Category Archives: finance

Apakah Bijak Meminjam Uang Untuk Liburan?

Liburan merupakan kegiatan konsumtif, yaitu kegiatan yang membuat neraca keuangan seseorang berkurang. Jelas sekali karena liburan membutuhkan uang untuk ‘dihamburkan’.  Artinya, berniat untuk melaksanakan liburan berarti harus merancang keuangan. Harus ada proses perhitungan terlebih dahulu mengenai dana yang disiapkan untuk berlibur. Perencanaan keuangan untukliburan sangat penting agar tidak terjadi krisi keuangan setelah melakukan liburan.

 Jika sudah membuat rencana budget untuk liburan, lalu dari mana dananya?

Pilihannya menabung atau meminjam uang? Jika menggunakan opsi pertama alias menabung, maka liburan baru bisa terlaksana jika jumlah uang di tabungan sesuai dengan budget untuk liburan. Akan tetapi jika menggunakan dana pinjaman, misalnya lewat skema kredit tanpa agunan, maka liburan dapat langsung terlaksana namun sepulangnya dari liburan anda harus siap-siap mendapat tagihan. Beda kasus jika liburan yang akan dilaksanakan adalah liburan yang “harus dilakukan”. Misalnya saja hendak menghadiri pesta pernikahan saudara kandung di Eropa atau Asia. Lantaran ini adalah suatu keharusan, maka opsi peminjaman uang untuk liburan bisa dilakukan.

 Sebetulnya ada solusi ketiga, yaitu penggabungan opsi pertama dan kedua, dimana dana untuk liburan diperoleh dari tabungan yang dimiliki ditambah dengan dana pinjaman. 

Apakah bijak menggunakan dana pinjaman untuk liburan?

Cukup banyak perencana keuangan yang mengingatkan agar berhati-hati dalam membiayai liburan. Sudah sering mereka mengungkapkan pernyataan,’jangan terlena untuk mengeluarkan budget liburan!’

Kuncinya adalah dana untuk keperluan berlibur ini harus tidak mengganggu cash flow rutin anda. Kenapa mesti memaksakan diri melakukan liburan jika pada akhirnya keadaan financial anda menjadi buruk.

Dalam kasus tertentu, meminjam uang utnuk liburan sah saja dilakukan sepanjang itu tidak membebani. Contoh kasus begini: Sudah hampir 3 tahun ke belakang anda mengumpulkan uang untuk berlibur ke suatu tempat yang menjadi favorit anda. Dan anda pun sudah menentukan waktu untuk berlibur bersama pasangan anda. Waktu yang ditentukan adalah waktu yang special karena untuk merayakan hari pernikahan anda. Akan tetapi ketika waktu yang telah ditentukan tiba, budget liburan anda tidak mencukupi. Ini bisa terjadi karena banyak factor, misalnya terjadi perubahan kurs mata uang, dana liburan pernah digunakan untuk kebutuhan mendesak atau yang lainnya. Lalu bagaimana solusinya agar pasangan kita tidak kecewa? Ya, solusinya adalah dengan melakukan peminjaman uang.

Liburan kadang memang perlu. Liburan adalah momen untuk memanjakan diri dan menghilangkan kepenatan beraktifitas. Tapi bagi yang merencanakan keuangan dengan baik, dia bakal menunda rencana itu ketimbang harus kehilangan uang yang tak perlu.

Memanfaatkan pinjaman uang untuk membiayai liburan akan terasa bebannya seusai liburan! Tiap bulan kita harus menyisihkan dana untuk membayar angsuran. Belum lagi angsuran itu ditambah dengan bunga. Perhitungan meminjam uang untuk liburan harus dilakukan secermat mungkin agar tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal. Kesalahan itu adalah jika nila pinjaman termasuk bunga justru melebihi budget liburan yang telah dikeluarkan. Saya pikir jika ini terjadi maka ini adalah sesuatu yang sangat konyol.

Sebisa mungkin utang pinjaman itu hanya untuk menutupi kekurangan dana, bukan seluruhnya! Dan usahakan pinjaman ke tempat lain misalnya jasa peminjaman uang online adalah opsi terakhir setelah gagal mendapat pinjaman dari teman, orangtua, atau cash bon kantor.

 

Perencanaan Keuangan Untuk Para Pelaut

Saya punya banyak teman yang berprofesi sebagai pelaut, baik itu pelaut kapal kargo, kapal  tanker, kapal penumpang, kapal pesiar, hingga kapal penangkap ikan. Ketika saya bertemu dengan mereka, mereka selalu bercerita mengenai kehidupan di atas kapal hingga pergaulannya ketika berada di darat. Cerita yang mereka sajikan sangat menarik untuk disimak, dan tentu saja sangat mengagumkan karena kebiasaannya hidup di lautan berbeda dengan kebiasaan orang-orang di darat, termasuk juga mengenai kebiasaan pengelolaan keuangan mereka.

 Dari pengalaman teman-teman pelaut saya, gaji yang mereka terima tergolong tinggi, bisa mencapai hampir US$2.000 setiap bulan, bahkan mungkin ada yang lebih untuk jabatan perwira kapal atau kapten kapal. Gaji sebesar itu sebenarnya dirasa cukup bahkan lebih untuk biaya hidup dirinya dan keluarganya. Namun beberapa diantara mereka ada yang mengeluh karena gaji yang mereka terima selalu habis ketika mereka turun ke darat, dan mereka tidak memiliki apa-apa ketika kontrak kerja laut selesai. Mengapa demikian?

 Pelaut rata-rata bekerja setidaknya minimal stau minggu di atas kapal, ada pula yang hampir tiga bulan di tengah lautan. Bahkan mungkin untuk kapal penangkap ikan bisa lebih dari itu. Selama mereka di tengah lautan, mereka berada di lingkungan yang serba terbatas. Menu makanan yang membosankan, hiburan apa adanya, hingga pekerjaan yang sangat membutuhkan kewaspadaan dan kerja keras tingkat tinggi. Oleh karena itu ketika mereka turun ke darat, mereka akan mencurahkan keinginannya yang terpendam selama berada dilaut. Ketika turun ke darat, dengan uang banyak di kantongnya, mereka terbiasa berbelanja sesuka hati, makan apapun yang mereka mau, hingga mencari hiburan-hiburan yang selama dilaut tidak mereka rasakan. Hingga tak terduga uang mereka habis tak berbekas, tidak ada simpanan, tidak ada pula kiriman untuk keluarga.

 Misalnya anda adalah seorang pelaut memiliki gaji sebesar US$300 per bulan. Jika masa berlayar anda adalah 4 bulan, maka anda akan membawa uang sebanyak US$1,200 ketika mereka turun ke darat 4 bulan kemudian. Dan saya yakin uang sebanyak itu bisa langsung habis dalam waktu seminggu di darat sebagai akibat kejenuhan di tengah laut. Akhir yang sungguh menyedihkan! Kerja berat namun tiada hasil.

 Oleh karena itu pengelolaan keuangan seorang pelaut adalah hal yang sangat penting dilakukan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Dan pengelolaan keuangan ini sangat sederhana namun harus konsisten dalam pelaksanaannya.

 Jika anda seorang pelaut yang memiliki gaji sebesar US$300 per bulan, kontrak kerja 1 tahun, dan lama berada di tengah laut adalah 4 bulan, maka berikut adalah cara yang sederhana untuk mengelola keuangannya.

  1. Sisihkan US$100 setiap bulan di perusahaan tempat anda bekerja. Mintalah pihak perusahaan untuk secara otomatis menyimpan uang anda sebesar US$100 per bulan.
  2. Mintalah perusahaan tempat anda bekerja untuk mengirimkan US$100 dari gaji anda untuk dikirimkan kepada keluarga anda di rumah, apakah itu orang tua, saudara, atau istri anda.
  3. Minta agar perusahaan mengirimkan US$100 sisa gaji anda ke rekening pribadi anda.

Dengan pengaturan demikian, maka ketika anda turun ke darat 4 bulan kemudian, anda hanya mengantongi US$400 di kantong anda. Itulah uang yang bisa anda gunakan untuk berfoya-foya menghibur diri. Terserah anda mau habiskan seluruhnya atau tidak, namun yang pasti anda tidak akan kebingungan ketika kontrak kerja anda habis. Setahun kemudian jika ada tidak mau memperpanjang kontrak, maka setidaknya anda sudah membiayai hidup keluarga anda di rumah sebesar US$1.200 selama satu tahun, dan anda masih punya simpanan di perusahaan anda sebanyak  US$1.200.

 Jika anda masih ingin meneruskan kerja di laut, maka uang simpanan ini bisa anda gunakan untuk modal investasi misalnya membeli saham, obligasi, ataupun didepositokan di bank. Jika anda tidak ingin meneruskan kerja dilaut, maka uang simpanan itu bisa anda gunakan sebagai modal awal untuk membuka suatu bisnis kecil-kecilan, misalnya saja membuka suatu toko retail. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah tekun dalam pengelolaannya sambil belajar cara-cara bisnis toko retail melalui internet.

5 Tahapan Financial Freedom Dan Bagaimana Cara Mempercepat Prosesnya

Financial freedom adalah momen saat kita bisa duduk santai di serambi rumah tiap sore, sementara income yang memadai terus datang mengalir tanpa perlu bekerja keras. Financial freedom adalah saat kita tak perlu lagi bekerja sejak fajar hingga petang, namun penghasilan yang melimpah tetap datang dengan lancar. Kondisi financial freedom mungkin menjadi sejenis tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Sebab dalam kondisi ini, kita tak lagi bekerja penuh letih mengejar uang

Kondisi financial freedom bersifat bahwa uang yang bekerja keras untuk kita; sementara kita bebas jalan-jalan menikmati wisata kuliner atau membangun keluarga. Namun tentu saja tak mudah mencapai tahapan financial freedom. Hanya orang-orang dengan mindset positif dan keteguhan hati yang bisa menembusnya. Sebab ada lima tahapan kunci yang perlu didaki agar kita bisa mencapai puncak tangga financial freedom, yaitu :

  1. Financial defisit : dimana penghasilan seseorang atau keuangan yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya.
  2. Financial sufficient : yaitu dimana seseorang memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun ia tidak memiliki cadangan keuangan. Bahkan untuk berinvestasi sekalipun.
  3. Financial saving: pada tahapan ini, seseorang mulai menyisihkan beberapa persen penghasilannya untuk ditabung atau diinvestasikan.
  4. Financial harvesting: Pada tahapan ini, seseorang sudah mulai menikmati hasil dari uang yang diinvestasikannya. Hasil dari investasi ini bisa digunakan untuk pengembangan investasi yang lain atau untuk pemenuhan kebutuhan dirinya yang lain.
  5. Financial freedom: Inilah hasil akhir dari kondisi keuangan seseorang, dimana semua investasi yang dimilikinya dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya bahkan jika ia tidak bekerja sekalipun.

Memang tidak mudah untuk mencapai financial freedom, bahkan proses-nya pun dapat berlaku sangat panjang. Memahami dan belajar mengenai cara-cara untuk memperoleh financial freedom ini dapat membantu mempercepat proses tersebut. Lebih bagus lagi adalah jika dalam proses menuju financial freedom ini anda ditemani oleh mentor yang ahli dalam hal financial freedom.

Profesi Network Marketing dan Kebebasan Financial

Network marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing yang sangat jitu dalam peningkatan penjualan suatu produk. Pada dasarnya network marketing adalah metode penjualan langsung, dimana agen independen berfungsi sebagai distributor barang. Distributor ini membangun jaringan penjualan, mengelola jaringan penjualan, dan menjual produk di jaringan penjualan tersebut.

Network marketing disebut sebagai multilevel marketing atau pemasaran seluler karena tingkat agen distributor dalam rantai downline untuk membangun lebih banyak penjualan. Ini adalah industri multi-miliar dolar di seluruh dunia yang mendistribusikan hampir semua item portabel. Para agen diharapkan dapat merekrut lebih banyak agen baru sehingga income mereka menjadi semakin besar.

Seiring dengan kemajuan teknologi serta  dominasi internet di setiap sisi kehidupan manusia, maka network marketing berkembang menjadi apa yang dinamakan online marketing. Merekrut agen baru tidak perlu lagi dengan cara bertatap muka langsung, hanya dengan mengandalkan social media, atau e-mail saja agen baru sudah dapat direkrut.

Profesi network marketer memungkinkan seseorang untuk memperoleh penghasilan yang tidak terbatas asalkan dapat memenuhi criteria sebagai berikut, yaitu :

  1. Pemilihan perusahaan atau produk yang tepat
  2. Memperoleh pelatih atau pembimbing yang tepat
  3. Mampu mempelajari pasar
  4. Sabar dalam membangun jaringan

Network marketer tidak digaji, penghasilan orang yang berprofesi sebagai network marketer adalah dari komisi penjualan dan bonus dari perekrutan agen baru. Semakin banyak agen yang direkrutnya, maka semakin banyak jaringan yang dibangun, dan pada akhirnya ia akan semakin banyak memperoleh income. Hebatnya profesi ini adalah bahwa ketika jaringan sudah bertumbuh, ia sudah tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari agen baru. Ia tidak perlu berangkat ke kantor, ia hanya cukup tinggal di rumah dan menjadikan jaringan yang dimilikinya tersebut sebagai home business bagi dirinya. Bahkan hanya dengan duduk santai pun ia sudah akan selalu menerima penghasilan. Pada akhirnya, melalui network marketing, uang akan bekerja untuknya.  Ketika uang sudah bekerja untuk dirinya, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia telah semakin dekat dengan kebebasan financial.

Retail Jasa Keuangan

Jika kita membahas istilah retail,maka kita cenderung berasumsi bahwa retail itu adalah suatu bisnis yang menjual produk-produk fisik. Padahal sebetulnya retail itu tidak hanya berbicara tentang produk-produk fisik. Dalam definisinya sendiri retail adalah suatu bisnis yang menjual produk secara eceran yang ditujukan langsung kepada para pelanggan. Dengan demikian produk-produk retail bisa termasuk produk jasa, hingga finance.

Bisnis finance adalah suatu bisnis jasa keuangan untuk para pelanggan. Dengan demikian, retail finance berarti bisnis jasa keuangan yang ditujukan langsung kepada pelanggannya. Varian dari produk-produk retail finance terdiri dari banking and insurance. Jika produk-produk retail perbankan adalah seperti deposito, tabungan, safe deposit, dan valuta asing, maka insurance itu sendiri memiliki berbagai macam varian produk seperti health insurance, education insurance, life insurance, asuransi kecelakaan, dsb.

Salah satu jenis produk asuransi yang penting untuk dimiliki adalah life insurance. Life insurance quotes memungkinkan sang pengguna atau customers  dijamin kehidupannya, dan tidak akan mengalami kesulitan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kini dengan adanya internet, kebutuhan life insurance akan lebih mudah didapatkan, dan pilihannya pun dapat lebih banyak, bahkan hingga lintas Negara sekalipun. Pelayanan financial berbasis internet lazimnya disebut online finance. Dengan online finance, para pelanggan dapat lebih leluasa untuk memilih life insurance dari penyedia-penyedia jasa di seluruh dunia.

Perlukah Anda Memiliki Asuransi Jiwa?

Apabila anda tentang perlunya asuransi, maka jawabannya adalah ya. Terlepas dari bentuk dan system asuransi itu seperti apa, yang pasti asuransi itu sangat penting. Asuransi ialah sebuah penjaminan untuk menanggung kerugian akibat dari suatu peristiwa atau musibah. Biasanya, meninggalnya seseorang yang tidak hanya meninggalkan kesedihan bagi keluarga, namun juga biasanya meninggalkan masalah finansial. Dan di saat seorang telah meninggal diusia yang masih produktif dan meninggalkan dua orang anak yang masih dalam usia sekolah, maka pertanggungan jiwa atau yang biasa di sebut asuransi bagi almarhum setidaknya akan bisa membantu mereka untuk tetap menatap masa depan berkat uang pertanggungan.

Begitu pula apabila seseorang telah sakit dan harus dirawat dalam jangka waktu yang cukup panjang dengan berbagai terapi yang telah memakan biaya, apabila si penderita tidak memiliki sebuah asuransi tentu hal ini akan bisa menjadi sebuah kesulitan tersendiri, dan pada akhirnya akan lebih menguras keuangan. Karenanya asuransi ini akan bisa di katakan penting. Karena suatu penyakit kadang-kadang akan datang dengan tanpa terduga dan bisa mengganggu rencana keuangan keluarga anda.

Dimanakah membeli asuransi?
Asuransi terdapat dimana-mana. Setiap Negara selalu terdapat perusahaan asuransi, baik itu perusahaan asuransi milik pemerintah atau milik swasta. Jika ada perusahaan penyedia asuransi, maka di Negara tersebut pun akan terdapat konsultan asuransi. Tujuan konsultan ini adalah untuk menenrangkan dan memandu anda dalam memilih asuransi terbaik untuk kehidupan anda. Tergantung anda tinggal dimana, maka anda bisa berkonsultasi tentang asuransi yang sesuai dengan kehendak anda di tempat anda tinggal.

Kapan Membeli Asuransi?
Asuransi data dibeli kapan saja, namun patut diingat bahwa usia akan terus bertambah tiada henti dan tidak dapat ditunda. Sebaiknya anda membeli life insurance secepatnya ketika anda masih muda. Semakin anda lebih muda membeli asuransi, maka nilai pertanggungan yang didapatkan akan lebih besar.

Bagaimana membeli asuransi?
Membeli asuransi sangatlah mudah, anda tinggal mengunjungi perusahaan asuransi yang menurut anda baik, dan memilih produk asuransi yang menurut anda tepat. Jika anda tidak berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan asuransi tersebut, maka anda bisa menghubungi agen asuransi seperti LIC India untuk bisa mengunjungi rumah anda.

Penting atau tidaknya sebuah system asuransi tergantung pada kondisi kebutuhan dari anda pribadi. Namun pada dasarnya selain untuk kebutuhan primer, setiap manusia membutuhkan suatu jaminan hidup, dan salah satu jaminan tersedia ialah asuransi jiwa. Namun sebenarnya tidak hanya itu, anda mungkin juga membutuhkan suatu jaminan untuk putra putri agar dapat meraih pendidikan yang layak, masa tua anda yang cukup nyaman dan juga tenang.

Menentukan atau memilih suatu produk asuransi bagi sebagian orang mungkin bukan merupakan suatu perkara yang mudah yang dapat dipelajari dalam waktu singkat. Untuk itulah konsultan asuransi hadir untuk membantu mereka dalam pemilihan asuransi yang tepat, serta penentuan pembayaran premi rutin yang tidak akan mengganggu biaya hidup sehari-hari anda.

Apakah bisnis real estate membutuhkan software aplikasi?

Meningkatnya persaingan usaha mengharuskan setiap perusahaan untuk memanfaatkan sumber dayanya secara optimal.  Dalam membuat keputusan strategis, para pengambil keputusan memerlukan decision support systems yang mampu mengolah dan menyajikan informasi mengenai kondisi perusahaan secara cepat, tepat dan systematis. Perusahaan perlu melakukan adopsi penggunaan teknologi informasi yang memungkinkan kebutuhan tersebut dapat dipenuhi. Produk-produk teknologi informasi yang dibuat harus dapat membuat pekerjaan menjadi semakin efektif dan efisien. Berencana mengembangkan bisnis real-estate anda di dunia online? mungkin ini sebuah solusi menarik! Anda dapat membuat software aplikasi real-estate melalui outsource software development. Kenapa harus outsource?

Pada prinsipnya tidak harus, jika anda memiliki kemampuan untuk membuat sendiri aplikasi tersebut. Akan tetapi jika anda tidak memiliki ilmu di dunia software development, mempekerjakan pembuatan software kepada pihak ketiga untuk pengembangan bisnis anda adalah tindakan yang tepat. Anda hanya tinggal meminta pembuatan sistem yang semua anda perlukan untuk sebuah website real estate. Untuk menjual, menyewakan, persewaan liburan, jenis property, foto tanpa ada batasan, lokasi, private area untuk penjual dan pembeli, newsletter dan masih banyak lagi.

Suatu perusahaan pengelola gedung atau mall misalnya, tentu harus memiliki suatu sistem aplikasi yang mendukung tujuan perusahaan dalam melakukan pengelolaan atas suatu unit baik itu gedung perkantoran, pusat perbelanjaan (mall) maupun unit tempat tinggal (apartemen, housing, town house). Sistem tersebut harus dapat terintegrasi dengan berbagai operasional pengelolaan gedung mulai dari pencatatan atas tenant/penyewa yang masuk, penentuan tarif untuk penagihan sewa, service charge, hingga pencatatan pemakaian utilitas (listrik, air, gas & Telephone) yang mana kemudian pencatatan tersebut dapat secara otomatis didistribusikan kepada masing-masing tenant / penyewa dalam bentuk tagihan / faktur.

Proses Belajar Trading Untuk Memaksimalkan Pengelolaan Investasi Keuangan

Mengelola investasi keuangan khususnya yang bersifat derivative diperlukan pengetahuan dan metode yang tepat sehingga investasi bisa memberikan keuntungan yang lebih baik. Itulah sebabnya bagi anda yang masih baru atau belum memiliki pengetahuan mumpuni dalam pengelolaan inevestasi keuangan derivative, sebaiknya anda belajar dahulu mengenai trading. Tujuan proses belajar trading ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk memaksimalkan pengelolaan investasi dengan cara tepat dan aman. Amatilah Anyoption Video ini untuk mengetahui gambaran umum tentang bisnis trading.

Produk-produk keuangan derivative seperti stock index future atau forex memang membutuhkan kejelian dan keahlian khusus untuk melakukan analisa pasar sebelum masa trading. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para investor atau trader sehingga anda akan mendapatkan tingkat keuntungan yang lebih baik. Mengembangkan investasi keuangan melalui produk-produk derivative memang membutuhkan metode analisa pasar, pemahaman metatrader, dan lain sebagainya untuk memudahkan dalam pengelolaannya. shay ben asulin adalah contoh sukses dari sekian banyak orang yang melakukan pengelolaan investasi keuangan.

Perlu anda ketahui  bahwa ada beberapa platform trading yang saata ini berlaku, salah satunya adalah anyoption. Anyoption merupakan binary option trading platform yang mengedepankan 2 fungsi pokok, yaitu up atau down. Jadi, jika fluktuasi harga semakin tinggi maka keuntungan yang didapatkan juga akan lebih tinggi. Untuk melihat itu semua, maka anda perlu membekali diri dengan pengetahuan dan perangkat lain untuk melakukan analisa pasar. Perangkat yang bisa digunakan untuk hal ini adalah perangkat mobile atau selular yang bisa terkoneksi dengan internet.

Demi mendukung itu semua, www.crunchbase.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin memahami lebih dalam mengenai apa itu anyoption dan cara penggunaannya. Bahkan untuk mewujudkan hal ini, untuk mendukung proses belajar trading, perusahaan memberikan pelatihan penguasaan anyoption. Mengingat besarnya peran trading sebagai salah satu pembebas financial seseorang yang terbaik di dunia ini, maka tidak heran jika pemahaman yang baik untuk menggunakannya memang sangat diperlukan.

Masih ada pelatihan lain yang tidak kalah penting untuk diikuti yaitu pelatihan analisa pasar baik yang fundamental ataupun teknikal. Hal ini merupakan modal yang sangat penting untuk membantu anda melakukan analisa pasar sebelum melakukan trading. Dalam melakukan analisa pasar yang tepat, memang diperlukan pengetahuan mengenai metode yang tepat serta memahami faktor-faktor yang mungkin juga mempengaruhi perkembangan pasar. Tujuan proses belajar trading ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memahami lebih lebih mengenai faktor-faktor pendukung pengelolaan investasi.

Pengendalian Keuangan: Alternative Pembelian Barang

Belanja segala sesuatu yang kita butuhkan adalah hal yang wajar. Tetapi mengeluarkan uang untuk sesuatu yang kurang penting akan membawa kepada kebiasaan yang komsumtif dan berujung pada kebangkrutan. Ada cara yang efektif untuk menekan pengeluaran uang, yaitu dengan mencari produk alternative.

Jika anda menyukai produk-produk bermerk, itu hal yang lumrah, sebab semua orang akan menyukai produk bermerk terkenal. Akan tetapi tentu kita haru mengaca diri terhadap kondisi keuangan anda. Produk bermerk terkenal tentu berharga mahal. Contoh jam tangan. Jam tangan adalah termasuk kebutuhan sekunder. Walaupun termasuk kebutuhan sekunder, jam tagan bermerk dapat berharga puluhan ribu dollar, dan ini dapat menguras habis keuangan anda, apalagi jika anda memiliki banyak utang atau orang yang tergolong kelas menengah. Cara alternative agar anda tetap bergaya menggunakan jam tangan namun hemat adalah dengan membeli cheap replica watches.

Ada banyak jam tangan bermerk yang dibuatkan replikanya, seperti replica cartier watches atau fake rolex watches for sale. Berbagai pilihan produk alternative yang tersedia akan dapat membantu anda dalam pengelolaan keuangan anda namun tetap bergaya seperti layaknya kaum orang kaya.

Ini adalah suatu pilihan, sebab anda sendiri yang meraskan kebutuhan anda, dan anda sendiri yang dapat mengendalikan uang anda. Bukan orang lain. Satu hal yang pasti adalah bahwa hidup akan menjadi menyenangkan jika segala kebutuhan termasuk prestige terpenuhi dan tabungan tetap kita miliki.

Upah Minimum Propinsi Naik, Tapi Itu Tidak Akan Pernah Cukup

Pada ranggal 1 november 2013, pemerinrtah pusat mewajibkan kepada seluruh pemerintah daerah untuk mengumunkan UMP tahun 2014 pada tanggal tersebut. Akibat dari kebijakan itu, beberapa propinsi telah menetapkan UMP tahun 2014, salah satunya adalah DKI Jakarta.
UMP DKI Jakarta sekarang adalah Rp.2.400.000, naik 9% dari sebelumnya yang hanya sebesar Rp.2.200.000. Kenaikan tertinggi dimiliki oleh propinsi bengkulu yang naik 45% dari Rp.930.000 menjadi Rp.1.350.000.
Kenaikan upah buruh adalah harapan besar bagi setiap pekerja di Indonesia. Dengan adanya kenaikan upah ini, mereka berharap dapat meningkatkan derajat hidupnya dan bisa membeli lebih banyak keinginan.
Namun kenyataannya adalah sebaliknya. Berapapun kenaikan upah buruh, hal ini tidak akan menaikan derajat mereka. Sebab setiap kenaikan upah tentu juga akan diikuti oleh kenaikan harga barang produksi. Ini berarti permasalahan kenaikan upah buruh akan selalu sama setiap tahun.  Buruh akan tetap sama di posisinya, karena masalah buruh adalah komplek, bukan hanya soal upah semata. Masalah buruh menyangkut tentang pendidikan, kesehatan, pola pikir, atau karakter. Jadi, berapapun naiknya upah, hal tersebut tidak akan pernah cukup.