Category Archives: Komunikasi

5 Tips Cara Memberikan Presentasi Dengan Powerpoint Yang Wajib Anda Ketahui

Jika lima tips ini Anda lakukan, Anda akan dapat menampilkan presentasi Anda dengan lebih efektif, lebih menarik dan berkesan untuk audiens Anda.

Apa saja tips tersebut, silakan Anda simak ulasannya.

1. Sebelum tampil jangan lupa lakukan cek peralatan

Ini sangat penting Anda lakukan.

Tujuannya adalah supaya saat Anda tampil Anda bisa menghindari adanya kesalahan teknis yang bisa mengganggu jalannya presentasi.

Saran saya, ada tiga alat utama yang harus Anda cek.

Pertama, adalah leptop. Pastikan leptop Anda sudah Anda setting dengan cara yang benar.

Kedua adalah LCD proyektor. Seperti yang sudah Anda ketahui tanpa LCD Anda tidak akan bisa menampilkan slideshow presentasi Anda. Karena itu LCD yang akan Anda gunakan juga harus Anda cek.

Bagaimana gambarnya, buramkah atau malah warnanya tidak sama dengan warna asli dari slide Anda. Kalau misalnya Anda menemukan masalah seperti di atas segera ganti LCD dengan yang lebih baik.

Ketiga, remote presentasi.

2. Saat tampil manfaatkan fitur presenter view

Presenter view adalah salah satu fitur dari powerpoint yang memungkinkan kita melihat slide presentasi kita, melihat urutan slide presentasi kita, melihat catatan presentasi kita di layar monitor leptop sementara audiens hanya melihat slide presentasi Anda di layar monitor.

Dengan membuat presenter view kita seperti memiliki sebuah telepromter yang bisa kita lihat seandainya kita lupa posisi slide, urutan slide atau pun materi presentasi. Sedangkan audiens tidak melihat hal tersebut.

Selain itu dengan presenter view akan membuat Anda tidak perlu bolak-balik badan untuk melihat slide presentasi Anda.

Dengan demikian penampilan Anda akan lebih baik dan lebih percaya diri.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur presenter view?

Sudah saya jelaskan dalam video yang sudah bisa Anda download di member area bersama puluhan video tutorial lainnya saat Anda beli Great presentation Design Pack.

Tapi ingat jika Anda mengaktifkan fitur presenter view ini pastikan saat Anda presentasi Anda bisa meletakkan leptop yang Anda gunakan di depan atau disamping depan diri Anda. Ini supaya ketika Anda butuh melihat catatan atau melihat alur dari slide Anda, dengan mudah Anda bisa melihatnya.

3. Kontrol jalannya slide Anda dengan remote presenter

Saya harap Anda sudah punya yang namanya remote presenter.

Karena ini alat yang sangat fital untuk mengontrol jalannya presentasi.

Saya pribadi, selalu menggunakan alat ini, karena benar-benar ngebantu banget saat saya presentasi.

Mau dari mana pun saya berdiri saya bisa memindah slide tanpa harus mendekati meja tempat dimana leptop saya letakkan.

Kan bisa minta bantuan teman pak?

Memang bisa sih, cuma agak mengkhawatirkan.

Karena yang sering terjadi presenter ngomong ini, eh malah slide yang tampil beda.

Pokoknya gak rekomended banget lah.

Kalau bisa jangan gunakan pihak ketiga, mending pakai remote saja.

Saran saya kalau Anda belum punya investasikan sedikit uang untuk membelinya.

4. Hindari terlalu sering melihat ke layar

Saya tidak sekali dua kali ya, melihat presenter yang sebenarnya sudah menggunakan slide bagus. Teksnya ringkas dengan gambar yang juga menarik perhatian. Tapi masih ada saja lo yang saat bicara malah melihat gambar pada slide mereka.

Dan kalau Anda pernah melihat yang demikian atau malah Anda sendiri juga masih melakukannya, maka masalahnya hanya satu. Itu dikarenakan kebiasaan yang sering dilakukan sebelumnya.

Atau kalau boleh saya pertegas, karena dulu mungkin sering menggunakan slide yang penuh teks dan sering presentasi dengan membaca akhirnya setelah mengunakan slide yang sudah baik pun kebiasaan tersebut masih terbawa.

Karena itulah saran saya, cobalah sering-sering berlatih. Kemudian saat tampil selalu sadari apa saja yang Anda lakukan. Dengan demikian Anda akan bisa meminimalisir melihat tampilan layar.

Apakah itu berarti tidak boleh sama sekali melihat layar?

Tentu saja boleh, kalau misalnya Anda ingin menunjukkan sesuatu pada slide Anda, yang memang perlu Anda perlihatkan Anda memang harus menghadap pada layar.

Hanya saja kalau sudah ya harus segera kembali ke audiens Anda.

Dan kalau tidak sedang ingin menunjukkan sesuatu pada layar, lihat layar Anda sekilas saja.

Kemudian segera langsung arahkan pandangan ke audiens Anda.

5. Optimalkan penggunaan tombol B pada remote atau leptop Anda

Ini yang terakhir, sebuah teknik yang sangat mudah namun tidak banyak presenter yang mengoptimalkannya yaitu tombol B.

Memang ada apa sih dengan tombol B?

Jadi begini dalam presentasi terkadang kita itu perlu mematikan layar, di saat kita ingin audiens fokus dengan apa yang akan kita sampaikan.

Atau misalnya saat kita ingin berpindah tempat sedangkan proyektor di tempatkan terlalu rendah sehingga saat kita melewati cahaya proyektor bayangan kita akan muncul di layar.

Dalam situasi yang semacam mematikan layar juga merupakan cara yang bijak.

Nah itulah fungsi tombol B, yaitu untuk mematikan layar Anda.

Percayalah meski ini sepele namun jika bisa Anda optimalkan presentasi powerpoint yang akan Anda bawakan akan terlihat berkelas.

Baik, itulah tadi 5tips membawakan presentasi powerpoint untuk hasil yang lebih baik.

Saya ulangi 5 tips tersebut adalah:

Cek peralatan

Aktifkan fitur presenter view

Gunakan remote presenter

Hindari terlalu sering melihat ke layar

Optimalkan penggunaan tombol B untuk mematikan layar

Silakan Anda terapkan untuk presentasi powerpoint Anda berikutnya.

Kenapa Komunikasi Bisnis Harus Bebas Tapi Aman

Media komunikasi, tepatnya gadget komunikasi seperti handphone, telepon, PC tablet dan smartphone tak ubahnya menjadi mesin uang yang berharga bagi para businessman zaman sekarang. Memang, dalam era globalisasi dan modernisasi saat ini, banyak pelaku bisnis yang tak bisa lepas atau jauh sedetikpun dari alat komunikasi tersebut diatas. Bahkan, semakin berkembangnya teknologi, semakin tinggi ketergantungan para pelaku bisnis ini kepada aplikasi teknologi komunikasi.

 Berhubung semakin banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan gadget canggih untuk berkomunikasi, maka factor security menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam komunikasi bisnis. Semua businessman butuh komunikasi yang bebas seharian tapi juga aman dalam melakukannya. Sudah dapat difahami bersama, bahwa setiap bisnis pasti memiliki rahasia-rahasia bisnis baik dalam bentuk file maupun conversation. Karena itu internet instant messaging haruslah terenkripsi dengan baik, sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang dapat decrypt and read the message. Adalah terlalu beresiko jika komunikasi bisnis atau pengiriman message menggunakan public messanger seperti dari yahoo atau google, bahkan mungkin tampaknya tidak elegan pula jika bisnis menggunakan fasilitas public.

 Seperti dikatakan diawal, bahwa semakin berkembang suatu teknologi, maka ketergantungan akan suatu gadget teknologi akan semakin tinggi. Hal ini sangat jelas dirasakan oleh para pelaku bisnis. Beberapa tahun ke belakang, komunikasi para pelaku bisnis sangat tergantung pada Blackberry Messanger (BBM). Seolah-olah tanpa BBM maka bisnis tidak akan berjalan. Karena itulah setiap pelaku bisnis pada waktu itu memiliki gadget Blackberry di kantong celananya. Kini hal itu tergantikan dengan kehadiran smartphone android. Untuk melakukan komunikasi bisnis, maka para pelaku bisnis ini menggunakan smartphone android dimana didalamnya terdapat encrypted chat app yang menjamin kerahasiaan komunikasi bisnis.

 Komunikasi bebas seharian yang dibutuhkan businessman ini sangat erat hubungannya dengan aliran kas masuk bagi perusahaan mereka, persaingan dengan competitor, serta kerahasiaan proyek bisnis. Tanpa komunikasi yang bebas, tentu saja kelancaran transaksi bisnis juga dapat terhambat. Maka dari itu, para businessman butuh android messanger yang bisa memenuhi kebutuhan mereka setiap saat dan pada saat yang sama dapat menjamin keamanan komunikasi tanpa ada ketakutan conversation tersebur disadap, dibajak, atau dicuri. Jadi, esensi komunikasi bebas seharian dalam bisnis adalah kelancaran dan keamanan komunikasi bisnis antara pelaku bisnis dengan para klien sebagai bentuk pelayanan prima yang dapat mencapai tujuan perusahaan.

3 Keunggulan Kompetitif Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Penjual

Seorang wiraniaga percaya bahwa produk atau layanan dari perusahaan tempat mereka bekerja memiliki keunggulan dan menjadikan alat pembeda serta alasan bagi konsumen atau konsumen untuk membeli. Ini memang benar, namun demikian sebetulnya ada hal yang lebih menarik dan penting mengapa konsumen bersedia membeli suatu produk yang ditawarkan. Dan ini sebetulnya dilihat dari sudut pandang konsumen, bukan perusahaan atau wiraniaga.

Salah satu alasan mengapa klien akan membeli adalah karena interaksi langsung dengan penjual. Jika Anda lebih kompeten daripada penjual pesaing Anda, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan ini tidak dapat ditiru oleh suatu produk atau jasa dalam waktu singkat.

Keunggulan ini sebenarnya adalah keunggulan yang ada dalam diri si penjual. Beberapa orang mengatakan bahwa keterampilan ini adalah suatu bakat yang dianugerahkan Tuhan, dan beberapa mengatakan bahwa keahlian ini bias dilatih. Keunggulan inilah yang dapat menentukan apakah si penjual dapat sukses menjual produk dagangannya atau tidak.

Keungggulan-keunggulan kompetitif tersebut adalah:

1. Komunikasi

Faktor komunikasi sangat berperan penting dalam tahapan presentasi suatu produk kepada klien. Kecakapan dalam berbicara, kemampuan mengendalikan audiens, serta kemampuan dalam transformasi sautu pertanyaan klien menjadi persetujuan untuk bertransaksi adalah bagian-bagian dari keunggulan komunikasi seorang penjual.

2. Empati

Ada kalanya, bahkan mungkin dapat dikatakan bahwa sebagian besar wiraniaga tidak peduli akan keadaan konsumen yang sebenarnya. Yang penting bagi mereka adalah proses transaksi yang dapat mempercepat target penjualan. Padahal, ketika seorang penjual memiliki rasa empati yang tinggi, maka ia akan memiliki ikatan hati dengan pelanggannya. Ia akan memahami masalah-masalah yang dimilikioleh seorang klien, dan ia akan dengan tulus membantunya dengan menggunakan produk yang ia miliki. Pada akhirnya, si penjual yang memiliki empati ini akan memperoleh pelanggan yang setia. Prinsipnya, empati berujung pada pelayanan. Bandingkan dengan penjual yang tidak memiliki empati, kemungkinannya hanya 2; gagal bertransaksi atau bertransaksi hanya sekali saja.

3. Kepribadian

Seorang penjual yang tidak sabaran, atau emosional akan cenderung mengalami kegagalan dalam menjual. Bahkan lebih jauh lagi, mungkin ia akan tidak bertahan lama menjadi seorang penjual. Tetapi jika ia adalah orang yang sabar, maka ia akan memperoleh keberhasilan yang luar biasa dalam menjual suatu brang. Mungkin saja ini membutuhkan waktu yang lama, sebab transaksi mungkin terjadi tidak pada waktu itu. Namun kesabaran yang ia miliki justru membuahkan hasilnya di masa yang dating, bahkan mungkin tanpa diduga sebelumnya.

Itulah 3 keunggulan kompetitif yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penjual yang sukses. Apapun bisnisnya, jika ia memiliki 3 keunggulan ini maka saya yakin ia akan dapat meraih kesuksesan di masa mendatang.

Aplikasi Android Yang Harus Ada Di Smartphone Pebisnis

Saat ini, smartphone merupakan alat komunikasi yang paling mumpuni untuk segala aktivitas. Hampir semua orang kini memiliki smartphone di dalam sakunya. Pun tidak terkecuali seorang pebisnis. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa seorang pebisnis akan sangat merasa kesusahan dalam beraktivitas jika smartphone tidak ia bawa kemana ia pergi. Dengan kata lain, pebisnis sudah sangat ketergantungan terhadap smartphone ini. Apakah ini salah? Tidak, justru sebaliknya keberadaan smartphone ini akan mempermudah pekerjaan dan mengefisiensikan segala hal, serta memgefektifkan operasional bisnis.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang biasanya ada di smartphone seorang pebisnis yang menyebabkan mereka menjadi sangat ketergantungan terhadap alat ini.

1. Email

Aplikasi email pada smartphone memungkinkan seorang pebisnis untuk dapat segera menerima informasi penting walau pada saat di dalam mobil sekalipun.

2. Aplikasi internet banking.

Tentu saja ini adalah aplikasi yang super penting. Tanpa aplikasi ini, bisa jadi order beromzet jutaan atau proyek bernilai besar bisa gagal terwujud hanya gara-gara transfer uang. Dan sudah dipastikan bahwa setiap banv besar pasti menyediakan aplikasi ini untuk para nasabahnya.

3. Aplikasi berita

Pebisnis tidak lepas dari informasi. Informasi ini sangat penting karena dapat mempengaruhi keputusan kebijakan yang dibuat. Aplikasi berita terbaik yang biasa di pasang di smartphone adalah kompas, detii, jakarta post, dan media indonesia. Untuk berita luar negeri adalah CNN, Bloomberg, atau Channel News Asia.

4. Browser

Browser yang digunakan bisa Mozilla Firefox atau Google Chrome. Ini adalah untuk menelusuri dunia internet melalui smartphone.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa diinstall di smartphone untuk bisnis, namun itu semua sangatlah tergantung pada penggunanya. Bisa jadi aplikasi yanng dipasang seseorang tidak akan dipakai oleh orang lain. Seperti halnya saya, saya memasang aplikasi rss feed di smartphone saya karena kebutuhan bisnis saya memerlukan itu. Keempat aplikasi tersebut diatas adalah aplikasi yang umum terpasang di setiap pebisnis, yang membedakan mungkin produknya saja. Midalnya jika saya menggunakan browser mozilla dan aplikasi BRI internet banking, mungkin orang lain akan lebih suka menggunakan Google Chrome dan aplikasi mobile BCA.

Lalu dimanakah kita bisa menginstall berbagai aplikasi untuk kebutuhan bisnis kita? Bagi pengguna Apple anda bisa download di AppStore, sedang pengguna android atau Blackberry bisa download di GooglePlay.

 

 

 

 

 

 

Komunikasi Bisnis dalam Bentuk Penyampaian Pesan

Hubungan bisnis biasanya diwarnai oleh pertimbangan biaya dan manfaat, tetapi perusahaan juga perlu menjaga hubungan personal dan kekeluargaan dengan para relasi. Pesan-pesan yang bersifat kekeluargaan atau memiliki niat baik (goodwill) tersebut berpengaruh positif terhadap kegiatan bisnis.

Bentuk-bentuk goodwill yang sering dibuat perusahaan adalah :

1.      Ucapan selamat (Congratulation)

Ucapan selamat biasanya diberikan atas keberhasilan perusahaan atau individu. Misalnya, memperoleh penghargaan (awards), keberhasilan melakukan kegiatan tertentu, peresmian gedung baru, pembukaan cabang baru, dan lain-lain.

Pada pesan dengan niat baik, ide pokok diletakkan dibagian awal. Hal itu dilakukan untuk memberikan penekanan terhadap apa yang akan disampaikan. Setelah itu, diuraikan alasan pemberian ucapan. Pada bagian penutup diyakinkan bahwa perusahaan tersebut memang pantas memperoleh keberhasilan dan memiliki harapan yang lebih baik dimasa mendatang.

2.      Penghargaan (Message of Appreciation)

Penghargaan biasanya diberikan atas kemampuan individu atau perusahaan mencapai prestasi kerja tertentu. Gaji dan bonus merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pekerja. Namun, penghargaan dalam bentuk uang saja tidaklah cukup. Penghargaan yang diberikan dalam bentuk surat penghargaan akan memotivasi pekerja untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. Disamping itu, perusahaan juga perlu membuat surat ucapan terima kasih dengan alasan yang tepat dan kepada pekerja yang tepat. Ucapan terima kasih yang kurang tepat justru akan merusak iklim internal organisasi. Selain kepada pihak internal, perusahaan juga perlu memberikan penghargaan dan atau ucapan terima kasih kepada individu atau organisasi diluar perusahaan. Misalnya, atas kesediaan mereka dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan.

3.      Ucapan Dukacita

Dalam perjalanan waktu, individu atau organisasi mungkin saja mengalami musibah atau bencana. Ucapan dukacita itu lebih mudah disampaikan secara lisan, baik melalui telepon ataupun datang secara langsung. Namun karena alasan tertentu, ucapan dukacita dapat disampaikan melalui pesan tertulis. Ucapan duka menunjukkan perhatian dan rasa simpatik perusahaan terhadap individu atau organisasi yang mengalami musibah. Ucapan duka bisa diawali dengan rasa simpati, lalu diikuti dengan hikmah yang bisa diperoleh, serta ditutup dengan dorongan untuk menghadapi musibah dengan tabah. Bantuan duka dapat disisipkan dalam ucapan duka, tetapi hendaknya tidak hanya basa-basi dan tidak bermaksud menyinggung perasaan.

Performa Anda Harus Prima Ketika Bertemu Dengan Orang Lain

Kepercayaan diri adalah factor yang sangat krusial dalam menentukan hasil komunikasi dengan orang lain, terutama jika komunikasi tersebut adalah komunikasi bisnis. Salah satu wujud untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan memperhatikan penampilan anda ketika anda akan bertemu atau berkomunikasi dengan calon pelanggan anda.

Memperhatikan penampilan bukan hanya sebatas pada fashion atau bersih dan wanginya anda, factor gigi pun bisa memberikan efek yang menentukan dari keputusan pelanggan. Bayankan jika gigi anda kurang rapi ketika berkomunikasi dengan calon pelanggan anda. Bisa jadi pelanggan tersebut akan meninggalkan anda walaupun anda yakin bahwa komunikasi dan presentasi yang anda paparkan telah maksimal.

Sebagai seorang salesman, pengusaha, atau menjadi apapun, dan kebetulan anda memiliki gigi yang kurang rapi, sudah saatnya anda memperbaiki gigi anda. Perhatikan beberapa testimony dari orang-orang yang telah menggunakan jasa dental implant, atau beberapa teman anda yang sudah menggunakan jasa ini. Tanyakan manfaatnya dan efeknya, dan mungkin ini dapat menjadi solusi bagi peningkatan penampilan anda.

Hal pertama yang akan dilihat oleh seseorang ketika bertemu dengan pembicara, salesman, ataupun marketer adalah penampilan. Penampilan menentukan kesan pertama pendengar terhadap anda. Karena itu memperhatikan penampilan adalah penting, termasuk penampilan gigi anda.

Kenapa Komunikasi Bisnis Sangat Penting?

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Di era globalisasi ini, tantangan seorang manajer di masa depan relatif akan semakin sulit, karena dunia bisnis menghadapi lingkungan persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dengan keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis. Disini peran komunikasi bisnis menjadi semakin sangat penting, yaitu kemampuan membaca, menafsirkan laporan dan informasi dari lingkungan. Disamping menyampaikan gagasan, baik lisan maupun tertulis secara sistematik, para manajer juga harus memahami bagaiman cara menyampaikan pesan di dalam suatu aktivitas presentasi.
Di era e-bisnis, komunikasi berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi dan memberikan peluang bagi dunia usaha di Indonesia untuk mengembangkan usahanya, melalui berbagai kesempatan menjalin relasi bisnis, pemasaran produk ataupun lainnya. Melalui e-bisnis, transaksi bisnis telah dilakukan melintasi batas demi batas dan zona waktu yang hampir pada saat yang bersamaan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi para manajer untuk mengkomunikasikan bisnisnya kepada masyarakat yang mayoritas skeptis terhadap sistem penjualan on line melalui perbaikan sistem, pemupukan tingkat kepercayaan masyarakat serta pemberian edukasi yang berkesinambungan.

6 Kendala Komunikasi

Seorang manajer dituntut untuk memiliki kemampuan briefing dan komunikasi ide gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasinya serta bagaimana menyampaikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada pelanggan. Terdapat 6 kendala yang mungkin muncul saat manajer mengkomunikasikan bisnis organisasinya, yaitu :
a. Struktur komunikasi yang buruk
Struktur komunikasi adalah faktor esensial, yang menentukan baik-buruknya komunikasi bisnis. Tidak penting apakah audiencenya hanya satu orang atau ribuan orang dan sekalipun di tengah bisingnya lingkungan bisnis dan pemasaran, pesan yang disampaikan haruslah terdengar dan dimengerti.
b. Penyampaian yang lemah
Tidak menjadi menjadi masalah, apakah pesan itu penting atau impresif. Namun apabila disampaikannya tanpa “sentuhan yang kuat”, hasilnya tidak akan dapat menyakinkan orang lain sesuai harapan. Disamping itu, meskipun telah dilakukan “sentuhan “ yang sudah tepat ternyata seringkali juga masih memerlukan waktu untuk mendapatkan respons. Dengan demikian, pesan yang kuat, tidak boleh seperti lawakan yang tidak lucu. Pesan yang disampaikan haruslah ‘menyentuh’ secara kuat dan telak, tidak sekedar mengelus-elus atau mengingatkan.
c. Penggunaan media yang salah
Perlu untuk mempertimbangkan siapa, dari kalangan atau status sosial mana dan karakteristik unik lainnya dari sasaran yang kita tuju, sehingga kita dapat memilih media yang tepat. Jika pesan yang disampaikan sangat kompleks, berikanlah ruang agar audience kita dapat mencerna pesan tersebut secara lebih leluasa, sesuai dengan kecepatan mereka.
d. Pesan yang campur aduk
Pesan yang campur aduk, hanya akan menimbulkan kebingungan atau bahkan cemoohan dari audience. Seperti, larangan untuk memberikan hadiah kepada klien, tetapi pada saat yang sama memberikan pengecualian untuk klien-klien baru atau pelanggan VIP yang berpotensi besar pada bisnis perusahaan. Sementara, kriteria dari klien potensial atau pelanggan VIP tersebut tidak dirinci secara jelas.
e. Salah Audience
Topik yang dipilih hendaknya relevan dan sesuai dengan ekspektasi audience. Sebagai contoh, misalnya dalam event pertemuan antara wakil dari Pemerintah dan Pengusaha, namun dalam presentasi disajikan tentang analisis situasi politik dan pemerintahan, sedangkan para pengusaha, sebenarnya lebih mengharapkan penjelasan bagaimana tindakan atau langkah-langkah konkrit yang diambil pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif.
f. Lingkungan yang mengganggu
Lingkungan yang mengganggu jelas merupakan kendala dalam komunikasi, sehingga pesan yang disampaikan tidak dapat diterima / didengar secara optimal. Seperti Suara penyaji yang tidak cukup terdengar oleh Audience, Suara keras dari luar ruangan, (seperti raungan sirine ambulan atau suara lalu lintas yang padat ), Bunyi handphone dari kantong audience, Interupsi, Sesi bicara yang menegangkan, dsb. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemilihan tempat yang tepat serta upaya agar audience fokus dengan pesan yang disampaikan.
Kendala komunikasi bisnis dapat bermacam-macam, namun dengan kehati-hatian serta kecermatan, sebagian kendala tersebut akan dapat diatasi. Presentasi yang disampaikan akan lebih bermakna dengan kendala yang diminimalisir, sehingga pesan yang disampaikan dapat memberikan efek yang diharapkan.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistim informasi, komunikasi berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan teknologi mempercepat proses Globalisasi, sehingga proses komunikasi terjadi setiap saat tanpa berhenti dan berlangsung pada saat yang hampir bersamaan di seluruh belahan dunia. Informasi dengan mudah dan cepat menyebar, bahkan nyaris tanpa penghalang apapun .
Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui berbagai macam media. Tantangan ke depan, bukan saja sekedar menjual produk & jasa perusahaan, tetapi bagaimana menyampaikan pesan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat memberikan manfaat kepada banyak orang dari berbagai ragam budaya, latar belakang, dan sebagainya. Proses penyampaian pesan atau informasi tersebut, dapat dilakukan secara satu arah, seperti melalui media elektronik atau media cetak juga dapat dilakukan secara dua arah (interaktif) melalui jaringan internet.

Kerjasama Membutuhkan Komunikasi

Tim merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan kemampuan, talenta, pengalaman, dan latar belakang yang berbeda. Pada tim yang ideal, mereka berkumpul bersama-sama untuk mencpai tujuan yang sama dengan memandang perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukan sebagai penghalang.
Pada realita di lapangan, menjaga kekompakan suatu teamwork merupakan hal yang cukup sulit. Egoisme masing-masing anggota, serta perasaan paling pintar sendiri dapat menutupi kenyataan bahwa tujuan utama adalah untuk menghasilkan sesuatu dengan kerjasama.
Bekerja secara tim dapat mempercepat proses kerja jika dibandingkan bekerja secara individu. Melalui keahlian yang dimiliki oleh masing-masing anggota, suatu pekerjaan akan selesai dengan cepat dan sempurna. Namun untuk mencapai kecepatan dan ketepatan ekerjaan tersebut, maka interaksi dan komunikasi yang baik di antara para anggota tim merupakan hal yang sangat penting. Kerjasama tidak akan terbentuk jika tidak ada komunikasi yang baik diantara anggotanya.
Pada suatu perusahaan bisnis, kerjasama antar berbagai departemen di dalamnya akan berujung pada tingkat kesehatan perusahaan tersebut, dan tentunya juga akan mengoptimalkan laba penjualan. Disinilah peran seorang manajer diuji. Seorang manajer bukan saja bertugas untuk mencapai tujuan perusahaan, akan tetapi juga bertugas untuk merangkul dan membentuk komunikasi yang baik di antara para anak buahnya sehingga mereka menjadi suatu tim yang solid. Lagipula factor tim yang solid merupakan salah satu syarat agar tujuan perusahaan tercapai, bukan begitu?

Inilah 6 perlengkapan yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi

Anda tentu berharap bahwa presentasi bisnis yang anda lakukan akan berjalan lancar dan sukses. Untuk itu presentasi yang anda bawakan harus dipersiapkan sedini mungkin. Inilah beberapa alat yang harus anda bawa pada saat akan melakukan presentasi.
1. Laptop atau computer tablet
Ini adalah alat utama anda untuk melakukan presentasi. Tentu saja laptop atau tablet yang dibawa berisi materi presentasi anda termasuk data-data pendukungnya. Materi presentasi bia anda buat di Microsoft PowerPoint, Macromedia, atau yang software yang lainnya. Yang jelas, anda harus mempersiapkan materi-materi yang akan anda bawakan di laptop atau tablet yang anda bawa. Jangan lupa, materi tersebut harus anda back up di flash disk atau hard disk external. Hal ini untuk melindungi anda apabila terjadi kerusakan teknis pada laptop anda ketika anda akan melakukan presentasi.
2. Produk
Jika anda akan melakukan presentasi suatu produk ke clon konsumen anda, maka produk adalah hal yang penting yang harus anda bawa. Lien anda tentu sangat ingin melihat produk anda dari dekat. Mereka sangat berharap untuk mencoba dan melihat manfaat-manfaat dari produk yang anda bawa. Dan tentu saja secra logika, bagaimana mungkin anda akan menjual suatu produk jika produk tersebut tidak anda bawa. Jika perlu bawalah produk agak banyak, sehingga akan mempermudah prosus omunikasi anda dengan calon konsumen anda.
3. LCD Projector
Barangkali ada diantara anda yang beranggapan bahwa membawa alat ini tidklah diperlukan, sebab mungkin sudah dipersiapkan oleh pihak penyelenggara. Namun demikian, saya rasa tidak ada salahnya jika anda membawa LCD projector sendiri. Saat ini banyak LCD projector portable yang berukuran kecil yang bisa dimasukan dalam tas anda. Ini untuk melindungi anda jika ternyata di tempat presentasi, LCD projector yang disediakan mengalami masalah dan tidak dapat digunakan.
4. Print out presentasi
Agar presentasi anda memuaskan dan meemproleh hasil maksimal, maka anda harus selalu mempersiapkan segalanya dan memiliki rencana cadangan. Print out merupakan rencana cadangan apabila ternyata pada saat anda melakukan presentasi, semua perlengkapan anda tidak dapat digunakan, misalnya jika pada saat anda melakukan presentasi, listrik di tempat anda berpresentasi teryata padam. Print out adalah jalan keluar yang terbaik. Selain itu membagikan print out di awal sebelum presentasi akan menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dengan para pendengar anda. Print out bisa mereka baca berulang kali yang dapat merangsang mereka untuk bertanya. Ini adalah kesempatan anda untuk menjelaskan kepada mereka secara lebih detail dan mendalam.
5. Microphone
Saya rasa keefektifan anda dalam melakukan presentasi tergantung dari kesiapan anda sendiri. Anda tahu apa yang akan anda lakukan. Microphone adalah alat utama anda berbicara di depan audiens anda. Anda harus membawa microphone sendiri yang anda yakini dapat mendukung mobilitas anda dalam melakukan presentasi. Jangan mengandalkan penyelenggara untuk hal ini.
6. Alat Presentasi
Sama halnya seperti microphone, alat presentasi sangat penting untuk digunakan agar anda memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan presentasi. Kurasa melakukan presentasi hanya dengan duduk di depan laptop anda adalah sesuatu yang kurang menantang dan bisa membosankan audiens anda. Pada akhirnya, audiens anda berharap untuk segera beranjak dari tempat duduknya.
Itulah 6 perlengkapan presentasi penting yang harus anda bawa agar presentasi berbuah hasil yang maksimal. Jangan lupa, sebelum anda beraksi, cobalah dahulu keenam alat tersebut beberapa saat sebelum mulai. Pastikan itu semua berfungsi. Presentasi bisnis adalah suatu media komunikasi bisnis yang bisa efektif meraih pelanggan, atau bahkan justru tidak sama sekali. Itu semua tergantung pada kesiapan anda sendiri. Persiapkanlah presentasi anda segalanya, mulai dari materi, data pendukung, hingga alat-alat untuk melakukan presentasi. Tapi ingat, semua hal tersebut juga tidak akan bermanfaat jika anda tidak mengetahui teknik-teknik presentasi yang efektif dan gaya komunikasi tidak menarik.