Category Archives: bisnis

Indonesia Mengikuti Pameran The 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023

Hits: 1

Paviliun Indonesia pada Pameran JISTE 2023 di Tokyo, Jepang, 23-25 Agustus 2023

Indonesia Mengikuti Pameran the 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023 di Tokyo Big Sight Odaiba, Tokyo, Jepang dari tanggal 23 -25 Agustus 2023. Pada pameran seafood terbesar di Jepang tersebut, produk ekspor utama Indonesia di bidang perikanan khususnya seafood memperoleh potensi transaksi sebesar US$8,8 juta atau sekitar Rp133 miliar.

Melalui kegiatan ini, Kementerian Perdagangan menargetkan pasar Jepang sebagai salah satu tujuan untuk mempromosikan dan membangun brand nasional dibidang perikanan. Menghadiri pameran ini akan memperkuat ekspor produk makanan laut Indonesia yang aman dan berkelanjutan untuk dikonsumsi, sehingga terus menjaga kinerja ekspor produk makanan laut Indonesia ke dunia pada tahun 2022 dengan pertumbuhan positif.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, dilansir dari topik.id, kontribusi ekspor produk seafood Indonesia ke Jepang tercatat sekitar 12% dari total ekspor produk seafood Indonesia ke dunia, dan permintaan produk seafood Jepang diperkirakan akan terus meningkat. Melalui pameran JISTE 2023, Kementerian Perdagangan ingin menjaga dan meningkatkan ekspor produk ikan ke pasar Jepang dan berupaya meningkatkan ekspor ke negara tetangga. Keikutsertaan Indonesia pada Pameran The 25th Japan International Seafood & Technology Expo (JISTE) 2023 ini didukung oleh KBRI di Tokyo, perusahaan pesawat terbang nasional Garuda Indonesia, dan Japan ASEAN Center. Paviliun Indonesia menampilkan produk-produk premium yang digemari dan diminati pasar Jepang antara lain udang, kepiting, tuna (mata besar dan sirip kuning), makarel, gurita, teri, sup udang, ikan kaleng serta berbagai produk olahan ikan dan seafood.

Dalam pameran JISTE 2023 yang merupakan business event terbesar di Jepang tersebut, Paviliun Indonesia memperkenalkan 11 entitas ekonomi yang dipilih berdasarkan kriteria kapasitas produksi, sertifikasi dan pengalaman ekspor. Produk ikan unggulan tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, dan Papua. Selama pelaksanaan pameran, peserta melakukan business matchmaking 3-6 kali sehari di paviliun Indonesia. Selain Jepang, pengunjung paviliun juga berasal dari China, Korea, India, Spanyol, Kanada, Aljazair dan negara lainnya.

Calon pembeli dari Jepang menyatakan ketertarikannya terhadap produk ikan Indonesia karena kualitas dan dukungan kebijakan penangkapan ikan pemerintah Indonesia yang terukur untuk menjaga keberlanjutan. Selain itu, pembeli juga tertarik karena lokasi paviliun Indonesia yang strategis dan desainnya yang menarik, serta penanganan produk yang mengedepankan kesegaran dan kualitas produk yag dilakukan oleh tim Trade Promotion Center Indonesia Osaka, Bea Cukai Jepang, dan Garuda Indonesia.

Secara terpisah, Duta Besar RI di Tokyo, Heri Akhmadi, mengatakan potensi pertumbuhan ekspor produk seafood ke pasar Jepang sangat menjanjikan, apalagi pascapandemi Covid-19. Salah satu alasannya adalah beberapa hotel, restoran, dan tempat makan di Jepang membutuhkan produk ikan dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan wisatawan maupun rumah tangga.

Dubes Heri menyampaikan: “Selain pasokan dalam negeri, Jepang juga membutuhkan produk ikan dari luar negeri, terutama dalam menghadapi kebijakan dalam negeri pemerintah Jepang. Kebijakan Pemerintah Jepang ini turut berperan meningkatkan permintaan ikan dan makanan laut ke negara tersebut. Indonesia merupakan salah satu pemasok utama produk ikan ke Jepang. Pada tahun 2022, ekspor produk ikan Indonesia ke pasar Jepang mencapai 519,1 juta USD. Nilai tersebut meningkat 18,39% dari tahun 2021 yang tercatat sebesar $438,5 juta. Sedangkan pada Januari hingga Juni 2023, ekspor produk ikan Indonesia tercatat sebesar $227 juta. Nilai ini meningkat 1% dari tahun 2022 pada periode yang sama,yaitu sebesar $225,5 juta. Produk perikanan Indonesia yang diekspor ke Jepang antara lain udang, ikan beku, fillet tuna, kepiting, gurita, dan cumi-cumi.

Selain Indonesia, pemasok produk seafood Jepang antara lain Chile, China, Amerika, Rusia, Norwegia, Vietnam, Korea, Taipei, India, Kanada, Thailand, dan Argentina. Produk makanan laut utama yang diimpor Jepang adalah udang, tuna, cakalang, hati ikan cod beku, salmon, cumi, kepiting, dan gurita. Dari sekian banyak pesaing dari negara-negara tersebut, diharapkan Indonesia dapat memenangkan persaingan bisnis perikanan khususnya seafood.

Sentra Kuliner Ikan Dukungan KKP Hadir Di Garut Jawa Barat

Hits: 6

Sentra Kuliner Ikan Garut

Dalam rangka menggalakan Gerakan Memasyarakatan Makan Ikan atau GEMARIKAN, Kementerian Kelautan dan Perikanan membuka Sentra Kuliner Ikan di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Disamping untuk menggalakan GEMARIKAN, sentra kuliner di Garut Jawa Barat ini juga adalah untuk semakin memperkenalkan dan memperkuat nama Tarogong sebagai sentra budi daya ikan nilem.Selain itu juga, program ini juga untuk menambah destinasi wisata di Garut, khususnya destinasi wisata ikan. Sentra Kuliner Ikan di Garut diharapkan menjadi salah satu cara untuk menyalurkan asupan protein sehat dari ikan kepada masyarakat.

Menurut Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Erwin Dwiyana, dilansir dari Liputan 6.com, konsep Sentra kuliner Ikan Garut ini dibangun dengan konsep memberikan kesan pandangan pengunjung yang lebih lepas dan memberikan suasana lebih nyaman ketika menikmati masakan olahan berbagai jenis ikan di Sentra kuliner ini. Klik disini untuk melihat alamat Sentra Kluliner Ikan Garut dari Google Map. https://goo.gl/maps/xtNtTYnuqZVWm9Fr5

Selanjutnya, Erwin Dwiyana juga berharap bahwa pengelola Senkul Ikan Garut bisa menambahkan keindahan ruangan yang kekinian agar menarik banyak kaum milenial untuk mengkonsumsi ikan di Sentra Kuliner Tarogong ini. Dengan penambahan keindahan ruangan yang kekinian, maka akan mendorong peningkatan angka konsumsi ikan generasi muda yang akhirnya berdampak dalam mewujudkan generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

Erwin juga mengajak para pengunjung Senkul Ikan Garut untuk turut mempromosikan atau berbagi pengalamannya kepada masyarakat lain, seperti informasi terkait kekhasan aneka kuliner ikannya, aksesnya, tempatnya, pelayanannya, dan hal menarik lainnya melalui media sosial.

Sentra Kuliner Garut atau disingkat Senkul Garut berlokasi di Jl. Otista No.40, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Sentra kuliner ikan Garut dibangun pada lokasi pasar ikan Garut. Pengunjung dapat memilih ikan yang akan diolah langsung dari kolam-kolam ikan yang tersedia. Selian itu, di Sentra Kuliner Ikan ini juga terdapat penjualan ikan hias air tawar. Pembangunan sentra kuliner ikan Garut ini merupakan kolaborasi yang baik antara pemerintah kabupaten Garut dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

5 ELEMEN KUNCI KEBERHASILAN DALAM BERBISNIS

Hits: 6

bisnis yang berhasil memiliki 5 elemen kunci keberhasilan (AldarNagi:2009), yaitu :

1. Perencanaan – Memang benar tanpa adanya rencana kemana Andamenuju, Anda memiliki peluang yang kecil untuk mencapainya. Alasan nomor satu mengapa banyak usaha baru yang gagal adalah kurangnyaantisipasi mereka dalam menghadapi masalah karena tidak adanya perencanaan.

2. Menetapkan tujuan – Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. Tanyakan pada pengusaha sukses, dimanapun, jika mereka menetapkan dan mengerjakan yang mengarah mencapai tujuan, atau mereka melakukannya “mengikuti aliran” dan berharap yang terbaik. Jawabannya sudah jelas namun sering diabaikan.

3. Adaptasi – Setiap bisnis, apapun jenisnya, menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak ada habisnya. Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan-tantangan ini untuk menentukan apakan usaha bisa bertahan atau tidak. Pasar dipenuhi dengan berbagai usaha yang tidak mampu atau tidak mau beradaptasi pada perubahan.

4. Inovasi – Lebih penting daripada sekedar mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, pengusaha yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya mereka untuk berinovasi dan peningkatan atau membuat mereka keluar dari bisnis saat pelanggan mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang tidak Anda pikirkan.

5. Memasarkan secara konstan – Marketing tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan sesuatu. Namun ini segala sesuatu yang Anda kerjakan dan hadapi. Setiap saat Anda berbicara dengan pelanggan, menjawab telepon, mengisi order, atau saat berbicara dengan supplier, Anda memasarkan diri Anda dan perusahaan. Pun demikian halnya dengan bisnis jualan eceran. Lima elemen ini merupakan hal penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Ini akan membantu jika Anda berpikir sebagai potongan puzzle yang harus diletakkan bersamaan untuk mengubah ide anda, kerja keras, uang, dan ketrampilan menjadi usaha yang sukses

Langkah Mendapatkan Uang Dengan Monetisasi Website

Hits: 20

Pada artikel ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana Langkah-langkah mendapatkan uang dengan monetisasi website atau blog yang kita miliki selain menggunakan Adsense, atau istilah umumnya adalah mendapatkan uang dari blog atau website yang terbukti dapat Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan menjadi naik level penghasilan menjadi penghasilan tetap anda nantinya.

Langkah 1: Lalu Lintas Organik
Ketika anda membangun atau menbuat suatu website atau blog, lalu lintas organik sejauh ini merupakan hal yang pertama yang harus anda perhatikan dan utamakan. lalu lintas atau traffic website atau traffic blog bertanggung jawab atas kepopuleran dan keberlangsungan hidup website anda. Jadi, itu harus menjadi dasar strategi monetisasi Anda.
Miliaran orang menggunakan mesin pencari seperti Google setiap hari untuk mencari informasi, bisnis, dan produk.

Jadi, Anda harus memikirkan hal ini dengan meningkatkan peringkat website Anda agar konten anda dapat masuk ke halaman pertama hasil penelusuran Google setiap kali ada pencarian yang relevan. Praktek ini disebut optimasi mesin pencari atau SEO.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan peringkat SEO Anda:

  • Buat artikel rutin setiap hari sekali lebih baik.
  • Lakukan penelitian kata kunci menggunakan alat seperti AHREFS atau SEMrush.
  • Atur konten situs Anda ke dalam header dan paragraf pendek untuk membuat struktur yang ramah SEO.
  • Hindari menerbitkan konten duplikat, yaitu teks yang ditemukan di lebih dari satu situs web. Alasannya adalah mesin pencari mungkin menghukum halaman yang melakukan ini dan memberi mereka peringkat rendah.
  • Bantu peringkat Anda dengan media sosial. Singkatnya, Anda dapat membuat atau mengklaim profil situs Anda di media sosial dan direktori industri dan membuat konten yang memberi Anda ulasan bagus, banyak pengikut, dan sebutan positif.
  • Perlu diingat bahwa mesin pencari selalu memperbarui algoritma yang mereka gunakan untuk menghitung peringkat. Oleh karena itu, Anda perlu terus memantau pembaruan dan menyesuaikan strategi Anda.

Strategi 2: Memilih saluran monetisasi
Setelah strategi organik Anda dilakukan, kini saatnya Anda memikirkan tentang saluran monetisasi yang menjadi pilihan anda. Dalam memilih saluran monetisasi, platform monetisasi yang umum digunakan adalah Adsense, namun, daripada memilih menggunakan satu platform tunggal, cobalah Anda pertimbangkan menggunakan banyak jaringan, dengan asumsi mereka kompatibel. Misalnya, Monetag dan AdSense.

Tidak ada jangka waktu yang ditetapkan bagi Anda untuk mulai memonetisasi melalui jaringan iklan. Anda dapat mencoba beberapa jaringan meskipun volume lalu lintas Anda tidak tinggi. Meskipun demikian, lebih masuk akal untuk menginvestasikan upaya dan sumber daya Anda untuk terlebih dahulu membangun traffic yang stabil, lalu beralih ke monetisasi jaringan setelah Anda mencapai tujuan ini.

Bergantung pada jaringan yang Anda pilih, ini dapat mencakup aspek seperti ketersediaan lebih banyak ceruk dan memiliki jumlah format iklan yang lebih banyak untuk dipilih. Selain itu, beberapa platform monetisasi dapat menawarkan fasilitas khusus yang mungkin tidak Anda miliki saat ini: misalnya, solusi Anti-AdBlock.

Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan strategi ini:

  • Sesuaikan jumlah iklan per halaman dengan niche Anda untuk melindungi pengalaman pengguna
  • Pastikan Anda tidak membanjiri pengguna dengan iklan
  • Iklan Anda tidak boleh menutupi konten utama situs web Anda — artikel, gambar, video
  • Saat Anda ingin bekerja dengan beberapa format dari jaringan yang berbeda, pastikan semuanya kompatibel dan bekerja sama dengan baik

Langkah 3: Menggunakan MultiTag
Langkah terakhir adalah pada penggunaan teknologi inovatif, yang membutuhkan lebih sedikit usaha dan pada saat yang sama meningkatkan keuntungan Anda. Dalam hal ini, kita berbicara tentang fitur MultiTag. MultiTag adalah solusi inovatif dan salah satu fitur unggulan yang paling diperhatikan oleh Monetag. Singkatnya, ini adalah tag khusus yang harus ditempatkan penerbit di aplikasi atau situs web mereka. Tag kemudian memilih format iklan yang akan ditempatkan secara otomatis di halaman atau aplikasi berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan format iklan di web. Anda dapat melihat contoh iklan dari monetag seperti ini.

Kapan sebaiknya Anda memilih MultiTag?

  • Ketika Anda seorang pemula dan ingin mulai menghasilkan sesegera mungkin
  • Saat Anda ingin menghemat waktu untuk menguji berbagai format
  • Saat Anda ingin meningkatkan pendapatan karena MultiTag lebih efisien daripada monetisasi format tunggal

Monetisasi yang menghasilkan tentu saja tidak instan alias membutuhkan waktu. Namun, selama Anda konsisten dalam mengerjakan ini, membuat rencana strategis, dan memanfaatkan platform inovatif seperti Monetag, Anda akan dapat menemukan formula sempurna untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan.
Lalu lintas organik, penggunaan berbagai platform monetisasi, dan fitur unik berteknologi tinggi seperti MultiTag adalah solusi hebat yang terbukti membantu Anda meningkatkan lalu lintas dan penghasilan. Ingatlah untuk mempersonalisasi strategi Anda berdasarkan sumber daya serta kebutuhan Anda, dan Anda akan melampaui tolok ukur Anda sebelum Anda menyadarinya. Pada intinya, ide mneulis anda tidak akan sia-sia, anda kini dapat memperoleh uang dari ide menulis anda.

Dimana Toko Jual Ring Light di Lampung Untuk Jualan Live?

Hits: 37

Bagi anda yang tinggal di seputaran Lampung yang ingin berencana jualan live online dan membutuhkan ring light, tentu anda akan bertanya dimana toko jual ring light di Lampung untuk jualan live? Saya menyarankan untuk berbelanja ring light dan aksesoris android untuk jualan live di Retro Komputer yang beralamat di Jl. Gn. Galunggung Raya No.23R, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141.

Toko Retro Komputer lampung

Jika anda mengikuti Google Map, dan baru pertama kali berbelanja di toko Retro Komputer, mungkin anda akan terbersit rasa ragu, apakah benar ini jalan ke Retro Komputer, karena anda akan diarahkan ke komplek perumahan. Ya benar. Lokasi toko jual aksesoris android Retro Komputer ada di komplek perumahan tidak jauh dari pasar Way Halim Bandar Lampung. Tempatnya memang tidak seperti toko lain yang berada di pinggir jalan besar. Akan tetapi, ketika anda sudah menemukannya, anda akan melihat bahwa toko Retro Komputer menjual aksesoris android secara lengkap. Bahkan Android box untuk nonton TV lewat internet pun tersedia disini. Toko ini berdampingan dengan tempat pelatihan pendidikan kompuer Retro.

Toko Retro Komputer Tampak Depan

Saat ini bisnis jualan online sedang ramai dengan mode jualan live atau jualan siaran langsung. Jualan live facebook, live tiktok, dan live instagram adalah trik jualan online favorit retailer kalangan anak muda dan rumah tangga muda generasi millenial. Model jualan live ini sedang trending karena alat-alat yang dipakai tidak mahal. Hanya bermodal handphone android, ringlight, dan tentunya kuota internet, para retailer sudah bisa jualan live online dari rumah.

Harga ring light di Lampung di toko Retro Komputer ini terbilang bersaing, dan tidak jauh berbeda dengan harga di toko online. Dengan harga Rp. 150.000. anda sudah dapat ring light diameter 26 cm lengkap dengan standee dan bracket hp android. Jadi bagi teman-teman yang tinggal di sekitar Bandar Lampung atau Tanjung Karang, atau di propinsi Lampung, untuk bisa beli alat-alat jualan live online di toko Retro Komputer, ikuti saja peta rute google map di bawah ini.

Jika anda tidak sempat pergi ke Bandar Lampung karena lokasi jualan live anda berada di daerah, misalnya di Kotaagung atau Way Kanan misalnya, anda bisa beli secara order lewat nomor hp yang tersedia. Barang yang anda butuhkan akan segera dikirimkan langsung ke lokasi anda yang tentunya ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. Ok, itulah tempat jual ring light di Lampung dan aksesoris jualan live di Lampung. Selamat berjualan dan Semoga sukses.

Alamat Retro Komputer: Jl. Gn. Galunggung Raya No.23R, Perumnas Way Halim, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141. Telepon: 085669636939

Cara Membuat Email Marketing Toko Kelontong dengan Mailchimp

Hits: 8

Beberapa hari yang lalu, saya sudah menjelaskan tentang email marketing. Jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu email marketing. Anda tinggal buka lagi saja artikel saya sebelumnya yang berjudul cara jualan eceran dengan menggunakan email marketing. Nah kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara-cara teknisnya membangun suatu email marketing dengan menggunakan aplikasi gratisan secara online. Aplikasi itu bernama Mailchimp. Ok. Simak caranya ya.

OK, saya asumsikan bahwa anda sudah punya akun Mailchimp. Jika belum punya, silahkan anda daftar dengan klik link daftar mailchimp dibawah ini

Link daftar Mailchimp.

Ok, setelah anda login, anda Klik Campaign, kemudian create campaign. Lihat gambar di bawah ini. Ini merupakan Langkah awal yaitu membuat materi campaign

A. MEMBUAT MATERI CAMPAIGN

Langkah 1 dan 2 create campaign email marketing dengan mailchimp

Setelah itu, anda akan diberikan 3 pilihan campaign. Untuk Kampanye Email marketing, anda pilih yang nomor 1 ya, yaitu yang regular email. Kemudian klik design email. Lihat gambar dibawah ini

Kemudian anda akan diberikan pilihan design. Pilih design yang anda suka. Anda bisa lihat preview terlebih dahulu sebelum menentukan desain dengan cara mengarahkan mouse pada gambar template desain. Disini saya mencontohkan memilih desain yang natural ya. Arahkan pada gambar, kemudian klik apply.

Masukkan logo, deskripsi dan gambar produk yang telah anda siapkan sebelumnya. Setelah selesai, klik save and exit. Setelah materi campaign tersimpan, anda selanjutnya akan diarahkan ke langkah berikutnya, yaitu mulai persiapan mengirimkan email.

B. PERSIAPAN MENGIRIMKAN EMAIL

untuk memulai mengirimkan email, harap persiapkan dahulu data alamat email customer yang sudah anda miliki dalam bentuk file Excel.

Pada Menu Audience, klik segment kemudian add contacts, kemudian import contacts. Perhatikan gambar dibawah ini.

Anda akan diberikan tiga cara import contacts. Pilih mana yang menurut anda lebih mudah. Disini saya coba import contacts dengan cara copy and paste.

Klik continue, anda akan diarahkan ke jendela tampilan yang berisi alamat email, first name, last name, dan adress. Buka file excel yan berisi alamat email, blok seluruh alamat email yang ada, copy, kemudian paste-kan di kolom email pada mailchimp. Kemudian klik Continue to rganize

Pada select a status pilih subscribed, dan centang “update any existing contact. Kemudian klik continue to tag. Lalu masukkan tag yang menurut anda bagus, atau pilih yang popular. Seteleah itu klik continue to match. Setelah itu klik finalize import. dan complete import. Ini artinya anda sudah mengimport data kontak anda untuk dijadikan target penyebaran kampanye produk anda. Jika demikian, lanjut anda klik start campaign.

C. MENGIRIMKAN EMAIL

Langkah berikutnya, kembali anda ke campaign, pilih all campaign, lalu edit draft anda. Anda akan diarahkan ke tampilan data email seperti berikut ini:

Isi semua data sbb:

To: berarti kemana email akan dikirim. Pilih audience anda dimana data email disimpan.

From berarti nama pengirim, yaitu kita,

Subject berarti judul pesan email.

Content berarti materi isi email, yaitu materi yang sudah kita buat di bagian A. Pada bagian content, klik edit desain, kemudian pilih draft, lalu pilih desain yang sudah dibuat. Tampilan akhir akan terlihat seperti ini

Kemudian klik save and exit, kemudian klik send pada pojok kanan atas.

Yups, kampanye email marketing anda sudah tersebar. Anda tinggal menunggu hasilnya. Oh iya, jika anda scroll ke bawah, anda dapatshare materi campanye anda melalui media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram. Ini akan semakin membuat kemungkinan penjualan anda menjadi lebih berhasil. Selamat mencoba.

Bonus ekstra, anda juga dapat semakin kreatif dengaan mengkombinasikan kampanye email marketing ini dengan tautan link Google form, sehingga ketika orang melakukan klik, akan langsung diarahkan ke formulir pembelian, seperti kampanye yang saya buat ini. Coba klik tombol “PESAN BUKU SOAL ANKAPIN” di content kampanye saya, maka anda akan diarahkan ke formulir pembelian.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Hits: 19

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

4 Cara Bisnis Hampers Dadakan Jelang Lebaran

Hits: 23

Saat ramadhan hingga jelang lebaran merupakan saat dimana potensi jualan; apapun jualannya; cenderung mengalami peningkatan. Baik bisnis retail dadakan maupun bisnis retail reguler, bulan ramadhan hingga lebaran merupakan bulan dimana omzet akan meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Peningkatan omzet ini tidak terlepas dari penjualan produk-produk yang bukan hanya umum yang dibeli masyarakat seperti sembako, atau pakaian, melainkan juga variasi-variasi produk yang dikemas secara kreatif dan bernilai jual lebih baik. Salah satunya adalah hampers.

Apa itu hampers? Jika kita merujuk pada google translate, hampers berarti bingkisan. Jika merujuk pada kata benda (noun) hampers artinya keranjang. Dalam istilah Indonesia, hampers dapat diartikan sebagai suatu produk yang dibungkus secara rapi dan menarik dengan tujuan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bingkisan atau hadiah. Jadi hampers itu bisa misalnya suatu barang seperti beberapa jenis kue kering yang dibungkus dengan kado dan diberi pita. Ide membuat hampers ini bukan hanya dilakukan oleh para peritel kelas atas, namun juga kalangan ibu-ibu rumah tangga pun memanfaatkan momen ramadhan ini dengan bisnis dadakan menjelang ramadhan, yaitu membuat hampers murah meriah untuk bingkisan lebaran bagi keluarga. Dikutip dari UMKM.Kompas.com, terdapat beberapa jenis hampers yang trend saat dijual di bulan ramadhan menjelang lebaran, yaitu hampers kue kering, hampers buah kurma, hampers perlengkapan ibadah, hampers cokelat, dan hampers minuman.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara bisnis hampers yang dapat dilakukan? Sebetulnya pilihan itu ada pada anda semua, namun sebagai referensi, berikut adalah 4 cara bisnis hampers yang dapat anda lakukan lengkap dengan kosekuensinya.

  1. Berjualan Hampers dengan cara Reseller

Ini artinya bahwa anda membeli hampers ditempat lain, kemudian di jual lagi dengan penambahan margin keuntungan. Ini bisa dilakukan saat Ramadhan. Anda tinggal mencari produk hampers yang anda minati di minggu pertama ramadhan, beli, stocking, kemudian jual di saat seminggu sebelum lebaran. Konsekuensinya adalah anda perlu modal dan siap dengan resiko barang anda tidak terjual.

2. Berjualan hampers dengan cara dropshipping

Ada yang mengatakan bahwa reseller itu sama saja dengan dropshipping, namun harap diperhatikan antara reseller dengan dropshipping ya. Jika reseller beli dulu baru kemudian dijual kembali, sedangkan dropshipping itu tidak perlu membeli. Hanya mempromosikan produk hampers-nya saja, dan kemudian jika terjual tinggal menghubungi produsen. Itu artinya perbedaan reseller dengan dropshipping adalah kalo reseller perlu modal, sedangkan dropshipping tanpa modal. Berhubung anda tidak memiliki barang, anda dapat melakukan ini kapan saja. Namun konsekuensinya anda mungkin bisa tidak mendapat barang karena sudah dibeli duluan oleh pebisnis lain.

3. Membuat hampers sendiri dari produk yang dibeli.

Ini misalnya adalah anda beli dua atu tiga kotak kue kering, kemudian anda kemas menjadi hampers dan kemudian anda jual. Itu artinya anda butuh modal untuk beli kue keringnya, bahan pembungkusnya, dan waktu untuk membuat hampers-nya. Model ini cocok untuk dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba. Jadi anda beli produk-produknya sebelum bulan Ramadhan tiba. Ketika bulan Ramadhan tiba, anda mulai membuat dan berjualan hampers dengan kemasan menarik. Konsekuensinya, anda butuh modal untuk beli produk dan waktu luang untuk membuat hampers.

4. Buat produk sendiri, dan jual dalam bentuk hampers.

Untuk model seperti ini, sesungguhnya ini dilakukan oleh pebisnis-pebisnis yang sudah berkecimpung lama. Kemudian momen lebaran dimanfaatkan untuk mengemas produk miliknya menjadi hampers. Ini misalnya adalah jika anda seorang produsen kue kering. Jika biasanya anda menjual kue kering dalam kotak-kotak kecil, namun ketika momen lebaran, anda mulai mengemas produk anda menjadi hampers kue kering. Dari sisi harga jual, metode ini memungkinkan untuk menjual hampers berharga miring karena anda adalah produsen kue kering. Bahkan bisa jadi anda pada saat lebaran ini menjadi penjual hampers grosiran. Konsekuensinya, mungkin anda perlu menambah karyawan anda yang khusus membuat hampers kue kering. Jika hampers tidak terjual, anda tinggal bongkar lagi dan dijual seperti biasanya.

Itulah 4 cara bisnis dadakan berjualan hampers di saat lebaran. Silahkan dipilih apa yang menurut anda cocok. Yang jelas, apapun pilihannya, itu ada resiko dan konsekuensi tersendiri, yang tentu pula kesemuanya itu akan menghasilkan keuntungan. Dan besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh itu tergantung dari upaya masing-masing. Terlebih lagi jika anda memiliki toko, maka anda dapat menempatkan hampers yang anda jual di Point Of Purchase (POP) anda sebagai produk unggulan selama Ramadhan.

Name
Email
Loading

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Hits: 14

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

Dampak Nyata Kebangkrutan Silicon Valley Bank Terhadap Beberapa Toko Retail.

Hits: 9

Silicon Valley Bank, California, USA.

Silicon Valley Bank atau biasa disingkat SVB merupakan bank yang bermarkas di California Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1983, bank ini merupakan bank yang spesialis membantu pembiayaan di bidang startup teknologi. Akan tetapi, berita mengejutkan datang pada hari Jumat 10 Maret 2023, dimana bank SVB dinyatakan ditutup dan diambil alih oleh pemerintah federal AS. Runtuhnya SIlicon Valley Bank ini mengejutkan semua industri, tidak terkecuali industri retail.

Federal Deposit Insurance Corp mengumumkan pada hari Jumat bahwa startup dan perusahaan yang berfokus pada teknologi ditutup dan simpanannya diambil alih oleh regulator. Ini terjadi hanya dua hari setelah SVB mengumumkan kehilangan sekitar $2 miliar. Setelah perusahaan berencana untuk menjual saham untuk mendapatkan modal sekitar $2,25 miliar, harga saham SVB jjatuh dan para klien mulai terburu-buru menarik dana mereka yang tersimpan di bank karena khawatir.

Imbasnya ke bisnis ritel, beberapa perusahaan mulai bergegas memberi tahu para pemegang saham dan pelanggan setia mereka tentang situasi ini dan berusaha mencari tahu mengenai dampak material yang bisa mereka dapatkan. Salah satu contohnya adalah Perusahaan kesehatan dan kebugaran DTC Hims & Hers. Akan tetapi perusahaan ini meyakinkan para pemegang sahamnya bahwa sebagian besar uang dan investasi yang dimiliki ada pada pihak lain, bukan pada SVB. sehingga terkena dampak keruntuhan SVB tidaklah signiikan terhadap kelangsungan hidup DTC Hims & Hers.

Pun demikian dengan Shopify, yang melalui siaran pers-nya mengatakan bahwa perusahaan mengalami “dampak yang sangat kecil” dari kebangkrutan SVB tersebut. Dampak kecil yang diproleh Shopify adalah karena hanya sebagian kecil dari dana operasional yang terkait dengan di SVB. Selebihnya, dana yang mereka miliki tersimpan di beberapa bank di AS dan Kanada..

Itulah dampak nyata yang diperoleh beberapa perusahaan akibat bangkrutnya Silicon Valley Bank. Dari kejadian heboh tersebut, kini dapat disimpulkan bahwa menyimpan uang modal usaha, atau uang lainnya itu tidak harus hanya di satu bank, akan tetapi ada di tersimpan di beberapa bank. Sehingga jika salah satu bank kolaps, maka imbas terhadap operasional bisnis kita adalah kecil, dan tidak membahayakan keberlangsungan bisnis retail-nya.