Category Archives: bisnis

Transaksi Bisnis Lebih Praktis dengan Dukungan Mobile Banking

Visits: 18

Layanan e-banking saat ini semakin memudahkan penggunanya. Kini hampir setiap bank menyediakan layanan mobile yang dirancang untuk mendukung nasabah bertransaksi dengan lebih mudah, cepat dan praktis. Dengan adanya aplikasi perbankan yang mobile, maka nasabah tidak perlu antri lama di ATM ataupun melalui teller. Transaksi transfer, pembayaran maupun pembelian dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang telah ter-install di smartphone milik nasabah.
Menu-menu pada aplikasi mobile banking bukan saja memudahkan nasabah bertransaksi, namun juga aplikasi ini dapat menyimpan berbagai record transaksi rutin mulai dari transfer antar rekening, transfer antar bank, pembayaran tagihan rutin dan pembelian pulsa isi ulang.
Dunia bisnis adalah ddunia yang dinamis. Dikatakan dinamis karena ia harus mengikuti perkembangan dan trend jama. Demikian pula halnya ketika internet dan smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, maka bisnis pun harus menyesuaikan dengan keadaan itu.
E-commerce adalah trend bisnis masa kini. Orang-orang berbelanja produk yang dibutuhkannya hanya dengan satu sentuhan pada smartphone miliknya. Mereka tidak perlu dating ke toko, dan bahkan mereka pun tidak perlu mengeluarkan uang di dompetnya. Aplikasi mobil yang ter-install di dalam smartphone miliknya semakin memudahkan mereka dalam berbelanja.
Jika anda memiliki bisnis, saya rasa aplikasi mobile banking wajib untuk terinstall di smartphone anda. Aplikasi mobile untuk smartphone dan tablet dapat di-download melalui App Store, Google Play Store atau BlackBerry App World.

How To Make Business Vision

Visits: 15

Agar bisnis anda sukses, anda butuh visi. Visi ini yang akan mengarahkan kemana bisnis atau perusahaan anda melangkah. Tidak hanya untuk bisnis offline, bisnis internet pun perlu memiliki visi. Dengan adanya visi anda bisa mengerahkan segenap tenaga, dan kemampuan anda untuk selalu focus menuju ke visi tersebut.
Visi adalah tujuan yang ada di depan sana. Yang membuat anda terus tersenyum dan optimis bahwa anda akan sampai di sana, sehebat apapun tantangannya. Visi akan terus membakar semangat anda agar terus maju.
Saat awal saya merintis bisnis internet saya memiliki visi agar banyak orang bisa memiliki bisnis internet dan menikmati hasil dari internet. Mereka menikmati betapa menyenangkannya membangun dan menjalankan bisnis di internet. Bisa menikmati kehidupan yang bebas tanpa terkendala oleh jarak, tempat, dan waktu. Bisa menjalankan bisnis dari manapun dan kapanpun.
Visi yang jelas sangat membantu untuk membuat keputusan yang searah dengan tujuan. Semakin anda lekatkan visi itu dalam keseharian aktifitas bisnis anda, maka keberhasilan visi tersebut akan lebih cepat tercapai. Berikut cara atau tips untuk membuat visi. Tips ini tidak hanya terbatas untuk membuat visi bisnis atau perusahaan, namun bisa juga bisa diterapkan untuk membuat visi organisasi atau bahkan visi hidup.
Pertama, tetapkan jangka waktu. Visi perlu memiliki batasan waktu yang jelas. Apakah satu tahun, lima tahun atau bahkan 10 tahun mendatang.
Kedua, bayangkan ingin seperti apa bisnis internet anda di masa mendatang. Pencapaian apa yang ingin diraih bisnis anda di masa mendatang? Kalau untuk bisnis, tolak ukur pencapaiannya bisa dari sisi profit, pendapatan, jumlah konsumen, atau market share. Upayakan secara jelas untuk menyebutkan angkanya. Misal, dalam satu tahun mendatang visi perusahaan anda adalah meraih pendapatan sekian ribu dollar.
Ketiga, diskusikan dengan mentor anda. Visi yang anda miliki sebaiknya anda diskusikan dengan mentor anda. Mintalah pendapat mereka dan minta arahan atas hal-hal yang yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

Langkah pertama membuat toko online: cari web hosting terbaik!

Visits: 19

Banyak orang kini lebih suka berbelanja online dibandingkan berbelanja secara offline. Berbelanja online banyak keuntungannya, yaitu dapat menghemat waktu (anda bisa melakukan aktivitas lain), dan menghemat uang (anda tidak perlu membayar parker mobil atau membeli produk-produk yang tidak perlu). Oleh sebab itu bisnis membuka toko online adalah bisnis yang sangat menjanjikan.
Jika anda memiliki suatu produk, kini sudah saatnya anda untuk menjual produk anda secara online. Dengan menjual secara online, maka produk anda bisa dipasarkan lebih cepat dan bisa meraih market secara global. Lalu apa yang harus anda lakukan pertama kali sebelum membuat toko online?
Ok, jika anda suah memiliki produk dan sudah mempersiapkan nama untuk toko anda, maka langkah pertama anda membanguns ebuah website toko online adalah dengan mencari web hosting. Secar sederhana Web hosting adalah suatu tempat dimana anda mendaftarkan nama toko anda sekaligus tempat untuk melakukan maintenance website anda. Ada banyak web hosting yang ditawarkan, baik hosting local maupun internasional. Cari web hosting yang menurut anda cocok utnuk pasar produk anda. Jika anda hanya ingin memasarkan produk secara local, maka sebaiknya anda mencari web hosting local saja, dan jika ingin go internasional, maka gunakan web hosting internasional pula. Jangan lupa pertimbangkan mengenai harga hosting. Carilah web hosting berharga sesuai dengan kemampuan keuangan anda namun memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya anda mencari web hosting yang menyediakan diskon.
Itulah langkah pertama dan paling utama membangun toko online. Langkah selanjutnya tentu adalah melakukan maintenance website dan strategi marketing.

Business Opportunity: Menjual Retail Handphone Android

Visits: 13

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri di piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Handphone Android adalah handphone yang sistem operasionalnya menggunakan Android. Sistem operasi Android menjadi pilihan bagi vendor-vendor smart phone karena memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang open source. Tidak hanya itu Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Karena biaya lisensi yang relatif murah dan bersifat open source, maka berbagai produsen elektronik menciptakan menciptakan handphone berbasis android dengan harga murah. Dari sisi aplikasi, handphone-handphone ini tidak kalah unggul dengan handphone android bermerk terkenal, demikian pula dari sisi design. Dari sisi pangsa pasar, sudah jelas ini memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Harga yang ditawarkan demikian murah hingga terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.
Ini adalah kesempatan bisnis, terutama di Negara berkembang yang pendapatan per kapita penduduknya relative rendah. Kebutuhan mereka akan teknologi sedemikian penting, namun mereka terkendala oleh biaya. Dan ini merupakan suatu alternative. Ada dua proyek bisnis yang dijalankan untuk menjual handphone android murah ini, yaitu menjual secara grosir, atau membuka toko retail khusus untuk handphone android murah. Bagi anda yang berminat untuk berbisnis handphone dengan modal yang tidak terlalu besar, menjual handphone android murah bisa dicoba. Bahkan dengan kemajuan teknologi internet saat ini, anda tidak perlu memiliki toko, anda bisa membangun website dan menjual handphone murah ini secara online. Yang lebih menyenangkan lagi, anda bisa menjual andphone ini tanpa modal, yaitu melalui drop-shipping.

Kenapa Komunikasi Bisnis Sangat Penting?

Visits: 21

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Di era globalisasi ini, tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, karena dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis. Disini peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik, para manajer juga harus memahami bagaiman cara menyampaikan pesan di dalam suatu aktivitas presentasi.
Di era e-bisnis, komunikasi berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi dan memberikan peluang bagi dunia usaha di Indonesia untuk mengembangkan usahanya, melalui berbagai kesempatan menjalin relasi bisnis, pemasaran produk ataupun lainnya. Melalui e-bisnis, transaksi bisnis telah dilakukan melintasi batas demi batas dan zona waktu yang hampir pada saat yang bersamaan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi para manajer untuk mengkomunikasikan bisnisnya kepada masyarakat yang mayoritas skeptis terhadap sistem penjualan on line melalui perbaikan sistem, pemupukan tingkat kepercayaan masyarakat serta pemberian edukasi yang berkesinambungan.

Anda Bisa Memulai Bisnis Handphone Android Dari Sini

Visits: 16

Handphone Android adalah gadget teknologi yang sedang popular di dunia saat ini. Begitu banyak merk-merk handphone android yang ditawarkan di pasar,mulai dari yang termahal hingga yang termurah. Pasar Android memang sangat luar biasa, dan hal ini pulalah yang dapat membuat seseorang untuk tertarik ikut membuka toko penjualan android.
Akan tetapi membuka toko penjualan handphone android baik secara online maupun offline tidak semudah membalikkan tangan. Setidaknya anda harus punya channel ke supplier atau grosir handphone android yang dapat memenuhi display toko anda.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli produk dagangan anda ke supplier, yaitu:
1. Tentukan target pasar. Toko yang anda bangun itu ditujukan untuk siapa? Kelas premium atau kelas menengah ke bawah? Jika anda memilih target pasar untuk kelas premium berarti anda harus siap mengeluarkan modal besar untuk membeli produk-produk bermerk. Memilih kelas premium berarti anda pun harus menata toko anda sekelas premium dengan desain toko dan pelayanan yang mendukung para pembeli dari kalangan orang kaya. Jika anda memilih untuk kelas menengah ke bawah, mungkin anda tidak terlalu membutuhkan modal besar untuk membeli produk penjualan anda, atau jika anda memiliki modal yang lumayan besar, maka anda dapat membeli produk android murah dengan jumlah yang banyak.
2. Pilih supplier yang dapat memberi keuntungan untuk anda. Keuntungan dari supplier yang dimaksud disini adalah kemudahan pembelian dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, harga yang lebih murah, bisa mendapatkan diskon, atau factor garansi produk yang anda beli.
3. Tentukan jumlah produk yang anda beli. Disini kejelian anda dalam berbisnis diuji. Anda harus dapat menentukan jumlah produk untuk toko anda sehingga dapat mencukupi display toko anda plus sedikit stock di gudang anda. Jangan membeli produk sehingga barang over stock, dan jangan pula membeli produk dengan jumlah sangat sedikit yang membuat display toko anda terlihat kekurangan produk dan tidak memiliki stok.

Enron Corporation Adalah Kasus Bisnis Besar Yang Layak Dikaji

Visits: 61

Sebagai orang bisnis, kita pasti tahu tentang kasus Enron. Kejatuhan Enron Corporation adalah terkenal, mengejutkan, dan dirasakan pada skala global. Sebelum runtuh pada tahun 2001, Enron adalah salah satu perusahaan terkemuka AS dan dianggap sebagai perusahaan yang paling dikagumi dan tempat yang paling diinginkan untuk bekerja. Tapi siapa yang tahu, Enron Corporation ternyata mengalami kebangkrutan.
Pada masanya, Enron Corporation begitu sangat dipuji oleh pengamat luar, tapi internal manajemennya memiliki hal-hal yang hampir mustahil untuk mendapatkan koheren dan pandangan yang jelas tentang kegiatan dan operasi perusahaan. Masalah Enron adalah kompleks tidak sebatas karena kinerja manajerial yang buruk, tetapi semua departemen korporasi terlibat dalam merusak nilai-nilai etika perusahaan dan prinsip-prinsip. Eksekutif dan manajer memiliki tanggung jawab utama untuk tidak adanya budaya perusahaan, pertanggungjawaban yang jelas dan transparansi perusahaan. Kasus Enron adalah tragedi bidang finansial terbesar abad 21, namun setelah kejatuhannya kasus Enron masih bisa memberikan manfaat untuk banyak orang secara global. Banyak para pebisnis dan pelajar sekolah bisnis yang belajar dari kasus tersebut.
Kasus Enron adalah kasus bisnis yang sangat menarik untuk dipelajari dan diperdebatkan, bahkan bisa dijadikan bahan karya tulis untuk para pelajar sekolah bisnis. Membahas kasus Enron ini tiada habisnya. Banyak topik-topik yang bisa diangkat dari kasus Enron ini, seperti topic financial, managerial, lingkungan bisnis, atau mungkin juga tentang topic leadership. Dan semua topik sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. Sebagai seorang mahasiswa sekolah bisnis, mengkaji topik-topik bisnis yang shocking dapat membantu meningkatkan pola pikir dan cara pandang dalam menjalankan suatu bisnis. Terlebih lagi jika siswa tersebut mengkajinya dengan membuat suatu essay.
Namun demikian, menulis suatu karya tulis berdasarkan kasus-kasus besar tidaklah mudah. Jika karya tulis yang ditulis tidak didukung oleh sumber-sumber literature yang bagus, maka karya tulis berdasarkan kasus besar pun dapat menjadi sampah, tidak layak dibaca, bahkan dapat mempermalukan penulisnya. Belum lagi termasuk teknik penulisan. Kasus bisnis yang bagus, data yang valid, akan tetapi teknik penulisannya kacau akan berakibat kepada kebingungan pembaca dan validitas penulisan akan dipertanyakan.
Jadi jika anda adalah mahasiswa sekolah bisnis yang akan membuat tugas karya tulis berdasarkan kasus-kasus besar, maka anda harus berhati-hati dalam penulisan dan teliti dalam membahas kasus. Adalah lebih baik jika anda secara intens berkonsultasi dengan mentor anda sehingga kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang timbul darikarya tulis anda dapat terjawab, walaupun mungkin masih ada kemungkinan dan pasti masih dapat diperdebatkan.

Karakteristik E-Commerce

Visits: 27

Sebelum anda memutuskan untuk mengembangkan bisnis anda dengan menggunakan e-commerce,sebaiknya anda harus memahami karakteristik e-commerce,sehingga anda dapata menentukan strategi yang tepat dalam menindaklanjuti pengembangan e-commerce untuk bisnis anda.
Berikut adalah beberapa karakteristik E-Commerce:
a. Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi seringkali menjadi penghalang suatu bisnis untuk go international, sehingga hanya perusahaan yang bermodal besar saja yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Dewasa ini, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa dibatas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut serta melakukan transaksi secara on line.

b. Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan, pada umumnya dengan kartu kredit, dan bahkan kini transaksi bisa dilakukan secara virtual melalui Paypal atau payment gateway sejenisnya.
c. Produk Digital dan Non Digital
Produk-produk digital seperti software computer, musik dan produk lain yang bersifat digital, dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.
d. Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud (intangible) seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi e-commerce pada dunia industri, semakin lama semakin luas tidak hanya memberikan kemudahan dalam bisnis, tetapi juga mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global. Perkembangan teknologi tidak hanya mendukung kelancaran dan keberlangsungan suatu aktivitas bisnis, namun juga menciptakan industri baru dalam komunikasi bisnis.
Penerapan e-commerce, telah menciptakan suatu komunitas tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (electronic business community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi serta teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya seharai-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya demand dan supply. Dengan perkembangan teknologi e-commerce, maka transaksi tadi dapat dengan mudah dilakukan, sekalipun kedua pihak yang bertransaksi berada pada sisi geografis yang berbeda.

3 Type Aplikasi E-Commerce

Visits: 20

Perdagangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Sejalan dengan perkembangan manusia serta teknologi, maka cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan manusia adalah e-commerce.
Secara umum, e-commerce didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang popular digunakan saat ini adalah internet. Perkembangan teknologi di masa mendatang, memberikan kemungkinan yang terbuka untuk penggunaan media lain selain internet.
Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan hanya berhubungan melalui suatu public network yaitu internet. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menghubungkan perusahaan dan konsumen melalui transaksi elektronik. Selain perdagangan barang, layanan dan informasi juga dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antar perusahaan, antara perusahaan dengan pelanggan, atau antara perusahaan dengan institusi pelayanan publik. Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu, sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar diantara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia. Keuntungan menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, respon dan pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau jasa pengiriman lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual. Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti memberikan keuntungan, antara lain :
• untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet;
• harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat;
• internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah;
• pembelian melalui internet selalu akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Kerjasama Membutuhkan Komunikasi

Visits: 13

Tim merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan kemampuan, talenta, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda. Pada tim yang ideal, mereka berkumpul bersama-sama untuk mencpai tujuan yang sama dengan memandang perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan sebagai penghalang.
Pada realita di lapangan, menjaga kekompakan suatu teamwork merupakan hal yang cukup sulit. Egoisme masing-masing anggota, serta perasaan paling pintar sendiri dapat menutupi kenyataan bahwa tujuan utama adalah untuk menghasilkan sesuatu dengan kerjasama.
Bekerja secara tim dapat mempercepat proses kerja jika dibandingkan bekerja secara individu. Melalui keahlian yang dimiliki oleh masing-masing anggota, suatu pekerjaan akan selesai dengan cepat dan sempurna. Namun untuk mencapai kecepatan dan ketepatan ekerjaan tersebut, maka interaksi dan komunikasi yang baik di antara para anggota tim merupakan hal yang sangat penting. Kerjasama tidak akan terbentuk jika tidak ada komunikasi yang baik diantara anggotanya.
Pada suatu perusahaan bisnis, kerjasama antar berbagai departemen di dalamnya akan berujung pada tingkat kesehatan perusahaan tersebut, dan tentunya juga akan mengoptimalkan laba penjualan. Disinilah peran seorang manajer diuji. Seorang manajer bukan saja bertugas untuk mencapai tujuan perusahaan, akan tetapi juga bertugas untuk merangkul dan membentuk komunikasi yang baik di antara para anak buahnya sehingga mereka menjadi suatu tim yang solid. Lagipula factor tim yang solid merupakan salah satu syarat agar tujuan perusahaan tercapai, bukan begitu?