Category Archives: bisnis

Dua Raksasa Payment Gateway siap gairahkan E-Commerce Indonesia di Tahun 2013

Views: 12

E-Commerce Indonesia siap masuki 2013 dengan semangat baru. Hal itu ditandai dengan diresmikannya kerjasama antara DOKU, penyedia solusi pembayaran online Indonesia, dengan PayPal, motor pembayaran online global. DOKU mengintegrasikan PayPal sebagai pilihan metode pembayaran untuk para merchant premium sehingga system pembayaran dapat dilaksanakan secara lintas Negara. Melalui kemitraan bisnis ini, E-Commerce Indonesia akan sangat terbantu dengan adanya dukungan metode pembayaran global terpercaya, aman dan nyaman untuk transaksi internasional.
Pada tahun 2012, 15% transaksi online Indonesia adalah berasal dari mancanegara. Angaka ini melonjak sangat signifikan mengingat pada awal tahun,prosentase dari transaksi internasional hanya sebesar 6%. Peningkatan ini menunjukkan bertumbuhnya minat dan kebutuhan online konsumen mancanegara akan produk dan layanan online di Indonesia.
Faraz Ahmed, General Manager for PayPal South East Asia and India menyambut baik kerjasama ini. Dengan saling berbagi keunggulan teknologi, PayPal berharap DOKU dapat meningkatkan nilai penjualan internasional mereka dengan resiko seminimal mungkin melalui E-Commerce lintas Negara. Saat ini PayPal merupakan metode pembayaran virtual yang popular dan terbaik untuk bertransaksi secara online. Semakin maraknya E-Commerce, mengharuskan para pemilik bisnis online untuk memiliki akun PayPal sebagai salah satu alat untuk peningkatan pelayanan konsumen.

Teman adalah Aset Tak Ternilai

Views: 23

Semua orang pasti ingin memiliki aset tak ternilai, dan orang bisa sukses asal fokus dan kerja keras. Tapi, apa hanya itu yang anda perlukan agar sukses di dunia bisnis Jawabannya, tidak! Karena, untuk mengembangkan bisnis, anda perlu teman (relasi dan koneksi).
Saya ingat, beberapa waktu lalu teman saya membuka warung makan di sekitar kampus. Warungnya tidak terlalu besar dan target marketnya jelas mahasiswa.
Karena di sekitar kampus sudah banyak warung berdiri, maka sudah pasti persaingan berlangsung ketat. Teman saya itu sudah menciptakan strategi pemasaran yang bagus, misalnya menu-menunya berbeda dari warung yang lain.
Tapi, tidak banyak mahasiswa yang berkunjung. Mahasiswa adalah pelanggan yang penuh perhitungan. Lebih baik memilih di warung langganan yang sudah terbukti enak dan murah dari pada coba-coba dan kecewa. Dan pada umumnya, orang pasti berpikir ”warung yang sepi pasti masakannya nggak enak atau terlalu mahal.
Lalu, teman saya itu memanfaatkan semua teman dan relasi yang ia punya. Ia pun berpromosi pada kami kalau ia membuka warung baru. Hasilnya, setiap kami melewati warungnya pasti kami mampir dan mencoba masakannya. Akhirnya dari situ warung teman saya punya daya tarik. Mahasiswa di sana menjadi penasaran. Hasilnya kini warung teman saya itu menjadi salah satu yang paling laris.
Kawan dalam dunia bisnis adalah bersifat portable alias bisa dibawa kemana saja. Kuncinya adalah kepercayaan. Jika mereka sudah percaya kepada reputasi kita, maka mereka akan dengan mudah melakukan apa pun yang kita inginkan, bahkan mungkintanpa meminta sekalipun.
Karena itu, luaskan jaringan anda setiap hari, karena jaringan tersebut adalah asset anda untuk memperluas pangsa pasar produk anda. Strategipemasaran akan lebih mudah diterapkan jika anda memiliki banyak relasi. Bukan tidak mungkin, bahwa teman anda itu adalah menjadi konsumen setia anda. Dan jangan lupa terus memelihara hubungan baik dengan mereka. Karena itu penting memberi ”penghargaan” pada mereka. Jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri. Berikan hadiah-hadiah kecil. Misal e-book atau artikel-artikel menarik. Kata orang bijak, jika anda baik pada teman, teman juga akan baik pada anda. Begitupun sebaliknya.

Cara Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Views: 28

Bisnis adalah dunia yang penuh dengan produktivitas. Uang hanya akan datang jika anda produktif. Karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan waktu untuk terus berproduksi.
Lalu, bagaimana caranya meningkatkan produktivitas?
1. Buat Variasi Produk
Buat produk-produk baru yang bervariasi. Produk baru akan memicu dan memacu otak anda untuk terus kreatif. Berupayalah untuk membuat produk-produk yang dibutuhkan orang banyak. Dengan semakin banyak variasi produk yang dibuat, maka konsumen akan semakin mendapat banyak pilihan. Dan bagi anda sebagai pengusaha, sebetulnya pilihannya itu hanya satu, yaitu produk milik anda.
2. Bekerjasama dengan Orang yang Satu Visi
Saat mengerjakan sebuah produk, anda bisa bekerjasama dengan orang lain. Ini penting karena anda bisa belajar dari orang lain. Sambil bekerja sama, anda dan tim anda bisa saling berbagi pengetahuan. Anda juga bisa saling tukar pengalaman.
3. Berbagi tugas untuk menghemat waktu dan energi
Ada masanya anda harus menyerahkan pengerjaan produk anda pada orang lain. Tapi, anda harus ingat! Pekerjaan orang itu mungkin hasilnya tidak sebaik jika anda kerjakan sendiri. Karena itu anda tetap harus mengontrolnya agar sesuai standar mutu yang diinginkan.
Tapi, pada intinya anda harus mempercayai orang lain. Sehingga anda punya waktu luang untuk melakukan hal lain.

Strategi Sebelum Memilih Kantor

Views: 20

Bagi anda yang sedang mencari kantor untuk mengendalikan bisnis anda, jangan terburu-buru untuk membeli kantor, sebaiknya pikirkan dahulu beberapa pertimbangan yang tepat agar tidak menyesal. Membelikantor bukan hanya membutuhkan modal saja, akan tetapi juga perencanaan dan pertimbangan yang matang. Kantor berharga murah memang mendapat perhatian banyak orang, namun bisakah kantor dengan harga murah dapat mendukung kelancaran operasi bisnis anda atau tidak?
Untuk memilih kantor yang tepat, simak strategi startegi khusus berikut ini:
1. Prediksi harga
Jika suatu komplek perkantoran belum ramai dan baru dalam tahap pembangunan, kemudian anda merasa bahwa lokasi tersebut strategis, segeralah pertimbangkan untuk membelinya sebelum harganya melambung tinggi.
2. Jarak kantor anda dengan pusat produksi anda
Jangan membeli kantor yang jaraknya jauh dengan pusat produksi anda. Selain akan menambah biaya operasional, hal ini juga akan menyebabkan karyawan anda akan malas untuk berangkat berkunjung ke pabrik anda. Pertimbangkan waktu tempuh dari kantor ke pabrik anda untuk mendukung mobilitas para karyawan dan anda sendiri.
3.Pastikan dana cukup
Jangan memaksakan diri ketika anda membeli kantor. Jika dirasa memang perlu untuk melakukan pinjaman, carilah pinjaman yang ringan dalam pengembalian, serta mudah dalam proses pencairan. Juga jangan lupa untuk meminjam dengan jumlah yang ideal agar anda tidak susah payah dalampengembaliannya.
4. Alokasikan biaya tambahan
Alokasi ini adalah untuk pembayaran pajak, asuransi,administrasi, ataupun konsultasi.Hal ini perlu agar keuangan anda sehat dan tidak kacau.
5. Jangan mudah tergiur.
Anda dituntut untuk jeli. Pastikan kelancaran proses administrasi dan sertifikat-sertifikat yang nantinya anda miliki. Bagian marketing pengelola pembangunan biasanya memiliki bujuk rayu yang luar biasa dalam meraih pelanggan. Berhati-hatilah!

6. Mantapkan hati
Pastikan niat anda untuk membeli kantor. Yakinkan dalam diri anda jika sudah menemukan tempat yang pas, maka anda harus segera membeli. Jangan ditunda-tunda!

E-Cigarette: Inovasi Bisnis yang Brilian

Views: 15

Milyaran orang di dunia suka menghisap rokok. Dari sisi bisnis, ini adalah pangsa pasar yang sangat potensial. Tapi dari sisi kesehatan, rokok adalah produk yang sangat berbahaya, karena berbagai sumber penyakit berada di setiap batang rokok yang dihisap. Isu kesehatan inilah yang merupakan kelemahan bisnis industry rokok.
Kini era teknologi sudah semakin canggih. Apapun dapat dibuat dengan menggunakan teknologi,termasuk rokok. Isu kesehatan yang merupakan kelemahan industry rokok dimanfaatkan oleh para pengusaha inovatif untuk membuat alternative menghisap rokok yang tidak mengganggu kesehatan. Pengusaha inovatif ini menciptakan rokok elektronik atau e-cigarette, yang kini sudah semakin trend di kalangan masyarakat di berbagai belahan dunia. Dan tentu saja, e-cigarette membentuk peluang bisnis baru yang siap merebut pelanggan rokok konvensional yang masih milyaran jumlahnya.
E-cigarette merupakan inovasi bisnis yang brilian, dimana kecanggihan teknologi dipadukan dengan isu kesehatan menciptakan produk yang berpotensi meraih bermilyar-milyar pelanggan di dunia. Memang masih banyak simpang siur tentang keunggulan dan kelemahan e-cigarette dibandingkan dengan rokok konvensional. Dari sisi kesehatan pun masih dipertanyakan apakah e-cigarette ini memang lebih ramah terhadap kesehatan atau tidak. Akan tetapi masalah bisnis terkadang tidak terlalu memikirkan hal itu. Semua keputusan ada di tangan pelanggan, dan mereka bisa mencari electronic cigarette reviews untuk meyakinkan diri apakah e-cigarette berbahaya atau tidak.

Orang Marketing VS Orang Accounting

Views: 18

Orang-orang accounting secara tradisional adalah “musuh” orang marketing disebuah perusahaan. Mereka selalu menajdi rem ketika orang-orang marketing bekerja cepat. Orang accounting selalu menjadi penjaga gawang yang mengingatkan apakah suatu target penjualan akan tercapai atau tidak. Mereka juga suka melakukan analisis detail di bagian mana tidak tercapainya suatu target meski tanpa mau tahu penyebabnya. Orang accounting juga selalu mengawasi biaya yang sudah ditetapkan dan memberikan peringatan bahwa cost-budget sudah terlampaui. Orang accounting juga selalu peduli pada bottom line jangka pendek. Tak ada gunanya top line tercapai tanpa ada profit.
Tapi itu semua terjadi ketika perusahaan masih tertutup. Ketika perusahaan sudah menjadi suatu perusahaan public atau perusahaan terbuka, maka persoalannya menjadi berbeda. Pemegang saham yang bukan pengendali perusahaan atau yang minoritas hanya mendapat laporan keuangan tiap kuartal. Harga saham pun naik turun, diantaranya tergantung pada laporan yang dikeluarkan. Tentu saja ada factor lain seperti rencana manajemen ke depan, prospek industry, dan situasi makro yang mempengaruhi.
Di situlah laporan keuangan mejadi salah satu indicator kunci dari kesehatan keuangan sebuah perusahaan. Ketika berhadapan dengan “pihak luar”,orang-orang accounting diminta menyatu dengan manajemen puncak untuk sebisanya memberikan optimism kepada public. Karen itulah lalu keluar istilah creative accounting, karena ada berbagai carauntuk membuat sebuah perusahaan terlihat beautiful. Kontrak penjualan jangka panjang diakali supaya masuk ke pendapatan yang dicatat untuk tahun berjalan.
Depresiasi pada sebuah fixed asset dibuat lebih panjang supaya beban biaya pada tahun berjalan mengecil. Begitu juga pada amortisasi pada intangible asset. Belum lagi yang namanya asset revaluation atau menilai kembali asset yang ada supaya balance sheet kelihatan bagus. Creative marketing selalu diharapkan bias memberikan nilai tambah pada customer.Creative accounting sebaliknya, sangat berbahaya untuk capitalmarket. Kenapa?
Sebab, minority shareholders selalu dalam situasi yang tidak diuntungkan.Ada asimetris informasi antara pihak manajemen yang menggunakan management accounting untuk pengambilan keputusan dengan public accounting yang terlalu kreatif.
Enron dan berbagai perusahaan public di Amerika Serikat sudah menjadi bukti bahwa mereka bermain dengan kualitas kesehatan keuangan perusahaan. Itu sama saja dengan yang dilakukan orang marketing yang “bermain” dengan kualitas produk. Menjanjikan suatu kualitas produk yang bagus dengan komunikasi yang kreatif, but never to deliver it.
Lebih berbahaya lagi apabila bisnis yang bergerak di financial services industry yang terlalu kreatif dalam pengembangan produknya. Krisis keuangan Amerika tahun 2008 membuktikan bahwa banyak produk financial yang merupakan derivative dariproduk-produk lain yang beresiko tinggi dijual secara kreatif.Look sophisticated outside, but vulnerable inside.
Ini persis yang terjadi di Amerika, yakni piutang property yang subprime tapi dipaket lagi dan dijual perusahaan yang bereputasi tinggi dengan harga tinggi pula. Itulah pembohongan kepada customers secara kreatif. Orang marketing sering dituduh melakukan pembohongan yang tidak bertanggung jawab. Orang marketing juga dituduh melakukan “push” yang keterlaluan sehingga pelanggan “lari” karena jengah karena dikejar-kejar terus. Orang marketing juga sering dianggap melakukan promosi yang berlebihan hingga membuat orang membeli produk yang tidak diperlukan.
Tapi ternyata orang accounting dan finance lebih “berat” lagi. Mereka bermain bukan pada hal-hal yang kecil sepertiorang marketing. Dampak yang mereka buat bias berakibat pada kerusakan ekonomi secara makro. Kenapa? Karena dampaknya bias ke customers, investors, dan bahkan ke institusi yang lebih besar. Satire dalam film “Too Big To Fail” adalah pengungkapan praktik kotor lembaga keuangan di Amerika yang menghalalkan segala cara. Akhirnya pemerintah Amerika Serikat terpaksa membantu berbagai perusahaan yang sudah terlanjur membesar tetapi keropos di dalamnya. Karena jika dibiarkan, akan dapat menimbulkan ketidakpercayaan secara makro yang dapat menghancurkan perekonomian nasional.
Karena itulah orang accounting lantas membuat Good Corporate Governance. Hal ini dilakukan agar perusahaan-perusahaan selalu diingatkan untuk tidak melakukan cara-cara kreatif, tapi palsu dan penuh daya tipu.

Lagi Promo!!

Views: 12

Seorang penjahat tertembak oleh polisi ketika sedang beraksi. Penjahat itu langsung koma di rumah sakit, kemudian dia pun bermimpi dibawa oleh malaikat ke neraka. Tapi ia terkejut karena di neraka sangat ramai. Banyak orang berdisko, minum, judi, dan banyak pula artis-artis cantik. Langsung saja ia ingin cepat-cepat masuk, tapi ditahan oleh iblis, “Tunggu dahulu!”,kata iblis itu.”Waktumu belum tiba, kembalilah ke dunia. Buatlah yang lebih jahat lagi, maka kau pasti masuk ke neraka ini!”, kata iblis itu dengan penjelasan penuh meyakinkan.
Akhirnya ia dikembalikan ke dunia. Sesuai pesan sang iblis, ia berbuat lebih jahat lagi dan akhirnya tertembak mati oleh polisi. Ia diantar oleh malaikat masuk neraka, tapi terkejut setengah matikarena di dalam neraka itu banyak api dimana-mana, bau amis darah, banyak binatang berbisa, dan banyak teriakan minta tolong. Bingung dan ketakutan, penjahat itu berkata, “Waktu lalu neraka tidak begini!?” Sang iblis tersenyum dan berkata, “Oh, waktu itu lagi promo…” Betapa kecewa dan menyesalnya sang penjahat karena menuruti pesan sang iblis. Ia tertipu, dan kini ia benar-benar merugi.
Ada kalanya suatu perusahaan bisnis berprilaku seperti sang iblis, presentasi produk dengan sangat meyakinkan, ditambah dengan promosi yang besar-besaran. Padahal secara kualitas produk yang dimilikinya tidak sesuai dengan presentasi awal. Perusahaan tersebut hanyalah bermaksud menipu pelanggan dan calon pelanggannya. Perusahaan yang seperti ini mungkin dapat meraup keuntungan penjualan yang banyak, karena promosi dan presentasinya yang meyakinkan, tetapi ini hanyalah sementara. Perusahaan ini tidak akan bertahan lama, karena pelanggannya telah ditipu hingga akhirnya mereka tidak bersedia untuk membeli kembali. Bahkan dengan kekuatan “word of mouth” mereka akan menyebarkan pengalamannya kepada teman-temannya, dan mereka merekomendasikan untuk tidak menggunakan produk perusahaan tersebut. Lambat laun perusahaan ini akan mengalami kebangkrutan, dan menghilang karena ditinggalkan oleh pelanggannya.
Dalam suatu bisnis, promosi dan resentasi produk itu adalah suatu hal yang wajar, dan pasti dilakukan. Hanya saja promosi dan presentasi tersebut haruslah sewajarnya, dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Apabila kita berpromosi bahwa produk kita berkualitas baik, maka kita harus membuktikan hal itu. Pada intinya apa yang kita lakukan janganlah membohongi pelanggan kita, sebab hal tersebut justru akan merugikan bisnis kita sendiri. Tidak apa memperoleh keuntungan sedikit, yang penting berjalan terus menerus. Seharusnya tujuan utama suatu bisnis adalah meraih pelanggan setia sebanyak-banyaknya, karena itulah yang akan memberikan penghasilan rutin untuk bisnis kita, dan secara otomatis akan mempromosikan bisnis kita kepada kolega-koleganya.

Dua Kesamaan Dalam Setiap Strategi Yang Dilakukan Pebisnis Retail

Views: 13

Salah satu bisnis yang kini banyak diminati oleh orang-orang adalah bisnis retail. Bisnis retail dipercaya mampu memberikan banyak peluang untuk meningkatkan taraf hidup karena dapat memberikan keuntungan yang berlipat jika dibandingkan dengan bekerja menjadi pegawai. Lalu apakah sebenarnya bisnis retail itu? Retail merupakan bagian paling akhir dari proses pemasaran. Artinya adalah bahwa produk yang ditawarkan atau dijual ditujukan untuk konsumen akhir. Konsumen akhir adalah pembeli barang atau jasa yang memanfaatkan produk yang dibelinya untuk keperluan personal atau untuk dikonsumsi secara pribadi. Pembeli terakhir ini membeli produk-produk yang dibutuhkannya di toko-toko retail atau supermarket tanpa berniat untuk menjual kembali. Karena perusahaan retail adalah perusahaan yang mengincar konsumen atau pembeli akhir, maka penyebaran toko-tokonya tidak terpusat pada satu titik keramaian, melainkan menyebar ke seluruh pelosok atau daerah-daerah.
Persaingan dunia retail adalah sama dengan persaingan bisnis lainnya, dimana yang kuat akan bertahan dan yang lemah akan menghilang. Kuat berarti bukan saja kuat secara modal, sebab modal bukan hal utama dalam menjamin keberlangsungan hidup suatu bisnis retail. Maksud kuat disini adalah bahwa suatu bisnis retail harus memiliki daya dukung strategi penjualan yang baik agar dapat meraih pelanggan sebanyak-banayaknya sehinga produk dapat terjual sebanyak-banyaknya pula.
Strategi penjualan adalah suatu cara atau program yang dijalankan perusahaan retail untuk menarik minat belanja para konsumen akhir tersebut. Beragam jenis toko retail mengharuskan setiap toko memiliki strategi yang khas agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis retail yang ketat. Namun pada prinsipnya setidaknya ada dua kesamaan dalam setiap strategi yang dilakukan pebisnis retail, yaitu :
1. Pelayanan
Pelayanan dalam bisnis retail bukan hanya terbatas pada pelayanan yang diberikan karyawan kepada para konsumen, melainkan juga beberapa hal penting lainnya seperti kenyamanan toko, harga produk, kenyamanan transaksi hingga kelengkapan produk. Pelayanan yang paling utama dalam bisnis ritel bukanlah mutu suatu produk yang dijual, melainkan pelayanan tentang bagaimana seorang karyawan bisnis retial memperlakukan para konsumen dengan ramah, jujur, dan bertingkah laku baik. Hal ini sangat vital bagi keberlangsungan bisnis retail,oleh karena itu suatu bisnis retail modern biasanya memiliki training center yang fungsinya adalah untuk melatih para karyawan-karyawannya agar bisa melayani pelanggan dengan baik. Perusahaan-perusahaan retail modern menganggap bahwa para karyawan ini merupakan duta mereka. Baik buruknya perusahaan ditentukan oleh sikap dan tingkah laku karyawannya dalam melayani konsumen.Perusahaan retail modern juga menganggap bahwa bisnis merekea sebetulnya adalah bisnis “service”, dimana mereka hanya menjual dan mengedepankan pelayanan untuk meraih penjualan produk-produknya.
2. Promosi
Setiap bisnis memiliki agenda promosi dalam kegiatan bisnisnya, termasuk juga bisnis retail.Bentuk promosi yang biasa dilakukan oleh retail adalah penurunan harga, diskon untuk hari-har tertentu, atau kepemilikan member card. Pada prinsipnya promosi digunakan bukan untuk menjual produk-produk sebanyak-banayaknya, melainkan untuk meraih pelanggan loyal sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki pelanggan loyal, maka suatu toko retail atau perusahaan retail dapat lebih mudah menawarkan produk-produk baru mereka. Selain itu pelanggan loyal ini merupakan sumber keuangan bisnis retail yang dapat mempertahankan mereka dari persaingan bisnis yang ketat.
Sebetulnya masih banyak lagi strategi-strategi penjualan yang digunakan oleh pebisnis retail, namun kedua strategi tersebut diatas adalah strategi yang hampir pasti dimiliki dan dilakukan oleh semua pebisnis retail.

Budaya Kerja 5S Dari Jepang

Views: 27

Orang Jepang memiliki etos kerja yang sangat baik. Tak heran jika perekonomian di negara Matahari Terbit tersebut maju pesat. Bagaiman tidak, di negara tersebut masyarakatnya tidak hanya bekerja untuk mencari uang, tetapi bekerja adalah kesenangan mereka. Masyarakat Jepang juga memiliki budaya kerja yang unik, yaitu dengan memegang teguh tradisi. Itu bisa dilihat dari sikap, cara berpikir, pola kerja, cara berpakaian, bahasa, hingga pola makan.
5S adalah budaya kerja bangsa Jepang yang cukup dikenal masyarakat dunia, dengan tujuan untuk peningkatan profit, efisiensi, pelayanan, dan keamanan. Budaya kerja 5S ini adalah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Budaya kerja 5S saat ini sudah banyak diterapkan dalamorganisasi maupun perusahaan-perusahaan bisnis.
Seiri (Ringkas)
Yakni langkah awal menjalankan budaya 5S, yaitu membuang atau menyortir barang-barang, file-file yang tidak digunakan lagi ke tempat pembuanagn atau recycle bin. Ini dimaksudkan agar tempat penyimpanan menjadi lebih efisien, sebab hanya digunakan untuk menyimpan barang atau file-file penting yang memang benar-benar dibutuhkan. Tujuan lainnya adalah agar tempat kerja lebih rapi dan tidak berantakan.
Seiton (Rapi)
Selanjutnya adalah merapikan semua barang atau file-filepenting dengan teliti, membuatnya menjadi terorganisir dan sistematis. Beri nama pada setiap tempat penyimpanan yang mudah diingat, bisa juga menggunakan kode di tempat penyimpanan. Jikak berbentuk barang, berikan label dengan nama atau visual sebagai ciri khas. Jika berbentuk file, maka buatlah folder khusus di komputer anda. Tujuannya adalah agar lebih mudah mengidentifikasi pada saat file atau barang-barang tersebut dibutuhkan.
Seiso (Resik)
Langkah ketiga adalah membersihkan tempat kerja, ruangan,dan lingkungan tempat kerja. Tanamkan dalam diri anda bahwa kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Keberihan akan menghindari penyakit-penyakit. Jika anda terserang penyakit, maka sudah tentu pekerjaan anda akan tertunda bahkan terbengkalai, sehingga akan menurunkan produktifitas, yang pada ujungnya dapat menimbulkan kerugian perusahaan.
Seiketsu (Rawat)
Tahap ini merupakan tahap yang sulit dimana anda harus menjaga ketiga tahapan awal. Perawatan bukan saja bertujuan untuk membuat barang atau file menjadi lebih awet, namun juga bertujuan agarsetiap barang atau file tersebut dapat segera digunakan apabila dibutuhkan mendadak.
Shitsuke (Rajin)
Rajin atau disiplin adalah kebiasaan dan pemeliharaan program 5S awal yang sudah berjalan.Jika anda berada di posisi sebagai atasan, maka anda perlu membuat standar 5S dan mengkomunikasikannya kepada seluruh anggota tim anda.Jika perlu berikan training 5S agar seluruh anggota paham mengenai 5S sebagai dasar kemajuan perusahaan.

Bentuk Baru Dalam Membangun Bisnis Pribadi

Views: 17

Untuk memiliki sebuah usaha pribadi adalah hal yang dapat dilakukan saat ini dalam mendapatkan pendapatan. Ini memungkinkan kita menentukan segala sesuatu sesuai dengan kemauan kita sendiri, seperti barang apa yang akan kita jual, jumlah pegawai yang akan kita pekerjakan, dan sistem pemasaran yang akan kita jalankan. Semua itu bisa kita tentukan sesuai dengan selera dan keinginan kita pribadi. Kita bisa menjadi atasan atas bisnis kita sendiri. Inilah yang membuat banyak orang berkemauan untuk menjalankan bisnis pribadi. Sebagian dari kita memutuskan untuk berbisnis karena tidak menyukai ritme kerja ketika menjadi seorang pegawai. Banyak hal yang harus menjadi pembatas untuk seorang pegawai, seperti waktu dan ukuran gaji tiap bulan. Hal ini tidak berlaku untuk bisnis pribadi.
Saat ini, ada banyak cara modern yang dapat kita pergunakan untuk membuat toko dalam rangka memasarkan produk yang kita jual. Salah satunya adalah dengan menggunakan media eletronik. Jika kita mempunyai banyak modal, kita bisa membuat iklan untuk di tayangkan di televisi. Ini adalah salah satu cara efektif yang dapat kita lakukan. Jika modal kita tidak terlalu banyak, kita dapat memilih untuk membuat iklan untuk radio. Biaya yang harus di keluarkan tidak sebesar dengan pemasangan iklan di televisi. Dana yang kita punya akan menentukan media elektronik yang kita gunakan dalam pemasaran.
Tetapi, ada hal lain yang dapat kita pilih untuk memasarkan produk. Caranya adalah dengan membuat website untuk produk yang kita jual. Untuk membuat website ini bisa di kunjungi banyak orang dalam waktu yang bersamaan, kita bisa menggunakan jasa Hosting. Untuk mendapatkan jasa yang terbaik untuk layanan ini, kita dapat mengunjungi bizweb.co.id Di dalam website ini, kita akan dibantu untuk membuat website yang kita miliki untuk menjadi lebih baik. Para pelanggan akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang menjadi andalan kita selama ini ataupun produk baru yang kita tawarkan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penggunaan internet telah menjadi gaya hidup saat ini. Siapapun bisa mengakses internet dari berbagai daerah. Bahkan kemajuan teknologi dalam telepon genggam telah memberikan kontribusi besar kepada masyarakat dalam penggunaan internet. Dengan menggunakan jasa layanan pembuatan web hosting, website yang kita miliki akan mudah untuk di kunjungi pelanggan. Mereka dapat membuka website ini di saat yang bersamaan.
Jadi, apabila kita ingin memajukan bisnis pribadi yang kita miliki, web hosting bisa menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Ini akan sangat membantu pemasaran produk yang kita tawarkan kepada masyarakat. Ini dapat menjadi fasilitas bagi mereka untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Dapatkan layanannya sekarang dan rasakan perbedaan pada bisnis yang kita miliki! Pemasaran pun akan menjadi lebih mudah dan efektif.