Category Archives: bisnis

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Hits: 2

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

Dampak Nyata Kebangkrutan Silicon Valley Bank Terhadap Beberapa Toko Retail.

Hits: 7

Silicon Valley Bank, California, USA.

Silicon Valley Bank atau biasa disingkat SVB merupakan bank yang bermarkas di California Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1983, bank ini merupakan bank yang spesialis membantu pembiayaan di bidang startup teknologi. Akan tetapi, berita mengejutkan datang pada hari Jumat 10 Maret 2023, dimana bank SVB dinyatakan ditutup dan diambil alih oleh pemerintah federal AS. Runtuhnya SIlicon Valley Bank ini mengejutkan semua industri, tidak terkecuali industri retail.

Federal Deposit Insurance Corp mengumumkan pada hari Jumat bahwa startup dan perusahaan yang berfokus pada teknologi ditutup dan simpanannya diambil alih oleh regulator. Ini terjadi hanya dua hari setelah SVB mengumumkan kehilangan sekitar $2 miliar. Setelah perusahaan berencana untuk menjual saham untuk mendapatkan modal sekitar $2,25 miliar, harga saham SVB jjatuh dan para klien mulai terburu-buru menarik dana mereka yang tersimpan di bank karena khawatir.

Imbasnya ke bisnis ritel, beberapa perusahaan mulai bergegas memberi tahu para pemegang saham dan pelanggan setia mereka tentang situasi ini dan berusaha mencari tahu mengenai dampak material yang bisa mereka dapatkan. Salah satu contohnya adalah Perusahaan kesehatan dan kebugaran DTC Hims & Hers. Akan tetapi perusahaan ini meyakinkan para pemegang sahamnya bahwa sebagian besar uang dan investasi yang dimiliki ada pada pihak lain, bukan pada SVB. sehingga terkena dampak keruntuhan SVB tidaklah signiikan terhadap kelangsungan hidup DTC Hims & Hers.

Pun demikian dengan Shopify, yang melalui siaran pers-nya mengatakan bahwa perusahaan mengalami “dampak yang sangat kecil” dari kebangkrutan SVB tersebut. Dampak kecil yang diproleh Shopify adalah karena hanya sebagian kecil dari dana operasional yang terkait dengan di SVB. Selebihnya, dana yang mereka miliki tersimpan di beberapa bank di AS dan Kanada..

Itulah dampak nyata yang diperoleh beberapa perusahaan akibat bangkrutnya Silicon Valley Bank. Dari kejadian heboh tersebut, kini dapat disimpulkan bahwa menyimpan uang modal usaha, atau uang lainnya itu tidak harus hanya di satu bank, akan tetapi ada di tersimpan di beberapa bank. Sehingga jika salah satu bank kolaps, maka imbas terhadap operasional bisnis kita adalah kecil, dan tidak membahayakan keberlangsungan bisnis retail-nya.

INI DIA 4 TIPE PEMBELI DI TOKO ONLINE

Hits: 8

4 tipe pembeli toko online

Sejak 5 tahun ke belakang, belanja online sudah menjadi trend di kalangan masyarakat dan menjadi suatu revolusi bisnis ritel yang sangat mencolok. Terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 di tahun 2021-2022, Belanja online menjadi cara favorit masyarakat ketika larangan keluar rumah diberlakukan. Dari sekian banyak pembeli toko online, ternyata terangkum menjadi 4 tipe pembeli yang dikategorikan sesuai dengan kebiasaan mereka menjadi . Ini dia 4 tipe pembeli toko online.

Undecided Customer.

Undecided customer secara harfiah berarti pelanggan yang iseng-iseng browsing produk di e-commerce atau toko online. Pelanggan yang satu ini biasanya hanya membuka aplikasi e-commerce namun belum memiliki niat untuk membeli apapun, mereka hanya scrolling untuk melihat produk-produk menarik. Biasanya mereka scrolling ketika menemukan iklan di media sosial mereka tentang suatu produk. Mereka penasaran, membuka produk tersebut, dan kemudian scrolling produk lainnya.

Prospective Customer. 

Prospective Customer maksudnya adalah pelanggan yang sudah punya niat untuk membeli sesuatu di toko online tetapi masih mempertimbangkan akan produk tersebut. Pertimbangan ini adalah terkait dengan membandingkan harga yang lebih murah untuk produk yang sama, pertimbangan promosi, ongkos kirim, hingga mungkin alternatif produk sejenis namun berbeda merk. Mereka biasanya menunggu waktu yang tepat dan diskon yang pas untuk membeli suatu produk yang sudah direncanakan.

Loyal Customer. 

Loyal customer berarti pelanggan yang membuka aplikasi karena telah memutuskan apa yang ingin mereka beli, dan langsung melakukan transaksi saat itu juga. Mereka tidak memikirkan tentang ongkos kirim, promosi, atau membandingkan dengan produk sejenis. Pelanggan tipe ini biasanya adalah pelanggan yang membeli suatu produk karena kebutuhan mendesak, atau punya kelebihan uang belanja.

Impulsive Customer. 

Impulsive customer adalah pelanggan yang membeli suatu barang di toko online karena dipengaruhi oleh iklan produk yang mereka lihat di sosial media mereka (impulse buying customer), kemudian langsung melakukan transaksi karena khawatir misalnya lupa lagi produk yang mereka lihat di iklan. Pelanggan tipe ini biasanya mengesampingkan soal kualitas barang atau merk barang. Ketika mereka melihat iklan produk di media sosial, merasa bermanfaat, mereka langsung beli.

Itulah 4 tipe pembeli toko online saat ini. Dengan mengetahui keempat tipe pembeli toko online ini, maka dapat membantu para penjual online untuk membuat strategi pemasaran produk yang akan di jual di toko online. Misalnya strategi diskon, strategi ongkos kirim, atau strategi iklan yang menarik. Namun perlu diperhatikan bahwa 4 tipe pembeli ini berlaku untuk pembeli produk pada bisnis ritel online, bukan pada bisnis restoran atau bisnis makanan online

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Hits: 15

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

Tips Toko Kelontong Anda Laris Di Saat Lebaran

Hits: 10

Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran
Tips toko kelontong atau warung agar laris di saat lebaran

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang paling tepat untuk berbelanja, dan ini merupakan salah satu musim ritel tersibuk sepanjang tahun setelah musim belanja di saat menjelang Ramadhan. Pada waktu inilah, pembeli mencari penawaran terbaik, hadiah sempurna, dan obral terbesar. Jika Anda tidak mengiklankan bisnis Anda selama ini, Anda akan diabaikan karena pelanggan akan bergegas ke pesaing Anda, dan tentunya anda akan kehilangan momen penjualan. Gunakan signage yang efektif agar menonjol saat Hari raya Lebaran. Berikut adalah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran.

Saat anda akan memasang signage untuk musim lebaran, anda harus mengenali produk yang akan Anda tawarkan, dan pastikan bahwa yang anda tawarkan tersebut akan memikat pembeli. Buat promosi lebaran dengan menggunakan produk andalan ini. Sekitar lebaran, para pembeli mulai berbenah membersihkan rumah-rumah mereka dan memulai belanja. Sehari setelah Lebaran atau H+1 lebaran adalah hari dimana aktivitas belanja akan makin meningkat. Pastikan produk-produk toko kelontong anda memiliki stok yang banyak, terutama stok barang andalan anda.

Untuk memancing pembeli masuk ke toko kelontong anda, Hiasan luar toko Anda harus terlihat meriah sesuai dengan nuansa lebaran yang sedang berlangsung. Jika tidak ada hiasan toko, setidaknya gunakan warna putih bersih yang merepresentasikan hari yang kembali ke suci atau kembali fitrah. Bersihkan toko sebersih mungkin, dan jika punya karyawan, khusus di hari lebaran, gunakan pakaian yang merepresentasikan kebersihan, kesucian, dan kebaruan. Jika Anda lebih suka fokus pada obral di H+1 Lebaran, buat tanda atau signage dengan tulisan “OBRAL BESAR-BESARAN di H+1”. Anda bisa memasang tulisan tersebut di depan toko, dibuatkan flyer, atau brosur-brosur yang disebar di jalan-jalan.

Manfaatkan jendela toko Anda untuk mempromosikan produk dan penawaran liburan terbaik yang unik dari toko Anda. Salah satu produk hebat untuk signage obral Lebaran adalah diletakkan jendela toko anda. jangan lupa sertakan tenggat waktu sehingga pelanggan tahu bahwa mereka harus segera masuk ke toko Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jika Anda menawarkan peralatan makan, makanan, atau produk khusus bertema lebaran lainnya, letakkan di bagian depan toko dan soroti dengan papan nama Anda. Tambahkan spanduk vinil yang menyatakan bahwa toko Anda adalah tempat yang baik untuk berbelanja di saat sebelum lebaran dan setelah lebaran hingga 2 minggu ke depan. Rancang spanduk Anda untuk digantung di etalase Anda dengan memperlihatkan waktu belanja dan diskon khusus.

Saat toko Anda ramai di saat waktunya, tambahkan spanduk vertikal ke pintu masuk Anda untuk menarik perhatian pembeli, arahkan ke daerah antrean yang diindikasikan akan memanjang, dan soroti produk unggulan Anda. Desain spanduk vertikal Anda harus menggunakan gambar produk teratas dan pemberitahuan khusus. Spanduk ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan tentang penawaran khusus Anda saat mereka memasuki toko Anda atau saat mereka mengantri. POS Display Anda harus membuat dampak yang kuat terhadap pelanggan Anda, tetapi tidak membuat mereka terganggu pandangannya dengan terlalu banyak informasi. Signage yang menarik dan tampak profesional dapat memberi tahu pelanggan anda bahwa Anda adalah toko yang menarik dan berkualitas, dan dijalankan secara profesional, yang merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja di saat Hari Raya Idul Fitri. Itulah tips toko kelontong anda laris di saat lebaran

Mempersiapkan Toko Kelontong Menjelang Ramadhan

Hits: 17

Ketika Bulan Ramadhan sudah dekat, maka berkah akan segera datang bagi para pengusaha toko kelontong atau toko retail sembako. Bulan Ramadhan adalah momen dimana pendapatan penjualan toko akan meningkat berlipat-lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Ini terjadi karena para konsumen yang melakukan aksi belanja di luar kebiasaan. Mereka berbelanja untuk menenangkan keluarga, momen Ramadhan adalah momen spesial bagi mereka yang melaksanakannya, dan bagi para pengusaha toko retail atau toko kelontong, ini merupakan momen untuk meraup untung yang maksimal. Oleh karena itu, perlu persiapan yang cermat agar toko kita tidak kehilangan momen penjualan di bulan Ramadhan tersebut. Berikut adalah tips mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan.

  1. Mengevaluasi kinerja toko di bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

Langkah pertama adalah mengevaluasi penjualan toko anda pada bulan Ramadhan di tahun lalu. Bahkan jika toko Anda mengalami tingkat pendapatan yang tinggi di Ramadhan kemarin, Anda setidaknya dapat melihat produk mana yang memberikan kontribusi tertinggi di penjualan total anda. Dan itu bisa anda ulangi lagi di tahun ini. Peritel kelontong yang cerdas akan merencanakan anggaran dan menentukan dengan tepat berapa banyak uang yang dapat dialokasikan, produk apa yang harsu diperbanyak stok-nya, dan barang mana yang harus dikurangi. Itu semua dapat dianalisa dan dtentukan kebijakannya setelah melihat histori penjualan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

  1. Analisis kebutuhan target pasar Anda.

Toko kelontong seharusnya tidak hanya mengevaluasi dan menganalisis kebutuhan pelanggannya di tahun lalu, tetapi toko kelontong pun harus mengetahui produk apa yang sedang trend di tahun sekarang. Misalnya, jika trend tahun ini adalah produk mentega sebagai pengganti minyak goreng yang langka, maka tentu toko kelontong harus mempersiapkan diri akan trend ini. Anda harus segera mulai mencari supplier yang dapat meneyediakan stok mentega di toko anda, namun tentunya anda juga tidak mengesampingkan untuk teap berjualan minyak goreng. Trend suatu produk jualan dapat anda analisis dari erbagai media sosial, berita ekonomi, atau bahkan mungkin saja dengan menggunakan analisis dari Google trends.

  1. Negosiasikan diskon yang lebih besar dengan grosir Anda.

Jangan lupa untuk bernegosiasi dengan supllier toko kelontong anda. Dengan mengetahui produk mana yang populer di Bulan Ramadhan tahun sebelumnya, anda dapat menentukan untuk membeli produk dengan jumlah banyak alias massal. Dan biasanya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya terdapat diskon pembelian yang diberikan oleh supplier. Gunakan kesempatan ini untuk bernegosiasi mendapatkan diskon yang lebih baik.

itulah saya rasa tips sederhana untuk me mempersiapkan toko kelontong menjelang Ramadhan. Dan tips ini bukan hanya berlaku untuk toko besar saja, namun bisnis UMKM kecil, toko kelontong kecil, atau warung-warung kelontong kecil pun dapat mengaplikasikan tips ini, ayng tentunya disesuaikan dengan budget, jumlah pelanggan, dan jumlah varian produk yang dimilikinya.

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Hits: 24

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE

Hits: 29

Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID
Tampilan Announcement toko kelontong online JD.ID tutup di laman resmi JD.ID

JD.ID TUTUP ! MULAI SEKARANG, JANGAN BUKA LAPAK DI SATU TOKO KELONTONG ONLINE. KENAPA? Beberapa hari yang lalu, saya mendengar berita dari cnnindonesia.com, kemudian membuka laman toko online JD.ID. Betapa kagetnya saya ketika di halaman muka toko online JD.ID tersebut terdapat tulisan: “Dengan berat hati kami memberitahukan bahwa JD.ID akan berhenti menerima pesanan anda mulai tanggal 13 Februari 2023. JD.ID dan semua layanannya akan dihentikan pada tanggal 31 Maret 2023.” Ini membuat saya kaget. Setelah pengurangan karyawan besar-besaran, kini toko online JD.ID tutup permanen. Wah…jangan-jangan toko kelontong online atau e-commerce yang lain pun demikian. Shopee, Tokopedia, Bukalapak bisa tutup kapan saja. Karena mereka pun beberapa waktu lalu mengurangi karyawannya secara besar-besaran.

Saya sih tidak akan mempertanyakan kenapa toko JD.ID bisa tutup, atau oko retail online yang lain mem-PHK massal. Karena pertanyaan ini sudah saya kupas di artikel sebelumnya yang berjudul “Toko retail online JD.ID kenapa tutup?” Sekarang yang jadi saya persoalkan adalah tentang bagaimana nasib para penjualatau pelapak yang terdaftar di toko online JD.ID tersebut. Dan bagaimana langkah antisipasinya. Ok. mari kita kupas hal-hal tersebut.

Pertanyaan pertama, bagaimana nasib para pelapak di JD.ID yang mau tutup permanen?

  1. Jika pelapak atau para penjual itu hanya menjual barangnya hanya di JD.ID saja, maka sudah dipastikan pelapak tersebut akan mengalami bencana hebat. Kenapa? Karena dia tidak akan bisa menjual barangnya lagi di JD.ID. Ya gak mungkin bisa lah, karena toko online-nya tutup koq. Sementara jika dia mendaftar baru ke lapak lain, misalnya baru mendaftar ke Shopee, atau Bukalapak, maka dia akan butuh upaya besar lagi memperkenalkan lapaknya di toko online tersebut. Dia harus melakukan SEO lagi, promosi lagi, marketing lagi…
  2. Jika pelapak itu hanya menjual barang di JD.ID saja, maka dia akan kehilangan pelanggannya yang sudah setia dan sudah terpelihara sekian lama. Para pelanggan tersebut tentu akan mencari lapak lain di toko retail online lain. Dan itu bukan anda…Kenapa? karena anda hanya mendaftar di satu tempat saja, JD.ID yang sudah mau tutup.
  3. Agak berbeda nasibnya dengan pelapak yang mendaftar di lebih dari satu lapak toko kelontong online atau toko retail online. Pelapak yang mendaftar di dua, atau tiga, atau lebih lapak online mungkin tidak akan terlalu mendapat bencana. Istilahnya, jika JD.ID tutup ya sudah…saya masih ada tempat untuk jualan di lapak lain. Dan di tempat sana saya masih punya pembeli setia. Kerugiannya atau pendapatannya menurun tidak drastis-drastis amat lah.
  4. Soal marketing, SEO, daftar baru, promosi di tempat baru tidak mesti dilakukan karena proses itu sudah pernah dilakukan, dan pelapak tinggal fokus jualan saja. hal yang perlu dilakukan adalah bahwa dalam masa-masa mau tutup JD.ID ini, para penjual harus memberitahukan di lapaknya atau melalui SMS atau pesan tentang pengalihan belanja ke lapak online yang lain. Jadi pelanggan tahu bahwa anda punya lapak di toko retail online yang lain, dan mereka tidak perlu susah payah mencari. Dengan demikian anda tidak akan kehilangan pelanggan setia anda.

Jadi…dari tutupnya toko JD.ID ini, maka ada pelajaran penting dalam bisnis toko kelontong online atau retail online, yaitu bahwa mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online. Ini berbahaya, karena kalau toko online itu tutup, maka bisnis kita juga akan tutup pula. lalu antisipasinya bagaimana? Begini antisipasinya.

  1. Jelas…Anda sebagai pelapak harus daftar di berbagai tempat jualan online. dua, tiga, empat,atau bahkan lima sekaligus. bagi anda penjual pemula..Daftarkan secara berbarengan, dan kelola lapak anda dengan baik dan benar.
  2. Anda juga sekarang jangan terlalu mengandalkan lapak toko online. karena bisa saja ternyata toko online itu akan tutup semua ha..ha..Cobalah cari alternatif jualan berbasis online namun beda cara. Misalnya anda jualan di halaman facebook anda, di instagram, atau lainnya.
  3. Buat toko online sendiri. Saya rasa membuat toko kelontong online sendiri adalah alternatif yang keren dan bisa jadi hal yang utama di masa datang jika anda berupaya keras. Dengan memiliki toko online sendiri dengan merek sendiri, maka anda tidak akan khawatir dengan gangguan kondisi bisnis pihak ketiga. Hanya saja, ini perlu upaya, biaya, dan pengetahuan tersendiri. Anda perlu cari nama sendiri untuk merek, beli hosting, dan melakukan Search Engine Optimazion (SEO) agar toko online anda dikenal oleh Google dan akhirnya masyarakat. Dan hal ini semua perlu biaya, bisa berbiaya murah atau mahal itu tergantung budget yang anda miliki. Itulah pelajaran yang didapat dari tutupnya JD.ID. Jadi, karena JD.ID tutup ! Mulai sekarang, jangan buka lapak di satu toko kelontong online saja.

Toko Retail Online JD.ID Kenapa tutup?

Hits: 30

Tampilan web jd.id akan ditutup

Trending di minggu ini adalah berita bahwa toko online JD.ID tutup atau menghentikan operasinya pada maret 2023 mendatang. Hal ini menambah kekhawatiran jika bisnis retail online akan mengalami kejatuhan kejayaan dalam masa-masa mendatang. Muncul pertanyaan kenapa toko Retail online JD.ID kenapa tutup? Apakah ini disebabkan Oleh kesalahan pengelolaan bisnis ataukah ini murni karena model bisnis yang tidak panjang umur? Berikutnya jika model bisnis retail online ini bukan merupakan suatu bisnis yang panjang umur, mungkinkah bisnis retail online Ataubtoko kelontong yang kita kelola akan mengalami kehancuran didalam waktu dekat?

Mengutip Dari laman cnnindonesia.com , ada berapa penyebab kenapa perusahaan bisnis retail online besar seperti JD.ID tutup, atau shopee , Amazon, Tokopedia yang mem-PHK ratusan pegawainya. Berikut adalah penyebabnya:

  1. Beban gaji yang tinggi.
    Hal ini diawali ketika virus COVID-19 merebak di Indonesia. Sebagai akibat pandemi COVID-19, maka banyak orang yang berbelanja secara daring atau online. Permintaan menjadi meningkat, Dan kebutuhan pegawai pun meningkat. Akan tetapi, 2 tahun kemudian pandemi COVID-19 sudah selesai. Semua ibarat kembali normal. Banyak orang kembali lagi menyukai belanja di mall atau pasar-pasar. Akibatnya, permintaan belanja di toko online ikut menurun. Sementara itu pegawai tetap harus dibayar gajinya. Hal ini membuat keuntungan perusahaan menjadi berkurang. Untuk menjaga eksistensi, Maka mau tidak mau perusahaan retail online harus mengurangi karyawannya. Maka terjadilah PHK massal.
  2. Beban biaya teknologi yang tinggi.
    Bisnis retail online memaksa perusahaan harus selalu up to date dalam sinkronisasi dengan teknologi yang menyokongnya yang dipastikan selalu berkembang atau meningkat setiap waktunya. Biaya sinkronisasi teknologi ini tidaklah kecil, sementara jumlah konsumen tidak meningkat bahkan cenderung turun akibat pandemi COVID-19 selesai dan persaingam bisnis yang ketat antar merk dagang toko Retail online. Biaya yang tinggi ini yang menyebabkan toko Retail online akhirnya gulung tikar, PHK massal, atau fokus pada bisnis lain. Seperti JD.Id yang kini fokus pada bisnis logistik Dan pergudangan.
  3. Kalah bersaing
    Ini adalah Hal yang sangat jelas. Dengan JD.ID tutup, Maka ini memberi sinyal bahwa JD.ID kalah bersaing dengan merk lainnya yang berplatform sama, yaitu toko kelontong online atau yoko Retail online. Karena kalo dalam persaingan, JD.ID unggul dibanding yang lain, Maka tidak mungkin ia rela menutup bisnisnya. Ada banyak faktor dalam kekalahan persaingan ini, misalnya karena pelayanan pelanggan yang buruk, harga barang yang lebih tinggi, atau kurangnya promosi untuk pengunjung.

Itulah jawaban Dari pertanyaan toko Retail online JD.Id kenapa tutup. Memang jawaban ini perlu dibuktikan secara ilmiah berdasarkan data, namun bagi orang awam seperti saya, cukuplah berasumsi atau mengutip dari orang yang lebih ahli.

METODE MEMPERKENALKAN TOKO AGAR HEBAT SEPERTI MIXUE

Hits: 111

Di tahun baru 2023 ini bisnis retail dikagetkan dengan munculnya MIXUE. Apa itu MIXUE? MIXUE adalah kedai atau warung yang menjual es krim cone dan beragam minuman seperti es teh, atau es susu. MIXUE merupakan waralaba atau franchise dari China yang kehadirannya kini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau mall-mall di Indonesia. Kehadirannya dan berita jualannya membuat kita iri sekaligus penasaran, bagaimana MIXUE bisa berkembang ke seluruh Indonesia, bagaimana caranya MIXUE bisa terkenal? Itu adalah pertanyaan yang perlu kita gali karena kita pun berharap, bahwa sebagai pemilik toko kelontong, kita menginginkan toko kelontong kita menjadi terkenal seperti MIXUE.

OK, mungkin ekspektasinya terlalu tinggi ya, toko kecil kita ingin menjadi terkenal di seluruh dunia seperti MIXUE. Kita turunkan dulu lah ekspektasinya, tidak perlu se-terkenal MIXUE, namun setidaknya toko kelontong kita dikenal oleh orang banyak minimalnya di lingkungan terdekat toko kita. Kalaupun keluar wilayah, bolehlah diluar wilayah kabupaten tempat toko kita berada, dan saya kira target ini realistis, alias dapat dilakukan. Lalu bagaimanakah caranya? berikut ini saya sarankan beberapa metode untuk memperkenalkan toko kelontong kita agar hebat seperti mixue.

Hebat disini tentunya bukan hanya terkenal saja. Ingat, kita ini adalah pemilik toko kelontong. Kita ini adalah pemilik bisnis. Hebat berarti mendapatkan keuntungan penjualan yang maksimum dari transaksi jual beli di toko kita. Karena, meskipun toko kita memiliki desain interior toko yang indah dan barang berkualitas , namun jika tidak ada pengunjung, toko kita tidak akan berguna. Sama halnya jika kita adalah pebisnis online dan tidak ada orang yang mengunjungi situs kita, maka bisnis kita mungkin akan hancur. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka kita perlu mempromosikan toko kelontong kita. Tidak dapat disangkal bahwa promosi toko adalah tugas yang sedikit sulit untuk diselesaikan. Namun jika kita berhasil, banyak keuntungan menanti kita. Berikut adalah metode untuk memperkenalkan toko kelontong kita agar terkenal yang dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah.

Menggunakan Jaringan media sosial
Saat ini, ada banyak situs jejaring media sosial yang dapat membantu kita mengenalkan toko kelontong kita. Salah satu situs yang paling populer adalah Facebook. Situs web media sosial ini memiliki jutaan pengguna. kita dapat membuat akun di Facebook dan kemudian mulai menambahkan teman. Kita tahu, banyak bisnis online kecil menjadi bisnis besar karena bantuan Facebook dalam mengenalkan toko kita. Di Facebook, kita bisa bertemu ribuan pelanggan potensial. Twitter adalah situs jejaring sosial populer lainnya yang juga dapat membantu kita mempromosikan toko kelontong kita.

Posting di Situs Web Lain
Posting tamu adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan keberhasilan mengenalkan toko kelontong kita, Kita bisa mulai memilih beberapa website yang relevan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghubungi pemilik atau administrator situs web untuk mengetahui apakah kita dapat menerbitkan suatu artikel di sana atau tidak. Setelah itu, kita perlu menulis artikel yang orisinal dan berkualitas tentang toko kelontong kita. Artikel ini memainkan peran penting dalam mengarahkan minat pembaca untuk setidaknya mengenal identitas toko kita. Setelah artikel dibuat, postingan disebar melalui berbagai media sosial seperti yang ada di poin satu tadi.

Email Marketing
Banyak orang menganggap pemasaran email adalah salah satu metode terbaik dalam mempromosikan bisnis. Tindakan ini dapat membawa kita untuk mendapatkan banyak keuntungan jika kita melakukannya dengan benar. namun harus diingat, tidak disarankan mengirim banyak email ke satu orang. Jika kita mengirim terlalu banyak email ke seseorang, maka kita akan dianggap sebagai spammer. Apa yang membuat email pemasaran hebat adalah bahwa kita diizinkan untuk membangun hubungan secara emosional dengan orang lain. Hubungan ini harus dijaga dengan baik. Ketika mereka mulai mengenal toko kita dan mulai mempercayai kita, ada peluang besar bahwa mereka akan membeli produk dan layanan di toko kita.

Memang benar ada banyak metode hebat lain yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko kita. Namun ketiga metode tersebut diatas adalah metode yang saya kira paling murah dan mudah untuk membuat toko kita populer, walaupun tidak sepopuler MIXUE, tapi setidaknya orang-orang di lingkungan kita mengenal toko kita dengan baik, dan mulai berbelanja di toko kita.