Category Archives: e-commerce

APA ITU DROPSHIPPING DAN BAGAIMANA CARA MEMULAI BUKA TOKO DROPSHIPPING ?

Hits: 26

Apa yang dimaksud dengan dropshipping? Dropshipping adalah suatu bisnis dimana kegiatannya adalah menjual atau memasarkan produk milik orang lain atau perusahaan lain tanpa harus membeli atau menyimpan stok terlebih dahulu. Orang yang melakukan bisnis dropshipping disebut dengan dropshipper. Bisnis dropshipping merupakan suatu bisnis yang dapat dikatakan hampir tanpa modal, sebab ia hanya memasarkan atau menjual produk orang lain. Pendapatan yang diperoleh oleh para dropshipper berasal dari komisi penjualan, atau selisih harga antara harga yang ditawarkan oleh dropshipper dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik produk. Bisnis ini unik dan menarik, sebab para dropshipper mendapatkan keuntungan penjualan bahkan tanpa perlu susah payah mengirimkan produk ke pembeli, karena tugas pengiriman barang dilakukan oleh perusahaan yang punya barang, Dengan kata lain, bisnis dropShipping tidak perlu menyiapkan toko fisik! Anda hanya perlu kelancaran internet!

DropShipping bukanlah istilah atau konsep baru dalam e-commerce tetapi jarang orang yang tahu bagaimana memulai bisnis DropShipping. Lalu bagaimana cara memulai toko dropshipping ? berikut adalah cara yang pernah saya lakukan ketika membangun toko dropshipping hingga akhirnya memiliki toko sendiri dan memiliki barang sendiri. Dengan meningkatnya kegiatan e-commerce atau bisnis berbasis internet, ini juga meningkatkan jumlah orang yang ingin memulai bisnis e-commerce tersebut. Kewirausahaan ecommerce adalah karir yang menarik di era millenial ini. Namun persoalan klasik dalam berbisnis adalah bahwa memulai suatu bisnis perlu memiliki dukungan investasi yang baik. Umumnya, modal adalah investasi terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Dan ini membuat banyak orang yang berniat untuk berbisnis mundur teratur karena tidak memiliki modal. Bisnis dropshipping menjawab kendala keterbatasan modal tersebut, karena dropshipping hampir dipastikan tidak perlu modal. Artinya anda tidak perlu terlebih dahulu membeli produk secara grosiran dan menyimpan stok barang jualan untuk kembali dijual secara eceran.

Menurut pendapat saya, dropshipping adalah lebih dari hanya sekadar bisnis. Dropshipping adalah layanan. Internet berhasil! Ini adalah metode bisnis ritel di mana penjual tidak menyimpan produknya di toko atau gudang. Berikut ini adalah keunggulan bisnis DropShipping:

  1. Diperlukan modal investasi yang minimum bahkan mungkin tanpa modal
  2. Tidak ada rintangan sulit dalam mendirikan toko dropshipping
  3. Margin risiko lebih rendah
  4. Pebisnis dropshipping dapat menetapkan harga sendiri untuk produk yang dijualnya.

Lalu bagaimana cara memulai buka toko dropshipping?

  1. Langkah pertama adalah cari tahu terlebih dahulu minat bisnis anda. Ini adalah hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis Anda. Cari tahu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan , produk apa yang ingin Anda jual.
  2. Teliti basis pelanggan Anda dan lihat produk apa yang dapat memberi Anda keuntungan lebih tinggi
  3. Cari tahu siapa pesaing Anda dalam menjalankan bisnis ini dan bagaimana cara mereka memaksimalkan keuntungan.
    Ini adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah kedua adalah : Temukan pemasok Dropshipping yang cocok dengan anda

Pemasok dropshipping pada dasarnya adalah sumber hidup bisnis anda. Ia adalah pahlawan bagi anda, karena pemasok adalah orang yang akan menangani semua tugas fisik bisnis seperti pengepakan, dan pengiriman. Oleh karena itu penting untuk menghubungi pemasok terpercaya yang dapat melakukan sinkronisasi dengan produk yang ingin Anda jual. Pastikan anda memperoleh kejelasan dari pemasok akan hal-hal berikut.

  1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesanan.
  2. Sistem pelacakan atau sistem tracking seperti apa yang mereka sukai.
  3. Jika pemasok menawarkan garansi untuk produk mereka, pastikan jangka waktu garansi tersebut.
  4. Agar lebih tenang, anda sebaiknya harus mendapatkan pemasok yang sudah memiliki NPWP. Dan anda harus tahu nomor NPWP pemasok tersebut. Ini penting agar anda tidak tertipu oleh pemasok bohongan yang akan membuat reputasi anda jadi ikut-ikutan hancur karena dianggap pembohong oleh pembeli. Padahal anda tidak berniat untuk berbohong atau menipu.

Langkah yang ketiga adalah: Pilih Platform Anda untuk berbisnis.

Setelah Anda selesai dengan prasyarat yang diberikan pada langkah-langkah di atas, Anda perlu mencari tahu platform mana yang ingin Anda gunakan untuk menjual produk Anda. Ada banyak platform toko online yang bisa anda gunakan, seperti Shopee, tokopedia, lazada, dan Bukalapak untuk platform bisnis online lokal Indonesia.

Untuk skala global, eBay adalah platform e-niaga yang paling banyak digunakan dan mudah bagi pemula untuk memulai. Amazon adalah situs e-niaga terbesar di dunia untuk menjual dan membeli produk. Bonanza dan Ruby Lane juga merupakan toko e-niaga yang dapat membantu mengangkat produk Anda. Jika tidak mau menggunakan salah satu dari platform ini, Anda dapat mendesain toko e-niaga Anda sendiri dengan platform seperti Shopify.

Langkah keempat: Pasarkan dan Promosikan!

Jika anda memiliki ide bisnis yang luar biasa dan bahkan membuat toko online tetapi tidak ada yang mengetahuinya, ini alah sama saja dengan percuma! Anda membuang waktu banyak sekali untuk hasil yang tidak memuaskan sama sekali. Disinilah pentingnya analisis pemasaran yang untu mulai memasarkan produk dan toko online Anda. Mulailah kampanye pemasaran toko di berbagai di platform media sosial. Gunakan kekuatan email massal ke pelanggan target. Buat kupon diskon karena diskon lebih memesona dan lebih cepat membuat orang tergoda untuk berbelanja.

Itulah langkah-langkah memulai toko dropshipping. Dengan konsistensi dan kerja keras, anda akan memperoleh hasil di e-commerce. Selamat berjuang. dan semoga sukses.

www.qthair.com business analyst adaptiveus visit this page read the info payroll services nicepayroll delta 8 drink learn more Visit https://www.mapsbiz.com to find out more regarding google my business 找托福代考,gre代考,gmat代考,多邻国,雅思代考就选高分代考 高分代考 GTest.org

SOCIAL COMMERCE – BELANJA DI MEDIA SOSIAL

Hits: 36

Social commerce berbeda dengan e-commerce. Social commerce pada dasarnya memanfaatkan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr atau lainnya. Metode yang digunakan dalam jenis perdagangan ini pada dasarnya cukup sederhana. Pemilik bisnis atau orang yang terkait dengan penjualan menggunakan situs ini untuk berinteraksi dengan calon pelanggan potensial. Mereka menggunakan beberapa teknik untuk mendorong penjualan produk atau layanan mereka secara online. Untuk menyederhanakan konsepnya, dapat dikatakan bahwa ketika e-commerce dilakukan menggunakan situs media sosial, ini disebut sebagai social commerce. Namun yang membedakan social commerce dari e-commerce adalah perdagangan melalui media sosial berkembang dari basis hubungan dimana e-commerce lebih bersifat transaksional, sementara social commerce – belanja di media sosial lebih bersifat berkomunikasi atau berinteraksi secara sosial sebelum akhirnya ditutup dengan transaksi penjualan.

Peluang Social Commerce
Ada tren yang berkembang dalam menggunakan media sosial untuk perdagangan guna meningkatkan penjualan mereka. Ini tidak diragukan lagi merupakan peluang besar untuk bisnis. Sistem social commerce didasarkan pada interaksi. Hal ini memberikan peluang bisnis yang jauh lebih baik untuk meningkatkan penjualan karena melalui situs ini mereka benar-benar dapat menyampaikan pesan dan moto mereka kepada pelanggan mereka.

Pertanyaan yang kini muncul adalah apa gunanya social e-commerce? Dengan menggunakan situs-situs ini, maka pelanggan potensial dapat memperoleh saran dari orang lain. Ada banyak produk dan layanan yang dijual saat ini dan variasi yang sangat besar ini dapat menjadi sumber kebingungan bagi pelanggan yang tidak dapat memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Dengan menggunakan media sosial, maka diciptakan lingkungan di mana pelanggan yang ada berfungsi sebagai alat penting dalam meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk saat itu juga.

Hubungan Penting dalam Social Commerce
Social Commerce dilakukan melalui serangkaian rekomendasi produk dan membangun hubungan melalui interaksi pelanggan, setelah semua media sosial mendorong hubungan yang melahirkan kepercayaan yang memungkinkan perdagangan sosial. Menggunakan situs seperti Facebook dan Twitter, bisnis menyiapkan produk atau layanannya untuk ulasan atau peringkat. Melalui sistem ini maka akan dihasilkan umpan balik tentang produknya dan pada gilirannya akan berperan sebagai sebagai saran ‘terpercaya’ kepada klien baru. Ketika klien melihat bahwa orang lain menggunakan produk / layanan dan mendapat manfaat darinya, mereka didorong untuk membeli produk tersebut. Karena perdagangan melalui media sosial merupakan perpanjangan dari e-commerce, produk dapat dibeli secara online.

Berdagang melalui Facebook
Dalam hal perdagangan melalui Facebook atau perdagangan melalui situs lain, ini maksudnya adalah bahwa produk dijual menggunakan situs tersebut. Ada fasilitas keranjang belanja yang tersedia yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk di sana dan kemudian dari situs tanpa harus mengunjungi situs lain. Facebook misalnya menggunakan Facebook Open Graph yang memungkinkan perdagangan barang dilakukan dengan menggunakan Facebook. Untuk membantu bisnis, situs ini juga memperkenalkan alat seperti bingkai I yang memungkinkan bisnis mempelajari lebih lanjut tentang klien mereka. Ada banyak bisnis yang saat ini menggunakan layanan ini dan mendapatkan keuntungan darinya. Ada lebih banyak perusahaan yang mengambil konsep ini dan dari kelihatannya perdagangan sosial akan semakin berkembang karena perusahaan menyadari fakta bahwa ia memiliki banyak potensi. Facebook marketing merupakan potensi yang sangat memungkinkan untuk dapat dikembangkan demi mencapai tujuan bisnis yang meng-global.

Self Employed di Bidang Bisnis Online

Hits: 82

Self Employed adalah orang yang bekerja tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu. Karena tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu, maka mereka mendapatkan uang sesuai dengan kerja keras mereka sendiri. Dalam istilah kerennya, seorang self employed adalah seorang wirausaha atau seorang entrepreneur. Banyak tidaknya mereka mendapatkan uang adalah sesuai dengan kerja keras mereka dan upaya mereka sendiri dalam membangun sumber rejekinya. Self employed sudah ada sejak dulu, akan tetapi self emloyed di bidang bisnis online baru mulai marak di era sekarang ini, atau yang disebut dengan era millenial.

Self employed di bidang bisnis online telah menjadi topik yang cukup trending semenjak perkembangan teknologi informasi semakin maju dan praktis, dan bisnis online menjadi pilihan utama bagi para calon pengusaha. Mengapa? Karena pendapatan di bisnis online bisa sangat menjanjikan. Pendapatan di bisnis online relatif tidak terpengaruh secara negatif oleh resesi ekonomi yang lesu dan menawarkan keamanan kerja. Banyak model self employed di bisnis online, mulai dari menjadi youtuber, pedagang e-commerce, atau bahkan menjadi developer aplikasi.

Sebuah bisnis online jauh lebih mudah untuk dimulai karena berbiaya rendah dalam memulainya. Banyak pebisnis online yang sukses bahkan telah membangun bisnis mereka dengan praktis tanpa biaya, mereka hanya mengandalkan waktu yang mereka mliki untuk mebangun platform bisnis online mereka. Youtuber membuat konten, penjual e-commerce memulai dengan menjadi dropshipper, Developer memulai dengan membuat aplikasi yang mereka sukai mereka. Dan mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sama seperti Youtube. Jika anda memiliki blog atau website, maksimalkan blog anda untuk menjadi sumber pendapatan pasif dengan mendaftarkan blog atau website anda di Adsterra. Klik disini untuk bergabung dan melihat model bisnis adsterra.

Tujuan utama Anda dalam bisnis online atau bisnis apa pun adalah menghasilkan penjualan. Agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda harus mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens yang ditargetkan. Bisnis online yang sukses mengikuti rencana tindakan strategis. Tidak diragukan lagi, ide-ide hebat akan sering muncul ke permukaan saat menjalankan bisnis online Anda Di sinilah Anda perlu melatih kedisiplinan. Alih-alih mengejar setiap pikiran yang muncul di benak, cukup letakkan semua ide hebat Anda di buku catatan dan simpan untuk proyek masa depan.. Ini akan membuat segalanya lebih lancar dan Anda akan tetap berada di jalur sukses tanpa gangguan. Ini adalah praktik umum di kalangan pemasar berpengalaman.

Memulai dengan pemasaran afiliasi atau menjadi dropshipper dalam bisnis online mungkin merupakan metode termudah untuk menghasilkan pendapatan online. Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti afiliasi involve.asia. Anda mulai menghasilkan uang segera dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjadi self employed dibisnis online. Sebagai afiliasi, tugas Anda membantu orang lain untuk mencari apa yang mereka cari. Dan ketika pembelian dilakukan, maka ANDA AKAN MENDAPATKAN INSENTIF!!! Semua dari produk atau jasa orang lain…

Pun demikian halnya dengan menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu memiliki produk atau membeli produk sebagai modal untuk dijual kembali ke konsumen anda. Cukup dengan mengambil foto-foto produk milik orang lain, kemudian posting di blog anda atau aplikasi e-commerce. Ketika terjadi pembelian, maka tentu anda akan mendapatkan keuntungan. Anda pasti pernah mendengar bahwa “Kalau memulai bisnis itu harus punya modal” Nah itu adalah pernyataan yang tidak relevan untuk di bisnis online. Di bisnis online, jika anda cerdik, dan pandai melihat peluang, maka anda tidak perlu modal uang sama sekali untuk memulai menjadi self employed di bisnis onlen. Self employed di bidang bisnis online, anda tidak perlu modal, namun anda haru mau mengorbankan waktu anda untuk beristirahat. Karena di bisnis online, modal anda adalah waktu.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Hits: 58

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Hits: 20

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Hits: 7

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.

cara Menghitung Efektifitas Customer Untuk Meningkatkan Omzet Toko

Hits: 27

Efektifitas merupakan suatu ukuran yang memberikan gambaran seberapa jauh target dapat dicapai secara kualitas atau waktu. Semakin besar persentase target yang dapat dicapai, maka semakin tinggi tingkat efektifitasnya. Efektifitas berarti ketepatan sasaran. Pada suatu usaha toko retail, efektifitas customer berarti ketepatan strategi toko dalam meraih konsumen yang datang untuk berbelanja di tokonya. Ini berarti bahwa meningkatkan efektifitas customer berarti terjadi peningkatan jumlah pembeli. Harapannya adalah tentu saja, dengan adanya peningkatan jumlah pembeli maka omzet toko akan semakin meningkat. Cara menghitung efektifitas customer untuk meningkatkan omzet toko adalah sebagai berikut:

Berikut adalah contoh perhitungan Efektifitas Customer:

Jika pada bulan September Toko X dikunjungi oleh 400 orang, dan terjadi transaksi sebanyak 200 orang, maka berapakah efektifitas customer di toko X pada bulan tersebut ?

Jawab:

Nilai 0,5 berarti bahwa jumlah pengunjung yang melakukan trasaksi adalah sebesar 50% dari jumlah total pengunjung. Atau dapat dikatakan bahwa setiap harinya pada bulan September, rata-rata terjadi transaksi penjualan sebanyak 200 : 30 hari = 6,66 ~ 7 buah transaksi.

Dengan memadukan analisa antara efektifitas customer dengan Produktivitas per Transaksi, maka Toko dapat meningkatkan omzetnya melalui peningkatan Efektifitas Customer, yaitu meningkatkan jumlah pembeli. Dan pembeli dapat bertambah apabila jumlah pengunjung yang datang juga bertambah.

Berbicara mengenai jumlah, maka kita berbicara mengenai kuantitas. Nilai yang dimiliki oleh suatu kuantitas merupakan suatu nilai baku berdasarkan deret hitung. Nilai yang diperoleh ini sangat dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang terjadi dan sikap mental yang terdapat didalamnya.

Pada bisnis toko retail, meningkatkan jumlah pengunjung berarti menambah nilaideret hitung yang dipengaruhi oleh perlakuan toko dalam memberdayakan man, material, method, machine, dan environment. Di tempat inilah maka marketing akan bekerja. Melalui analisa SWOT, maka toko akan membuat suatu strategi untuk menarik minat publik untuk berkunjung ke tokonya. Beberapa contoh strategi yang biasa dibuat oleh suatu toko untuk menarik pengunjung diantaranya adalah :

  1. Meberikan pelayanan pelanggan sebaik mungkin.
  2. Menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan kenyamanan toko.
  3. Melakukan perubahan lay out toko
  4. Melakukan program-program promosi.
  5. Melakukan demo produk

Oleh sebab itulah, maka adalah penting untuk mengetahui cara menghitung efektifitas customer untuk meningkatkan omzet toko anda.

impulse buying customer dalam operasional toko

Hits: 11

Impulse Buying Customer dalam operasional toko adalah suatu upaya yang dilakukan untuk merangsang konsumen agar membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Ketika seseorang datang berkunjung ke suatu toko, ada kemungkinan bahwa pengunjung tersebut ingin membeli barang sesuai kebutuhannya, atau hanya sekedar ingin melihat isi ruangan toko tersebut karena tertarik pada penataan ruangannya. Impulse buying customer bertujuan agar pengunjung yang tadinya hanya berniat untuk sekedar melihat-lihat menjadi berminat untuk membeli produk yang dimiliki toko tersebut, atau seorang konsumen yang hanya akan membeli suatu produk yang dibutuhkannya, menjadi tertarik untuk membeli lebih banyak diluar yang direncanakannya. Beberapa contoh impulse buying customer adalah : teknik pemajangan, Point of Purchase, window display, desain interior toko, dan demo produk.

Menurut penelitian, impulse buying customer didasari oleh suatu fakta dari perilaku konsumen sebagai berikut :

  1. Alasan konsumen belanja adalah karena toko menarik perhatian konsumen, toko terlihat indah, konsumen mudah mencari barang yang dibutuhkannya, dan karyawan toko yang mudah membantu dan melayani.
  2. 2/3 keputusan pembelian terjadi di toko. Ketika seorang datang berkunjung ke suatu toko, hasrat beli yang dimiliki oleh seorang pengunjung akan semakin muncul setelah pengunjung tersebut melihat fisik produk, serta memahami fungsi dan manfaat yang diterima dari produk tersebut. Dan itu terjadi di dalam toko !
  3. 55% kunjungan konsumen adalah tanpa direncanakan sebelumnya. Perbedaan swalayan dengan toko biasa adalah karena swalayan menganggap semua orang yang berkunjung adalah pembeli yang potensial. Berawal dari pemahaman ini, maka mereka akan berusaha untuk menarik perhatian konsumen agar bersedia untuk berkunjung ke dalam tokonya walaupun sebelumnya tidak berniat untuk membeli. Dengan usaha seperti ini maka logis dikatakan bahwa swalayan lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang sebelumnya tidak berencana untuk berkunjung.
  4. Konsumen membeli 15%-20% lebih banyak karena menarik secara visual serta sesuai dengan kondisi emosinya. Karena swalayan adalah untuk memanjakan dan memudahkan konsumen, maka ketika seseorang berencana untuk membeli suatu barang kebutuhannya secara tidak langsung mereka akan melihat barang-barang lain yang dipajang di toko. Adakalanya karena produk yang dipajang tersebut menarik maka mereka akan bersedia untuk membeli. Kondisi emosi yang dimaksud adalah keadaan yang terjadi pada diri konsumen pada saat itu, apakah sedang bersedih, gembira, marah, atau yang lainnya. Kondisi emosi tersebut sangat mempengaruhi hasrat beli konsumen, sebagai contoh di dalam suatu toko musik apabila ada seorang pengunjung yang terlihat sedang bersedih tentu akan mencari musik-musik yang sesuai dengan kondisi perasaannya,dan apabila dirasa cocok maka ia akan bersedia untuk melakukan transaksi atas produk tersebut.

Usaha-usaha dalam rangka impulse buying customer sebetulnya merupakan bagian dari strategi yang dilakukan oleh pengelola toko. Pemahaman strategi ini sangatlah komplek karena hal itu sangat berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh toko berikut dengan kesempatan dan ancamannya.

Tujuan utama dari toko adalah untuk memperoleh penjualan yang maksimal, oleh karena itu menciptakan impulse buying customer saja tidak akan cukup jika tidak timbul transaksi penjualan. Oleh karena itu untuk mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan, maka keaktifan karyawan toko dalam melayani pelanggan sangat berperan dalam keputusan pelanggan untuk membeli produk. Para karyawan harus berupaya agar pelayanan yang diberikannya membuat konsumen merasa puas dan ingin kembali lagi berbelanja di toko anda. Ketika pelanggan sudah mulai tertarik dengan produk yang dipajang di toko, maka karyawan segera aktif melakukan suggestive selling atas produk-produk tersebut. Dengan cara seperti ini maka keputusan pembelian oleh pelanggan akan semakin cepat terlaksana. Teori yang mengatakan bahwa 2/3 keputusan pembelian terjadi di dalam toko adalah suatu hal yang logis karena hal tersebut didukung oleh keaktifan karyawan toko dalam mendekati pelanggan. Itulah penjelasan mengenai impulse buying customer dalam operasional toko.

Smartwatch: Inovasi Baru di Bidang Teknologi Yang menciptakan Peluang Bisnis Baru

Hits: 9

Setiap kali ada kemunculan inovasi produk baru, maka disitulah akan muncul peluang bisnis baru. Peluang bisnis baru berarti akan membentuk pasar yang baru. Jika ada produk baru yang muncul, pasar yang terbentuk belum akan memiliki kompetisi yang padat. Para pemain-pemain bisnis yang memiliki inovasi baru tentu akan mereguk keuntungan maksimum selama beberapa waktu karena belum ada kompetitor diantara mereka. Namun demikian, pasar yang abru terbentuk ini akan semakin padat dalam kompetisi mengingat kemunculan kompetitor-kompetitor baru yang ingin ikut berebut kue pasar yang ada.

Pun demikian halnya dengan produk teknologi. Lima tahun yang lalu pasar teknologi komunikasi berbentuk smartphone belum seramai dan sekompetitif saat ini. Pasar smartphone saat itu mungkin dirajai oleh beberapa produsen yang berperan sebagai inovator produk pembentuk pasar saat ini. Sebut saja Blackberry, Samsung, atau Apple, merajai penjualan smartphone di seluruh dunia. Namun Saat ini, kompetisi bisnis smartphone sangatlah ketat. Pangsa pasar yang perkembangannya sedikit kalah jauh dengan perkembangan kompetitor-kompetitor baru yang bermunculan. Pun demikian pula halnya dengan toko online penjual smartphone. Jika dulu hanya terdapat beberapa toko online yang menjual smartphone, kini terdapat banyak toko online dengan berbagai promosi unggulannya.

Untuk dapat mempertahankan eksistensi di dunia bisnis, produsen harus selalu berinovasi. Inovasi baru yang dibuat produsen ini akan memunculkan peluang bisnis e-commerce baru. Produk yang sekarang ramai dibicarakan saat ini adalah Smartwatch. Jam tangan pintar yang mengadopsi sistem operasi android Kitkat merupakan salah satu contoh inovasi baru di bidang teknologi yang menciptakan peluang bisnis baru.

Smartwatch merupakan jam tangan pintar dengan fitur layar sentuh berukuran kurang dari 2 inc yang didalamnya terpasang sistem operasi android. Smartwatch merupakan sebuah jam yang tidak hanya memperlihatkan waktu, namun juga memiliki kemampuan untuk memberitahu adanya panggilan telepon dalam bentuk nada atau getar, notifikasi chat, atau media sosial.  Layaknya sebuah alat bersistem operasi android seperti tablet atau laptop, smartwatch juga dilengkapi dengan fitur hiburan seperti musik, dan fitur bisnis seperti email.

Ini adalah peluang bisnis baru, dan seperti yang diutarakan di atas, bisnis baru akan membentuk pasar baru. Pasar baru smart watch ini sudah sangat jelas bahwa pada saat ini kompetisinya belumlah sepadat pasar smartphone yang sudah jenuh. Jika anda search di suatu search engine, mungkin anda hanya akan belum banyak menemukan toko online yang menjual smartwatch ini.

Empat Cara Web Desain Yang Dapat Membuat Anda Kehilangan Pelanggan Atau Pengunjung

Hits: 10

Untuk semua jenis industri, internet menjadi semakin penting. Peningkatan jumlah pembeli di ranah online membuat pasar menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya. Dengan begitu banyak kehadiran perusahaan yang beraktifitas secara online, maka tidak mengherankan bahwa desain web menjadi prioritas utama. Di sini, kita akan melihat beberapa cara di mana sebuah situs web yang dirancang buruk bisa menghilangkan kesempatan bisnis Anda.

Desain web yang membuat perangkat menjadi terasingkan beberapa tahun terakhir ini, Web telah datang dengan salah satu perubahan paling signifikan dimana dengan teknologi android orang semakin mudah untuk mengaksesnya. Kini, tidak lagi terjadi semua pengunjung web akan duduk di rumah pada komputer desktop. Dengan android, pengunjung dapat mengunjungi situs web dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Tindak lanjut dari itu, maka perusahaan dapat mengharapkan kunjungan dari ponsel, tablet dan laptop. Jika situs web Anda tidak diatur untuk menangani lalu lintas dari perangkat mobile, maka pengalaman pengguna akan dihukum berat. Memilih untuk menggunakan design situs khusus untuk mobile atau elemen desain responsif dapat memastikan bahwa pengunjung Anda akan bahagia, terlepas dari kesulitan menggunakan perangkat mereka. Untuk dicatat, Desain web responsif adalah design suatu web dimana design tersebut akan menyesuaikan bentuk dan ukurannya secara otomatis ketika dibuka di perangkat mobile (smartphone, Ipad, Blackberry, atau Tablet).

Navigasi yang sulit

Ini bukan hanya penting bagi Anda untuk menyajikan informasi dengan jelas kepada pengunjung Anda; Anda juga harus memungkinkan mereka untuk mengontrol apa yang mereka lihat. Jika pengunjung tidak dapat menavigasi situs Anda dengan mudah pada smartphone mereka, maka mereka cepat akan pindah ke pesaing Anda. Sebuah navigasi bar sederhana namun komprehensif adalah kunci untuk desain web yang baik.

Membosankan, konten statis

Web desain adalah jauh lebih dari sekedar cara website terlihat. Halaman yang isinya membosankan akan membuat pengunjung tidak tertarik. Pengguna web menghargai konten segar yang dapat membuat mereka dapat berinteraksi dengan mudah. Tidak peduli apakah perusahaan Anda menjual produk gigi atau jasa hukum, desain web interaktif akan menarik pengunjung Anda dan meningkatkan kesempatan Anda untuk membuat penjualan. Koneksi internet hari ini mungkin jauh lebih cepat daripada dulu, tapi itu tidak berarti kecepatan koneksi tidak relevan. Mengisi halaman Anda dengan konten yang besar akan memperlambat waktu pembukaan bagi pengunjung. Jika pengunjung Anda dibuat untuk menunggu, Anda meningkatkan kemungkinan mereka pergi ke tempat lain. Jika Anda tertarik untuk menanamkan konten besar seperti video, cobalah untuk menjaga mereka di halaman terpisah. Konten yang besar memiliki tempat dalam desain web yang baik tapi penting untuk dicatat bahwa jangan sampai hal itu merusak situs Anda.