Category Archives: branding

Aksi Debat Cawapres Gibran: Marketing Politik Gagal atau Berhasil?

Views: 8

Aksi debat cawapres Gibran Rakabuming Raka yang menampilkan berbagai gestur, mimik, dan pertanyaan menjebak kepada lawan-lawannya di debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024), menuai beragam reaksi dari publik. Ada yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, ada juga yang menilai aksi Gibran sebagai tindakan tidak sopan, provokatif, dan tidak profesional.

Marketing politik adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh para pelaku politik untuk mempengaruhi opini publik, membangun citra diri, dan meningkatkan elektabilitas. Marketing politik biasanya melibatkan penggunaan media massa, sosial media, iklan, kampanye, dan berbagai aktivitas lain yang bertujuan untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat.

Salah satu bentuk marketing politik yang sering digunakan adalah gimik, yaitu aksi atau peristiwa yang sengaja dibuat atau dimanfaatkan untuk menarik perhatian, mengundang kontroversi, atau menciptakan sensasi. Gimik bisa berupa ucapan, perilaku, penampilan, atau hal-hal lain yang menonjol atau berbeda dari biasanya.

Aksi Gibran di debat cawapres bisa dikategorikan sebagai gimik, karena ia melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan oleh seorang calon pemimpin negara. Beberapa contoh aksi gimik Gibran adalah:

  1. Melakukan gestur clingak-clinguk, menggeleng-gelengkan kepala, atau menunjuk-nunjuk jari saat mendengarkan jawaban lawan-lawannya, seolah-olah mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya atau mengejek jawaban yang tidak sesuai.
  2. Menggunakan istilah-istilah asing yang jarang dipahami oleh masyarakat umum, seperti greenflation, carbon tax, atau green bond, tanpa menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan konteks pertanyaan.
  3. Menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi, seperti berapa jumlah anak atau cucu lawan-lawannya, atau apakah mereka pernah bermain golf bersama, yang tidak ada hubungannya dengan tema debat.
  4. Menyebut nama-nama tokoh dunia, seperti Elon Musk, Bill Gates, atau Angela Merkel, tanpa menjelaskan kaitannya dengan isu yang dibahas atau posisi Indonesia dalam hubungan internasional.

Aksi gimik Gibran ini mendapat sorotan dari media asing, yang menilai sikap Gibran sebagai tidak sopan, provokatif, dan tidak menonjol dalam debat. Media asing juga menyoroti bahwa Gibran ingin terlihat pandai dengan menggunakan istilah-istilah asing, tetapi tidak menjelaskan maknanya atau relevansinya dengan isu yang dibahas.

Aksi gimik Gibran ini juga mendapat kritik dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua KPU Hasyim Asy’ari, yang menilai aksi Gibran sebagai provokatif dan tidak sesuai dengan etika debat3. Selain itu, aksi gimik Gibran juga dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap lawan-lawannya, terutama Mahfud MD, yang merupakan mantan ketua Mahkamah Konstitusi dan ahli hukum terkemuka di Indonesia.

Namun, tidak semua orang menilai aksi gimik Gibran sebagai hal negatif. Ada juga yang menganggap aksi Gibran sebagai bentuk marketing politik yang cerdas, yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, mengundang kontroversi, dan menciptakan sensasi. Aksi Gibran juga dianggap sebagai strategi untuk menunjukkan karakter Gibran yang berbeda dari lawan-lawannya, yaitu lebih muda, dinamis, kreatif, dan humoris5.

Selain itu, aksi gimik Gibran juga mendapat dukungan dari tim pemenangan Prabowo-Gibran, yang menilai aksi Gibran sebagai bentuk kritik yang tajam, cerdas, dan berani terhadap lawan-lawannya. Tim pemenangan Prabowo-Gibran juga menilai aksi Gibran sebagai bentuk pembelaan terhadap Prabowo, yang sering diserang oleh lawan-lawannya.

Lalu, apakah aksi gimik Gibran ini berhasil atau gagal sebagai bentuk marketing politik? Jawabannya tergantung pada bagaimana publik menanggapi aksi Gibran tersebut. Jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang positif, yang menunjukkan kepribadian dan kemampuan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan berhasil. Tetapi, jika publik menganggap aksi Gibran sebagai hal yang negatif, yang menunjukkan ketidakseriusan dan ketidakprofesionalan Gibran sebagai calon pemimpin negara, maka aksi Gibran bisa dikatakan gagal.

Untuk mengetahui apakah aksi gimik Gibran berhasil atau gagal, kita perlu melihat hasil survei atau polling yang mengukur elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sebelum dan sesudah debat cawapres. Jika elektabilitas Prabowo-Gibran meningkat setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil. Tetapi, jika elektabilitas Prabowo-Gibran menurun atau stagnan setelah debat cawapres, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal.

Selain itu, kita juga perlu melihat dampak aksi gimik Gibran terhadap hubungan antara Prabowo-Gibran dengan lawan-lawannya, terutama dengan Ganjar-Mahfud, yang merupakan rival terkuat mereka dalam Pilpres 2024. Jika aksi gimik Gibran memicu konflik atau permusuhan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran gagal. Tetapi, jika aksi gimik Gibran tidak mempengaruhi hubungan antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, atau bahkan mempererat hubungan mereka, maka bisa dikatakan aksi gimik Gibran berhasil.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aksi debat cawapres Gibran merupakan suatu bentuk marketing politik yang memiliki risiko dan peluang. Aksi Gibran bisa berhasil atau gagal tergantung pada bagaimana publik dan lawan-lawannya menanggapi aksi tersebut. Oleh karena itu, aksi Gibran perlu dievaluasi secara objektif dan kritis, agar tidak menjadi bumerang bagi Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Cara Jualan Eceran Dengan Email Marketing

Views: 19

Email Marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan cara menyebarkan deskripsi atau penjelasan suatu produk melalui email. Penjelasan produk yang dikirim melalui email ini tentu dibuat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga memicu pembaca email untuk melakukan pembelian. Ini artinya bahwa email marketing ditambah dengan konsep impulse buying customer pada isi beritanya akan meningkatkan transaksi penjualan toko eceran anda. Lalu bagaimana cara jualan eceran dengan email marketing? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buat Daftar Email Pelanggan atau Calon Pelanggan

Sudah tentu bahwa untuk mengirim email maka harus ada penerimanya, yang dalam hal ini adalah calon pelanggan. Untuk itu anda harus memiliki daftar alamat email para pelanggan anda atau calon pelanggan anda. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat email para pelanggan dan membuat daftar alamat email? Ada banyak cara, salah satunya misalnya dengan melihat alamat email teman-teman kita di sosial media, misalnya Facebook. Walaupun ini mungkin agak melelahkan karena harus dilihat satu per satu profil teman kita, Itu pun jika profilnya memperlihatkan alamat email-nya. Cara yang lebih realistis adalah dengan cara menyebarkan angket kepuasan pelanggan toko anda yang didalamnya ada kolom alamat email responden. Atau dengan membuat formulir isian data pelanggan dengan Google Form yan kemudian disebar melalui pesan Whatsapp atau Telegram. Setelah itu data alamat email direkap di Microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya.

  1. Membuat konten Email

OK. Simpan dahulu daftar email yang telah dibuat. Berikutnya adalah anda membuat konten email atau isi berita email yang akan disebar. Tentunya isi berita tersebut adalah tentang produk anda yang dialamnya setidaknya berisi gambar yang menarik, deskripsi yang singkat namun jelas, manfaat produk, harga produk, bahkan jika ada adalah program promosi produk misalnya diskon, atau promosi bebas ongkos kirim. Isi email dibuat semenarik mungkin sehingga si penerima berkenan untuk melakukan transaksi penjualan, atau setidaknya berkunjung ke toko anda jika anda memiliki toko online. Jangan khawatir dengan desain isi, anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi lainnya yang sejenis yang menyediakan template gratis untuk membuat konten email marketing.

  1. Sebarkan Email Secara Otomatis Sekaligus

Langkah terakhir adalah tentu saja…menyebarkan email berisi konten produk kepada seluruh alamat email pelanggan atau calon pelanggan pada daftar email yang sudah anda buat. Menyebarkan email marketing satu persatu mungkin bisa sangat melelahkan dan bahkan membosankan. Bayangkan jika daftar alamat email anda adalah 500 alamat atau 1000 alamat misalnya..Sungguh melelahkan sekali. Karena itu, anda bisa gunakan alat bantu penyebaran email secara sekaligus ke seluruh alamat email. Salah satunya adalah dengan menggunakan Mailchimp. Mailchimp adalah aplikasi online untuk email marketing. Dimana anda dapat menginput daftar alamat email secara sekaligus, Ada tiga cara, salah satunya adalah dengan cara copy paste data yang sudah anda buat ke kolom yang tersedia di Mailchimp. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan tools untuk membuat content marketing seperti landing page.

Ok itulah cara jualan eceran dengan email marketing yang bisa jadi akan menjadi faktor penentu peningkatan penjualan toko anda. Namun hal yang harus anda perhatikan adalah, jangan sering-sering mengirim email produk, karena mungkin penerima email akan terganggu dengan kiriman email anda, Tetapkan target pengiriman email anda misalnya dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kebosanan calon pelanggan anda atas email yang anda kirim. Oh iya, tidak lupa bahwa email marketing ini bukan hanya untuk menjual produk anda secara eceran saja. Email marketing juga merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan toko anda bisa menjadi lebih terkenal seperti Mixue.

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Views: 17

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

BUKA BISNIS RESTORAN DENGAN RESEP DARI APLIKASI RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT

Views: 40

aplikasi resep masakan sedap dan sehat

Bisnis restoran atau bisnis warung makan adalah kompetisi bisnis yang diyakini akan selalu ada pasarnya. Kenapa? Karena semua orang butuh makan, dan tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Untuk itu, banyak orang yang lebih memilih makan di restoran ketimbang memasak sendiri. Tentunya restoran pun ada banyak ragamnya, ada yang restoran dengan resep masakan mewah berharga mahal, Dan ada pula restoran yang dengan menggunakan resep masakan sederhana berharga murah meriah namun lezatnya tidak kalah dengan resep masakan di restoran mahal.

Bagi orang yang mau terjun memulai bisnis restoran lokal berharga makanan murah, Maka anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar restoran atau warung makan yang anda bangun menjadi laku dan terkenal, serta memiliki pasar tersendiri. Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan pada saat akan membangun sebuah warung makan.

  1. LOKASI WARUNG MAKAN

Lokasi adalah penting jadi bahan pertimbangan pertama. Lokasi terbaik adalah lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung, mudah terlihat dari jauh, memiliki parkir cukup luas, dan tentunya memiliki area makan yang juga luas.

2. RESEP MASAKAN ANDALAN

Bisnis warung makan ini ada sangkut pautnya dengan cita rasa. Dan cita rasa itu tentu berasal Dari resep masakan yang pas. Selain itu, resep masakan yang pas dan konsisten akan membuat kesetiaan pelanggan kepada warung makan tersebut semakin meningkat. Oleh karena itu, catat dan dokumentasikan resep masakan andalan yang anda miliki, Dan latihlah pegawai anda (jika memiliki), untuk memasak dengan menggunakan resep yang konsisten. Saat ini, dunia internet mempermudah segalanya. Anda tidak perlu melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan resep masakan yang enak dan mudah dibuat. Ada banyak resep masakan yang bisa dicoba dan dicari di internet. Bahkan melalui aplikasi pun ada. Salah satu aplikasi resep masakan lokal yang bisa dijadikan referensi dan dicoba adalah aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT. Bagi pengguna HP android Samsung, aplikasi ini sudah trraedia di galaxy store app. Dan bagi pengguna HP OPPO, aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT sudah tersedia di OPPO app market dengan app id: 30854993.

Silahkan klik link tautan bagi kedua HP tersebut di bawah ini.

Oppo App Id: 30854993

Bagi pegguna HP android selain OPPO Dan Samsung, silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini, atau klik LOGO RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT di banner pojok kiri website ini.

Download aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP Dan SEHAT.

Aplikasi ini belum terbit di Google play, karena aplikasi ini adalah buatan perseorangan yang belum didaftarkan di Google Play. Namun walaupun belum ada di Google Play, aplikasi ini sudah terbukti bebas virus. Jika pada saat install ada peringatan virus, abaikan saja, Dan anda akan mendapatkan berbagai koleksi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT yang bisa dilihat kapan saja dan dimana saja melalui HP anda. Silahkan lihat cara install aplikasi RESEP MASAKAN SEDAP DAN SEHAT i video youtube di bawah ini.

  1. MENU MASAKAN ANDALAN.
    Menu masakan berbeda dengan resep masakan. Jika resep masakan adalah komposisi atau racikan bumbu-bumbu, Maka menu adalah sajian utama masakan anda dengan resep tertentu. Agar berbeda dengan warung makan yang lain, anda harus punya menu makanan andalan . Misalnya menu màkanan andalan anda adalah Ayam Kuluyuk, Maka menu Ayam Kuluyuk ini harus ada setiap waktu, dan diperkenalkan setiap saat kepada pelanggan. Bahkan lebih baik lagi jika nama warung makan anda mencatut menu màkanan andalan tersebut, Misalnya “AYAM KULUYUK MBAH YONO”.
  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan jangan dianggap remeh dalam bisnis warung makan. Walaupun masakannya enak, menu makanan yang unggul, tapi ternyata penyajian makanan kepada pelanggan butuh waktu lama, atau karyawannya tidak ramah. Maka itu akan berimbas pada kecewanya pelanggan. Kekecewaan pelanggan akan berujung pada tidak loyalnya pelanggan. Mereka para pelanggan akan berkomentar kepada yang lain, Dan komentarnya hampir pasti akan negatif karena pelayanan yang buruk. Efek word of mouth adalah sesuatu hal yang sangat kuat dalam bisnis warung makan. Karena itu perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk didalamnya adalah keramahan pegawai, durasi penyajian, penanganan komplain, hingga, sistem antrian atau sistem parkir pelanggan.

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Views: 25

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Views: 41

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

5 PLATFORM MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA. PILIH SALAH SATU ATAU GUNAKAN SEMUANYA

Views: 127

Pemasaran Media Sosial atau marketing medsos adalah proses mendapatkan perhatian dan lalu lintas web atau traffic web melalui situs media sosial. Dalam proses ini, konten kreatif berupaya menjangkau massa atau target pemasaran melalui penciptaan publisitas dari suatu konten yang dipasang di platform media sosial. Pada intinya, setiap konten kreatif harus memahami tujuan, produk, layanan, dan alasan untuk mempromosikan melalui World Wide Web. Dunia Media Sosial saat ini sudah lebih luas dari sebelumnya. Media sosial adalah platform pemasaran yang sangat strategis yang menjangkau berbagai budaya, usia, agama, jenis kelamin, lokasi, minat dan semacamnya. Oleh karena itu media sosial merupakan alat yang sangat bagus dan dapat diandalkan untuk menjangkau dan menargetkan audiens di seluruh dunia. Berikut adalah berbagai platform dasar media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan marketing sosial media atau marketing medsos. Berikut adalah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Facebook
Jika Anda sudah menjadi pengguna Facebook, ini mungkin bukan hal baru bagi Anda, tetapi yang harus anda tahu, sebetulnya ada banyak fitur di Facebook yang dapat digunakan untuk marketing medsos. Anda dapat membuat halaman bisnis khusus dan berinteraksi secara langsung, dan gratis, dengan pelanggan Anda. Anda dapat mengunggah gambar, produk, dan bahkan mengirimkan link youtube channel anda melalui Facebook ini. Dengan Facebook anda dapat membagikan produk Anda ke teman-teman atau grup yang anda ikuti atau grup Facebook yang anda buat. Orang-orang membuka Facebook, dalam situasi apa pun, baik saat bepergian, di taman, di rumah, di sekolah, atau saat waktu luang di tempat kerja. Anda hadir disana di sana dengan cara mempromosikan produk anda apapun itu produknya, baik jasa, produk fisik, channel youtube, hingga bahkan blog andalan anda di Facebook. Intinya anda mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Blog
Blog adalah cara mudah bagi orang untuk berkomunikasi secara semi-profesional dalam hal konten tulisan. Pada menulis di blog, konten yang berkualitas dan judul yang menarik merupakan kunci untuk menarik mnat pembaca. Ada banyak CMS (Content Management Service) Layanan Manajemen Konten untuk blogging, di antaranya adalah Blogspot, WordPress dan Tumblr. Jika anda rajin menulis, dan kebetulan memiliki produk, maka Blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk anda di Medsos.

Twitter
Twitter adalah alat marketing medsos dengan cara membuat pesan dengan maksimum isi tulisan sebanyak 140 karakter. Melalui pesan tulisan ini, pengikut atau disebut dengan followers dapat membaca dan melihat isi pesan anda kapan saja di news feed merek a. melalui Twitter, para pengguna dapat membicarakan suatu Tweet, berinteraksi langsung, atau memulai percakapan baru. Jika anda suka membuat pantun, atau pandai merangkai kata-kata yang singkat namun berisi, maka Twitter bisa menjadi alat untuk marketing Medsos produk anda.

Linkedin
Linkedin mungkin platform media sosial yang tidak begitu populer bagi kalangan orang umum, namun bagi para profesional, atau pegawai kantoran, platform ini merupakan alat yang sangat strategis untuk melakukan marketing medsos. Jika di Facebook dan Twitter seseorang mengikuti siapa pun yang mereka minati untuk sekadar bersosialisasi serta bisnis dan perusahaan, maka Linkedin dimaksudkan untuk lebih fokus pada profesionalisme di media sosial.

Di Linkedin, Anda dapat menjadi bagian dari orang yang mencari pekerjaan/layanan, atau bagian dari perusahaan yang menawarkan pekerjaan/layanan. Dengan demikian, Anda dapat membuat profil pribadi dengan informasi profesional Anda, studi, informasi kontak, minat, sertifikasi, identifikasi, dll. Di Linkedin, anda dapat membuat halaman bisnis dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Facebook atau Twitter. Dengan tujuan marketing Medsos, anda dapat membagikan informasi tentang merek, layanan, produk, jati diri anda melalui platform ini. jika anda memiliki keahlian tertentu dan menyasar target para profesional untuk mengenal kemampuan anda, maka Pergunakan Linkedin dan lengkapi profilnya dengan sebenar-benarnya.

Youtube
YouTube adalah platform yang sangat menarik saat ini dimana berii video-video yang dibuat oleh apa yang disebut dengan konten kreator Youtube. Saat ini hampir dipastikan semua orang menonton video di Youtube. Jika seseorang menyukai suatu video, maka orang tersebut akan menjadi pelanggan channel video tersebut dengan cara melakukan klik subscribe. Seperti misalnya jika seseorang menyukai konten video belajar bidang kelautan dan perikanan, maka mereka akan menjadi pelanggan Yusep Channel. Dengan menjadi pelanggan, maka mereka akan selalu mendapatkan informasi mengenai kehadiran video terbaru dari cannel tersebut.

melalui Youtube, Peluang produk Anda untuk dilihat sangat besar dan Anda juga bisa membuat orang berlangganan di Saluran Youtube Anda, Saluran Youtube atau Channel Youtube adalah ruang YouTube Anda sendiri tempat Anda mengunggah video Anda. Beberapa orang merasa jauh lebih menarik dan lebih mudah untuk menonton video daripada membaca suatu artikel di blog. Oleh karena itu, channel youtube bisa dimanfaatkan untuk promosi atau memasarkan produk anda melalui upload video yang menarik. Sebagai contoh, Jika Anda ingin mempromosikan suatu pakaian, Anda dapat mengunggah video berupa tayangan orang-orang yang menggunakan pakaian Anda. dan pada akhir video, anda dapat mengarahkan orang ke situs bisnis utama Anda. untuk semakin memperbesar target pemasaran anda, maka anda dapat meminta penonton untuk merekomendasikan dan membagikan video Anda ke orang lain. Demikianlah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Views: 218

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Views: 30

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Views: 16

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.