Category Archives: bisnis

Digital Printing Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis

Saat ini, segala sesuatu baik bisnis maupun kegiatan lainnya sangat bergantung pada teknologi. Demikian pula halnya dengan mencetak. Percetakan melalui berbagai media dan format yang berbeda-beda merupakan pemecahan masalah yang sangat penting dalam dunia bisnis saat ini. Bisnis saat ini menjadi lebih antusias dengan adanya proses pencetakan yang memberikan kualitas gambar yang tinggi dan waktu penyelesaian yang cepat.

Bisnis memerlukan komunikasi dengan para pemangku kepentingan, dan komunikasi tersebut dapat menggunakan berbagai alat. Sekarang Anda dapat mencetak brosur, kartu nama, brosur dan bahan lainnya dalam volume besar dengan harga yang terjangkau. Jika kebutuhan Anda adalah untuk menghasilkan cetakan dalam waktu yang singkat, maka cetak digital adalah jawabannya. Kecepatan proses ini cukup luar biasa dan kapasitasnya membuatnya menjadi prospek yang bisnis yang sangat menjanjikan.

Bisnis cetak digital tidak hanya terpaku pada produk cetaknya saja. Jasa desain khusus untuk setiap pelanggan dalam men”deliver” pesan yang akan disampaikan kepada target pasar juga merupakan peluang bisnis pelengkap bahkan bisa menjadi utama dalam bisnis digital printing. Hal ini tentunya luar biasa mengingat fakta bahwa suatu bisnis justru bisa fokus pada bagaimana mengembangkan hubungan dengan setiap pelanggan dalam konteks tertentu. Dan ini semua bisa tersampaikan hanya dengan sebuah gambar yang didesain secara unik dalam waktu yang singkat dan jumlah yang banyak. Percetakan digital dapat mengubah jalannya komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Seberapa efektif suatu profil bisnis dikomunikasikan kepada target pasar, sedikit banyak hal tersebut tergantung pada kualitas gambar cetakan serta desain yang dibuat.

Digital Printing dapat menawarkan leverage yang signifikan untuk kebutuhan komunikasi bisnis. Anda dapat menukar manfaat dengan bermitra dengan penyedia layanan. Penyedia layanan akan bekerja pada pendekatan yang akan memberikan pengaruh untuk kebutuhan komunikasi Anda. Dengan memiliki solusi pencetakan yang disesuaikan untuk brosur Anda, brosur dan kartu nama Anda dapat berakhir sebagai pemenang. Anda harus memberikan diri Anda kesempatan untuk menanggapi situasi yang berbeda dengan cara yang terjangkau.  Anda akan mendapatkan apa yang diinginkan untuk terlibat dengan para pemangku kepentingan dalam cara yang lebih baik.

Menjaga Kualitas Produk Adalah Tindakan Berhemat Yang Cermat

Saat mengawali bisnis membuka toko, selain memperhitungkan pelayanan, display, dan strategi penjualan, hal yang harus juga dipikirkan adalah menjaga kualitas produk. Karena apapun bisnis ataupun usaha yang dijalankan, sangatlah penting untuk memikirkan dan menjaga kualitas produk yang akan dijual.

Bisnis yang kita jalankan, atau toko yang kita buka  jangan sampai menodai kepercayaan konsumen dengan keberadaan kualitas produk yang menurun. Pembeli itu adalah sumber kelangsungan usaha anda, maka ketika mereka mengetahui atau mendapatkan toko kita menjual produk berkualitas rendah, bisa saja mereka berpaling  ke lain hati untuk membeli produk yang sama di toko lain.

Menurunnya kualitas produk yang dijual ditoko bisa terjadi  karena dua  hal:

1. Produk yang dijual memang berkualitas buruk

2. Produk yang dijual menurun kualitasnya karena factor umur produk

3. Produk yang dijual menurun kualitasnya karena tidak terawat dan terpelihara dengan baik

Untuk bisa menjaga kualitas produk, sudah pasti memerlukan komitmen dan ketegasan yang kuat. Menjaga kualitas itu penting karena: pertama bisa menekan biayadan kedua tentu bisa mencegah timbulnya kekecewaan konsumen karena produk rusak. Harus diingat bahwa konsumen adalah “asset”. Semakin banyak “asset” yang loyal, maka toko akan memperoleh income yang berkelanjutan dan tentu saja semakin meningkat.

4 Hal Utama Dalam Membangun Bisnis Rumahan

Bisnis terbukti mampu  merubah nasib seseorang sehingga mereka dapat mencapai kebebasan financial. Namun demikian, tidak semua orang mampu dan mau menjalankan bisnis, sebab bisnis merupakan suatu pekerjaan yang beresiko tinggi dan membutuhkan kesabaran dan ketekunan tingkat tinggi. Membangun bisnis memerlukan beberapa aspek penting yangsemuanya berkaitan, mulai dari kepercayaan diri, keberanian, kemampuan diri, hingga permodalan. Khusus untuk permodalan, sebenarnya di jaman digital ini bukan lagi sesuatu yang signifikan. Namun demikian harus tetap dipikirkan.

1. Kepercayaan diri

Kepercayaan diri seseorang dalam memutuskan langkah untuk membangun bisnis dan menjadi pengusaha adalah hal yang paling utama. According to Wikipedia, self-esteem reflects a person’s overall subjective emotional evaluation of his or her own worth. It is a judgment of oneself as well as an attitude toward the self. Self-esteem encompasses beliefs (for example, “I am competent”, “I am worthy”) and emotions such as triumph, despair, pride, and shame.[1] Smith and Mackie (2007) defined it by saying “The self-concept is what we think about the self; self-esteem, is the positive or negative evaluations of the self, as in how we feel about it.”

Jadi, kepercayaan diri dalam melakukan bisnis berarti ia meyakini bahwa ia mampu, ia yakin, dan ia siap. Orang yang memiliki kepercayaan diri yang matang akan mempercayai sepenuhnya insting dirinya, dan ia akan mengesampingkan tanggapan orang lain mengenai hal yang akan ia lakukan.

2. Keberanian

Keberanian merupakan langkah lanjutan setelah kepercayaan diri tumbuh. Karena ia percaya diri, maka ia akan berani membuat suatu keputusan. Dan ia pun akan berani menerima tantangan atas keputusan yang telah ia ambil. Ia berani karena ia percaya diri.

3. Kemampuan diri.

Ia percaya diri dan berani mengambil keputusan karena ia meyakini bahwa ia memiliki kemampuan yang cukup sebagai bekal untuk melaksanakan operasioanal bisnisnya. Sebagai contoh, seseorang percaya diri dan berani membuka usaha bengkel mobil karena ia menyadari memiliki kemampuan yang cukup dalam bidang otomotif. Kemampuan diri bisa didapat dari bakat yang terus diasah atau dari hasil pendidikan formal dan pengalaman pekerjaan.

4. Permodalan

Seperti dikatakan diatas, saat ini permodalan bukan hal yang signifikan lagi dalam membangun bisnis, walau tetap harus dipikirkan. Saat ini bisnis tanpa modal bisa dilakukan asala ketiga hal (kepercayaan diri, keberanian, dan kemampuan diri) selalu melekat dalam dirinya. Anda pun bisa melakukan dan membuat bisnis tanpa modal atau bermodal kecil. Awalnya anda tidak perlu memikirkan mengenai modal usaha, karena bisnis yang anda jalankan adalah bisnis rumahan.

 Namun demikian pada saatnya nanti permodalan pun harus dipikirkan. Kenapa? Sebab bisnis semuanya adalah tentang uang masuk dan uang keluar.

Bisnis rumahan memang tidak butuh banyak modal, tapi agar ia dapat berjalan sukses, konsentrasi dan tips kadang diperlukan untuk membantu agar keputusan yang kita buat tidak salah. Belajar kepada orang lain tidaklah salah, justru sebaliknya itu merupakan suatu keharusan so you can create home-based business opportunities that benefit to yourself, your family, and maybe your employee.

Sisi Lain Pendukung Pelayanan Prima Dalam Bisnis Farmasi

Dalam suatu bisnis retail, ketika kita bicara mengenai pelayanan prima, maka biasanya pikiran kita akan secara otomatis tertuju kepada pelayanan pelanggan, memuaskan konsumen, dan sikap par pramuniaga untuk menuju hal tersebut. Memang benar, porsi besar dari pelayanan  prima adalah mengenai sikap dan prilaku pramuniaga dalam melayani pelanggan. Hampir semua bisnis retail setuju akan hal itu.

Akan tetapi sebetulnya pelayanan prima dalam bisnis retail bukan hanya mengenai penanganan pelanggan oleh pramuniaga saja. Kelengkapan pendukung produk pun akan sangat mempengaruhi pelayanan prima dalam jangka panjang. Contoh nyata dapat dilihat dalam bisnis farmasi.

Menjual obat dalam suatu bisnis farmasi, selain ketersediaan produk yang tidak kadaluarsa, pelayanan pramuniaga, dan kelengkapan produk, masalah steril atau keawetan obat pun akan sangat mempengaruhi pelayanan prima suatu toko farmasi kepada pelanggannya. Penyimpanan obat yang sembarangan akan menyebabkan produk menjadi tidak steril dan cepat rusak. Jika ini terjadi, maka akan ada akibat-akibat yang tentu akan berdampak besar pada keberlangsungan bisnis toko farmasi tersebut. Akibat yang terjadi tentu saja bahwa toko akan mengalami kerugian karena obat sudah menjadi kadaluarsa sebelum waktunya. Jika ini dipaksakan untuk dijual kepada pelanggan, dengan alasan agar tidak mau mengalami kerugian, maka toko tersebut dipastikan sedang melakukan proses bunuh diri. Mengapa demikian? Karena toko tersebut kini tidak menjual obat, melainkan racun kepada pelanggannya. Pelanggan yang kecewa akan produk yang dibeli sudah tentu akan menghilangkan kepercayaan mereka pada toko tersebut. Belum lagi efek word of mouth yang akan semakin mempercepat toko farmasi tersebut bangkrut.

Adalah tidak rugi agar demi menjaga kepercayaan pelanggan, dan menjaga kualitas produknya, suatu toko farmasi melengkapi tokonya dengan dry heat sterilizer. Keberadaan alat ini secara tidak langsung justru akan meningkatkan pelayanan pelanggan, dan lebh jauh lagi akan menyelamatkan bisnisnya di masa mendatang. Kenapa demikian? Sudah jelas bahwa dengan keberadaan alat ini maka:

1. Produk akan terjamin kualitasnya
2. Produk yang dijual ke pelanggan adalah produk yang betul-betul steril dan aman.
3. karena produknya awet, maka kerugian toko akbiat produk kadaluarsa akan di reduksi.
4. Secara tidak langsung dan jangka panjang, alat ini akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko.

Itulah sisi lain dari bisnis farmasi, dimana perlengkapan-perlengkapan toko yang sangat krusial harus tersedia karena secara tidak langsung akan mempengaruhi pelayanan prima kepada pelanggan.

Bisnis Tutup Tergerus Zaman ( An Outlook On Disctarra Music Store)

disctarraBaru-baru ini di beberapa news media online ada berita yang lumayan bikin heboh para pelaku musik, ataupun pencinta musik. Toko Disctarra, yaitu toko musik terbesar di Indonesia dikabarkan tutup pada tanggal 31 Desember 2015. Rumor menyebutkan bahwa bisnis Disctarra akan beralih ke era musik digital.

Dari sisi bisnis, saya menyikapi mengenai rumor tutupnya toko tersebut.

Saat ini adalah era dimana internet dan dunia digital sudah menjadi padanan hidup. Seolah olah hidup tidak lengkap jika tidak ada internet. Dan lagi, segala sesuatu sangat mudah didapatkan melalui internet. Toko konvensional seperti Disctarra, dimana ia menjual keping CD musik atau DVD, atau Blu-ray film, ia tutup karena ia kehilangan pelanggan. Kehilangan pelanggan Disctarra tidak berarti bahwa ini adalah karena kesalahan dalam pelayanan (kita semua tahu kalau Disctarra memiliki pelayanan yang luar biasa). Disctarra kehilangan pelanggan karena semua pelanggannya sudah mulai bergeser dalam pola hidupnya. Jika mereka biasanya membeli CD atau film untuk kebutuhan hiburannya, kini tanpa perlu berangkat ke toko, ia sudah bisa mendapatkan musik atau film yang dinginkan melalui internet.

disctarra2

Lalu bagaimana agar bisnis survive atau bertahan hidup agar tidak tergerus zaman? tentu saja, bisnis harus menyesuaikan dengan kemajuan zaman. Inovasi tidak melulu mengenai pelayanan, atau perbaikan produk. Perubahan produk secara drastis pun mungkin harus dilakukan demi bisnis terus berjalan. Ingat Blackberry? ia pernah merajai dunia telekomunikasi dengan keunggulan push email-nya. namun karena terlena, ia tidak melihat bahwa teknologi selalu dinamis, Blackberry kini hanya berusaha untuk “tidak mati”. ia bukan lagi menjadi raja. Karena tidak memperhatikan perubahan zaman, ia kalah dengan Android.

Pun demikian halnya dengan Disctarra, ia tidak bisa melawan perubahan zaman. Toko konvensional Disctarra memang “harus terpaksa” tutup karena zaman sudah berbeda, zaman sudah berubah. Model musik berbentuk CD atau DVD mungkin sudah usang. Kini adalah era digital dimana musik dan film lebih mudah diperoleh hanya dengan “satu klik ujung jari” saja dari rumah atau bahkan dari kamar mandi sekalipun. Inovasi drastis harus diciptakan demi keberlangsungan brand Disctarra yang sudah lama berada di benak setiap orang. Jika dulu ada ungkapan” ingat musik, ingat Disctarra!” maka sekarang? Apakah ungkapan itu sudah usang?

Ungkapan tersebut usang atau tidak tergantung pada strategi yang dibuat manajemen Disctarra tentunya. Dapat dikatakan menjadi usang jika brand awareness Disctarra memang total hilang dari mindset para penikmat musik atau pelaku musik. Namun isa jadi akan terus berkibar jika Disctarra dapat berinovasi menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada, dimana musik digital kini menjadi pilihan banyak orang.

Strategi Membeli Rumah Tanpa Modal

Rumah merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Salah satu parameter kesuksesan seseorang dapat dilihat dari rumah yang dimilikinya. Setiap orang pasti berhasrat untuk memiliki rumah. Bahkan orang yang memiliki kemampuan keuangan terbatas pun pasti akan memprioritaskan dana keuangannya untuk memenuhi kebutuhan ini, yaitu memiliki rumah. Seorang pasangan muda yang baru menikah, dalam proyeksi masa depannya tentu akan memikirkan untuk memiliki rumah.

 Akan tetapi, memiliki rumah dan membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Membeli rumah tidak semudah membeli makan ringan di swalayan, dimana ia tinggal ambil kemudian langsung membayar di kasir. Membeli rumah harus dipikirkan dengan matang sehingga rumah yang dibeli tidak disesali. Bisa jadi, jika kita salah membeli rumah atau asal saja dalam membeli rumah, misalnya tanpa berdiskusi dulu dengan anggota keluarga, maka rumah yang akan ditinggali justru menjadi tidak nyaman. Anggota keluarga perlu terlibat dalam hal pembelian rumah. Diskusi keluarga sangat penting untuk keberlangsungan kenyamanan rumah tangga. Hal yang perlu didiskusikan itu bukan hanya mengenai lokasi, lingkungan, atau akses ke fasilitas sosial saja, melainkan juga dalam hal pembiayaan untuk membeli rumah.

 Membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bisa jadi uang tabungan yang terkumpul selama beberapa tahun bisa langsung terkuras habis demi memiliki rumah saja. Itu pun mungkin baru membeli rumah, belum lagi harus memikirkan biaya untuk renovasi rumah, atau membeli furniture. Bisa saja kita mampu untuk membeli rumah, namun kita kehabisan dana untuk melakukan renovasi. Memikirkan biaya untuk membeli rumah itu harus satu paket dengan memikirkan biaya renovasi. Kenapa? Sebab biasanya rumah yang baru kita beli tentu belum sepenuhnya sesuai dengan keinginan dan definisi kenyamanan kita. Setelah membeli rumah, sudah dapat dipastikan akan ada bagian-bagian rumah yang perlu direnovasi dan furniture yang harus dibeli. Untuk itu kita harus dapat menyiasati pembelian rumah sehingga biaya renovasi pun dapat teranggarkan.

 Salah satu cara untuk menyiasati pembelian rumah adalah dengan cara melakukan peminjaman dana tanpa agunan. Di era internet ini, peminjaman dana tanpa agunan dapat dilakukan dengan cara mengajukan aplikasi peminjaman dana secara online.  Untuk panduan cara submit aplikasinya mungkin anda dapat mengunjungi laman tersebut. Yang ingin saya bahas disini adalah strategi pendanaannya.

 Misalnya jika anda menemukan rumah seharga Rp100.000.000 (anggaplah anda sudah berdiskusi dengan keluarga dan setuju mengenai faktor lokasi, dan akses sosial), kini anda tinggal memikirkan pembiayaan pembelian properti tersebut. Anggaplah pula anda memiliki tabungan hanya sebanyak Rp50.000.000. Maka ada  beberapa cara untuk menyiasati hal ini.

  1. Mengajukan aplikasi peminjaman tanpa agunan  sebesar Rp50.000.000. Pinjaman yang anda terima ditambah dengan uang tabungan anda akan cukup untuk membeli rumah tersebut, namun resikonya adalah anda tidak memiliki pembiayaan untuk melakukan renovasi rumah.
  2. Mengajukan aplikasi peminjaman tanpa agunan sebesar Rp100.000.000. Itu berarti dana pinjaman anda digunakan untuk membeli rumah, dan dana tabungan anda digunakan untuk melakukan renovasi rumah. Resikonya adalah jika anda menghabiskan seluruh tabungan anda untuk biaya renovasi rumah, maka anda tidak memiliki dana lagi untuk kebutuhan darurat.
  3. Mengajukan aplikasi peminjaman tanpa agunan sebesar lebih dari Rp100.000.000. Misalnya anda mengajukan dana peminjaman sebesar $150.000.000. Dengan demikian dana pembelian rumah dan renovasi rumah adalah dengan menggunakan dana pinjaman, sementara uang tabungan anda adalah dana  untuk kebutuhan lain misalnya saja kekurangan renovasi, atau membeli furniture, serta untuk hal-hal darurat.

Tidak ada yang salah dalam ketiga strategi itu, semuanya kembali kepada kepentingan masing-masing. Anda dapat memilih strategi pertama, kedua, atau ketiga. Yang perlu anda ingat adalah bahwa ketenangan dan kebahagiaan keluarga adalah hal yang palking utama. Ingat! Dana pinjaman anda harus dikembalikan berikut dengan bunga jika ada. Itu juga harus anda pikirkan. Pikirkan cicilan pembayaran anda agar mampu terbayar setiap bulan dan tidak mengganggu pembiayaan bulanan anda.

 

Saran Untuk Memproduksi Dan Mempertahankan Pelanggan Antusias

Pelanggan antusias adalah salah satu sumber terbaik dari perjalanan bisnis karena mereka bersemangat tentang apa yang mereka beli dan ingin berbagi kegembiraan dengan orang lain.

Jika Anda memberikan apa yang pelanggan inginkan pada harga yang adil dan tanpa masalah, maka mereka akan puas. Dan anda membutuhkan lebih dari kepuasan ini untuk memastikan pelanggan setia kepada Anda  dan meningkatkan penjualan. Anda harus mengembangkan antusiasme pelanggan tentang produk dan jasa Anda. Anda harus memberikan lebih dari yang pelanggan harapkan. Antusiasme akan menghasilkan iklim yang menjamin loyalitas dan peningkatan penjualan dan rekomendasi kepada orang lain. Berikut adalah beberapa saran untuk memproduksi dan mempertahankan pelanggan antusias:

–          Tetap berhubungan: Periksa kembali setelah barang terkirim untuk melihat bahwa semuanya berjalan lancar. Periksa lagi mintalah petunjuk tentang prospek baru.

–          Tangani keluhan segera: Akan selalu ada masalah dalam setiap operasional bisnis. Jangan abaikan mereka. Lakukan hal yang lebih dari pelanggan harapkan dalam memuaskan keluhan.

–          Jadilah teman: Perlakukan pelanggan sebagai teman dan lakukan hal-hal yang sesuai untuk mereka. Kirim kartu ulang tahun atau kartu pos saat Anda berada di liburan. Ucapkan selamat kepada mereka atas penghargaan atau kemajuan yang mereka dapatkan di bidangnya.

–          Berikan pujian di saat yang tepat dengan segera: Cari hal-hal yang dapat anda berikan pujian kepada mereka, misal: sesuatu perusahaan telah meraih suatu penghargaan/prestasi, pendapatan meningkat, dan sebagainya. Pelanggan akan menghargai perhatian seperti ini.

–          Kirim prospek untuk pelanggan Anda: jika pelanggan Anda merupakan pebisnis, mengirim lead atau merujuk prospek untuk mereka adalah hal yang sangat signifikan. Saling membantu dalam mengembangkan bisnis masing-masing adalah sesuatu yang sangat bermanfaat dan akan sangat dihargai

Prinsipnya adalah

Terus berupaya untuk membangun hubungan dekat dengan pelanggan Anda sehingga mereka dapat lebih tergantung pada Anda dan loyal kepada Anda.

Tips Untuk membangun Kerajaan Bisnis Retail Anda

Operasi bisnis ritel membutuhkan upaya yang konsisten dan berdedikasi dalam lingkungan bisnis global yang kompetitif saat ini. Ini penting untuk menjalankan entitas Anda pada bisnis ritel anda, disamping itu juga untuk memperoleh ide-ide baru. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan keuntungan kompetitif yang menempatkan Anda memperoleh penjualan berkelanjutan dan pertumbuhan laba setiap waktu.

Berikut adalah 10 tips untuk membangun bisnis ritel Anda untuk mencapai tujuan di atas:

1. Pilih lokasi yang baik

Jika Anda hanya berada dalam tahap perencanaan usaha ritel baru Anda, hati-hati mempertimbangkan lokasi Anda. Pilih lokasi dengan lalu lintas yang tinggi dengan area parkir yang mencukupi. Pertimbangkan siapa ritel pesaing Anda.

2. Memahami pasar Anda

Ceruk pasar Anda harus memiliki kebutuhan yang spesial yang diinginkan pelanggan. Para konsumen akan mencari pengecer yang menawarkan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhannya. Mereka akan mencari produk yang relevan secara up-to-date dan bermanfaat bagi mereka. Pelajari tren pasar untuk memahami produk apa yang pelanggan Anda dan pelanggan potensial inginkan.

3. Pertimbangkan barang yang Anda tawarkan

Persediaan produk Anda akan menjadi sumber kehidupan perusahaan Anda. Pikirkan baik-baik tentang produk line up dan bauran produk Anda (berbagai macam produk-produk terkait, biasanya dipasarkan bersama-sama). Studi tren bisnis lebih sering untuk membantu anda menentukan produk-produk tambahan yang tepat dan bauran produk yang tepat.

4. Studi tentang akuntansi yang dapat membantu Anda memahami kinerja Anda

Mempelajari akuntansi akan membantu Anda melacak kinerja bisnis. Rasio memberikan pengetahuan yang membantu Anda dalam operasi Anda untuk kinerja yang lebih baik. Rasio penting untuk mendapatkan pengetahuan tentang marjin kotor, rasio lancar, rasio cepat, rasio perputaran persediaan, dan return on asset.

5. Mengembangkan karyawan berdedikasi dengan menambah pengetahuannya

Karyawan Anda adalah duta untuk toko Anda. Berkomitmenlah untuk memberikan pelatihan kepada karyawan Anda dalam ajaran profesionalisme. Terus berikan pengetahuan sehingga mereka mengetahui bisnis Anda secara umum, pengetahuan produk, kebijakan pengembalian, dan banyak lagi. Pastikan mereka fokus pada kepuasan pelanggan melalui berempati dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda.

6. Memiliki asisten berkualitas dan berdedikasi

Anda tidak dapat selalu berada di tempat usaha Anda. Tanggung jawab keluarga, janji, masalah kesehatan dan kepentingan akan memberikan kontribusi kepada kesibukan Anda yang kadang-kadang membuat anda meninggalkan toko Anda. Oleh karena itu, melatih seseorang untuk menjadi asisten anda adalah penting. Memiliki asisten yang baik akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan orang lain dalam industri.

7. Memahami pelanggan Anda

Pada dasarnya, Anda ingin tahu kelompok usia mayoritas pelanggan Anda, rentang pendapatan mereka, dan pekerjaan mereka. Anda dapat memperoleh informasi ini melalui survei, dan melalui tatap muka dengan mereka. Mengetahui rincian ini akan membantu Anda merumuskan materi pemasaran dan promosi penjualan. Anda juga dapat menyesuaikan program reward untuk pelanggan ini berdasarkan informasi yang diperoleh.

8. Memahami pesaing Anda

Pengetahuan adalah kekuatan. Pelajari pesaing Anda. Apa produk dan layanan baru yang mereka tawarkan di toko-toko ritel mereka? Apakah ini berdampak pada penjualan dan keuntungan Anda? Apa yang menyebabkan orang berbondong-bondong ke toko pesaing anda? Selidiki bagaimana Anda dapat mencocokkan dan bahkan melebihi upaya mereka dalam inisiatif ini untuk membangun bisnis Anda juga.

9. Gunakan media sosial

Pemasaran abad ke-21 berarti menggunakan cara-cara baru untuk tetap berhubungan dengan target pasar Anda. Memahami bagaimana menggunakan Facebook, Google +, Twitter, LinkedIn, dan situs lainnya dapat menambah kredibilitas bisnis Anda. Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui media sosial ini. Jaga semua yang Anda tawarkan di toko ritel Anda dalam lingkaran media sosial anda.

10. Berkomitmen untuk belajar terus-menerus

Kunci untuk membangun bisnis ritel yang sukses adalah dengan selalu terbuka untuk belajar terus-menerus. Anda harus melakukan ini untuk tetap mengikuti perubahan. Selanjutnya, Anda harus melakukan ini untuk tetap mengikuti dan membuat inovasi pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang selalu berubah akan produk-produk baru. Belajar terus-menerus berarti Anda tetap relevan dan bermakna untuk basis klien Anda.

Pertimbangkan atas 10 tips untuk membangun bisnis ritel Anda. Membuat janji untuk menggunakan beberapa atau semua dari mereka di perusahaan Anda. Sebuah upaya teguh dalam ini akan membantu Anda dalam mengemudi penjualan dan membangun bisnis untuk jangka panjang.

Perspektif Ritel Sebagai Strategi Bisnis

Dunia bisnis adalah tempat yang rumit bagi mereka yang tidak memahami prinsip dasar bisnis. Meskipun merupakan salah satu profesi yang paling jelas di dunia, hanya sedikit orang yang memahami dan menghargai pentingnya bisnis bagi perekonomian. Bisnis bukan hanya tentang membeli dan menjual barang kepada konsumen. Bisnis sering berkonotasi dengan gagasan menyediakan kebutuhan pelanggan Anda melalui pertukaran uang dalam jumlah tertentu.

Hampir semua manusia dianggap sebagai pembeli atau pelanggan potensial, namun tidak semua orang mampu untuk membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Jika Anda berencana untuk membuat perusahaan Anda sendiri, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dan Anda tidak boleh lupa bahwa masa depan perusahaan Anda tergantung pada tekad Anda dalam menekuni pekerjaan anda.

Salah satu sumber yang paling penting dalam menciptakan bisnis Anda sendiri adalah minat Anda. Menurut psikolog itu adalah keterampilan bawaan atau bakat untuk unggul dalam bisnis. Hal ini juga membuktikan bahwa tidak semua orang mampu memasuki dunia bisnis. Ini adalah alasan konkret mengapa beberapa individu menjadi sukses dalam hidup meskipun mereka tidak dapat lulus dan mendapatkan gelar akademik di bidang bisnis. Psikolog sering percaya bahwa semangat menjadi seorang pengusaha adalah bawaan yang dapat dikembangkan melalui interaksi lingkungan.

Penentuan mengambil keputusan juga merupakan bagian dari sikap yang harus dimiliki jika Anda benar-benar ingin menjadi sukses. Anda harus belajar tetap kuat di saat krisis dan jalan. Tidak masalah juga jika Anda memulai bisnis Anda di skala kecil seperti bisnis rumahan, namun bisnis rumahan tersebut akan sangat tergantung pada seberapa baik Anda dalam meningkatkan bisnis Anda.

Strategi bisnis juga sangat penting jika Anda benar-benar ingin mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa Anda perlu menggunakan metode yang berbeda untuk menarik pelanggan Anda. Ini bisa dalam bentuk produk iklan atau kemasan produk Anda. Sementara itu ada metode yang sangat relevan yang digunakan oleh pengusaha skala kecil yang sudah terbukti efektif ketika datang ke pemasaran.

Ritel adalah salah satu jenis bisnis tertua dan terbaik dalam strategi bisnis. Jenis metode yang sering digunakan ini adalah untuk mempengaruhi pelanggan dengan gagasan bahwa konsumen sudah bisa membeli barang-barang mahal di tingkat yang lebih rendah karena dapat dibeli dalam jumlah kecil. Konsumen kemudian yakin dengan gagasan bahwa mereka dapat menyimpan dan mengontrol anggaran mereka ketika mereka membeli di toko-toko ritel. Dalam perspektif strategi bisnis, ritel adalah strategi yang bisa menghasilkan banyak manfaat bagi kemajuan bisnis.

5 Tips Membangun Toko Retail fashion Agar Sukses

Dunia fashion adalah dunia yang sangat dinamis- terus berkembang, berkembang dan berkembang. Jika Anda memiliki gairah pada fashion dan memiliki antusiasme untuk menjadikan fashion menjadi bisnis yang menguntungkan, Anda harus memiliki senjata yang terus dalam posisi stand-by. Dalam rangka membantu pemilik toko ritel fashion pemula, berikut adalah beberapa tips untuk memulai usaha di bisnis fashion:

 1. Pikirkan, Berperilaku, “Live Like A Bisnis”

Ketika Anda memulai usaha fashion Anda sendiri, Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah langkah yang mudah. Setelah toko anda buka, maka anda menyatakan bahwa itu adalah bisnis Anda. Namun, jika Anda benar-benar ingin membangun sebuah toko ritel yang sukses, Anda harus mulai berpikir dan bertindak seperti pengusaha dari Hari 0. Tidak ada ruang untuk malas. Mengembangkan bisnis anda pada jangka pendek Anda, jangka menengah, dan tujuan jangka panjang, dan pastikan setiap tindakan sejalan untuk berkontribusi terhadap tujuan itu.

2. Memilih Lokasi Bagus Untuk Boutique Anda adalah penting

Lokasi adalah masalah strategi, bukan taktik. Sayangnya, sebagian besar pengecer gagal untuk benar-benar memahami maknanya. Sebuah toko fashion yang tidak berada di jalan utama, mal, atau pusat kota di daerah yang luas akan gagal untuk membuat dampak yang signifikan. Misalnya, jika Anda memilih tempat di daerah kumuh, dikelilingi oleh bangunan bobrok dan gudang, maka Anda menetapkan diri untuk menemui kegagalan. Idealnya, dianjurkan untuk mencari tempat toko Anda di lingkungan yang relevan. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin membuka toko tepat di samping pesaing yang tokonya jauh lebih besar daripada Anda. Tapi mendirikan toko fashion Anda dekat sebuah toko perhiasan mungkin lebih masuk akal.

3. Cari Grosir Pakaian Yang Kuat

Merek toko Anda adalah menentukan posisi anda di pasar. Sangat penting bagi Anda untuk membentuk aliansi dengan grosir fashion yang tepat yang akan menawarkan banyak pilihan pakaian berkualitas bagus dengan harga miring. Ingat, pemasok Anda adalah kunci untuk strategi ritel secara keseluruhan. Jadi investasikan waktu anda untuk mencari satu supplier yang bagus, dan bangun hubungan yang kuat dengannya sehingga Anda dapat mengetahui pasar dan memanfaatkan produk mereka.

 4. Atur Display Pakaian Sehingga Menarik!

Display adalah mengenai daya tarik visual! Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa display depan memainkan peran penting dalam menarik pelanggan potensial ke toko. Lebih menarik dan kreatif display yang Anda buat, maka semakin besar kemungkinan Anda membuat orang tertarik.

 5. Memahami Kebutuhan Pelanggan Anda Akan Membantu Anda Tetap Menjadi pemain Kunci

 Apa yang memotivasi dan mendorong pilihan mode seseorang? Apakah untuk terlihat menarik? Untuk menjadi fashion forward? Sederhananya, seseorang bahkan perempuan hanya ingin merasa baik tentang diri mereka sendiri. Apakah itu adalah penggemar fashion high street, atau perempuan fungsional, itu semua hampir sama. Pastikan koleksi pakaian Anda menarik bagi preferensi dan selera mereka. Beri mereka saran yang tulus tentang apa yang bagus untuk mereka. Tanyakan apakah mereka sedang mencari produk tertentu. Ketika Anda bekerja ekstra, maka itu menunjukkan bahwa anda serius dan faham mengenai fashion, dan itu akan memotivasi mereka untuk mempercayai anda dan akan terus datang kembali ke toko anda.