Category Archives: brand

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Hits: 24

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Hits: 41

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Hits: 218

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Hits: 16

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.

every business is a service business

Hits: 128

Jika anda memiliki sebuah toko, mislanya toko cell phone, toko blu-ray, toko komputer, atau toko apapun, maka sebetulnya yang anda jual bukanlah produk yang ada di toko anda. Produk anda hanyalah merupakan output dari bagian produksi saja, sedangkan yang menentukan penghasilan anda agar berkelanjutan adalah service, manfaat, dan keuntungan yang diberikan toko anda kepada para konsumen. Bukan hanya di toko saja, yang menjadi tempat akhir produk sebelum sampai ke konsumen. Setiap bisnis adalah tentang pelayanan. Every business is a service business. Buat pelanggan puas, maka mereka akan kembali lagi dan kembali lagi. Inilah yang membuat penghasilan anda berkelanjutan, dan produktivitas per transaksi anda akan stabil bahkan meningkat.

Tidak percaya ? Ok, mari kita lihat contoh kasus berikut ini.

Di suatu pusat perbelanjaan, terdapat dua buah toko film yang saling berdampingan, yaitu Toko A dan Toko B. Kedua toko tersebut menjual dan memiliki koleksi produk yang sama, yaitu produk fashion terbaru. Yang membedakan adalah bahwa jika di Toko A pelayanan para pramuniaganya hanya biasa saja, sedangkan di Toko B mengedepankan service beyond service excellent. Dan apa yang terjadi ? Ternyata banyak pengunjung yang mendatangi Toko B dibandingkan dengan Toko A, dan tentu saja omzet penjualan Toko B lebih besar daripada Toko A. Kenapa? Karena dengan service yang dilakukan oleh Toko B membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama dan berbelanja di toko tersebut. Pelanggan puas, lalu akhirnya mereka menjadi pelayan setia, dan kesetiaan pelanggan adalah omzet bagi toko.

Semua itu adalah karena service. Service-lah yang menentukan omzet penjualan dan umur toko anda, bukan produk yang anda jual. Bagaimanapun lengkapnya koleksi barang di toko anda, anda akan rentan oleh serangan kompetitor jika anda tidak memiliki bentuk service yang hebat kepada konsumen anda.

Dan ini service ini berlaku bukan hanya untuk bisnis saja. Institusi, organisasi, pelayanan publik, bahkan hingga sekolah sekalipun umurnya akan dipengaruhi oleh service kepada penggunanya.Apabila service yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada para penggunanya, maka dengan kekuatan word of mouth akan membuat institusi, organisasi, atau sekolah tersebut banyak dilirik orang. Banyak orang yang ingin menggunakan jasanya. Tapi apabila service-nya buruk, maka lama kelamaan institusi, organisasi, atau sekolah tersebut akan ditinggalkan, dan pada akhirnya bubar. Sama seperti toko A yang akhirnya bangkrut dan tutup karena kalah bersaing dengan Toko B dalam hal service.

Jadi apapun yang anda jual, atau bahkan apapun bidang yang anda tekuni, maka ketahuilah bahwa service menentukan hidup dan matinya usaha anda, karena pada intinya every business is a service business.

Efek word of mouth di Bisnis Pariwisata

Hits: 21

Bagaimana efek word of mouth di bisnis pariwisata? Begini penjelasannya. Beberapa waktu yang lalu saya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Pantai Pesisir Tengah Krui, Kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung, Indonesia. Selama dua hari saya tinggal disana, saya merasakan nuansa yang hampir mirip dengan Bali, ada pantai yang indah, serta wisatawan mancanegara. Bedanya adalah jika di Bali sudah ramai dan terkenal, maka di Krui masih sepi dan mungkin belum banyak dikenal oleh orang. Bahkan mungkin kalangan lokal Indonesia pun belum mengenal pantai Pesisir Tengah Krui ini. Kenapa begitu? ini pastilah karena efek word of mouth di bisnis pariwisata bekerja secara otomatis di kalangan para pelancong bule. Buktinya lebih banyak wisatawan bule ketimbang wisatawan domestik. Bahkan selama saya disana, saya tidak menemukan wisatawan domestik satu pun. Wah ini aneh, tempat wisata di negeri sendiri tapi koq malah tidak dikenal. Atau mungkin karena pengaruh pandemi COVID-19 kali ya, sehingga sedang sepi…

Lalu kenapa pantai Krui ini lebih dikenal dikalangan wisatawan asing dibanding wisatawan domestik? Mungkin inilah alasannya.

The Power Of Word of Mouth

Berdasarkan penelitian, karakter wisatawan asing cenderung untuk melakukan eksplorasi dalam menjelajah suatu wilayah wisata, dan mereka biasanya mengeksplorasi suatu tempat yang belum pernah dituju sebelumnya. Apabila mereka menemukan tempat yang membuat mereka sebagai pelanggan merasa nyaman, mereka akan menyebarkan informasi mengenai tempat ini baik melalui social media, telepon, ataupun lainnya. Mereka akan bercerita di blog-blog miliknya tentang tempat wisata yang mereka singgahi ini. Dan dari cerita-cerita di blog mereka maupun di social media inilah akhirnya berita mengenai tempat wisata baru ini mulai tersebar di kalangan teman-temannya, dan akhirnya keseluruh dunia.

Inilah The Power of Word of Mouth. Kekuatan bahasa dan komunikasi dalam bergaul merupakan suatu senjata marketing yang berbiaya murah. Bahkan mungkin anda tidak perlu biaya untuk melakukan strategi marketing macam ini. Power of Word Of Mouth juga bisa menjadi senjata yang membinasakan bisnis anda ketika perbincangan negatif diarahkan ke produk anda.

Untuk tempat wisata Pantai Krui ini saya yakin Word Of Mouth-nya bernuansa positif, karena banyak wisatawan asing berkunjung kesini. Lalu kenapa bisa word of mouth-nya bersifat positif ? Saya yakin bukan hanya tempat yang indah dan bagus saja yang menjadi penilaian. Sisi pelayanan dan keramahan para penduduk pasti juga menjadi penilaian utama. Wisatawan adalah pendatang, dan pendatang akan merasa senang apabila mereka disambut dengan ramah, dilayani dengan sepenuh hati, dan mereka merasa aman tinggal ditengah-tengah masyarakat. Ini menunjukkan bahwa penduduk lokal di Krui sudah tahu bahwa pelayanan pelanggan adalah suatu investasi yang menguntungkan dan sangat murah.

Oleh karena itu, agar suatu pariwisata dapat maju sebetulnya dengan cara iklan yang gila-gilaan dan berbiaya mahal adalah kurang efektif jika para pelaku pariwisata yang berkepentingan tidak memahami arti penting pelayanan. Birokrasi dan regulasi pemerintah, karakter penduduk pribumi, infrastruktur wisata harus dirancang sedemikian rupa agar dapat melayani wisatawan dengan excellent. Dan jika pelayanan ini sudah excellent, maka untuk meningkatkan bisnis bidang pariwisata mungkin pemerintah akan bekerja lebih ringan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu tempat wisata. Dengan strategi marketing yang murah meriah yaitu Word of Mouth Marketing, devisa negara akan terkumpul banyak. itulah efek word of mouth di bisnis pariwisata yang berdampak sangat dahsyat baik pada lingkungan terkecil suatu daerah hingga suatu negara.

Toyota Kijang: The Brand Legend

Hits: 19

Semua orang di Indonesia pasti tahu dan kenal tentang Toyota Kijang. Ya, mobil yang satu ini memang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan boleh dikatakan sudah menjadi legenda.

Mulai dikenalkan pada tahun 1975, Toyota kijang sudah menjelma menjadi legenda otomotif Indonesia. Sudah empat generasi kijang melakukan reborn, dan kesemuanya selalu mendapatkan tempat yang pas di hati seluruh keluarga Indonesia. Oleh sebab itu, ketika Innova muncul di tahun 2004, nama “kijang” tetap melekat di depannya. Bahkan generasi Innova terbaru yang akan diluncurkan tanggal 23 November 2015 pun, nama Kijang tidak dihilangkan. Kijang amerupakan kesuksesan suatu brand yang menjadi legenda.Ia mengalahkan musuh-musuhnya yang berada di pasar yang sama. Mengapa ini bisa terjadi?

Saya berpendapat bahwa legenda kijang tieak terlepas dari kejeniusan Toyota dalam memahami demografi dan psikologi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi. Ketika ia memiliki suatu kebahagiaan, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan seluruh keluarga besar. Toyota kijang hadir dengan melirik hal tersebut. Ketika seseorang memiliki sebuah mobil kijang, maka ia akan membagi kebahagiaannya dengan keluarga besar lain. Karena itulah Toyota kijang dirancang untuk mampu memuat orang banyak. Agar semua terfasilitasi.

Kejelian ini ditambah dengan performa kendaraan yang tangguh serta harga yang relatif murah. Hampir dipastikan bahwa setiap keluarga kelas menengah akan melirik mobil kijang sebagai mobil keluarganya. Soal gaya? Jangan tanya! Mobil kijang memipiki gaya yang long lasting. Gaya body yang ia usung tidak erkalahkan dengan gaya -gaya mobil saat ini. Bahkan jika anda memiliki kijang LGX tahun 1997 pun, jika ia terawat dengan baik, ia masih mampu bersanding sejajar dengan kijang innova keluaran terbaru. Mungkin itulah mengapa toyota kijang dapat dikatakan menjadi legenda.

Kijang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, dan identitaz Toyota Kijang menjelma menjadi identitas masyarakat Indonesia. Itulah mengapa ketika generasi terbaru innova diluncurkan, nama kijang tetap melekat di depannya. Mungkin ini menunjukkan bahwa Kijang merupakan produk orisinil Indonesia. Dan baranhkali itu pula tema yang diusung pada peluncuran innova terbatu mendatang bertajuk The Legend Reborn.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Brand Awareness dan Tingkatannya

Hits: 24

Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori merek tertentu. Contoh sederhananya, jika anda ingat mobil, maka yang pertama kali muncul di pikiran anda adalah “Ford”. Atau jika anda ingat film, maka anda akan pertama kali mengingat “Hollywood”. Brand awareness adalah sesuatu hal yang sangat penting dan diutamakan di dunia bisnis. Suatu brand yang telah memiliki awareness tinggi (top brand) mungkin nilainya bisa jauh lebih tinggi dari produk yang diusungnya. Setiap pebisnis akan selalu berlomba-lomba dan berupaya agar brand miliknya memiliki awareness yang meningkat setiap waktu.

Ada 4 tingkatan brand awareness yaitu:

1. Unaware of brand (tidak menyadari merek)
Merupakan tingkat yang paling rendah dalam piramida kesadaran merek, dimana konsumen tidak menyadari akan adanya suatu merek. Ini biasanya dimiliki oleh produk atau merk yang baru muncul ke masyarakat. Perlu strategi-strategi marketing yang jitu agar orang mengetahui bahwa merk atau produk tersebut ada. Untuk menggaet pasar local, memperkenalan merk melalui scrolling LED sign yang ditempatkan di tempat-tempat strategis adalah strategi yang cerdas.

2. Brand recognition (pengenalan merek)
Tingkat minimal dari kesadaran merek. Hal ini penting pada saat seorang pembeli memilih suatu merek pada saat melakukan pembelian. Contoh kongkrit dari tingkatan ini adalah ketika di supermarket. Ada begitu banyak produk-produk dengan berbagai merk yang ditawarkan kepada calon pembeli, dan merk yang dapat menarik hati pelanggan untuk membelinya adalah pemenangnya. Karena itulah banner banyak bertebaran di sudut-sudut supermarket agar pembeli segera mengenalinya.

3. Brand recall (pengingatan kembali terhadap merek)
Pengingatan kembali terhadap merek didasarkan pada permintaan seseorang untuk menyebutkan merek tertentu dalam suatu kelas produk. Hal ini diistilahkan dengan pengingatan kembali tanpa bantuan, karena berbeda dari tugas pengenalan, responden tidak perlu dibantu untuk memunculkan merek tersebut.

4. Top of mind (puncak pikiran)
Apabila seseorang ditanya secara langsung tanpa diberi bantuan pengingatan dan orang tersebut dapat menyebutkan satu nama merek, maka merek yang paling banyak disebutkan pertama kali merupakan puncak pikiran. Dengan kata lain, merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada di dalam benak konsumen. Contoh top of mind: Microsoft, Facebook, Ford, etc.

Elemen Merek Bisnis Yang Penting Untuk Diperhatikan

Hits: 23

Membangun Merek Bisnis

Tidak ada merek bisnis yang dibuat semalam. Ini mengikuti proses metodis yang melibatkan strategi dan organisasi . Tapi jika Anda berpikir bahwa setelah Anda memiliki nama bisnis dan logo, pekerjaan Anda sudah selesai , maka Anda perlu tahu bahwa bahkan dengan bisnis lama proses manajemen merek masih berlangsung . Selain waktu , beberapa perusahaan besar bahkan menginvestasikan banyak waktu dan jumlah hanya untuk memastikan bahwa warisan merek tetap konsisten dengan nilai-nilai yang terkandung oleh perusahaan.

Pemilik usaha kecil-kecilan dapat mengambil kenyamanan di fakta bahwa membangun merek tidak perlu mahal . Yang Anda butuhkan adalah komitmen untuk proses untuk memberikan fokus dan konsistensi pada upaya branding Anda . Ada empat elemen yang terlibat dalam memproduksi merek bisnis yang sukses .

pesan yang konsisten

Salah satu cara terbaik untuk mencapai pendekatan pemasaran yang konsisten adalah untuk menciptakan slogan, logo, dan gambar . Ini adalah salah satu cara yang paling efisien yang dapat Anda mengkomunikasikan apa bisnis Anda adalah tentang untuk pelanggan potensial Anda . Oleh karena itu , Anda perlu diingat tentang visi dan misi perusahaan Anda , yang awalnya inspirasi di balik desain logo . Kemudian , Anda perlu menggunakan bahwa sehubungan dengan apa strategi pemasaran Anda terapkan untuk mempromosikan citra merek dan meningkatkan kesadaran .

Bahkan ketika Anda datang dengan ide-ide pemasaran yang inovatif untuk menemukan kembali gambar atau menawarkan pelanggan sesuatu yang baru , itu harus tetap setia pada cita-cita bisnis Anda.

Perencanaan merek

Merek perencanaan yang cermat sangat penting dalam membangun brand bisnis yang kuat . Terlepas dari apa metode pemasaran Anda memanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek , Anda perlu untuk melihat ke dalam setiap detail yang terlibat dengan proses tersebut . Ini akan membantu memastikan bahwa Anda mampu mencapai konsistensi , yang merupakan elemen penting yang ditunjukkan di atas .

Anda perlu mengidentifikasi apa strategi branding yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda . Jika tidak bekerja, apa rencana back- up yang Anda miliki? Semua upaya pemasaran ditujukan untuk memperkuat merek Anda untuk mendapatkan pengembalian investasi.

Branding Sistem

Ini adalah bagian di mana Anda dimasukkan ke dalam tindakan segala sesuatu yang Anda telah dirancang selama perencanaan merek . Sistem yang berbeda harus digunakan untuk setiap tahap yang terlibat dalam pengembangan bisnis dan merek secara keseluruhan . Ini benar harus menguraikan langkah-langkah apa yang Anda dan karyawan Anda harus mengambil selama keadaan tertentu . Ingatlah bahwa sistem holistik dan terintegrasi adalah kunci dalam menciptakan merek yang kuat .

Review dan Manajemen

Setiap merek harus terus menjalani proses pemeriksaan. Karena kebutuhan dan tuntutan konsumen berubah, jadi harus pendekatan pemasaran merek Anda . Berikut adalah aspek dari tinjauan merek dan prosedur manajemen yang harus Anda memperhitungkan :

• Manfaat Produk dan fitur

• Pasar persaingan

• Mengubah kebutuhan dan tuntutanpelanggan

• Metode Pemasaran yang digunakan

Evaluasi lanjutan dari faktor-faktor ini dalam kaitannya dengan strategi pemasaran merek Anda akan membantu menghasilkan upaya pemasaran yang lebih efisien dan kohesif . Anda akan memiliki manajer merek untuk melihat ke dalam kesejahteraan merek dan metode apa yang akan dieksekusi untuk meningkatkan kinerja pasarnya . Namun, internal branding masih penting karena mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk memberikan produk atau jasa tersebut .

Pengaruh Word-of – Mouth Marketing Bagi Strategi Branding Anda

Hits: 19

Word of Mouth Marketing
Mungkin tak ada strategi branding lebih efektif dalam keberadaan promosi suatu bisnis selain pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Namun, hanya sedikit yang menyadari potensi sebenarnya dalam membantu Anda membangun bisnis dan branding sistem yang berhasil . Apa yang bisa lebih baik daripada memiliki orang-orang yang sebenarnya bicara orang lain ke dalam melakukan bisnis dengan perusahaan Anda ? Ini adalah hal yang umum bagi orang untuk melakukan , yang adalah berbicara tentang sesuatu produk baru-baru ini bahwa mereka puas atau memiliki pengalaman yang baik dengan .

Namun , dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)tidak dikenakan biaya apapun . Hal ini sama efektifnya dengan metode lain dari iklan atau meningkatkan kesadaran tentang produk atau jasa perusahaan Anda, tetapi tanpa biaya dan investasi yang melibatkan . Bahkan ahli pemasaran mengaku word of mouth marketing menjadi cara yang paling ampuh untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran perusahaan .

Pengaruh Word of mouth

Jika Anda telah melihat berbagai iklan TV atau website yang menjual produk , maka Anda mungkin sudah akrab dengan testimonial . Ini adalah taktik pemasaran yang digunakan oleh sebagian besar pemilik bisnis untuk memberikan bukti yang sah berkaitan dengan manfaat dan klaim yang dibuat oleh perusahaan, yang dalam bentuk pengguna yang sebenarnya dari produk .

Namun, ada perbedaan di sini : jika pemilik bisnis adalah untuk menekan orang-orang untuk memberikan kesaksian tentang produk dan hasil yang dialami , maka kemungkinan besar demografis bias . Pemilik bisnis akan memilih hanya pengguna yang memiliki sesuatu yang positif untuk mengatakan tentang produk , karena niat utama mereka adalah untuk mempengaruhi pilihan pembelian konsumen .

Ini adalah ketika kekuatan word of mouth marketing menjadi jelas . Dengan menggunakan metode ini untuk mengkomunikasikan potensi merek tertentu menciptakan hubungan pribadi antara konsumen dan produk yang bersangkutan . Pengguna sebelumnya untuk produk yang mencapai kepuasan dari itu dapat merekomendasikan produk tersebut ke teman-teman mereka atau anggota keluarga . Oleh karena itu , pemilik usaha bisa mendapatkan iklan gratis dari itu, yang mungkin sama efektifnya ( atau lebih ) dari iklan TV tapi tanpa biaya .

Dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)dapat bekerja untuk merugikan perusahaan juga. Ini terjadi ketika orang-orang yang telah mencoba produk memiliki keluhan tertentu tentang layanan buruk , atau kualitas produk yang buruk, dan hubungan pelanggan tidak memuaskan . Penelitian mengungkapkan bahwa word of mouth marketing pada dasarnya memiliki dampak yang lebih besar pada keputusan membeli dari orang-orang yang berusia antara 18 sampai 34 dan 35-54 .

Suara Pelanggan Yang Lebih Berperan

Telah sangat ditekankan oleh ahli pemasaran bahwa jika Anda ingin mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar Anda , Anda perlu untuk bekerja pada penyediaan layanan pelanggan yang sangat baik . Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan bagian dari pelanggan setia yang percaya dan kepercayaan pada merek Anda . Jika Anda berhasil meningkatkan kepercayaan itu, maka Anda dapat menghasilkan suara pelanggan yang baik . Karena itu, ketika orang-orang ini diminta untuk mengatakan sesuatu tentang perusahaan Anda , mereka hanya memiliki pandangan positif untuk mengatakan .

Oleh karena itu , beberapa perusahaan kini merancang metode untuk meningkatkan mereka ” mendengarkan ” kemampuan ketika datang ke suara pelanggan . Memang , meningkatkan komunikasi pelanggan akan menghasilkan pelanggan yang puas dan akibatnya meningkatkan potensi menghasilkan kata yang lebih positif pemasaran mulut .

Tips untuk Meningkatkan Word of mouth

Sebuah studi terbaru yang dilakukan untuk menentukan metode pemasaran yang paling berpengaruh , kata pemasaran mulut keluar di atas . Oleh karena itu , telah mengangkat kesadaran akan peran penting bahwa konsumen bermain dalam mempengaruhi pilihan pembelian lain . Oleh karena itu , Anda dapat memanfaatkan kata positif dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)untuk menciptakan strategi branding suara Anda sendiri . Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya :

• Membuat strategi branding yang akan membuat orang tertarik dan mereka berbicara tentang hal itu . Kecuali Anda dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan perhatian mereka , Anda tidak akan berhasil dalam hal ini .

• Memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan pelanggan . Ketika orang-orang senang tentang produk Anda , mereka dengan sukacita dan rela akan merekomendasikan hal ini kepada orang lain .

• Menanggapi masukan, baik positif maupun negatif . Selain mempromosikan bisnis Anda , Anda dapat memanfaatkan dari pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth)sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi penting mengenai bagaimana Anda dapat meningkatkan layanan dan strategi branding.