Category Archives: finance

5 Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Bagi Usaha Kecil

Views: 21

Saat ini, uang tunai tidak lagi menjadi sumber utama transaksi jual beli. Kini, orang menggunakan payment gateway untuk melakukan dan menerima pembayaran. Ketika bepergian ke suatu cafe, untuk membayar secangkir kopi tidak diperlukan lagi membuka dompet untuk mengeluarkan uang. Justru malah anda akan menyaksikan para pelanggan alih-alih mengambil dompet dari saku celananya, ia justru mengambil handphone android. Dengan satu klik, ia membayar kopi tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan menggunakan payment gateway bagi usaha kecil. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway.

Anda mungkin pernah dengar Paypal, Doku, Faspay, authorize.net, dll. Itulah beberapa payment gateway yang sudah banyak dikenal. Pada dasarnya, Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi. Bagi usaha kecil dapat menikmati banyak keuntungan jika mereka mengizinkan pelanggan dan klien mereka membayar menggunakan kartu bank mereka, bukan uang tunai. Berikut adalah 5 keuntungan penggunaan payment gateway bagi usaha kecil

  1. Melegitimasi Bisnis Anda

Jika usaha anda Anda menerima pembayaran dengan payment gateway, Anda dapat melegitimasi bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memajang logo berbagai payment gateway di dinding luar toko atau pusat layanan Anda. Ini akan memungkinkan menarik perhatian pelanggan Anda.

Selain itu, jika mereka mendaftar untuk payment gateway tertentu yang diterima oleh bisnis Anda, itu akan membantu Anda mengembangkan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

  1. Pemrosesan pembayaran yang cepat dan mudah

Payment Gateway ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak opsi pembayaran. Jadi, jika Anda mengizinkan lebih banyak metode pembayaran, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Saat ini, banyak orang tidak suka membawa uang tunai lagi. Oleh karena itu, mereka akan membeli dari Anda jika Anda mengizinkan mereka membayar melalui cara lain selain uang tunai.

  1. Keunggulan Kompetitif

Penting untuk diingat bahwa bisnis akan selalu menghadapi persaingan yang ketat saat ini. Jika Anda menerima pembayaran melalui payment gateway, Anda akan memiliki keunggulan atas pesaing Anda yang hanya menawarkan transaksi berbasis uang tunai.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki fasilitas ini di kasir pembayaran Anda. Pelanggan Anda akan berterima kasih atas fasilitas ini. Dengan kata lain, pelanggan anda akan semakin setia kepada anda. Ingat, pelayanan pelanggan adalah suatu investasi.

  1. Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif memiliki kepentingannya sendiri. Jika Anda menerima pembayaran hanya melalui uang tunai, Anda mungkin kehilangan basis pelanggan yang besar. Fleksibilitas itu penting. Lagi pula, orang tidak suka mencari ATM untuk melakukan pembayaran sesuatu yang mereka sukai di toko lokal.

  1. Peningkatan Arus Kas

Payment gateway dapat diproses dalam beberapa detik. Di sisi lain, membawa dan menghitung uang tunai membutuhkan waktu lebih lama. Demikian pula, cek membutuhkan lebih banyak waktu untuk diuangkan dan dibersihkan. Selain itu, pembayaran dengan payment gateway memiliki kemungkinan kesalahan paling kecil tidak seperti transaksi tunai.

Singkatnya, mendaftar di payment gateway adalah investasi kecil tapi menguntungkan. Oleh karena itu, jika Anda mengelola bisnis kecil, kami sarankan Anda mendaftar ke payment gateway untuk outlet Anda. Ini akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan dan menikmati keunggulan atas pesaing Anda. Ada banyak payment hateway yang bisa anda daftar. 10 terbaik payment gateway Indonesia ada disini.

Dampak Nyata Kebangkrutan Silicon Valley Bank Terhadap Beberapa Toko Retail.

Views: 9

Silicon Valley Bank, California, USA.

Silicon Valley Bank atau biasa disingkat SVB merupakan bank yang bermarkas di California Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1983, bank ini merupakan bank yang spesialis membantu pembiayaan di bidang startup teknologi. Akan tetapi, berita mengejutkan datang pada hari Jumat 10 Maret 2023, dimana bank SVB dinyatakan ditutup dan diambil alih oleh pemerintah federal AS. Runtuhnya SIlicon Valley Bank ini mengejutkan semua industri, tidak terkecuali industri retail.

Federal Deposit Insurance Corp mengumumkan pada hari Jumat bahwa startup dan perusahaan yang berfokus pada teknologi ditutup dan simpanannya diambil alih oleh regulator. Ini terjadi hanya dua hari setelah SVB mengumumkan kehilangan sekitar $2 miliar. Setelah perusahaan berencana untuk menjual saham untuk mendapatkan modal sekitar $2,25 miliar, harga saham SVB jjatuh dan para klien mulai terburu-buru menarik dana mereka yang tersimpan di bank karena khawatir.

Imbasnya ke bisnis ritel, beberapa perusahaan mulai bergegas memberi tahu para pemegang saham dan pelanggan setia mereka tentang situasi ini dan berusaha mencari tahu mengenai dampak material yang bisa mereka dapatkan. Salah satu contohnya adalah Perusahaan kesehatan dan kebugaran DTC Hims & Hers. Akan tetapi perusahaan ini meyakinkan para pemegang sahamnya bahwa sebagian besar uang dan investasi yang dimiliki ada pada pihak lain, bukan pada SVB. sehingga terkena dampak keruntuhan SVB tidaklah signiikan terhadap kelangsungan hidup DTC Hims & Hers.

Pun demikian dengan Shopify, yang melalui siaran pers-nya mengatakan bahwa perusahaan mengalami “dampak yang sangat kecil” dari kebangkrutan SVB tersebut. Dampak kecil yang diproleh Shopify adalah karena hanya sebagian kecil dari dana operasional yang terkait dengan di SVB. Selebihnya, dana yang mereka miliki tersimpan di beberapa bank di AS dan Kanada..

Itulah dampak nyata yang diperoleh beberapa perusahaan akibat bangkrutnya Silicon Valley Bank. Dari kejadian heboh tersebut, kini dapat disimpulkan bahwa menyimpan uang modal usaha, atau uang lainnya itu tidak harus hanya di satu bank, akan tetapi ada di tersimpan di beberapa bank. Sehingga jika salah satu bank kolaps, maka imbas terhadap operasional bisnis kita adalah kecil, dan tidak membahayakan keberlangsungan bisnis retail-nya.

Ada pelajaran Dari kasus investasi indosurya

Views: 20

Bulan Januari 2023 ini kita dihebohkan dengan kasus investasi bodong berkedok koperasi indosurya. Masyarakat dirugikan hingga Rp 106 trilyun, yang menjadikan kasus investasi terbesar Indonesia. Ada pelajaran Dari kasus investasi yang bisa dipetik oleh kita.

Saya bukan ahli investasi, namun demikian, persoalan investasi ini sudah umum di masyarakat yang menginginkan tambahan pendapatan di luar pendapatan pokoknya. Ada masyarakat yang kelebihan uang sehingga mereka berani berinvestasi, ada juga yang memiliki uang terbatas, terdesak karena kebutuhan, dan tergiur oleh besarnya Tingkat pengembalian investasi tersebut. Apapun alasannya, kita harus berhati-hati dalam melalukan investasi agar kita tidak kecewa di masa depan. Berikut adalah pelajaran Dari kasus investasi indosurya yang saya rasa penting untuk orang awam yang tidak tahu banyak soal investasi atau keuangan seperti saya.

PELAJARAN PERTAMA: Bersikap realistis dalam berinvestasi
Sikap realistis ini maksudnya adalah jika kita ingin berinvestasi, janganlah ambil resiko menggunakan uang yang pada awalnya untuk kebutuhan Utama kita. Jangan tergiur dengan rayuan orang, suksesnya orang berinvestasi (ikut-ikutan) yang menyebabkan kita gelap mata memindahkan cadangan uang kita ke investasi tersebut. Ini sangat berbahaya bagi kondisi keuangan keluarga kita.

PELAJARAN 2: Hitung dengan cermat.
Perhitungan investasi ini tidak hanya mengenai berapa rupiah yang bisa kita terima atau kapan uang kita kembali. Hitung dengan cermat termasuk didalamnya adalah tentang resiko jika kita mendapatkan kerugian. Kita harus ingat bahwa berinvestasi itu mengandung resiko memgalami kerugian. Kita tidak boleh berasumsi bahwa investasi itu pasti untung. Kita harus berfikir terbalik bahwa investasi itu pasti ada rugi, karena investasi adalah bisnis, Dan bisnis berarti ada untung rugi. Jika tidak mau rugi, amaka sebaiknya jangan berinvestasi. Jika ingin ambil resiko rugi, setidaknya kerugian tersebut tidak mengganggu keuangan kita yang lain. Jangan sampa gara-gara rugi investasi kita jàdi tidak bisa menghidupi keluarga kita.

PELAJARAN 3. CARI INFORMASI TENTANG PERUSAHAAN YANG MENGHIMPUN DANA INVESTASI

INFORMASI penting terkait PERUSAHAAN investasi adalah bahwa uang kita itu diinvestasikan di bisnis apa. Adakah bisnisnya? Dimana lokasinya? Jika tidak jelas bisnisnya, mending tidak usah berinvestasi.

PELAJARAN 4. PERTIMBANGKAN UNTUK BERINVESTASI DI EMAS
Emas adalah alat investasi yang menurut saya paling aman Dan stabil. Sejauh ini, emas merupakan alat investasi yang tidak ribet. Beli emas, simpan jika butuh uang, jual. Memang selisih beli Dan jual tidak signifikan, akan tetapi, keamanan uang kita bisa terjamin. Resikonya hanyalah jika emas Investasi yang kita beli itu hilang atau dicuri…

Itulah pelajaran yang dapat dipetik Dari kasus indosurya. Memiliki banyak uang adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Namun kita harus sadar bahwa karena semua orang menginginkan banyak uang, Maka kita harus meyakini bahwa tidak semua orang dapat terpercaya memegang amanah soal uang. Ada yang pelit, ada yang jahat, ada yang culas…kita harus Bersikap realistis Dan berhati-hati dalam.menginvestasikan uang kita.

Apakah Bijak Meminjam Uang Untuk Liburan?

Views: 18

Liburan merupakan kegiatan konsumtif, yaitu kegiatan yang membuat neraca keuangan seseorang berkurang. Jelas sekali karena liburan membutuhkan uang untuk ‘dihamburkan’.  Artinya, berniat untuk melaksanakan liburan berarti harus merancang keuangan. Harus ada proses perhitungan terlebih dahulu mengenai dana yang disiapkan untuk berlibur. Perencanaan keuangan untukliburan sangat penting agar tidak terjadi krisi keuangan setelah melakukan liburan.

 Jika sudah membuat rencana budget untuk liburan, lalu dari mana dananya?

Pilihannya menabung atau meminjam uang? Jika menggunakan opsi pertama alias menabung, maka liburan baru bisa terlaksana jika jumlah uang di tabungan sesuai dengan budget untuk liburan. Akan tetapi jika menggunakan dana pinjaman, misalnya lewat skema kredit tanpa agunan, maka liburan dapat langsung terlaksana namun sepulangnya dari liburan anda harus siap-siap mendapat tagihan. Beda kasus jika liburan yang akan dilaksanakan adalah liburan yang “harus dilakukan”. Misalnya saja hendak menghadiri pesta pernikahan saudara kandung di Eropa atau Asia. Lantaran ini adalah suatu keharusan, maka opsi peminjaman uang untuk liburan bisa dilakukan.

 Sebetulnya ada solusi ketiga, yaitu penggabungan opsi pertama dan kedua, dimana dana untuk liburan diperoleh dari tabungan yang dimiliki ditambah dengan dana pinjaman. 

Apakah bijak menggunakan dana pinjaman untuk liburan?

Cukup banyak perencana keuangan yang mengingatkan agar berhati-hati dalam membiayai liburan. Sudah sering mereka mengungkapkan pernyataan,’jangan terlena untuk mengeluarkan budget liburan!’

Kuncinya adalah dana untuk keperluan berlibur ini harus tidak mengganggu cash flow rutin anda. Kenapa mesti memaksakan diri melakukan liburan jika pada akhirnya keadaan financial anda menjadi buruk.

Dalam kasus tertentu, meminjam uang utnuk liburan sah saja dilakukan sepanjang itu tidak membebani. Contoh kasus begini: Sudah hampir 3 tahun ke belakang anda mengumpulkan uang untuk berlibur ke suatu tempat yang menjadi favorit anda. Dan anda pun sudah menentukan waktu untuk berlibur bersama pasangan anda. Waktu yang ditentukan adalah waktu yang special karena untuk merayakan hari pernikahan anda. Akan tetapi ketika waktu yang telah ditentukan tiba, budget liburan anda tidak mencukupi. Ini bisa terjadi karena banyak factor, misalnya terjadi perubahan kurs mata uang, dana liburan pernah digunakan untuk kebutuhan mendesak atau yang lainnya. Lalu bagaimana solusinya agar pasangan kita tidak kecewa? Ya, solusinya adalah dengan melakukan peminjaman uang.

Liburan kadang memang perlu. Liburan adalah momen untuk memanjakan diri dan menghilangkan kepenatan beraktifitas. Tapi bagi yang merencanakan keuangan dengan baik, dia bakal menunda rencana itu ketimbang harus kehilangan uang yang tak perlu.

Memanfaatkan pinjaman uang untuk membiayai liburan akan terasa bebannya seusai liburan! Tiap bulan kita harus menyisihkan dana untuk membayar angsuran. Belum lagi angsuran itu ditambah dengan bunga. Perhitungan meminjam uang untuk liburan harus dilakukan secermat mungkin agar tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal. Kesalahan itu adalah jika nila pinjaman termasuk bunga justru melebihi budget liburan yang telah dikeluarkan. Saya pikir jika ini terjadi maka ini adalah sesuatu yang sangat konyol.

Sebisa mungkin utang pinjaman itu hanya untuk menutupi kekurangan dana, bukan seluruhnya! Dan usahakan pinjaman ke tempat lain misalnya jasa peminjaman uang online adalah opsi terakhir setelah gagal mendapat pinjaman dari teman, orangtua, atau cash bon kantor.

 

Perencanaan Keuangan Untuk Para Pelaut

Views: 95

Saya punya banyak teman yang berprofesi sebagai pelaut, baik itu pelaut kapal kargo, kapal  tanker, kapal penumpang, kapal pesiar, hingga kapal penangkap ikan. Ketika saya bertemu dengan mereka, mereka selalu bercerita mengenai kehidupan di atas kapal hingga pergaulannya ketika berada di darat. Cerita yang mereka sajikan sangat menarik untuk disimak, dan tentu saja sangat mengagumkan karena kebiasaannya hidup di lautan berbeda dengan kebiasaan orang-orang di darat, termasuk juga mengenai kebiasaan pengelolaan keuangan mereka.

 Dari pengalaman teman-teman pelaut saya, gaji yang mereka terima tergolong tinggi, bisa mencapai hampir US$2.000 setiap bulan, bahkan mungkin ada yang lebih untuk jabatan perwira kapal atau kapten kapal. Gaji sebesar itu sebenarnya dirasa cukup bahkan lebih untuk biaya hidup dirinya dan keluarganya. Namun beberapa diantara mereka ada yang mengeluh karena gaji yang mereka terima selalu habis ketika mereka turun ke darat, dan mereka tidak memiliki apa-apa ketika kontrak kerja laut selesai. Mengapa demikian?

 Pelaut rata-rata bekerja setidaknya minimal stau minggu di atas kapal, ada pula yang hampir tiga bulan di tengah lautan. Bahkan mungkin untuk kapal penangkap ikan bisa lebih dari itu. Selama mereka di tengah lautan, mereka berada di lingkungan yang serba terbatas. Menu makanan yang membosankan, hiburan apa adanya, hingga pekerjaan yang sangat membutuhkan kewaspadaan dan kerja keras tingkat tinggi. Oleh karena itu ketika mereka turun ke darat, mereka akan mencurahkan keinginannya yang terpendam selama berada dilaut. Ketika turun ke darat, dengan uang banyak di kantongnya, mereka terbiasa berbelanja sesuka hati, makan apapun yang mereka mau, hingga mencari hiburan-hiburan yang selama dilaut tidak mereka rasakan. Hingga tak terduga uang mereka habis tak berbekas, tidak ada simpanan, tidak ada pula kiriman untuk keluarga.

 Misalnya anda adalah seorang pelaut memiliki gaji sebesar US$300 per bulan. Jika masa berlayar anda adalah 4 bulan, maka anda akan membawa uang sebanyak US$1,200 ketika mereka turun ke darat 4 bulan kemudian. Dan saya yakin uang sebanyak itu bisa langsung habis dalam waktu seminggu di darat sebagai akibat kejenuhan di tengah laut. Akhir yang sungguh menyedihkan! Kerja berat namun tiada hasil.

 Oleh karena itu pengelolaan keuangan seorang pelaut adalah hal yang sangat penting dilakukan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Dan pengelolaan keuangan ini sangat sederhana namun harus konsisten dalam pelaksanaannya.

 Jika anda seorang pelaut yang memiliki gaji sebesar US$300 per bulan, kontrak kerja 1 tahun, dan lama berada di tengah laut adalah 4 bulan, maka berikut adalah cara yang sederhana untuk mengelola keuangannya.

  1. Sisihkan US$100 setiap bulan di perusahaan tempat anda bekerja. Mintalah pihak perusahaan untuk secara otomatis menyimpan uang anda sebesar US$100 per bulan.
  2. Mintalah perusahaan tempat anda bekerja untuk mengirimkan US$100 dari gaji anda untuk dikirimkan kepada keluarga anda di rumah, apakah itu orang tua, saudara, atau istri anda.
  3. Minta agar perusahaan mengirimkan US$100 sisa gaji anda ke rekening pribadi anda.

Dengan pengaturan demikian, maka ketika anda turun ke darat 4 bulan kemudian, anda hanya mengantongi US$400 di kantong anda. Itulah uang yang bisa anda gunakan untuk berfoya-foya menghibur diri. Terserah anda mau habiskan seluruhnya atau tidak, namun yang pasti anda tidak akan kebingungan ketika kontrak kerja anda habis. Setahun kemudian jika ada tidak mau memperpanjang kontrak, maka setidaknya anda sudah membiayai hidup keluarga anda di rumah sebesar US$1.200 selama satu tahun, dan anda masih punya simpanan di perusahaan anda sebanyak  US$1.200.

 Jika anda masih ingin meneruskan kerja di laut, maka uang simpanan ini bisa anda gunakan untuk modal investasi misalnya membeli saham, obligasi, ataupun didepositokan di bank. Jika anda tidak ingin meneruskan kerja dilaut, maka uang simpanan itu bisa anda gunakan sebagai modal awal untuk membuka suatu bisnis kecil-kecilan, misalnya saja membuka suatu toko retail. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah tekun dalam pengelolaannya sambil belajar cara-cara bisnis toko retail melalui internet.

5 Tahapan Financial Freedom Dan Bagaimana Cara Mempercepat Prosesnya

Views: 13

Financial freedom adalah momen saat kita bisa duduk santai di serambi rumah tiap sore, sementara income yang memadai terus datang mengalir tanpa perlu bekerja keras. Financial freedom adalah saat kita tak perlu lagi bekerja sejak fajar hingga petang, namun penghasilan yang melimpah tetap datang dengan lancar. Kondisi financial freedom mungkin menjadi sejenis tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Sebab dalam kondisi ini, kita tak lagi bekerja penuh letih mengejar uang

Kondisi financial freedom bersifat bahwa uang yang bekerja keras untuk kita; sementara kita bebas jalan-jalan menikmati wisata kuliner atau membangun keluarga. Namun tentu saja tak mudah mencapai tahapan financial freedom. Hanya orang-orang dengan mindset positif dan keteguhan hati yang bisa menembusnya. Sebab ada lima tahapan kunci yang perlu didaki agar kita bisa mencapai puncak tangga financial freedom, yaitu :

  1. Financial defisit : dimana penghasilan seseorang atau keuangan yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya.
  2. Financial sufficient : yaitu dimana seseorang memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun ia tidak memiliki cadangan keuangan. Bahkan untuk berinvestasi sekalipun.
  3. Financial saving: pada tahapan ini, seseorang mulai menyisihkan beberapa persen penghasilannya untuk ditabung atau diinvestasikan.
  4. Financial harvesting: Pada tahapan ini, seseorang sudah mulai menikmati hasil dari uang yang diinvestasikannya. Hasil dari investasi ini bisa digunakan untuk pengembangan investasi yang lain atau untuk pemenuhan kebutuhan dirinya yang lain.
  5. Financial freedom: Inilah hasil akhir dari kondisi keuangan seseorang, dimana semua investasi yang dimilikinya dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya bahkan jika ia tidak bekerja sekalipun.

Memang tidak mudah untuk mencapai financial freedom, bahkan proses-nya pun dapat berlaku sangat panjang. Memahami dan belajar mengenai cara-cara untuk memperoleh financial freedom ini dapat membantu mempercepat proses tersebut. Lebih bagus lagi adalah jika dalam proses menuju financial freedom ini anda ditemani oleh mentor yang ahli dalam hal financial freedom.

Profesi Network Marketing dan Kebebasan Financial

Views: 28

Network marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing yang sangat jitu dalam peningkatan penjualan suatu produk. Pada dasarnya network marketing adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor ini membangun jaringan penjualan, mengelola jaringan penjualan, dan menjual produk di jaringan penjualan tersebut.

Network marketing disebut sebagai multilevel marketing atau pemasaran seluler karena tingkat agen distributor dalam rantai downline untuk membangun lebih banyak penjualan. Ini adalah industri multi-miliar dolar di seluruh dunia yang mendistribusikan hampir semua item portabel. Para agen diharapkan dapat merekrut lebih banyak agen baru sehingga income mereka menjadi semakin besar.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta  dominasi internet di setiap sisi kehidupan manusia, maka network marketing berkembang menjadi apa yang dinamakan online marketing. Merekrut agen baru tidak perlu lagi dengan cara bertatap muka langsung, hanya dengan mengandalkan social media, atau e-mail saja agen baru sudah dapat direkrut.

Profesi network marketer memungkinkan seseorang untuk memperoleh penghasilan yang tidak terbatas asalkan dapat memenuhi criteria sebagai berikut, yaitu :

  1. Pemilihan perusahaan atau produk yang tepat
  2. Memperoleh pelatih atau pembimbing yang tepat
  3. Mampu mempelajari pasar
  4. Sabar dalam membangun jaringan

Network marketer tidak digaji, penghasilan orang yang berprofesi sebagai network marketer adalah dari komisi penjualan dan bonus dari perekrutan agen baru. Semakin banyak agen yang direkrutnya, maka semakin banyak jaringan yang dibangun, dan pada akhirnya ia akan semakin banyak memperoleh income. Hebatnya profesi ini adalah bahwa ketika jaringan sudah bertumbuh, ia sudah tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari agen baru. Ia tidak perlu berangkat ke kantor, ia hanya cukup tinggal di rumah dan menjadikan jaringan yang dimilikinya tersebut sebagai home business bagi dirinya. Bahkan hanya dengan duduk santai pun ia sudah akan selalu menerima penghasilan. Pada akhirnya, melalui network marketing, uang akan bekerja untuknya.  Ketika uang sudah bekerja untuk dirinya, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia telah semakin dekat dengan kebebasan financial.

Retail Jasa Keuangan

Views: 82

Jika kita membahas istilah retail,maka kita cenderung berasumsi bahwa retail itu adalah suatu bisnis yang menjual produk-produk fisik. Padahal sebetulnya retail itu tidak hanya berbicara tentang produk-produk fisik. Dalam definisinya sendiri retail adalah suatu bisnis yang menjual produk secara eceran yang ditujukan langsung kepada para pelanggan. Dengan demikian produk-produk retail bisa termasuk produk jasa, hingga finance.

Bisnis finance adalah suatu bisnis jasa keuangan untuk para pelanggan. Dengan demikian, retail finance berarti bisnis jasa keuangan yang ditujukan langsung kepada pelanggannya. Varian dari produk-produk retail finance terdiri dari banking and insurance. Jika produk-produk retail perbankan adalah seperti deposito, tabungan, safe deposit, dan valuta asing, maka insurance itu sendiri memiliki berbagai macam varian produk seperti health insurance, education insurance, life insurance, asuransi kecelakaan, dsb.

Salah satu jenis produk asuransi yang penting untuk dimiliki adalah life insurance. Life insurance quotes memungkinkan sang pengguna atau customers  dijamin kehidupannya, dan tidak akan mengalami kesulitan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kini dengan adanya internet, kebutuhan life insurance akan lebih mudah didapatkan, dan pilihannya pun dapat lebih banyak, bahkan hingga lintas Negara sekalipun. Pelayanan financial berbasis internet lazimnya disebut online finance. Dengan online finance, para pelanggan dapat lebih leluasa untuk memilih life insurance dari penyedia-penyedia jasa di seluruh dunia.

Perlukah Anda Memiliki Asuransi Jiwa?

Views: 16

Apabila anda tentang perlunya asuransi, maka jawabannya adalah ya. Terlepas dari bentuk dan system asuransi itu seperti apa, yang pasti asuransi itu sangat penting. Asuransi ialah sebuah penjaminan untuk menanggung kerugian akibat dari suatu peristiwa atau musibah. Biasanya, meninggalnya seseorang yang tidak hanya meninggalkan kesedihan bagi keluarga, namun juga biasanya meninggalkan masalah finansial. Dan di saat seorang telah meninggal diusia yang masih produktif dan meninggalkan dua orang anak yang masih dalam usia sekolah, maka pertanggungan jiwa atau yang biasa di sebut asuransi bagi almarhum setidaknya akan bisa membantu mereka untuk tetap menatap masa depan berkat uang pertanggungan.

Begitu pula apabila seseorang telah sakit dan harus dirawat dalam jangka waktu yang cukup panjang dengan berbagai terapi yang telah memakan biaya, apabila si penderita tidak memiliki sebuah asuransi tentu hal ini akan bisa menjadi sebuah kesulitan tersendiri, dan pada akhirnya akan lebih menguras keuangan. Karenanya asuransi ini akan bisa di katakan penting. Karena suatu penyakit kadang-kadang akan datang dengan tanpa terduga dan bisa mengganggu rencana keuangan keluarga anda.

Dimanakah membeli asuransi?
Asuransi terdapat dimana-mana. Setiap Negara selalu terdapat perusahaan asuransi, baik itu perusahaan asuransi milik pemerintah atau milik swasta. Jika ada perusahaan penyedia asuransi, maka di Negara tersebut pun akan terdapat konsultan asuransi. Tujuan konsultan ini adalah untuk menenrangkan dan memandu anda dalam memilih asuransi terbaik untuk kehidupan anda. Tergantung anda tinggal dimana, maka anda bisa berkonsultasi tentang asuransi yang sesuai dengan kehendak anda di tempat anda tinggal.

Kapan Membeli Asuransi?
Asuransi data dibeli kapan saja, namun patut diingat bahwa usia akan terus bertambah tiada henti dan tidak dapat ditunda. Sebaiknya anda membeli life insurance secepatnya ketika anda masih muda. Semakin anda lebih muda membeli asuransi, maka nilai pertanggungan yang didapatkan akan lebih besar.

Bagaimana membeli asuransi?
Membeli asuransi sangatlah mudah, anda tinggal mengunjungi perusahaan asuransi yang menurut anda baik, dan memilih produk asuransi yang menurut anda tepat. Jika anda tidak berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan asuransi tersebut, maka anda bisa menghubungi agen asuransi seperti LIC India untuk bisa mengunjungi rumah anda.

Penting atau tidaknya sebuah system asuransi tergantung pada kondisi kebutuhan dari anda pribadi. Namun pada dasarnya selain untuk kebutuhan primer, setiap manusia membutuhkan suatu jaminan hidup, dan salah satu jaminan tersedia ialah asuransi jiwa. Namun sebenarnya tidak hanya itu, anda mungkin juga membutuhkan suatu jaminan untuk putra putri agar dapat meraih pendidikan yang layak, masa tua anda yang cukup nyaman dan juga tenang.

Menentukan atau memilih suatu produk asuransi bagi sebagian orang mungkin bukan merupakan suatu perkara yang mudah yang dapat dipelajari dalam waktu singkat. Untuk itulah konsultan asuransi hadir untuk membantu mereka dalam pemilihan asuransi yang tepat, serta penentuan pembayaran premi rutin yang tidak akan mengganggu biaya hidup sehari-hari anda.

Apakah bisnis real estate membutuhkan software aplikasi?

Views: 14

Meningkatnya persaingan usaha mengharuskan setiap perusahaan untuk memanfaatkan sumber dayanya secara optimal.  Dalam membuat keputusan strategis, para pengambil keputusan memerlukan decision support systems yang mampu mengolah dan menyajikan informasi mengenai kondisi perusahaan secara cepat, tepat dan systematis. Perusahaan perlu melakukan adopsi penggunaan teknologi informasi yang memungkinkan kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Produk-produk teknologi informasi yang dibuat harus dapat membuat pekerjaan menjadi semakin efektif dan efisien. Berencana mengembangkan bisnis real-estate anda di dunia online? mungkin ini sebuah solusi menarik! Anda dapat membuat software aplikasi real-estate melalui outsource software development. Kenapa harus outsource?

Pada prinsipnya tidak harus, jika anda memiliki kemampuan untuk membuat sendiri aplikasi tersebut. Akan tetapi jika anda tidak memiliki ilmu di dunia software development, mempekerjakan pembuatan software kepada pihak ketiga untuk pengembangan bisnis anda adalah tindakan yang tepat. Anda hanya tinggal meminta pembuatan sistem yang semua anda perlukan untuk sebuah website real estate. Untuk menjual, menyewakan, persewaan liburan, jenis property, foto tanpa ada batasan, lokasi, private area untuk penjual dan pembeli, newsletter dan masih banyak lagi.

Suatu perusahaan pengelola gedung atau mall misalnya, tentu harus memiliki suatu sistem aplikasi yang mendukung tujuan perusahaan dalam melakukan pengelolaan atas suatu unit baik itu gedung perkantoran, pusat perbelanjaan (mall) maupun unit tempat tinggal (apartemen, housing, town house). Sistem tersebut harus dapat terintegrasi dengan berbagai operasional pengelolaan gedung mulai dari pencatatan atas tenant/penyewa yang masuk, penentuan tarif untuk penagihan sewa, service charge, hingga pencatatan pemakaian utilitas (listrik, air, gas & Telephone) yang mana kemudian pencatatan tersebut dapat secara otomatis didistribusikan kepada masing-masing tenant / penyewa dalam bentuk tagihan / faktur.