Category Archives: e-commerce

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.

cara Menghitung Efektifitas Customer Untuk Meningkatkan Omzet Toko

Efektifitas merupakan suatu ukuran yang memberikan gambaran seberapa jauh target dapat dicapai secara kualitas atau waktu. Semakin besar persentase target yang dapat dicapai, maka semakin tinggi tingkat efektifitasnya. Efektifitas berarti ketepatan sasaran. Pada suatu usaha toko retail, efektifitas customer berarti ketepatan strategi toko dalam meraih konsumen yang datang untuk berbelanja di tokonya. Ini berarti bahwa meningkatkan efektifitas customer berarti terjadi peningkatan jumlah pembeli. Harapannya adalah tentu saja, dengan adanya peningkatan jumlah pembeli maka omzet toko akan semakin meningkat. Cara menghitung efektifitas customer untuk meningkatkan omzet toko adalah sebagai berikut:

Berikut adalah contoh perhitungan Efektifitas Customer:

Jika pada bulan September Toko X dikunjungi oleh 400 orang, dan terjadi transaksi sebanyak 200 orang, maka berapakah efektifitas customer di toko X pada bulan tersebut ?

Jawab:

Nilai 0,5 berarti bahwa jumlah pengunjung yang melakukan trasaksi adalah sebesar 50% dari jumlah total pengunjung. Atau dapat dikatakan bahwa setiap harinya pada bulan September, rata-rata terjadi transaksi penjualan sebanyak 200 : 30 hari = 6,66 ~ 7 buah transaksi.

Dengan memadukan analisa antara efektifitas customer dengan Produktivitas per Transaksi, maka Toko dapat meningkatkan omzetnya melalui peningkatan Efektifitas Customer, yaitu meningkatkan jumlah pembeli. Dan pembeli dapat bertambah apabila jumlah pengunjung yang datang juga bertambah.

Berbicara mengenai jumlah, maka kita berbicara mengenai kuantitas. Nilai yang dimiliki oleh suatu kuantitas merupakan suatu nilai baku berdasarkan deret hitung. Nilai yang diperoleh ini sangat dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang terjadi dan sikap mental yang terdapat didalamnya.

Pada bisnis toko retail, meningkatkan jumlah pengunjung berarti menambah nilaideret hitung yang dipengaruhi oleh perlakuan toko dalam memberdayakan man, material, method, machine, dan environment. Di tempat inilah maka marketing akan bekerja. Melalui analisa SWOT, maka toko akan membuat suatu strategi untuk menarik minat publik untuk berkunjung ke tokonya. Beberapa contoh strategi yang biasa dibuat oleh suatu toko untuk menarik pengunjung diantaranya adalah :

  1. Meberikan pelayanan pelanggan sebaik mungkin.
  2. Menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan kenyamanan toko.
  3. Melakukan perubahan lay out toko
  4. Melakukan program-program promosi.
  5. Melakukan demo produk

Oleh sebab itulah, maka adalah penting untuk mengetahui cara menghitung efektifitas customer untuk meningkatkan omzet toko anda.

impulse buying customer dalam operasional toko

Impulse Buying Customer dalam operasional toko adalah suatu upaya yang dilakukan untuk merangsang konsumen agar membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Ketika seseorang datang berkunjung ke suatu toko, ada kemungkinan bahwa pengunjung tersebut ingin membeli barang sesuai kebutuhannya, atau hanya sekedar ingin melihat isi ruangan toko tersebut karena tertarik pada penataan ruangannya. Impulse buying customer bertujuan agar pengunjung yang tadinya hanya berniat untuk sekedar melihat-lihat menjadi berminat untuk membeli produk yang dimiliki toko tersebut, atau seorang konsumen yang hanya akan membeli suatu produk yang dibutuhkannya, menjadi tertarik untuk membeli lebih banyak diluar yang direncanakannya. Beberapa contoh impulse buying customer adalah : teknik pemajangan, Point of Purchase, window display, desain interior toko, dan demo produk.

Menurut penelitian, impulse buying customer didasari oleh suatu fakta dari perilaku konsumen sebagai berikut :

  1. Alasan konsumen belanja adalah karena toko menarik perhatian konsumen, toko terlihat indah, konsumen mudah mencari barang yang dibutuhkannya, dan karyawan toko yang mudah membantu dan melayani.
  2. 2/3 keputusan pembelian terjadi di toko. Ketika seorang datang berkunjung ke suatu toko, hasrat beli yang dimiliki oleh seorang pengunjung akan semakin muncul setelah pengunjung tersebut melihat fisik produk, serta memahami fungsi dan manfaat yang diterima dari produk tersebut. Dan itu terjadi di dalam toko !
  3. 55% kunjungan konsumen adalah tanpa direncanakan sebelumnya. Perbedaan swalayan dengan toko biasa adalah karena swalayan menganggap semua orang yang berkunjung adalah pembeli yang potensial. Berawal dari pemahaman ini, maka mereka akan berusaha untuk menarik perhatian konsumen agar bersedia untuk berkunjung ke dalam tokonya walaupun sebelumnya tidak berniat untuk membeli. Dengan usaha seperti ini maka logis dikatakan bahwa swalayan lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang sebelumnya tidak berencana untuk berkunjung.
  4. Konsumen membeli 15%-20% lebih banyak karena menarik secara visual serta sesuai dengan kondisi emosinya. Karena swalayan adalah untuk memanjakan dan memudahkan konsumen, maka ketika seseorang berencana untuk membeli suatu barang kebutuhannya secara tidak langsung mereka akan melihat barang-barang lain yang dipajang di toko. Adakalanya karena produk yang dipajang tersebut menarik maka mereka akan bersedia untuk membeli. Kondisi emosi yang dimaksud adalah keadaan yang terjadi pada diri konsumen pada saat itu, apakah sedang bersedih, gembira, marah, atau yang lainnya. Kondisi emosi tersebut sangat mempengaruhi hasrat beli konsumen, sebagai contoh di dalam suatu toko musik apabila ada seorang pengunjung yang terlihat sedang bersedih tentu akan mencari musik-musik yang sesuai dengan kondisi perasaannya,dan apabila dirasa cocok maka ia akan bersedia untuk melakukan transaksi atas produk tersebut.

Usaha-usaha dalam rangka impulse buying customer sebetulnya merupakan bagian dari strategi yang dilakukan oleh pengelola toko. Pemahaman strategi ini sangatlah komplek karena hal itu sangat berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh toko berikut dengan kesempatan dan ancamannya.

Tujuan utama dari toko adalah untuk memperoleh penjualan yang maksimal, oleh karena itu menciptakan impulse buying customer saja tidak akan cukup jika tidak timbul transaksi penjualan. Oleh karena itu untuk mendukung usaha-usaha yang telah dilakukan, maka keaktifan karyawan toko dalam melayani pelanggan sangat berperan dalam keputusan pelanggan untuk membeli produk. Para karyawan harus berupaya agar pelayanan yang diberikannya membuat konsumen merasa puas dan ingin kembali lagi berbelanja di toko anda. Ketika pelanggan sudah mulai tertarik dengan produk yang dipajang di toko, maka karyawan segera aktif melakukan suggestive selling atas produk-produk tersebut. Dengan cara seperti ini maka keputusan pembelian oleh pelanggan akan semakin cepat terlaksana. Teori yang mengatakan bahwa 2/3 keputusan pembelian terjadi di dalam toko adalah suatu hal yang logis karena hal tersebut didukung oleh keaktifan karyawan toko dalam mendekati pelanggan. Itulah penjelasan mengenai impulse buying customer dalam operasional toko.

Smartwatch: Inovasi Baru di Bidang Teknologi Yang menciptakan Peluang Bisnis Baru

Setiap kali ada kemunculan inovasi produk baru, maka disitulah akan muncul peluang bisnis baru. Peluang bisnis baru berarti akan membentuk pasar yang baru. Jika ada produk baru yang muncul, pasar yang terbentuk belum akan memiliki kompetisi yang padat. Para pemain-pemain bisnis yang memiliki inovasi baru tentu akan mereguk keuntungan maksimum selama beberapa waktu karena belum ada kompetitor diantara mereka. Namun demikian, pasar yang abru terbentuk ini akan semakin padat dalam kompetisi mengingat kemunculan kompetitor-kompetitor baru yang ingin ikut berebut kue pasar yang ada.

Pun demikian halnya dengan produk teknologi. Lima tahun yang lalu pasar teknologi komunikasi berbentuk smartphone belum seramai dan sekompetitif saat ini. Pasar smartphone saat itu mungkin dirajai oleh beberapa produsen yang berperan sebagai inovator produk pembentuk pasar saat ini. Sebut saja Blackberry, Samsung, atau Apple, merajai penjualan smartphone di seluruh dunia. Namun Saat ini, kompetisi bisnis smartphone sangatlah ketat. Pangsa pasar yang perkembangannya sedikit kalah jauh dengan perkembangan kompetitor-kompetitor baru yang bermunculan. Pun demikian pula halnya dengan toko online penjual smartphone. Jika dulu hanya terdapat beberapa toko online yang menjual smartphone, kini terdapat banyak toko online dengan berbagai promosi unggulannya.

Untuk dapat mempertahankan eksistensi di dunia bisnis, produsen harus selalu berinovasi. Inovasi baru yang dibuat produsen ini akan memunculkan peluang bisnis e-commerce baru. Produk yang sekarang ramai dibicarakan saat ini adalah Smartwatch. Jam tangan pintar yang mengadopsi sistem operasi android Kitkat merupakan salah satu contoh inovasi baru di bidang teknologi yang menciptakan peluang bisnis baru.

Smartwatch merupakan jam tangan pintar dengan fitur layar sentuh berukuran kurang dari 2 inc yang didalamnya terpasang sistem operasi android. Smartwatch merupakan sebuah jam yang tidak hanya memperlihatkan waktu, namun juga memiliki kemampuan untuk memberitahu adanya panggilan telepon dalam bentuk nada atau getar, notifikasi chat, atau media sosial.  Layaknya sebuah alat bersistem operasi android seperti tablet atau laptop, smartwatch juga dilengkapi dengan fitur hiburan seperti musik, dan fitur bisnis seperti email.

Ini adalah peluang bisnis baru, dan seperti yang diutarakan di atas, bisnis baru akan membentuk pasar baru. Pasar baru smart watch ini sudah sangat jelas bahwa pada saat ini kompetisinya belumlah sepadat pasar smartphone yang sudah jenuh. Jika anda search di suatu search engine, mungkin anda hanya akan belum banyak menemukan toko online yang menjual smartwatch ini.

Empat Cara Web Desain Yang Dapat Membuat Anda Kehilangan Pelanggan Atau Pengunjung

Untuk semua jenis industri, internet menjadi semakin penting. Peningkatan jumlah pembeli di ranah online membuat pasar menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya. Dengan begitu banyak kehadiran perusahaan yang beraktifitas secara online, maka tidak mengherankan bahwa desain web menjadi prioritas utama. Di sini, kita akan melihat beberapa cara di mana sebuah situs web yang dirancang buruk bisa menghilangkan kesempatan bisnis Anda.

Desain web yang membuat perangkat menjadi terasingkan

beberapa tahun terakhir ini, Web telah datang dengan salah satu perubahan paling signifikan dimana dengan teknologi android orang semakin mudah untuk mengaksesnya. Kini, tidak lagi terjadi semua pengunjung web akan duduk di rumah pada komputer desktop. Dengan android, pengunjung dapat mengunjungi situs web dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Tindak lanjut dari itu, maka perusahaan dapat mengharapkan kunjungan dari ponsel, tablet dan laptop.

Jika situs web Anda tidak diatur untuk menangani lalu lintas dari perangkat mobile, maka pengalaman pengguna akan dihukum berat. Memilih untuk menggunakan design situs khusus untuk mobile atau elemen desain responsif dapat memastikan bahwa pengunjung Anda akan bahagia, terlepas dari kesulitan menggunakan perangkat mereka. Untuk dicatat, Desain web responsif adalah design suatu web dimana design tersebut akan menyesuaikan bentuk dan ukurannya secara otomatis ketika dibuka di perangkat mobile (smartphone, Ipad, Blackberry, atau Tablet).

Navigasi yang sulit

Ini bukan hanya penting bagi Anda untuk menyajikan informasi dengan jelas kepada pengunjung Anda; Anda juga harus memungkinkan mereka untuk mengontrol apa yang mereka lihat. Jika pengunjung tidak dapat menavigasi situs Anda dengan mudah pada smartphone mereka, maka mereka cepat akan pindah ke pesaing Anda. Sebuah navigasi bar sederhana namun komprehensif adalah kunci untuk desain web yang baik.

Membosankan, konten statis

Web desain adalah jauh lebih dari sekedar cara website terlihat. Halaman yang isinya membosankan akan membuat pengunjung tidak tertarik. Pengguna web menghargai konten segar yang dapat membuat mereka dapat berinteraksi dengan mudah. Tidak peduli apakah perusahaan Anda menjual produk gigi atau jasa hukum, desain web interaktif akan menarik pengunjung Anda dan meningkatkan kesempatan Anda untuk membuat penjualan.

Koneksi internet hari ini mungkin jauh lebih cepat daripada dulu, tapi itu tidak berarti kecepatan koneksi tidak relevan. Mengisi halaman Anda dengan konten yang besar akan memperlambat waktu pembukaan bagi pengunjung. Jika pengunjung Anda dibuat untuk menunggu, Anda meningkatkan kemungkinan mereka pergi ke tempat lain.

Jika Anda tertarik untuk menanamkan konten besar seperti video, cobalah untuk menjaga mereka di halaman terpisah. Konten yang besar memiliki tempat dalam desain web yang baik tapi penting untuk dicatat bahwa jangan sampai hal itu merusak situs Anda.

Agar Uang Anda Tidak Terbuang Sia-sia, Pastikan Anda Melakukan Tindakan Ini Sebelum Berbelanja Online

Membeli suatu produk di dunia maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi sekarang sebagian besar orang mulai berbelanja melalui e-commerce. Hal ini adalah karena kepercayaan customer kepada e-commerce sudah mulai meningkat, dan sebaliknya pula e-commerce sudah menjadi perhatian bisnis setiap perusahaan.

Namun demikian, tidakdapat dipungkiri bahwa tidak sedikit pelangganyang masih kecewa akan produk yang dibeli secara online. Ini bisa terjadi karena berbagai macam kemungkinan, sepertitoko online yang tidak valid, barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang ada di display online, atau pelayanan pengaduan yang tidak memuaskan.

Membeli di dunia maya itu seperti membeli minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Jangan terburu-buru untuk menentukan pilihan membeli barang. Lakukan perbandingan produk yang anda rencanakan untukdibeli.  Perbandingan ini bisa berbagai cara, yaitu:

  1. Membandingkan produk yang sama di toko online yang berbeda. Ini ditujukan untuk mencari tahu perbandingan harga, dan sedapat mungkin memperoleh harga yang lebih murah. Perbandingan ini termasuk juga untuk mengetahui validitas toko online tersebut. Toko online yang valid biasanya memberikan harga yang ideal. Dan kalaupun menjadi murah, toko ini biasanya bekerjasama dengan website kupon diskon untuk menyediakan kupon diskon atas produk-produk tertentu.
  2. Membandingkan produk yang berbeda di toko yang sama atau toko yang berbeda. Perbandingan ini selain ditujukan untuk memperoleh perbandingan harga, juga adalah untuk memperoleh perbandingan spesifikasi produk. Jika yang dibutuhkan adalah spesifikasi, merk mungkin bukan menjadi prioritas. Produk dengan merk besar tentu berharga mahal,karena itu spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan akan dapat menghemat pengeluaran belanja. Lebih beruntung jika anda menemukan produk bermerk besar, spesifikasi tinggi namun berharga murah. Di toko online yang terpercaya dan valid tentunya.

Jangan terburu-buru untuk transfer uang anda. Browsing produk semau anda, karena inilah keunggulan toko online, dimana pembeli tidak ada batasan untuk melakukan pertimbangan. Jika semuanya terpenuhi, dan yakin akan pilihan anda, maka Anda sudah siap untuk mentransfer uang pembelian, dan dipastikan anda akan puas akan produk yang diterima.

Tanpa Poin-poin Penting Ini, Penjualan Dipastikan Tidak Akan Maksimal

Marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Ada banyak perubahan teknik menjual yang sangat signifikan dan ekstrem jika dibandingkan dengan teknik-teknik penjualan di abad 20. Bagi siapapun yang mau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi ini, maka bisnis akan dipastikan dapat terus bertahan dan berkembang. Namun jika tidak mengikuti perubahan ini, maka bisnis akan mengalami kehancuran.

Berikut adalah beberapa poin penting penjualan yang harus dilakukan di abad ini jika bisnis ingin tetap bertahan.

  • Proses penjualan. Memperhatikan bagaimana proses penjualan terjadi sangatlah penting. Sebab dari proses penjualan inilah kita selaku pemilik bisnis dapat mengetahui apakah strategi marketing yang dijalankan bekerja efektif atau tidak. Namun demikian, di era ini penjualan bukanlah sumber kekuatan utama agar bisnis bertahan. Sumber kekuatan utama dari bertahannya suatu bisnis saat ini adalah customer. Abad ini adalah abad pelayanan dan kepercayaan. Pelayanan yang prima dari pebisnis, dan customer yang percaya kepada mereka akan membuat bisnis semakin maju. Abad ini fokus utama keberlangsungan bisnis adalah bagaimana agar proses penjualan dapat menyenangkan customer dan ia bersedia untuk menjadi pelanggan setia. Semakin banyak pelanggan setia, maka akan semakin bertahan suatu bisnis tersebut. Dan kunci utama kesetiaan pelanggan adalah pelayanan prima dan kepercayaan.
  • Otomatisasi. Dengan kebutuhan akan kecepatan proses penjualan dan makin kompleksnya data penjualan yang dimiliki, adanya otomatisasi sangat dibutuhkan agar pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.
  • Tak hanya mampu menjual. Kemampuan untuk sekedar menjual tidak lagi cukup. Konsumen saat ini butuh marketer yang bukan saja mampu memberikan pandangan dan mengarahkan pada produk yang benar-benar dibutuhkannya, tapi juga bisa menjadi pelindung terhadap produk yang sudah mereka beli.
  • Internet. Internet makin penting peranannya dalam penjualan maupun ekspansi bisnis. Apapun usaha anda, jika tidak menyesuaikan dengan kehadiran internet maka akan dipastikan tenggelam. Internet dapat memperpendek jarak jangkauan pemasaran, memperluas pasar, dan mempercepat proses transaksi.
  • Aplikasi Smartphone. Di abad ini, hampir dipastikan setiap orang memiliki smartphone di dalam sakunya. Pebisnis yang cerdas dan ingin bertahan harus mempercayai bahwa gadget smartphone dapat meningkatkan potensi penjualan. Bagi ecommerce, memiliki aplikasi yang dapat di download di GooglePlay atau AppStore akan memperbanyak perolehan pelanggan setia dimanapun.

Menyiasati E-Commerce Agar Bertahan Dalam Persaingan

Banyaknya jumlah toko retail online menjadikan bisnis ini adalah bisnis yang popular di abad ini, namun kepopuleran ini berarti persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Keberadaannya yang ada dimana-mana membuat para pemilik retail online beradu strategi bisnis agar mereka selalu mendapat tempat di hati para pelanggannya.

Kata orang-orang retail, kunci kesuksesan suatu usaha retail tidak terlepas dari Place, Promosi, Price, dan Service, dan ini akan semakin berjalan lebih baik jika diterapkan dengan pemilihan segmentation, targeting, dan Positioning yang tepat.

Menjaga kualitas pelayanan yang diberikan selama ini pada pelanggannya tidaklah cukup untuk melindungi konsumen agar tidak lari ke toko lain. Konsumen adalah orang yang mengeluarkan uang, dan uang adalah sesuatu hal yang sifatnya sensitive. Orang akan cenderung untuk melakukan penghematan atas uang yang dimilikinya, bahkan kalau perlu orang akan berusaha unuk memperoleh sesuatu tanpa menghasilkan uang.

 Atas dasar sifat manusia tehadap uang itulah, maka para pemilik toko harus berani mengambil resiko untuk pengembangan usahanya. antara lain dengan membuat kupon diskon belanja. Meskipun demikian, penetapan nilai diskon tetap membutuhkan perencanaan yang matang agar minimal tidak menimbulkan kerugian yang besar jika hasilnya tidak/belum sesuai yang diinginkan. Intinya, didalam dunia usaha akan selalu ada persaingan. Jika suatu bisnis ingin bertahan dan teru maju, maka ia harus dapat berevolusi mengikuti perkembangan jaman.

Pentingnya Sebuah Aplikasi Mobil Untuk Pengembangan Bisnis

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah perubahan  tradisi dari kultur masyarakat sehari-hari, dengan terciptanya sebuah keterbukaan dan transparansi di berbagai bidang, yang terutama di bidang Teknologi Informasi (IT). Informasi yang cepat dan akurat merupakan bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk didalamnya dunia bisnis.

Berkembangnya penggunaan Internet dan mobile application, menyebabkan munculnya penggunaan internet mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar maupun kecil. Sejak berkembangnya teknologi internet di gadget-gadget komunikasi, penggunaan mobile application menjadi semakin meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis.

Salah satu jenis implementasi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah e-Commerce mobile application.

Ide dasar dari e-Commerce mobile application adalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan. Melihat kenyataan tersebut, setiap perusahaan e-commerce, atau bahkan perusahaan bisnis lainnya kini selalu menganggarkan mobile app development cost dalam setiap rencana bisnis tahunannya. Hal ini tidak lain adalah untuk ntuk mempercepat dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan layanan secara on-line.

Jika dilihat dari sisi budget, maka itu sangat tergantung dari fitur, kecepatan access, dan kompatibilitas. Tapi jika dilihat dari sisi value, maka biaya pembuatan mobile app sedianya jauh lebih murah. Karena keberadaan mobile ap ini akan nyata sekali dalam peningkatan brand awareness, jangkauan pangsa pasar, serta penjualan produk.

Saat ini bisa dikatakan bahwa 9 dari 10 orang pasti memiliki smart mobile communication. Dan kecenderungan orang untuk berbelanja secara online akan terus meningkat setiap waktu. Mobile app merupakan salah satu factor penyebab peningkatan tersebut. Oleh sebab itu, sangatlah disayangkan jika suatu bisnis atau e-commerce tidak dilengkapi dengan sistem aplikasi mobil yang compatible dengan semua gadget smart phone.

Dimanakah mencari furniture berkelas berharga murah?

Furniture Murah berkualitas adalah dambaan semua orang. Bahkan jika anda memiliki dana yang cukup besar untuk dialokasikan bagi pembelian kursi, meja, dan perlengkapan rumah lainnya, anda pasti lebih senang jika bisa mendapatkannya dengan harga special bukan? Semua orang pasti memerlukan perabotan berkualitas namun murah untuk mengisi rumahnya, dan karena itulah kini terdapat berbagai tempat penjualan furniture online.

Dengan banyaknya kebutuhan anda, mendapatkan produk furniture dengan harga murah tanpa mengabaikan kualitas tentu akan sangat melegakan. Hal ini dapat terlaksana jika anda melakukan pencarian dan pembelian secara online, dimana anda bisa mencari harga terbaik dari beberapa toko sekaligus. Anda bahkan bisa menemukan perabotan berkelas yang bekas tetapi masih dalam kondisi yang sangat baik demi mendapatkan mebel murah yang bercita rasa tinggi.

Revolusi internet memungkinkan segalanya menjadi mudah, termasuk impor furniture secara retail. Jaman dulu, sebelum ada internet, mungkin anda akan kesulitan untuk membeli sebuah sofa buatan luar negeri. Anda hanya bisa mencari atau memesan di toko local, dan tentunya dengan harga yang sangat mahal. Kini, ketika internet sudah menjadi suatu kebutuhan setiap orang, mengimpor furniture berkelas dari luar negeri dapat dilakukan hanya dengan “satu klik” saja.

Anda tidak perlu khawatir dengan kenyataan bahwa anda tidak bisa melihat produk secara langsung. Toko furniture online yang terpercaya tidak akan menipu anda atau membuat anda seolah-olah tertipu. Anda tidak perlu bertanya-tanya tentang diskon, karena biasanya toko online sudah menyediakan diskon berbentuk kupon online yang nilainya sudah pasti. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tentang bagaimana furniture cantik dengan harga discount bisa sampai di rumah anda, karena selama masih ada jasa pengiriman yang beroperasi di kota tempat tinggal anda, maka anda bisa mendatangkan perabotan dari mana saja. Banyaknya penawaran yang muncul di toko online membuat lebih banyak pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Furnitur yang dijual dengan harga pabrik sekalipun, masih mungkin mendapatkan potongan harga.