikasi, handphone-handphone ini tidak kalah unggul dengan handphone android bermerk terkenal, demikian pula dari sisi design. Dari sisi pangsa pasar, sudah jelas ini memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Harga yang ditawarkan demikian murah hingga terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.
Ini adalah kesempatan bisnis, terutama di Negara berkembang yang pendapatan per kapita penduduknya relative rendah. Kebutuhan mereka akan teknologi sedemikian penting, namun mereka terkendala oleh biaya. Dan ini merupakan suatu alternative. Ada dua proyek bisnis yang dijalankan untuk menjual handphone android murah ini, yaitu menjual secara grosir, atau membuka toko retail khusus untuk handphone android murah. Bagi anda yang berminat untuk berbisnis handphone dengan modal yang tidak terlalu besar, menjual handphone android murah bisa dicoba. Bahkan dengan kemajuan teknologi internet saat ini, anda tidak perlu memiliki toko, anda bisa membangun website dan menjual handphone murah ini secara online. Yang lebih menyenangkan lagi, anda bisa menjual andphone ini tanpa modal, yaitu melalui drop-shipping.

Anda Bisa Memulai Bisnis Handphone Android Dari Sini

Handphone Android adalah gadget teknologi yang sedang popular di dunia saat ini. Begitu banyak merk-merk handphone android yang ditawarkan di pasar,mulai dari yang termahal hingga yang termurah. Pasar Android memang sangat luar biasa, dan hal ini pulalah yang dapat membuat seseorang untuk tertarik ikut membuka toko penjualan android.
Akan tetapi membuka toko penjualan handphone android baik secara online maupun offline tidak semudah membalikkan tangan. Setidaknya anda harus punya channel ke supplier atau grosir handphone android yang dapat memenuhi display toko anda.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli produk dagangan anda ke supplier, yaitu:
1. Tentukan target pasar. Toko yang anda bangun itu ditujukan untuk siapa? Kelas premium atau kelas menengah ke bawah? Jika anda memilih target pasar untuk kelas premium berarti anda harus siap mengeluarkan modal besar untuk membeli produk-produk bermerk. Memilih kelas premium berarti anda pun harus menata toko anda sekelas premium dengan desain toko dan pelayanan yang mendukung para pembeli dari kalangan orang kaya. Jika anda memilih untuk kelas menengah ke bawah, mungkin anda tidak terlalu membutuhkan modal besar untuk membeli produk penjualan anda, atau jika anda memiliki modal yang lumayan besar, maka anda dapat membeli produk android murah dengan jumlah yang banyak.
2. Pilih supplier yang dapat memberi keuntungan untuk anda. Keuntungan dari supplier yang dimaksud disini adalah kemudahan pembelian dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, harga yang lebih murah, bisa mendapatkan diskon, atau factor garansi produk yang anda beli.
3. Tentukan jumlah produk yang anda beli. Disini kejelian anda dalam berbisnis diuji. Anda harus dapat menentukan jumlah produk untuk toko anda sehingga dapat mencukupi display toko anda plus sedikit stock di gudang anda. Jangan membeli produk sehingga barang over stock, dan jangan pula membeli produk dengan jumlah sangat sedikit yang membuat display toko anda terlihat kekurangan produk dan tidak memiliki stok.

Karakteristik E-Commerce

Sebelum anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan e-commerce,sebaiknya anda harus memahami karakteristik e-commerce,sehingga anda dapata menentukan strategi yang tepat dalam menindaklanjuti pengembangan e-commerce untuk bisnis anda.
Berikut adalah beberapa karakteristik E-Commerce:
a. Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line.

b. Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya.
c. Produk Digital dan Non Digital
Produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.
d. Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi e-commerce pada dunia industri, semakin lama semakin luas tidak hanya memberikan kemudahan dalam bisnis, tetapi juga mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global. Perkembangan teknologi tidak hanya mendukung kelancaran dan keberlangsungan suatu aktivitas bisnis, namun juga menciptakan industri baru dalam komunikasi bisnis.
Penerapan e-commerce, telah menciptakan suatu komunitas tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (electronic business community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi serta teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya seharai-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya demand dan supply. Dengan perkembangan teknologi e-commerce, maka transaksi tadi dapat dengan mudah dilakukan, sekalipun kedua pihak yang bertransaksi berada pada sisi geografis yang berbeda.