Category Archives: cara membuat toko online

4 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Toko Ritel Online

Hits: 23

Perkembangan teknologi yang semakin canggih di era millenial ini telah membuat berbagai dampak perubahan. Jika dahulu anak-anak bermain bersama di lapangan di luar rumah, kini mereka sudah terbiasa berlama-lama di dalam rumah hanya untuk bermain game online. Jika dahulu orang berangkat ke kantor menggunakan bus kota, kini dengan teknologi, orang-orang berangkat ke kantor dengan menyewa taxi online atau ojek online. Semua cara hidup sudah berubah, dan pola bisnis pun berubah. Tidak terkecuali pada bisnis ritel, baik ritel skala besar maupun skala kecil.

Pada era tahun 90-an, toko ritel atau toko kelontong kecil hanya bisa berjualan pada skala lokal dan hanya menggunakan uang tunai, kini bahkan toko kelontong atau toko ritel kecil pun sudah bisa berjualan secara online di dunia maya, dan tentunya bisa tanpa uang tunai, tanpa batas wilayah, dan tanpa tatap muka antara pembeli dan penjual. Jika anda adalah seorang penjual atau pemilik toko eceran kecil, sudah saatnya anda meraih pendapatan yang lebih besar dengan memanfaatkan teknologi informasi..Berikut adalah 4 aplikasi yang harus dimiliki oleh pemilik toko ritel online. Keempat aplikasi ini harus selalu ada di hanphone android anda, karena tanpa aplikasi ini maka bisnis ritel online anda tidak akan bekerja secara maksimal.

  1. Aplikasi jualan online

Barang yang anda jual, misalnya jika anda berjualan baju, maka baju anda bisa diposting di aplikasi jualan online. Kini ada banyak pilihan aplikasi jualan online, ada shoppee, Lazada, Bukalapak, JD.ID, Tokopedia, dsb. Untuk skala internasional ada Alibaba dan Amazon. Anda bisa pilih salah satu untuk menampilkan produk yang anda jual. Atau bahkan jika anda mampu, anda bisa mendaftarkan barang anda di semua aplikasi jualan online.

2. Aplikasi keuangan

aplikasi keuangan merupakan aplikasi dimana uang hasil penjualan anda tersimpan. Bisnis online adalah bisnis yang tidak membutuhkan uang tunai. Metode pembayaran pada bisnis online adalah dengan cara transfer antar bank atau menggunakan uang virtual. Untuk itu, sebagai sarana agar transfer bank lebih mudah, maka anda harus memiliki aplikasi mobile banking. terserah adna gunakan internet banking dari bank mana saja. Bisa Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BSI, Bank BCA, atau bank lainnya yang menyediakan aplikasi internet banking.

Selain internet banking, metode pembayaran pada bisnis online adalah bisa dengan menggunakan uang virtual atau virtual money. Virtual money adalah  Dikutip dari Wikipedia, Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah biro Keuangan AS, mendefinisikan mata uang virtual adalah sebagai sebuah perwakilan digital dari nilai yang dikeluarkan oleh sebuah bank sentral atau sebuah otoritas publik, maupun kebutuhan yang ditujukan untuk mata uang fiat, tetapi diterima oleh orang-orang hukum atau alami sebagai alat pembayaran dan dapat ditransfer, disetor atau diperdagangkan secara elektronik”. Lebih lanjut menurut menurut ECB (2012), uang virtual adalah jenis uang digital yang penerbitan dan kotrolnya dilakukan oleh pengembangnya, tidak diatur oleh otoritas tertentu, dan biasanya hanya diterima dan digunakan oleh komunitas tertentu. Contoh mata uang virtual adalah OVO pay. Dengan OVO pay, GO Pay, dsb.

Selain itu untuk transkasi pembayaran yang bersifat internasionala tau lintas negara, anda harus memiliki akun Paypal untuk memudahkan bertransaksi.

3. Aplikasi pengiriman pesan

Aplikasi pengiriman pesan wajib dimiliki oleh pebisnis online. Tanpa aplikasi pengiriman pesan, maka komunikasi antara anda dengan pembeli atau dengan supplier dipastikan akan terhambat, dan ini akan mempengaruhi siklus hidup bisnis anda. Aplikasi pengiriman pesan yang saat ini populer digunakan dan tentunya hampir semua orang menggunakannnya adalah aplikasi Whatsapp. Namun tentu ada aplikasi pengiriman pesan yang lain seperti Telegram atau Blackberry Messenger (Namun sayang Blackberry Messenger kini sudah banyak ditinggalkan orang).

4. Aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media merupakan alat untuk mempromosikan, memasarkan, atau bahkan mengenalkan toko dan brang anda. Perlu anda ketahui bahwa bisnis online itu sama saja dengan bisnis offline dimana bisnis tidak akan sukses jika tidak ada promosi penjualan, marketing, ataupun strategi bisnis. Aplikasi media sosial adalah sarana yang ahrus anda maksimalkan agar bisnis online anda sukses. Aplikasi media sosial untuk bisnis kini sudah banyak, dan anda bisa memanfaatkan dan memaksimalkan aplikasi tersebut. Aplikasi sosial media untuk bisnis online yang paling sederhana adalah melalui Facebook. Sebarkan dan kenalkan toko anda di news feed facebook anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Youtube Channel untuk memperkenalkan bisnis anda dalam format video .

Itulah 4 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Toko Ritel Online agar jualannya laris manis tidak hanya di skala lokal, namun juga laris di skala internasional. Toko anda mungkin kecil, tapi bisa jadi, di era millenial ini, toko dan barang anda terkirim ke berbagai belahan dunia. Semua berkat teknologi informasi.

APA ITU DROPSHIPPING DAN BAGAIMANA CARA MEMULAI BUKA TOKO DROPSHIPPING ?

Hits: 36

Apa yang dimaksud dengan dropshipping? Dropshipping adalah suatu bisnis dimana kegiatannya adalah menjual atau memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan lain tanpa harus membeli atau menyimpan stok terlebih dahulu. Orang yang melakukan bisnis dropshipping disebut dengan dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan suatu bisnis yang dapat dikatakan hampir tanpa modal, sebab ia hanya memasarkan atau menjual produk orang lain. Pendapatan yang diperoleh oleh para dropshipper berasal dari komisi penjualan, atau selisih harga antara harga yang ditawarkan oleh dropshipper dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik produk. Bisnis ini unik dan menarik, sebab para dropshipper mendapatkan keuntungan penjualan bahkan tanpa perlu susah payah mengirimkan produk ke pembeli, karena tugas pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan yang punya barang, Dengan kata lain, bisnis dropShipping tidak perlu menyiapkan toko fisik! Anda hanya perlu kelancaran internet!

DropShipping bukanlah istilah atau konsep baru dalam e-commerce tetapi jarang orang yang tahu bagaimana memulai bisnis DropShipping. Lalu bagaimana cara memulai toko dropshipping ? berikut adalah cara yang pernah saya lakukan ketika membangun toko dropshipping hingga akhirnya memiliki toko sendiri dan memiliki barang sendiri. Dengan meningkatnya kegiatan e-commerce atau bisnis berbasis internet, ini juga meningkatkan jumlah orang yang ingin memulai bisnis e-commerce tersebut. Kewirausahaan ecommerce adalah karir yang menarik di era millenial ini. Namun persoalan klasik dalam berbisnis adalah bahwa memulai suatu bisnis perlu memiliki dukungan investasi yang baik. Umumnya, modal adalah investasi terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Dan ini membuat banyak orang yang berniat untuk berbisnis mundur teratur karena tidak memiliki modal. Bisnis dropshipping menjawab kendala keterbatasan modal tersebut, karena dropshipping hampir dipastikan tidak perlu modal. Artinya anda tidak perlu terlebih dahulu membeli produk secara grosiran dan menyimpan stok barang jualan untuk kembali dijual secara eceran.

Menurut pendapat saya, dropshipping adalah lebih dari hanya sekadar bisnis. Dropshipping adalah layanan. Internet berhasil! Ini adalah metode bisnis ritel di mana penjual tidak menyimpan produknya di toko atau gudang. Berikut ini adalah keunggulan bisnis DropShipping:

  1. Diperlukan modal investasi yang minimum bahkan mungkin tanpa modal
  2. Tidak ada rintangan sulit dalam mendirikan toko dropshipping
  3. Margin risiko lebih rendah
  4. Pebisnis dropshipping dapat menetapkan harga sendiri untuk produk yang dijualnya.

Lalu bagaimana cara memulai buka toko dropshipping?

  1. Langkah pertama adalah cari tahu terlebih dahulu minat bisnis anda. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan , produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Teliti basis pelanggan Anda dan lihat produk apa yang dapat memberi Anda keuntungan lebih tinggi
  3. Cari tahu siapa pesaing Anda dalam menjalankan bisnis ini dan bagaimana cara mereka memaksimalkan keuntungan.
    Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kedua adalah : Temukan pemasok Dropshipping yang cocok dengan anda

Pemasok dropshipping pada dasarnya adalah sumber hidup bisnis anda. Ia adalah pahlawan bagi anda, karena pemasok adalah orang yang akan menangani semua tugas fisik bisnis seperti pengepakan, dan pengiriman. Oleh karena itu penting untuk menghubungi pemasok terpercaya yang dapat melakukan sinkronisasi dengan produk yang ingin Anda jual. Pastikan anda memperoleh kejelasan dari pemasok akan hal-hal berikut.

  1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesanan.
  2. Sistem pelacakan atau sistem tracking seperti apa yang mereka sukai.
  3. Jika pemasok menawarkan garansi untuk produk mereka, pastikan jangka waktu garansi tersebut.
  4. Agar lebih tenang, anda sebaiknya harus mendapatkan pemasok yang sudah memiliki NPWP. Dan anda harus tahu nomor NPWP pemasok tersebut. Ini penting agar anda tidak tertipu oleh pemasok bohongan yang akan membuat reputasi anda jadi ikut-ikutan hancur karena dianggap pembohong oleh pembeli. Padahal anda tidak berniat untuk berbohong atau menipu.

Langkah yang ketiga adalah: Pilih Platform Anda untuk berbisnis.

Setelah Anda selesai dengan prasyarat yang diberikan pada langkah-langkah di atas, Anda perlu mencari tahu platform mana yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Ada banyak platform toko online yang bisa anda gunakan, seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan Bukalapak untuk platform bisnis online lokal Indonesia.

Untuk skala global, eBay adalah platform e-niaga yang paling banyak digunakan dan mudah bagi pemula untuk memulai. Amazon adalah situs e-niaga terbesar di dunia untuk menjual dan membeli produk. Bonanza dan Ruby Lane juga merupakan toko e-niaga yang dapat membantu mengangkat produk Anda. Jika tidak mau menggunakan salah satu dari platform ini, Anda dapat mendesain toko e-niaga Anda sendiri dengan platform seperti Shopify.

Langkah keempat: Pasarkan dan Promosikan!

Jika anda memiliki ide bisnis yang luar biasa dan bahkan membuat toko online tetapi tidak ada yang mengetahuinya, ini alah sama saja dengan percuma! Anda membuang waktu banyak sekali untuk hasil yang tidak memuaskan sama sekali. Disinilah pentingnya analisis pemasaran yang untu mulai memasarkan produk dan toko online Anda. Mulailah kampanye pemasaran toko di berbagai di platform media sosial. Gunakan kekuatan email massal ke pelanggan target. Buat kupon diskon karena diskon lebih memesona dan lebih cepat membuat orang tergoda untuk berbelanja.

Itulah langkah-langkah memulai toko dropshipping. Dengan konsistensi dan kerja keras, anda akan memperoleh hasil di e-commerce. Selamat berjuang. dan semoga sukses.

Langkah pertama membuat toko online: cari web hosting terbaik!

Hits: 16

Banyak orang kini lebih suka berbelanja online dibandingkan berbelanja secara offline. Berbelanja online banyak keuntungannya, yaitu dapat menghemat waktu (anda bisa melakukan aktivitas lain), dan menghemat uang (anda tidak perlu membayar parker mobil atau membeli produk-produk yang tidak perlu). Oleh sebab itu bisnis membuka toko online adalah bisnis yang sangat menjanjikan.

Jika anda memiliki suatu produk, kini sudah saatnya anda untuk menjual produk anda secara online. Dengan menjual secara online, maka produk anda bisa dipasarkan lebih cepat dan bisa meraih market secara global. Lalu apa yang harus anda lakukan pertama kali sebelum membuat toko online?

Ok, jika anda suah memiliki produk dan sudah mempersiapkan nama untuk toko anda, maka langkah pertama anda membanguns ebuah website toko online adalah dengan mencari web hosting. Secar sederhana Web hosting adalah suatu tempat dimana anda mendaftarkan nama toko anda sekaligus tempat untuk melakukan maintenance website anda. Ada banyak web hosting yang ditawarkan, baik hosting local maupun internasional. Cari web hosting yang menurut anda cocok utnuk pasar produk anda. Jika anda hanya ingin memasarkan produk secara local, maka sebaiknya anda mencari web hosting local saja, dan jika ingin go internasional, maka gunakan web hosting internasional pula. Jangan lupa pertimbangkan mengenai harga hosting. Carilah web hosting berharga sesuai dengan kemampuan keuangan anda namun memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya anda mencari web hosting yang menyediakan diskon.

Itulah langkah pertama dan paling utama membangun toko online. Langkah selanjutnya tentu adalah melakukan maintenance website dan strategi marketing.

Tips Membuat E-Commerce

Hits: 13

E-commerce telah menjadi masa depan bisnis online. Saat ini sudah banyak pembeli atau konsumen yang menghabiskan uangnya untuk berbelanja online setiap tahun, dengan beberapa toko bahkan telah berekspansi secara online selain bisnis offline mereka. Untuk menjaga konsumen datang kembali, maka Anda perlu membuat sebuah situs e-commerce yang unik, yang user friendly,dan tentunya memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya.

Rancangan awal sebuah e-commerce adalah bahwa anda harus memiliki atau memasang ucapan selamat datang dan mengenalkan website Anda. Pernyataan ini harus memberikan keuntungan dan meyakinkan mereka yang berkunjung bahwa mereka akan merasa nyaman apabila berbisnis dengan Anda. Sebutkan tujuan Anda, ungkapkan keyakinan Anda, dan biarkan pelanggan mengetahui bahwa belanja di toko online anda akan aman.

Sebuah situs web berkualitas memiliki navigasi yang baik. Kategori dan kotak pencarian adalah suatu keharusan di situs binis ini. Desain sederhana, font yang mudah dibaca dan gambar produk jelas dan muncul di layar dengan cepat. Pastikan untuk memiliki halaman yang isinya adalah beberapa kebijakan umum bisnis seperti pengiriman dan pengembalian. Anda juga mungkin ingin memiliki link di halaman rumah Anda yang mengarahkan pengunjung kepada kebijakan privasi. Kebijakan ini akan memastikan pelanggan bahwa Anda tidak menyediakan pihak ketiga untuk suatu informasi produk yang anda miliki. Hal ini penting ditampilkan agar pelanggan tahu bahwa anda benar-benar berada di bisnis ini.

Sama seperti saat berbelanja di toko offline, pelanggan ingin lebih cepat checkout mudah pula mengunjungi toko online Anda. Jika toko online Anda dilengkapi dengan server yang aman, ini akan membuat mereka merasa nyaman dan membuat mereka datang kembali. Checkout Anda atau Shooping cart anda harus bisa hanya dengan satu klik saja sehingga pelanggan dapat masuk dan keluar langkah yang seminimal mungkin. Selain itu, disarankan untuk menawarkan berbagai pilihan pembayaran seperti, kartu kredit dan kartu debit, cek online, wesel, dan sumber pembayaran online seperti PayPal. Sertakan nomor kontak telepon untuk dukungan pelanggan sehingga pelanggan memiliki jaminan bahwa mereka akan memiliki bantuan jika ada masalah dengan produk pesanannya.

Anda harus memiliki bagian khusus di situs anda untuk program diskon dan promosi lainnya. Jika Anda memiliki jumlah produk yang banyak, maka buatlah halaman web yang terpisah dengan daftar lengkap semua produk diskon. Sediakan hadiah sertifikat untuk masa-masa promosi tertentu seperti liburan. Memproduksi sebuah situs e-commerce, memerlukan rencana yang baik, waktu dan kesabaran. Jika ini berhasil, maka anda akan meraih keuntungan penuh dari fenomena bisnis e-commerce, dan Anda akan lebih cepat merubah mimpi menjadi kenyataan.

Klik disini untuk versi Bahasa Inggris