Category Archives: Dunia Pendidikan

Tips Agar Buku Anda Tetap Layak Dibaca dan Selalu Berkondisi Baik

Beberapa minggu yang lalu, teman saya datang ke rumah saya, dan dia menemukan bahwa buku-buku saya tersimpan dalam kondisi baik. Ya, saya memiliki banyak buku di rumah saya, dan saya selalu mencoba yang terbaik untuk menjaga mereka semua dalam kondisi baik. Dibandingkan dengan e-buku, saya lebih suka buku yang konvensional, yang dapat memberi saya pengalaman membaca lebih memuaskan. Memang ada orang-orang yang telah meninggalkan buku ke e-book, namun bagi saya, buku yang konvensional masih belum dapat mengalahkan sensasi membaca dan kemudahan dalam kepraktisan. Jika Anda menyukai buku sebanyak seperti yang saya lakukan tapi tidak punya petunjuk tentang bagaimana untuk menjaga mereka dalam kondisi baik, ini adalah artikel yang harus Anda baca. Saya akan senang untuk berbagi beberapa tips dengan Anda tentang bagaimana untuk menjaga buku agar tetap layak baca dan selalu dalam dalam kondisi baik.

Pertama, berapa banyak buku yang Anda miliki di rumah Anda? Dan apakah Anda memiliki cukup rak buku untuk menjaga buku-buku Anda? Jika tidak ada cukup ruang untuk menjaga buku Anda, Anda mungkin harus menambahkan rak buku baru ke rumah Anda atau menjual beberapa buku-buku lama. Namun, saya yakin bahwa sebagian besar dari Anda tidak bersedia untuk menjual buku-buku berharga.

Masalah kedua mungkin debu. Jika Anda tidak mengambil ini dengan serius, mungkin akan menyebabkan banyak masalah. Untuk menjaga buku dari debu, hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa Anda telah menempatkan mereka di tempat yang tepat bukannya di kamar berangin. Jika kamar Anda berangin, Anda bisa membeli rak buku dengan kaca sehingga menjaga rak buku selalu bersih di dalam.

Ada banyak faktor yang akan membuat perbedaan besar untuk buku Anda saat Anda menjaga mereka di rumah Anda, misalnya, sinar matahari, kelembaban, dan panas. Dalam pandangan itu, sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk menjaga buku-buku Anda jauh dari sinar matahari. Dan jika ada kelembaban yang berlebihan, yang akan mempengaruhi kertas buku di kamar Anda, Anda mungkin perlu untuk menjaga buku menjauh dari jendela. Untuk menghindari panas yang menyebabkan kerusakan buku Anda, pastikan buku Anda berada jauh dari sumber panas.

Ada sedikit trik bagi Anda untuk mengatur buku-buku Anda karena Anda punya banyak buku sehingga Anda bisa menemukan buku yang ingin Anda baca dalam beberapa detik. Sebagian besar dari Anda mungkin hanya menempatkan buku kembali di rak secara acak, yang menjadikan alasan mengapa Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari buku yang Anda inginkan. Untuk mempercepat pencarian buku, sebaiknya setiap rak anda beri label sesuai dengan tema buku. Misalnya anda dapat membuat label buku autobiografi, fiksi, manajemen bisnis, sejarah, dan lain-lain.

Jika Anda meluangkan waktu Anda untuk merawat buku-buku Anda, anak-anak Anda dan cucu anda akan dapat membaca buku-buku Anda suatu saat nanti. Dab ini adalah warisan yang menakjubkan untuk anak-anak, sebab anda mewariskan ilmu kepada anak-anak anda.

Hasil Test IELTS Berdasarkan Strategi

Menyambung tulisan saya sebelumnya yang berjudul Strategi Menghadapi Tes IELTS, saya baru saja mendapatkan informasi hasil resmi tes IELTS saya. Saya mendapatkan skor 6 untuk listening, 5 untuk reading, 4 untuk writing, dan 5 untuk speaking. Jadi total skor saya adalah 5. Nilai yang cukup lumayan untuk yang baru pertama ikut tes IELTS sebelum kursus. Dan itu juga seauai dengan prediksi saya dari awal.

Hasil ini menunjukkan bahwa strategi yang saya lakukan untuk listening dan reading sudah benar. Kelemahan terletak pada writing yamg hanya dapat nilai 4. Ini terjadi karena saya tidak punya partner untuk mengoreksi hasil tulisan saya pada saat latihan, sehingga saya tidak memiliki bayangan mengenai mana yang benar atau salah dalam penulisan, grammar, atau pun kosakata. Ini berarti bahwa saran saya adalah jika menginginkan hasil yang ideal dalam writing, maka sebaiknya harus ada partner untuk menilai tulisan kita. Pun demikian halnya dengan apeaking, amda harus punya lawan bicara untuk melatih kemampuan bahasa inggris anda.

Hal lainnya dalam task writing, penulisan juga sangat berpengaruh. Saya menggunakan pensil yang tumpul dalam menulis, yang mengakibatkan tulisan saya sulit untuk dibaca. Ditambah lagi dengan banyaknya coretan-coretan dalam pemggunaan kosakata bahasa inggris. Ini juga yang mungkin memyebabkan nilaibsaya di writing tidak menggembirakan. Selain latiham dengan partner, penggunaan penail yang tajam dan penghapus yang baik sangat membantu hasil akhir di tes writing. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda semua yang akan melakukan placement test IELTS.

Kesimpulan terakhir adalah bahwa test IELTS, menurut saya adalah bukan sekedar skill saja, tapi termasuk juga adalah strategi dan konsentrasi dalam mengerjakannya. On IELTS, skill without strategy is useless, and also strategy with no skill will gaining a bad result. So, practice, practice, and practice…

 

 

 

 

 

 

 

Alasan Kita Harus Belajar IT Online

Harus kita sadari bahwa saat ini kita akan mengalami kesulitan hidup jika tidak terhubung dengan computer. Segala macam pekerjaan, bahkan hingga belanja pun kini dapat dilakukan dengan computer. Bayangkan jika kita tidak memahami sama sekali tentang computer atau IT. Alangkah susahnya hidup kita.

Namun harus kita sadari pula bahwa ketika kita sudah berusia tua dan sudah sibuk dengan pekerjaan kantor, menuntut ilmu atau belajar regular di kelas sudah tidak dimungkinkan lagi. Kita sudah tidak punya waktu untuk itu. Terobosan terbaik adalah dengan belajar secara jarak jauh kepada mentor-mentor di dunia maya.

Harus kita sadari pula bahwa semakin usia bertambah, maka daya pikir kita akan semakin berkurang. Kita sudah tidak sanggup lagi untuk belajar hal-hal yang rumit secara mendetail. Kita cenderung menginginkan  pembelajaran yang praktis. Praktis artinya adalah bahwa hasil belajar dapat langsung diaplikasikan dan tanpa perlu memahami lebih detail mengenai prosesnya.

Mau kursus IT tapi sibuk dengan aktifitas? Atau anda ingin belajar computer tanpa keluar rumah? Maka solusinya adalah bahwa anda harus belajar secara online. Itcourses online adalah alternative yang dapat diandalkan untuk belajar IT secara praktis. Anda akan sangat terbantu dengan belajar secara online. Kenapa? Karena inilah metode belajar masa kini yang memahami kesulitan anda karena aktifitas, namun tidak mengurangi kualitas dalam proses belajar mengajar sebagaimana layaknya bertatap muka di kelas.

Peserta di kursus online dapat belajar dengan cepat tanpa harus pergi ke suatu tempat untuk belajar. Dengan demikian ini tentu dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan. Pembelajaran di tempat ini menawarkan metode belajar yang sangat cepat, dimana peseta cukup berada di rumah atau café, atau dimanapun berada asal ada jaringan internet. Bahasa yang disampaikan pun sangat mudah dipahami, sehingga orang awam pun dapat mengerjakannya tanpa kesulitan yang berarti. Ada banyak keunggulan lain yang ditawarkan tempat belajar IT online ini. Selain kemudahan akses, dari sisi biaya pun relative murah dengan hasil yang memuaskan.

Pendidikan Di Kelas VS Pendidikan Online: Mana Yang Lebih Baik?

Pendidikan di kampus vs pendidikan online! Mana yang lebih baik? Bisakah yang satu sepenuhnya menggantikan yang lain? Memang tampaknya pendidikan online adalah cara pendidikan masa depan. Lembaga pendidikan, perusahaan dan organisasi pemerintah sama-sama sudah menawarkan berbagai bentuk pengajaran elektronik jarak jauh. Namun, bisakah komputer benar-benar menggantikan guru dan papan tulis?

Bagaimana orang belajar

Setiap individu memiliki bentuk pembelajaran yang sesuai dengan dirinya dan apa yang terbaik untuk mereka. Beberapa individu mencapai hasil fantastis di kursus yang diajarkan secara online, namun kebanyakan orang putus pendidikan dari pendidikan online ini. Lembaga pendidikan, serta perusahaan dalam melaksanakan pelatihan staf, harus mengakui bahwa tidak ada cara yang ideal untuk melaksanakan ajaran kelompok besar individu, dan sebagainya, karena itu harus mereka merancang program yang paling sesuai dengan kebutuhan kelompok secara keseluruhan.

Orang belajar menggunakan beberapa indera. Ini melibatkan belajar melalui kedua komponen teoritis serta interaksi sosial dengan instruktur atau guru. Siswa belajar dari kesalahan masing-masing dan keberhasilan bukan hanya dari apa yang mereka diberitahu oleh instruktur.

Masing-masing siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Oleh karena itu, Instruktur dihadapkan dengan tantangan untuk merancang program yang maju sehingga para pelajar dengan kecepatan belajar lambat tidak akan tertinggal di belakang, sementara itu tidak pula bergerak sangat lambat sehingga siswa lebih cepat bosan.

pendidikan online

Dalam abad kecepatan transfer informasi yang sangat tinggi, pendidikan online menjadi sarana populer dan murah untuk memberikan pengajaran kepada individu di luar kelas, dan dalam beberapa kasus di seluruh dunia. Pengajaran bisa melalui CD, website, atau melalui fasilitas online real-time seperti webcast, webinar dan kelas virtual. Namun, metode yang berbeda dari pendidikan online masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan mereka sendiri.

Pendidikan online masih merupakan konsep yang relatif baru, dan dalam banyak hal masih dalam tahap tumbuh gigi. Dengan demikian, berbagai masalah muncul di lingkungan pendidikan online. Sebagai contoh:

1. Kurangnya umpan balik langsung dalam lingkungan belajar: Sementara beberapa lingkungan pendidikan online seperti webcast, webinar dan kelas virtual beroperasi dengan penambahan instruktur, sebagian tidak. Pengajaran yang disampaikan melalui CD atau website, meskipun memiliki keuntungan menjadi serba cepat dan mudah, namun tidak memberikan umpan balik langsung dari instruktur.

2. Diperlukan persiapan lebih pada instruktur: Dalam lingkungan pendidikan online, instruktur tidak bisa hanya berdiri di depan papan tulis dan memberikan kelas. Pelajaran di lingkungan pendidikan online harus dipersiapkan terlebih dahulu, bersama dengan catatan dan petunjuk yang dapat menyertai pengajaran.

Dalam banyak kasus juga akan diperlukan bahwa instruktur tidak hanya memahami konsep yang diajarkan, tetapi teknologi yang digunakan untuk menyampaikan ajaran itu. Oleh karena itu, hal ini perlu peningkatan keterampilan bidang teknologi informasi yang diperlukan oleh instruktur pendidikan online.

Perlu adanya kekompakan setiap lini agar pembelajaran online ini berjalan dengan lancer dan sukses. Instruktur atau pengajar harus mampu mengajar baik isi kursus dan terampil dalam penggunaan teknologi yang terlibat. Fasilitator harus dapat membantu instruktur dalam memberikan konten, dan melakukannya dari jarak jauh. Help Desk menawarkan bantuan kepada instruktur, fasilitator dan siswa dalam penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam pembelajaran.

3. Tidak semua orang merasa nyaman dengan pendidikan online: Pendidikan tidak lagi hanya dicari oleh pemuda dunia. Dengan kecenderungan orang dewasa untuk meningkatkan pendidikan berkelanjutan, ada kebutuhan untuk merancang program yang sesuai bagi siswa menurut usia, latar belakang dan variasi kepentingan. Hal ini dirasa sulit untuk merancang lingkungan pendidikan online yang cocok untuk semua orang.

4. Peningkatan potensi frustrasi, kecemasan dan kebingungan: Dalam lingkungan pendidikan online, ada sejumlah besar bagian system yang mengarah kepada kegagalan. Kegagalan Server dapat menyebabkan kegagalan operasional pembelajaran online. Software berbasis aplikasi pengajaran memerlukan komponen tertentu lainnya untuk beroperasi. Virus komputer dapat menginfeksi perangkat lunak yang diperlukan. Jika sistem ini sangat kompleks, siswa mungkin lebih memilih kemudahan pendidikan di kampus daripada sistem pendidikan online.

5. Digital Divide: Banyak orang yang tinggal di daerah terpencil dan negara-negara berkembang tidak memiliki akses ke komputer, membuat segala bentuk pendidikan online hampir tidak mungkin. Untuk alasan ini, pendidikan online hanya mampu ditargetkan pada orang-orang yang cukup beruntung tinggal di daerah yang memiliki akses online cepat. Demikian pula, pengajaran online di seluruh dunia berarti bahwa zona waktu yang berbeda dan kebangsaan yang berbeda meningkatkan permintaan untuk instruktur agar menjadi multi-terampil.

Selain itu, ada juga beberapa masalah hukum yang terkait dengan menjaga lingkungan pendidikan online. Misalnya, hukum kekayaan intelektual, terutama yang berkaitan dengan hak cipta. Misalnya, informasi pada sebuah situs web tidak selalu dianggap sebagai domain publik, meskipun tersedia untuk semua orang.

Pendidikan di Kelas

On-campus education masih bentuk yang paling umum dan tradisional. Lingkungan yang dipimpin guru di pembelajaran ini lebih pribadi daripada lingkungan pendidikan online, dan juga memiliki keuntungan yang memungkinkan untuk umpan balik segera baik ke siswa atau kepada guru.

Instruktur di lingkungan kelas modern masih dapat mengambil keuntungan dari beberapa bentuk alat pengajaran elektronik namun tetap mempertahankan suasana yang berhubungan dengan lingkungan kelas tradisional. Sebagai contoh, slide PowerPoint dapat dimanfaatkan sebagai pengganti papan tulis. Handout dapat didistribusikan melalui situs sebelum acara pembelajaran dimulai tanpa mengesampingkan siswa masih bisa berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran.

Seperti lingkungan pendidikan online, di pendidikan di kampus dilengkapi dengan kelemahan tertentu. Misalnya dalam satu kelas bisa mencapai beberapa ratus orang dalam ukuran ruangan terbatas, Ini dapat menyebabkan pembelajaran yang tidak efektif.

Namun, lingkungan semacam ini yang paling akrab bagi siswa di seluruh dunia. Orang dari segala usia dapat mengakses lingkungan kelas merasa nyaman dengan cara kursus kelas-lari dilakukan. Siswa yang lebih tua yang mungkin tidak nyaman dengan penggunaan teknologi informasi yang tidak diperlukan untuk menavigasi jalan melalui lingkungan pendidikan online mungkin rumit, membuat On-kampus pendidikan bentuk yang paling mudah mengajar.

Pendidikan di kampus memiliki satu keuntungan yang 100% tidak dapat diberikan oleh pendidikan elektronik, yaitu interaksi sosial. Belajar berasal dari mengamati, tidak hanya apa yang tertulis pada halaman atau disajikan dalam slide. Kebanyakan siswa secara alami ingin tahu, dan akan ingin mengajukan pertanyaan kepada guru mereka. Lingkungan kelas memungkinkan siswa untuk menanyakan apa yang tidak dimengerti oleh mereka kepada gurunya maupun kepada siswa lain.

Jadi, mana yang lebih baik?

Tidak ada gaya pembelajaran yang terbaik akan sesuai dengan setiap siswa. Penelitian telah menunjukkan pendidikan online yang digunakan untuk melengkapi pendidikan On-kampus telah terbukti lebih efektif daripada program yang disampaikan sepenuhnya dengan menggunakan hanya satu metode. Pendidikan yang mengambil keuntungan dari kedua bahan pendidikan baik online maupun interaksi langsung telahmenghasilkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan satu metode. Siswa memiliki keuntungan dari umpan balik langsung dan interaksi sosial yang datang dari lingkungan kelas, serta memperoleh kenyamanan melalui modul pendidikan online.

Akan terlihat bahwa lingkungan pendidikan online tidak akan pernah sepenuhnya menggantikan pendidikan On-kampus. Tidak ada metode pengajaran yang cocok untuk semua. Gaya mengajar akan terus beradaptasi untuk menemukan metode yang paling sesuai dengan kelompok belajar. Menggunakan campuran lingkungan pendidikan online dan sesi kelas dapat memastikan bahwa pelatihan yang disampaikan akan lebih nyaman dan efektif baik bagi instruktur maupun siswa.

Fakta dibalik DUPAK dan cara Menyiasati Pembuatan DUPAK Agar Tidak Repot

DUPAK, alias Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pegawai negeri sipil fungsional. Pun demikian halnya dengan PNS yang berstatus guru, setiap tahun sekali mereka harus mengirimkan DUPAK. Ini merupakan syarat untuk kenaikan pangkat golongan.

Fakta dibalik penyusunan DUPAK adalah bahwa hal ini selalu menyita waktu banyak, memakan biaya, dan cenderung membuat para guru stress berat. Kenapa bisa demikian? Sebab penyusunan DUPAK ini adalah bersifat administratif  dimana semua data- data kegiatan harus dilampirkan secara otentik kepada tim penilai.

Karena sifat administratif inilah, maka akan selalu muncul kecurangan-kecurangan dalam penyusunan DUPAK. Misalnya adalah pembuatan data-data yang tidak otentik, data hasil contekan, atau lebih parah lagi adalah pembuatan SK kegiatan palsu. Maka itu tidak heran jika ada guru atau PNS yang kinerjanya biasa saja atau bahkan bisa dikatakan tidak spesial (sepertinya terlalu kasar juka disebut malas), justru pangkatnya lebih cepat naik atau nilai PAK-nya tinggi. Sementara ada PNS yang justru kerjanya cemerlang justru selalu terlambat untuk naik pangkat atau nilau PAK-nya rendah. Penyebabnya adalah PNS atau guru yang malas lebih sigap dalam menyusun DUPAK. Ketika surat edaran penyusunan DUPAK telah datang, guru atau PNS yang tidak spesial ini dengan sigap mencari data kesana kemari, termasuk mungkin membuat data-data boongan. Sementara itu PNS yang rajin malah tidak sempat menyusun DUPAK karena sibuk dalam tugas-tugas yang nyata ia kerjakan. Kadangkala kalau difikir, DUPAK ini tidak mewakili cerminan kinerja seorang PNS, namun apadaya, ini adalah aturan dari pemerintah yang harus dilaksanakan. Sebab apalagi parameter bagi pemerintah untuk menaikkan pangkat PNS jika bukan DUPAK.

Oleh karena itu, guru atau PNS yang rajin alias yang spesial sudah semestinya tidak boleh kalah cerdas dengan PNS yang tidak spesial. Ia harus dapat menyiasati agar DUPAK dapat selesai tanpa meninggalkan tugas-tugasnya. Caranya adalah ia harus lebih rajin sejak awal. Ia harus rajin mengumpulkan data ketika pertama kali ia membuat data. Ketika muncul Surat Penugasan untuk kegiatan tertentu, ia harus menyimpan kopi suratnya sesegera mungkin. Dengan demikian, ketika ada surat edaran penyusunan DUPAK, ia tidak lagi tertinggal, dan kerepotan. Ia tidak akan kalah lagi oleh PNS yang tidak spesial.

DUPAK itu mungkin bisa sangat menyebalkan, terutama jika kolega kita yang tidak spesial justru lebih bagus dalam penyusunan DUPAK-nya. Namun jika kita siasati dengan baik dan cerdas, maka sudah dipastikan bahwa hasil penyusunan kita dari awal akan berbuah hasil yang lebih baik dan lebih otentik dari mereka para guru PNS yang tidak spesial.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kita Harus Mengaca Pada Konsep Pendidikan Matematika Di Singapura

Sebelum tahun 1980, Singapura mengandalkan buku teks impor dan kurikulum dari negara-negara sekitarnya untuk mendidik siswanya dalam bidang matematika. Pada saat itu Kurikulum Singapura Development Institute didirikan dan mulai merancang dan menerapkan buku teks mereka sendiri untuk tingkat dasar dan tingkat menengah. Dalam kepentingan ini, Departemen Pendidikan telah memfokuskan perhatiannya pada arahan baru mengenai metode pemecahan masalah dan trial and error bagi siswa. Metode ini mengundang dan memungkinkan siswa untuk mengambil subjek pada tingkat sendiri sehingga pendidikan yang lebih baik difasilitasi.

Jika ada keraguan mengenai efektivitas implementasi ini, mereka akan cepat diketahui jika catatan mereka diperiksa. Penelitian telah menunjukkan bahwa reputasi Singapura untuk pelajaran matematika di sekolah sudah berkembang dengan pesat sejak mengadopsi sistem ini. Ini adalah sesuatu yang sedang dan telah dilakukan dengan tepat, di tempat yang tepat, dan dunia terus memperhatikan.

Metode ini meletakkan beberapa hal penting . Apa yang diajarkan dibangun di atas kebutuhan global dan tidak ditinjau kembali dengan teori yang lampau. Penguasaan keterampilan dasar ditekankan sebagai dasar untuk ekspansi masa depan dan perhatian harus difokuskan pada pemahaman yang lengkap di setiap langkah penyelesaian. Meskipun pada pemeriksaan awal proses ini mungkin tampak lambat dan rumit, namun hasil akhirnya adalah bahwa siswa memiliki kemajuan yang pesat dalam pemahaman matematika dan tidak mengalami kebingungan pada pelajaran berikutnya yang lebih rumit.

Ada fokus yang intens pada penggunaan metode pemecahan masalah yang berlaku untuk pengembangan keterampilan bagi siswa. Konsep mengikuti situasi yang akrab dihadapi siswa diakui lebih mudah dipahami dan ini menginspirasi mereka sehingga muncul lebih banyak minat dan kegembiraan di dalam kelas. Konsep ini memungkinkan belajar menjadi suatu permintaan dengan penuh semangat, bukan dengan cara memaksakan kepada siswa.

Kurikulum 2013 vs Kurikulum 2006

Akhir-akhir ini dunia pendidikan Imdonesia heboh dengan adanya kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah RI. Kementerian tersebut membuat keputusan untuk membatalkan penggunaan kurikulum 2013 dan kembali menggunakan kurikulum 2006. Lalu apa alasan Kementerian membuat keputusan tersebut?

Pada intinya, Kementerian Dikdasmen RI menyatakan bahwa kurikulum 2013 belum siap dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia. Bahkan menurut Anies Baswedan, suatu kurikulum butuh waktu 7 tahun untuk dinyatakan bahwa suatu kurikulum itu telah mencapai semua tahapan persiapan, ujicoba, pelatihan guru, dan evaluasi. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Inggris ketika mengganti kurikulum pendidikannya.

Selain itu, kurikulum 2013 juga dirasa tidak dapat mewakili keberpihakan kepada anak-anak, yang ada adalah bahwa kurikulum ini memungkinkan para guru untuk selalu memiliki data yang sifatnya administratif. Dari kondisi sekarang, memang kurikulum ini belum siap dipakai.

Untuk dapat lebih memahami dan mempelajari struktur dan isi kurikulum 2013 serta perbandingannya dengan kurikulum 2006, di halaman download saya ada struktur kurikulum 2013 berformat pdf. Silahkan dipelajari, dan setelah dipahami dengan benar, maka selanjutnya adalah: Silahkan untuk menanggapi, mana yang lebih baik, kurikulum 2013 atau kurikulum 2006.

Kepala Sekolah Adalah CEO

Kepala sekolah adalah pemimpin tertinggi suatu institusi sekolah. CEO yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer adalah pemimpin tertinggi suatu organisasi bisnis atau dengan kata lain adalah pemimpin tertinggi suatu perusahaan. Lalu dimana letak persamaannya?
Persamaannya adalah keduanya sama-sama berperan sebagai pemegang fungsi manajerial tertinggi. Merekalah yang memiliki dan membuat visi, misi dan pembuat kebijakan suatu organisasinya. Visi dan misi inilah nantinya yang akan dieksekusi di tingkat bawah dalam bentuk operasional lapangan. Kebijakan yang dibuat merupakan wajah dari suatu organisasi yang dipimpinnya.

Dengan demikian, adalah suatu hal yang keliru jika seorang pemimpin tertinggi melaksanakan sesuatu yang bersifat operasional. Bahkan adalah suatu salah besar jika pemimpin tertinggi tidak memiliki visi, misi, dan kebijakan strategis.

Seorang CEO berperan penting dalam mengatur sistem yang menyeluruh di dalam organisasinya agar menjadi suatu kesatuan yang kompak di setiap departemen. Pun demikian dengan kepala sekolah, dimana ia harus dapat membuat kompak dan menyamakan persepsi setiap lini bagian dibawahnya, yaitu tata usaha, sarana diklat, pengajaran, dan keuangan.

Dari sisi kebijakan, seorang CEO dan Kepala Sekolah memiliki kewenangan dan harus mampu menggunakan anggaran dana dengan sebaik-baiknya. Ini termasuk dalam hal bermanuver kebijakan penggunaan anggaran. Pengakuan bawahan sedikit banyak memberikan pengaruh atas kecerdasan dan kecerdikan dalam membuat kebijakan anggaran yang dibuat oleh pemimpin tertinggi ini. Karena itu, pemimpin tertinggi (CEO dan Kepala Sekolah) memang harus memiliki kemampuan manajemen yang tinggi, serta memiliki jam terbang yang cukup di berbagai lini operasional dan manajerial. Alangkah bagusnya suatu sekolah, dan alangkah bernilainya suatu sekolah jika kepala sekolahnya berperan seperti layaknya seorang CEO yang menjalankan roda bisnis perusahaan.

 

 

 

 

Mengapa Perlu Ada Terobosan Baru Dalam Sistem Pembelajaran Sekolah?

Sangat sedikit tulisan untuk konsumsi masyarakat tentang lingkungan kelas dan deskripsi tentang perilaku siswa yang menggambarkan kondisi belajar mengajar yang kurang ideal. Perilaku siswa ditemukan mengkhawatirkan dan menyedihkan dan mungkin menunjukkan mengapa prestasi anak-anak sekolah publik sangat miskin. Dan, jika perilaku ini khas pada persentase yang besar dari sistem sekolah , maka penyebab kinerja siswa miskin telah diidentifikasi. Sekarang, harus ada solusi.

Satu hal yang harus terlebih dahulu dipahami adalah bahwa pendidikan memiliki dua sisi. Satu sisi melibatkan pembelajaran di kelas, dan disisi lain adalah keuangan yang merupakan bagian sangat penting yang memungkinkan pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Kedua sisi ini sangat berkaitan erat dan saling mendukung saru sama lain. Dimana ketika pembelajaran di kelas tidak akan sempurna jika tidak didukung oleh pendanaan untuk pemeliharaan prasarana dan pembelian sarana pembelajaran, namun demikian pula bahwa sebesar apapun dana yang tersedia, bahkan mungkin juga ada kucuran dana dari APBN yang sangat besar, jika tidak dibarengi dengan kualitas para guru dalam mengajar serta sistem pembelajaran yang baik, maka pembelajaran tidak akan menghasilkan nilai yang berlebih.

Kredensial dan kinerja guru sekarang dipermasalahkan. Telah banyak informasi bahwa guru dipaksa mengubah nilai siswa untuk mengaburkan kinerja yang buruk, atau demi memperlihatkan data kelulusan suatu sekolah agar terlihat bagus. Jadi sekarang adalah waktu untuk mulai menganalisis apa yang terjadi di sekolah dan ruang kelas tersebut.

Pada masalah nilai prestasi rendah, pertanyaan ini harus dijawab: Bagaimana bisa seorang siswa bersekolah di tingkat SMA namun memiliki kemampuan membaca setaraf dengan kelas 3 SD? Tak dapat dibayangkan jika seorang siswa dapat lulus di tingkat itu sementara kualitas justru tidak terletak pada tingkat itu.

Mungkin, sekarang adalah waktu untuk memeriksa konsekuensi atas kebijakan yang telah dibuat oleh sekolah untuk pembelajaran. Konsekuensi ini harus secara menyeluruh, mulai dari sistem pembelajaran, sarana dan prasarana, konsep pembelajaran guru, dsb. Setelah semua itu dianalisa, sudah seharusnya untuk di review, dikomunikasikan, dirapatkan, dan dibuat kebijakan ulang jika ternyata konsep yang dijalankan selama ini tidak memperlihatkan peningkatan value pada lulusan-lulusannya.

Diperlukan terobosan-terobosan yang baru dan segar dalam merancang suatu konsep pembelajaran di kelas agar dapat memperlihatkan peningkatan yang signifikan dan nyata. Terobosan-terobosan ini mungkin penuh dengan resisitensi atau penolakan-penolakan dari berbagai kalangan, namun dengan komunikasi yang baik serta optimisme yang tinggi, saya yakin bahwa keberanian membuat suatu terobosan dalam merancang pembelajaran dapat membuahkan hasil. Hasil dari terobosan baru ini tidak akan terlihat dalam waktu dekat, tapi kita akan melihatnya dalam 2 atau 3 tahun ke depan. Dan apa yang dilihat oleh kita 3 mendatang  tersebut (entah buruk atau baik) adalah hasil yang nyata dan bukan rekayasa, sebab semua sumber informasinya adalah bukan dari internal sekolah melainkan dari masyarakat yang merupakan salah satu stake holder pendidikan.

Pendidikan Dan Imajinasi

Semua kemajuan sains dan teknologi supercanggih yang membuat kita kagum dan tercengang semula berawal dari kekuatan imajinasi manusia. Adalah Christopher Columbus (1451-1506) yang menggemparkan penduduk Eropa setelah berhasil mendarat di Pulau Bahama (1492) karena keberanian berimajinasi untuk menaklukkan lautan lepas yang semula tak terbayangkan. Penduduk Eropa pun gempar dan mulai membayangkan adanya dunia baru untuk dijelajahi yang kemudian bernama Amerika. Ini benar-benar menjanjikan kehidupan baru yang lebih bebas ketimbang Eropa. Begitu pun Thomas Alva Edison (1847-1931) yang selalu mendapatkan nilai buruk di sekolah sehingga ibunya mengajar sendiri di rumah. Karena kekuatan imajinasinya dan selalu ingin mencoba hal-hal yang baru, ia dikenal sebagai pemegang rekor 1.093 hak paten atas namanya. Yang paling fenomenal dan historikal adalah penemuan lampu listrik olehnya. Mereka memiliki daya imajinasi yang luar biasa sehingga mampu mewariskan karya-karya yang abadi dan  berkelas dunia

Proses awal penemuan teknologi itu berangkat dari kejelian berimajinasi berdasarkan bacaan terhadap semesta. Mungkin sekali dahulu para penemu mobil itu iri pada kecepatan hewan-hewan ketika berlari. Tuhan telah menganugerahkan hewan bisa lari kencang, tetapi manusia diberi keunggulan anugerah otak (head), tangan (hand), dan perasaan untuk berkehendak (heart) sehingga dengan kekuatannya itu manusia berhasil menciptakan teknologi kendaraan yang kecepatannya melebihi hewan yang mereka kagumi. Sebagai apresiasi atau simbol kemenangan, mobil-mobil itu pun diberi nama hewan seperti kijang, kuda, panther, jaguar.

 Lalu logo dan nama-nama pesawat terbang pun diambil dari nama burung. Jadi, semesta ini sebelum diposisikan sebagai objek eksplorasi dan eksploitasi oleh pemilik modal uang, dan politik semula merupakan kitab terbuka yang menggugah imajinasi kita.

Jadi, pendidikan mesti semakin menawarkan banyak alternatif pilihan studi, pengembangan minat dan bakat, dan merangsang imajinasi. Karena dengan imajinasi inilah, maka suatu karya akan muncul. Pendidikan yang dirancang untuk mengembangkan kreatifitas dan imajinasi akan menghasilkan output yang lebih produktif jika dibandingkan dengan pendidikan klasik yang hanya mengandalkan penjelasan teori seorang guru di dalam kelas.

Muara dari pendidikan itu pembangunan budaya bangsa, karakter bangsa, dan kemajuan bangsa. Jadi hakikatnya pendidikan adalah agenda membudidayakan anak-anak bangsa untuk memakmurkan dan memajukan bangsanya. Kemajuan suatu bangsa akan lebih cepat tercapai ketika ada banyak generasi muda di negara tersebut yang memiliki iman=jinasi tinggi dan mewujudkannya dalam suatu produk yang bermanfaat.