Category Archives: Marketing

Sejarah Barcode Untuk Berjualan di Toko

Hits: 31

Penggunaan Barcode kini sudah banyak digunakan oleh berbagai industri dan bisnis ritel. Barcode digunakan dalam proses bisnis ritel atau bisnis membuka toko karena sifatnya yang akurat, mudah digunakan, dan dapat menyediakan pengumpulan data yang seragam dan umpan balik yang tepat waktu, Penggunaan barcode dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Kini, bukan hanya ritel saja yang menggunakan barcode, bidang manufaktur, pergudangan, pengiriman, transportasi dan sebagainya mulai menggunakan barcode untuk proses bisnisnya. Bahkan, pelacakan aset, perawatan kesehatan, konstruksi, manajemen dokumen, hingga tanda peserta pun kini menggunakan barcode.

Sejarah Barcode
Konsep barcode pertama kali dimulai oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Dia menemukan sistem pembayaran otomatis untuk toko bahan makanan dengan menggunakan kartu berlubang, yang ditempatkan di alat pembaca.

Kemudian pada tahun 1948, Bernard Silver bersama temannya Norman Joseph Woodland meneliti sebuah metode yang dapat membaca informasi produk secara otomatis. Tinta sensitif sinar ultraviolet digunakan, dimana dengan tinta ini akan membuat pola tinta yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Namun, metode tersebut gagal karena ketidakstabilan dan pola pencetakan yang mahal.

Pada tahun 1949, sebuah paten diajukandengan judul “Alat dan Metode Pengklasifikasian”. Simbol yang terdiri dari serangkaian lingkaran konsentris digunakan oleh mereka. Namun, deskripsi diberikan pada simbologi barcode linier saat ini.

Pada tahun 1967, David J. Collins mendirikan Computer Identics Corporation dan mengembangkan sistem barcode hitam putih yang dapat dibaca oleh sinar laser. Sistem ini digunakan untuk distribusi, produksi, pengiriman, penyortiran, dan aplikasi lainnya.

Kemudian pada tahun 1967, salah satu sistem pemindaian pertama dipasang oleh Radio Corporation of America (RCA) yang menggunakan simbol barcode “bull’s eye”.

John F. Keidel menemukan sistem pembacaan barcode pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1969. The Universal Grocery Products Identification Code atau UGPIC atau Kode Identifikasi Produk Kelontong Universal mulai dikembangkan pada tahun 1970. Pada tahun 1970, barcode digunakan untuk perdagangan eceran untuk pertama kalinya oleh Monarch Marking. Sistem ini diterapkan untuk keperluan industri untuk pertama kalinya oleh Plessey Telecommunications.

Pada tahun 1970-an, US Supermarket Ad Hoc Committee of Uniform Grocery Product Code didirikan oleh The National Association of Food Chains (NAFC) yang merumuskan kode standar barcode 12 digit. Pada tahun 1973, UGPIC diubah menjadi Uniform Product Code (UPC) oleh George J. Laurer.

UPC Barcode scanner atau Pemindai Barcode UPC pertama dibuat pada tahun 1974 oleh NCR Corp. dan dipasang di supermarket Marsh di Troy, dan Permen karet Wrigley adalah produk pertama yang dipindai oleh pemindai barcode di supermarket.

Setelah mengalami banyak perubahan, barcode saat ini berkembang sebagai alat produktivitas bisnis yang paling efektif. Saat ini, sistem barcode tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda. Sistem ini terutama terdiri dari empat komponen, yaitu:

Printer Barcode
Printer Barcode digunakan untuk mencetak label barcode. Kini, Printer barcode desktop dan nirkabel sudah tersedia secara luas. Thermal transfer dan teknologi direct thermal biasanya digunakan oleh printer barcode. Jika dibandingkan dengan printer konvensional, printer ini mencetak label lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kualitas cetak yang lebih baik. Memilih jenis printer barcode yang tepat untuk digunakan terutama didasarkan pada jenis label yang akan dicetak dan jumlah yang dicetak per hari.

Barcode Label
Label barcode tidak lain adalah tag di mana barcode dicetak menggunakan printer barcode. Label dilampirkan pada produk atau barang yang dibaca oleh pemindai. Tata letak label barcode bervariasi tergantung pada industri dan aplikasi. Setiap kombinasi teks, grafik, dan informasi barcode dapat dicetak pada barcode label. barcode label tersedia dalam berbagai bahan yang dapat bekerja di hampir semua lingkungan.

Barcode Scanner
Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode scanner. Alat ini membantu dalam membaca informasi yang ada di barcode secara akurat dan mengurangi tingkat kesalahan seperti yang biasa dilakukan oleh pengolahan data secara manual. Barcode scanner menggunakan berbagai teknologi pemindaian seperti laser, CCD, dan 2D. Memutuskan menggunakan barcode scanner mana yang akan digunakan tergantung pada jenis simbologi barcode dan kondisi atau tempat atau lingkungan di mana alat tersebut akan digunakan.

Database
Proses sistem barcode tidak cukup hanya dengan membaca barcode. Informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, jumlah persediaan, dan akuntansi harus disimpan terlebih dahulu dalam database. Memindai barcode berarti mengakses informasi yang ada di database.

Itulah sejarah Barcode untuk berjualan di toko. Sistem barcode ini telah memberikan solusi efektif dan efisien bagi perusahaan ritel baik yang berskala besar ataupun kecil. Bahkan ketika anda membuka toko kecil untuk pertama kali pun, produk yang akan dijual kini dapat dipasang label barcode dengan menggunakan alat yang mudah dan murah.

SOCIAL COMMERCE – BELANJA DI MEDIA SOSIAL

Hits: 36

Social commerce berbeda dengan e-commerce. Social commerce pada dasarnya memanfaatkan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr atau lainnya. Metode yang digunakan dalam jenis perdagangan ini pada dasarnya cukup sederhana. Pemilik bisnis atau orang yang terkait dengan penjualan menggunakan situs ini untuk berinteraksi dengan calon pelanggan potensial. Mereka menggunakan beberapa teknik untuk mendorong penjualan produk atau layanan mereka secara online. Untuk menyederhanakan konsepnya, dapat dikatakan bahwa ketika e-commerce dilakukan menggunakan situs media sosial, ini disebut sebagai social commerce. Namun yang membedakan social commerce dari e-commerce adalah perdagangan melalui media sosial berkembang dari basis hubungan dimana e-commerce lebih bersifat transaksional, sementara social commerce – belanja di media sosial lebih bersifat berkomunikasi atau berinteraksi secara sosial sebelum akhirnya ditutup dengan transaksi penjualan.

Peluang Social Commerce
Ada tren yang berkembang dalam menggunakan media sosial untuk perdagangan guna meningkatkan penjualan mereka. Ini tidak diragukan lagi merupakan peluang besar untuk bisnis. Sistem social commerce didasarkan pada interaksi. Hal ini memberikan peluang bisnis yang jauh lebih baik untuk meningkatkan penjualan karena melalui situs ini mereka benar-benar dapat menyampaikan pesan dan moto mereka kepada pelanggan mereka.

Pertanyaan yang kini muncul adalah apa gunanya social e-commerce? Dengan menggunakan situs-situs ini, maka pelanggan potensial dapat memperoleh saran dari orang lain. Ada banyak produk dan layanan yang dijual saat ini dan variasi yang sangat besar ini dapat menjadi sumber kebingungan bagi pelanggan yang tidak dapat memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Dengan menggunakan media sosial, maka diciptakan lingkungan di mana pelanggan yang ada berfungsi sebagai alat penting dalam meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk saat itu juga.

Hubungan Penting dalam Social Commerce
Social Commerce dilakukan melalui serangkaian rekomendasi produk dan membangun hubungan melalui interaksi pelanggan, setelah semua media sosial mendorong hubungan yang melahirkan kepercayaan yang memungkinkan perdagangan sosial. Menggunakan situs seperti Facebook dan Twitter, bisnis menyiapkan produk atau layanannya untuk ulasan atau peringkat. Melalui sistem ini maka akan dihasilkan umpan balik tentang produknya dan pada gilirannya akan berperan sebagai sebagai saran ‘terpercaya’ kepada klien baru. Ketika klien melihat bahwa orang lain menggunakan produk / layanan dan mendapat manfaat darinya, mereka didorong untuk membeli produk tersebut. Karena perdagangan melalui media sosial merupakan perpanjangan dari e-commerce, produk dapat dibeli secara online.

Berdagang melalui Facebook
Dalam hal perdagangan melalui Facebook atau perdagangan melalui situs lain, ini maksudnya adalah bahwa produk dijual menggunakan situs tersebut. Ada fasilitas keranjang belanja yang tersedia yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk di sana dan kemudian dari situs tanpa harus mengunjungi situs lain. Facebook misalnya menggunakan Facebook Open Graph yang memungkinkan perdagangan barang dilakukan dengan menggunakan Facebook. Untuk membantu bisnis, situs ini juga memperkenalkan alat seperti bingkai I yang memungkinkan bisnis mempelajari lebih lanjut tentang klien mereka. Ada banyak bisnis yang saat ini menggunakan layanan ini dan mendapatkan keuntungan darinya. Ada lebih banyak perusahaan yang mengambil konsep ini dan dari kelihatannya perdagangan sosial akan semakin berkembang karena perusahaan menyadari fakta bahwa ia memiliki banyak potensi. Facebook marketing merupakan potensi yang sangat memungkinkan untuk dapat dikembangkan demi mencapai tujuan bisnis yang meng-global.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Hits: 27

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

Self Employed di Bidang Bisnis Online

Hits: 82

Self Employed adalah orang yang bekerja tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu. Karena tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu, maka mereka mendapatkan uang sesuai dengan kerja keras mereka sendiri. Dalam istilah kerennya, seorang self employed adalah seorang wirausaha atau seorang entrepreneur. Banyak tidaknya mereka mendapatkan uang adalah sesuai dengan kerja keras mereka dan upaya mereka sendiri dalam membangun sumber rejekinya. Self employed sudah ada sejak dulu, akan tetapi self emloyed di bidang bisnis online baru mulai marak di era sekarang ini, atau yang disebut dengan era millenial.

Self employed di bidang bisnis online telah menjadi topik yang cukup trending semenjak perkembangan teknologi informasi semakin maju dan praktis, dan bisnis online menjadi pilihan utama bagi para calon pengusaha. Mengapa? Karena pendapatan di bisnis online bisa sangat menjanjikan. Pendapatan di bisnis online relatif tidak terpengaruh secara negatif oleh resesi ekonomi yang lesu dan menawarkan keamanan kerja. Banyak model self employed di bisnis online, mulai dari menjadi youtuber, pedagang e-commerce, atau bahkan menjadi developer aplikasi.

Sebuah bisnis online jauh lebih mudah untuk dimulai karena berbiaya rendah dalam memulainya. Banyak pebisnis online yang sukses bahkan telah membangun bisnis mereka dengan praktis tanpa biaya, mereka hanya mengandalkan waktu yang mereka mliki untuk mebangun platform bisnis online mereka. Youtuber membuat konten, penjual e-commerce memulai dengan menjadi dropshipper, Developer memulai dengan membuat aplikasi yang mereka sukai mereka. Dan mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sama seperti Youtube. Jika anda memiliki blog atau website, maksimalkan blog anda untuk menjadi sumber pendapatan pasif dengan mendaftarkan blog atau website anda di Adsterra. Klik disini untuk bergabung dan melihat model bisnis adsterra.

Tujuan utama Anda dalam bisnis online atau bisnis apa pun adalah menghasilkan penjualan. Agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda harus mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens yang ditargetkan. Bisnis online yang sukses mengikuti rencana tindakan strategis. Tidak diragukan lagi, ide-ide hebat akan sering muncul ke permukaan saat menjalankan bisnis online Anda Di sinilah Anda perlu melatih kedisiplinan. Alih-alih mengejar setiap pikiran yang muncul di benak, cukup letakkan semua ide hebat Anda di buku catatan dan simpan untuk proyek masa depan.. Ini akan membuat segalanya lebih lancar dan Anda akan tetap berada di jalur sukses tanpa gangguan. Ini adalah praktik umum di kalangan pemasar berpengalaman.

Memulai dengan pemasaran afiliasi atau menjadi dropshipper dalam bisnis online mungkin merupakan metode termudah untuk menghasilkan pendapatan online. Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti afiliasi involve.asia. Anda mulai menghasilkan uang segera dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjadi self employed dibisnis online. Sebagai afiliasi, tugas Anda membantu orang lain untuk mencari apa yang mereka cari. Dan ketika pembelian dilakukan, maka ANDA AKAN MENDAPATKAN INSENTIF!!! Semua dari produk atau jasa orang lain…

Pun demikian halnya dengan menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu memiliki produk atau membeli produk sebagai modal untuk dijual kembali ke konsumen anda. Cukup dengan mengambil foto-foto produk milik orang lain, kemudian posting di blog anda atau aplikasi e-commerce. Ketika terjadi pembelian, maka tentu anda akan mendapatkan keuntungan. Anda pasti pernah mendengar bahwa “Kalau memulai bisnis itu harus punya modal” Nah itu adalah pernyataan yang tidak relevan untuk di bisnis online. Di bisnis online, jika anda cerdik, dan pandai melihat peluang, maka anda tidak perlu modal uang sama sekali untuk memulai menjadi self employed di bisnis onlen. Self employed di bidang bisnis online, anda tidak perlu modal, namun anda haru mau mengorbankan waktu anda untuk beristirahat. Karena di bisnis online, modal anda adalah waktu.

5 PLATFORM MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA. PILIH SALAH SATU ATAU GUNAKAN SEMUANYA

Hits: 87

Pemasaran Media Sosial atau marketing medsos adalah proses mendapatkan perhatian dan lalu lintas web atau traffic web melalui situs media sosial. Dalam proses ini, konten kreatif berupaya menjangkau massa atau target pemasaran melalui penciptaan publisitas dari suatu konten yang dipasang di platform media sosial. Pada intinya, setiap konten kreatif harus memahami tujuan, produk, layanan, dan alasan untuk mempromosikan melalui World Wide Web. Dunia Media Sosial saat ini sudah lebih luas dari sebelumnya. Media sosial adalah platform pemasaran yang sangat strategis yang menjangkau berbagai budaya, usia, agama, jenis kelamin, lokasi, minat dan semacamnya. Oleh karena itu media sosial merupakan alat yang sangat bagus dan dapat diandalkan untuk menjangkau dan menargetkan audiens di seluruh dunia. Berikut adalah berbagai platform dasar media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan marketing sosial media atau marketing medsos. Berikut adalah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Facebook
Jika Anda sudah menjadi pengguna Facebook, ini mungkin bukan hal baru bagi Anda, tetapi yang harus anda tahu, sebetulnya ada banyak fitur di Facebook yang dapat digunakan untuk marketing medsos. Anda dapat membuat halaman bisnis khusus dan berinteraksi secara langsung, dan gratis, dengan pelanggan Anda. Anda dapat mengunggah gambar, produk, dan bahkan mengirimkan link youtube channel anda melalui Facebook ini. Dengan Facebook anda dapat membagikan produk Anda ke teman-teman atau grup yang anda ikuti atau grup Facebook yang anda buat. Orang-orang membuka Facebook, dalam situasi apa pun, baik saat bepergian, di taman, di rumah, di sekolah, atau saat waktu luang di tempat kerja. Anda hadir disana di sana dengan cara mempromosikan produk anda apapun itu produknya, baik jasa, produk fisik, channel youtube, hingga bahkan blog andalan anda di Facebook. Intinya anda mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Blog
Blog adalah cara mudah bagi orang untuk berkomunikasi secara semi-profesional dalam hal konten tulisan. Pada menulis di blog, konten yang berkualitas dan judul yang menarik merupakan kunci untuk menarik mnat pembaca. Ada banyak CMS (Content Management Service) Layanan Manajemen Konten untuk blogging, di antaranya adalah Blogspot, WordPress dan Tumblr. Jika anda rajin menulis, dan kebetulan memiliki produk, maka Blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk anda di Medsos.

Twitter
Twitter adalah alat marketing medsos dengan cara membuat pesan dengan maksimum isi tulisan sebanyak 140 karakter. Melalui pesan tulisan ini, pengikut atau disebut dengan followers dapat membaca dan melihat isi pesan anda kapan saja di news feed merek a. melalui Twitter, para pengguna dapat membicarakan suatu Tweet, berinteraksi langsung, atau memulai percakapan baru. Jika anda suka membuat pantun, atau pandai merangkai kata-kata yang singkat namun berisi, maka Twitter bisa menjadi alat untuk marketing Medsos produk anda.

Linkedin
Linkedin mungkin platform media sosial yang tidak begitu populer bagi kalangan orang umum, namun bagi para profesional, atau pegawai kantoran, platform ini merupakan alat yang sangat strategis untuk melakukan marketing medsos. Jika di Facebook dan Twitter seseorang mengikuti siapa pun yang mereka minati untuk sekadar bersosialisasi serta bisnis dan perusahaan, maka Linkedin dimaksudkan untuk lebih fokus pada profesionalisme di media sosial.

Di Linkedin, Anda dapat menjadi bagian dari orang yang mencari pekerjaan/layanan, atau bagian dari perusahaan yang menawarkan pekerjaan/layanan. Dengan demikian, Anda dapat membuat profil pribadi dengan informasi profesional Anda, studi, informasi kontak, minat, sertifikasi, identifikasi, dll. Di Linkedin, anda dapat membuat halaman bisnis dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Facebook atau Twitter. Dengan tujuan marketing Medsos, anda dapat membagikan informasi tentang merek, layanan, produk, jati diri anda melalui platform ini. jika anda memiliki keahlian tertentu dan menyasar target para profesional untuk mengenal kemampuan anda, maka Pergunakan Linkedin dan lengkapi profilnya dengan sebenar-benarnya.

Youtube
YouTube adalah platform yang sangat menarik saat ini dimana berii video-video yang dibuat oleh apa yang disebut dengan konten kreator Youtube. Saat ini hampir dipastikan semua orang menonton video di Youtube. Jika seseorang menyukai suatu video, maka orang tersebut akan menjadi pelanggan channel video tersebut dengan cara melakukan klik subscribe. Seperti misalnya jika seseorang menyukai konten video belajar bidang kelautan dan perikanan, maka mereka akan menjadi pelanggan Yusep Channel. Dengan menjadi pelanggan, maka mereka akan selalu mendapatkan informasi mengenai kehadiran video terbaru dari cannel tersebut.

melalui Youtube, Peluang produk Anda untuk dilihat sangat besar dan Anda juga bisa membuat orang berlangganan di Saluran Youtube Anda, Saluran Youtube atau Channel Youtube adalah ruang YouTube Anda sendiri tempat Anda mengunggah video Anda. Beberapa orang merasa jauh lebih menarik dan lebih mudah untuk menonton video daripada membaca suatu artikel di blog. Oleh karena itu, channel youtube bisa dimanfaatkan untuk promosi atau memasarkan produk anda melalui upload video yang menarik. Sebagai contoh, Jika Anda ingin mempromosikan suatu pakaian, Anda dapat mengunggah video berupa tayangan orang-orang yang menggunakan pakaian Anda. dan pada akhir video, anda dapat mengarahkan orang ke situs bisnis utama Anda. untuk semakin memperbesar target pemasaran anda, maka anda dapat meminta penonton untuk merekomendasikan dan membagikan video Anda ke orang lain. Demikianlah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Hits: 58

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

TIPS UNTUK MEMBANTU PEMASARAN ANDA DAN DITERAPKAN SECARA KONSISTEN

Hits: 97

Apakah Anda menemukan bahwa upaya pemasaran Anda serampangan dan di mana-mana? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Konsistensi adalah salah satu area di mana pengusaha sering mengalami kesulitan paling besar. Ini adalah area yang harus diperhatikan dengan cermat, karena untuk mengembangkan bisnis dan pendapatan Anda, Anda perlu secara konsisten terhubung dengan orang-orang yang sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Berfokus hanya pada BEBERAPA strategi pemasaran utama dalam satu waktu dijamin akan memberi Anda hasil yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten :


• Jadwalkan waktu untuk pemasaran SETIAP hari dan SETIAP minggu: Saya tahu ini terdengar sederhana tetapi jangan abaikan! Anda mungkin memiliki setidaknya satu janji temu berulang di kalender Anda setiap minggu, baik itu untuk bisnis atau kehidupan pribadi Anda. Anda menepati janji itu setiap minggu karena itu penting bagi Anda dan melihat manfaatnya. Anda harus memiliki pendekatan yang sama untuk pemasaran Anda. Anda tidak bisa membiarkannya kebetulan. Bahkan jika Anda hanya menghabiskan 30 menit sehari dengan fokus mengambil tindakan spesifik untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam keuntungan Anda.

• Lakukan pemasaran Anda PERTAMA: Bagaimana Anda memulai hari Anda? Apakah Anda memiliki kebiasaan memulai setiap hari dengan membaca email? Ide buruk. Itu menarik Anda langsung ke mode reaktif; melakukan apa yang orang lain perlu Anda lakukan dan ingin Anda lakukan. Tentu saja, pasti ada tempat untuk itu. Anda memang perlu menyisihkan waktu untuk menanggapi pesan yang Anda terima. Namun, Anda tidak harus MEMULAI hari Anda dalam mode itu. Pilih sebagai gantinya untuk memulai hari Anda dengan aktivitas pemasaran. Perbarui blog Anda. Tindak lanjut dengan calon klien. Tulis buletin email Anda. Perbarui profil media sosial Anda. Apa pun aktivitasnya, Anda memulai hari dengan fokus pada pertumbuhan. Anda akan mulai melihat hasil langsung dari upaya konsisten Anda.

• Kerjakan rencana Anda: Salah satu alasan banyak pengusaha kesulitan dengan pemasaran mereka adalah karena mereka mencoba melakukan terlalu banyak dan tidak tahu harus mulai dari mana terlebih dahulu. Ketika Anda mengikuti sebuah rencana, Anda akan menjaga diri Anda dari membuang-buang waktu dan uang untuk strategi yang tidak sesuai dengan Anda. Anda akan secara konsisten menikmati hasil yang lebih baik (yaitu: lebih banyak keuntungan!) karena Anda mengambil tindakan yang terfokus.

• Bertanggung jawab pada diri sendiri: Dibiarkan dengan perangkat kita sendiri, TIDAK ADA dari kita yang akan tetap fokus pada tujuan kita seperti yang kita inginkan. Kami terus-menerus dibanjiri dengan informasi, peluang, dan gangguan baru setiap hari. Dan sangat mudah untuk terkelupas pada diri kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa Anda membuat sistem akuntabilitas untuk diri sendiri. Inilah yang membuat pelatihan pemasaran begitu kuat. Anda memiliki seorang mentor, yang telah berjalan dengan sepatu Anda, untuk membantu Anda menyusun strategi, berpegang teguh pada janji yang Anda buat, dan membantu Anda mengatasi alasan Anda dan menghilangkan di mana Anda berdiri dengan cara Anda sendiri. Berinvestasi pada pelatih yang tepat adalah investasi TERBAIK yang dapat Anda lakukan di DIRI SENDIRI. Ketika Anda muncul sepenuhnya dan melakukan pekerjaan, berinvestasi dalam pembinaan selalu, selalu membayar untuk dirinya sendiri! Tidak ada pengusaha yang harus tanpa pelatih atau mentor dan itu termasuk Anda.
Anda tidak perlu merombak seluruh operasi Anda untuk mengatur dan mulai memasarkan bisnis Anda secara konsisten. Dengan beberapa tweak sederhana dan usaha yang konsisten Anda AKAN mendapatkan hasil! Jadwalkan waktu untuk pemasaran setiap hari, mulai hari libur Anda dengan memasarkan bisnis Anda, kerjakan rencana Anda, dan ciptakan akuntabilitas untuk diri Anda sendiri. Dalam waktu singkat, Anda akan mulai melihat peningkatan visibilitas, klien, dan pendapatan!
Tips mana yang akan Anda terapkan terlebih dahulu? Demikianlah tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten.

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda

Hits: 20

Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.
Anda memiliki iklan. Anda menjalankannya. Dan kemudian apa yang Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda hanya duduk dan menunggu klien target Anda menelepon Anda? Atau Anda pergi keluar dan memastikan bahwa Anda tahu apakah kampanye pemasaran Anda memiliki hasil yang baik atau tidak?

Salah satu tugas penting yang perlu Anda lakukan saat menjalankan kampanye iklan adalah mengukur hasilnya. Ketika orang bertanya kepada Anda apa yang terjadi pada iklan Anda, apakah Anda siap menjawab bahwa Anda mendapatkan hasil yang bagus atau tidak sama sekali? Bahkan dengan respon yang buruk, Anda harus dapat mengukurnya sehingga Anda dapat membuat perubahan pada iklan Anda dan semoga penjualan juga akan meningkat.

Tugas pemasaran Anda tidak berhenti ketika Anda sudah mengirimkan kampanye pemasaran Anda. Padahal, pekerjaan baru saja dimulai. Anda harus mengukur keefektifan iklan Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus ditingkatkan atau bagaimana meningkatkannya lebih jauh.

Pertama, Anda perlu membedakan tingkat respons iklan Anda dengan hasilnya. Anda memiliki ‘tanggapan’ ketika pembaca target Anda bertindak atas panggilan Anda. Katakanlah, Anda ingin dia menelepon Anda atau mengunjungi situs web Anda. Jika prospek Anda melakukan salah satu dari hal itu, maka Anda memiliki ‘respons’.

Di sisi lain, ‘hasil’ Anda adalah ketika pembaca target Anda mengambil tindakan dan kemudian membeli dari Anda. Penjualan Anda adalah ‘hasil’ Anda.

Jadi sekarang Anda memutuskan setelah mengukur iklan cetak Anda yang diproduksi oleh perusahaan percetakan komersial profesional, bahwa tidak ada tanggapan sama sekali. Satu dari dua hal pasti telah terjadi. Entah iklan Anda tidak menarik minat karena dirancang dengan buruk dan konten ditulis dengan buruk; atau, kampanye pemasaran Anda tidak menjangkau audiens target yang tepat.

Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab ‘tidak ada respons’. Anda dapat melakukannya dengan menguji iklan Anda lagi tetapi kali ini, Anda mungkin ingin mempostingnya di lokasi lain atau menempatkannya di situs web yang berbeda. Jika Anda mendapatkan respons positif maka Anda akan tahu bahwa itu pasti eksposur. Tetapi jika tidak membaik sama sekali, lebih baik Anda segera mengganti iklan Anda.

Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda memiliki respons tetapi tidak ada hasil. Prospek Anda menghubungi Anda atau mengklik situs web Anda seperti yang Anda minta, tetapi tidak ada penjualan yang dilakukan. Satu-satunya kemungkinan untuk skenario ini adalah Anda tidak memiliki konten atau penawaran yang bagus untuk mendukung kampanye pemasaran Anda. Mengubah atau meningkatkan salinan atau desain Anda pasti akan mengubah hasil Anda.

Dan sekali lagi, pengujian adalah kuncinya. Jalankan iklan Anda yang baru dan lebih baik untuk menguji apakah akan mendapatkan hasil atau tidak. Jika lagi Anda mendapatkan tingkat respons atau hasil yang rendah, kembali ke papan gambar Anda dan lakukan semuanya lagi – ubah iklan, perbaiki, jalankan lagi.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama dan pasti akan dikenakan biaya. Tetapi memiliki iklan yang belum terbukti dapat membebani Anda lebih banyak terutama bila Anda tidak mendapatkan respons atau hasil yang Anda harapkan untuk bisnis Anda. Itulah sebabnya, penting sekali untuk anda ketahui, Mengapa Anda Harus Mengukur Efektivitas Iklan Anda.

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

Hits: 21

TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN

Pada tanggal 16 April 2022. SUPM Negeri Kotaagung resmi meluncurkan Mall Ikan di area Teaching Factory Program Keahlian Budidaya Perikanan. SUPM Negeri Kotaagung merupakan sekolah Vokasi setingkat SMK yang berlokasi di Kabupaten Tangamus Propinsi Lampung. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, tepatnya di bawah Bada Riset dan SUmberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan. Dengan demikian, Tanggamus kini sudah punya Mall ikan.

SUPM Negeri Kotaagung sengaja membuat mall ikan ini adalah bertujuan sebagai sarana untuk menjual ikan-ikan hasil budidaya yang dipraktekkan oleh para siswanya. Hal ini sejalan dengan tujuan Utama dari konsep belajar teaching factory, yaitu menghasilkan output produk hasil belajar yang dapat diserap oleh pasar atau masyarakat. Dan mall ikan merupakan terobosan baru dari konsep teaching factory yang dilakukan secara mandiri dengan keterlibatan DU/DI yang out of the box. Dimana DU/DI yang dimaksud bukan hanya menggandeng DU/DI bidang perikanan, namun juga termasuk Dunia usaha atau dunia Industri bidang Retail.

Memang jika dilandaskan pada pengertiannya, mall ikan ini adalah jauh dari konsep mall pada umumnya. Menurut (Urban Land Institute pada Shopping Centre Development Handbook, adalah Mall merupakan sekelompok kesatuan pusat perdagangan yang dibangun dan didirikan pada sebuah lokasi yang direncanakan, dikembangkan, dimulai dan diatur menjadi sebuah kesatuan operasi (operation unit), berhubungan dengan lokasi, ukuran tipe toko, dan area perbelanjaan dari unit tersebut). Itu artinya sebetulnya mall merupakan tempat yang terdiri dari berbagai pertokoan yang digabung dan ditempatkan menjadi satu suatu lokasi bangunan. Itu adalah teori mall yang sebenarnya, akan tetapi mari kita kesampingkan dulu sejenak mengenai perdebatan teori mall ini. Kita Kembali kepada hal yang Utama.

Dinamakan mall ikan karena di tempat ini terdapat berbagai macam produk perikanan yang dilakukan oleh unit-unit Produksi yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa SUPM Negeri Kotaagung memiliki beberapa unit Produksi untuk mendukung proses pembelajaran teaching factory-nya. Jadi…yah…tidak salah juga jika menggunakan kata mall pada tempat memasarkan seluruh hasil produksinya dari tiap-tiap unit. Anggaplah unit-unit Produksi ini adalah toko-toko yang berbeda perusahaan.

Pada lahan seluas kurang lebih hingga 500 meter persegi, di mall ikan SUPM Negeri Kotaagung ini saat ini baru terbagi menjadi 4 area; yaitu area ikan hidup untuk konsumsi; area benih ikan, area ikan hias, hingga area rekreasi ikan berupa terapi ikan. Aneka produk perikanan di mall ikan ini adalah dijual secara hidup. Mulai dari ikan konsumsi seperti nila, ikan mas, dan lele; benih ikan, yaitu benih ikan nila, benih ikan gurami, benih ikan lele, hingga indukan ikan patin. Ikan-ikan untuk konsumsi dan benih-benih ikan tersaji pada bak-bak fiber yang tersusun rapi dengan harga yang telah tertera di tiap-tiap bak. Kini masyarakat penikmat ikan dapat membeli ikan konsumsi dengan harga yang tidak kalah bersain dengan harga pasar pada umumnya, ahkan mungkin lebih murah, dan bagi para pembudidaya, mereka dapat memperoleh benih ikan yang tidak kalah unggul serta berharga terjangkau.

Selain ikan konsumsi, di mall ikan ini dijual juga aneka ikan hias air tawar dengan harga yang terjangkau. Ikan hias-ikan hias ini di display pada akuarium yang tersusun rapi di sebelah kanan komplek mall ikan ini. Lebih dari 20 spesies ikan hias yang dijual disini, dengan harga yang bervariasi namun masih tetap terjangkau oleh para pencinta ikan hias.

Penempatan akuarium yang rapi dan bersih di mall ikan ini sangat memanjakan para pengunjung. Tepat ini dapat menjadi sarana rekreasi untuk masyarakat setempat dan juga menjadai sarana belajar untuk mengetahui nama-nama spesies ikan hias air tawar yang umum ada di masyarakat.

Berikut ini adalah cotoh-contoh ikan hias yang sangat menarik untuk dikoleksi, mulai dari ikan Oscar, ikan lemon, guppy, koi, komet, alligator, hingga arwana. Namun khusus alligator, ikan ini adalah ikan yang dilarang untuk diperjualbelikan. Ikan ini ada di Mall ikan adalah hanya untuk sebatas edukasi masyarakat mengenai spesies ikan hias yang dilarang.

Pada bagian akhir mall ikan ini, terdapat tempat rekreasi dan relaksasi bermedia ikan, yaitu terapi ikan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati sensasi cubita-cubitan ikan-ikan kecil yang menggigit bagian kaki ataupun tangan para pengunjung. Para pengunjung tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk menikmati sensasi gigitan ikan terapi selama 10 hingga 15 menit. Ada banyak spesies ikan yang digunakan untuk terapi ikan, yaitu seperti ikan  Garra Ruffa dari Timur Tengah, Garra Teniata dari Thailand, hingga Garra borneensis dari Kalimnatan Indonesia. Akan tetapi khusus di mall ikan SUPM Kotaagung, ikan yang digunakan adalah ikan nilem atau Osteochilus vittatus.

Itulah …TANGGAMUS KINI SUDAH PUNYA MALL IKAN yang merupakan terobosan baru konsep teaching factory yang memadukan antara bidang Teknis budidaya perikanan dengan bidang teknis operasional bisnis retail. Kedepannya dipastikan mall ikan ini akan memiliki varian-varian produk lainnya dari unit pengolahan hasil perikanan maupun dari unit penangkapan ikan laut. Mall ikan ini kini terbuka untuk umum dari jam 08 hingga 15.00, dan dilayani oleh para peserta didik sebagai ajang mereka untuk belajar berbisnis dan memasarkan produk perikanan. Mall ikan adalah salah satu bentuk terjemahan dari konsep merdeka belajar vokasi bidang perikanan yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia yang merupakan kolaborasi nyata antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Klik disini untuk melihat video tampilan mall ikan Tanggamus.

Apa Beda MARKETING dengan ADVERTISING

Hits: 7

Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat untuk bertumbuh. Mari kita mulai dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut apa beda marketing dengan advertising.

Advertising

Advertising adalah suatu pengumuman atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk semua pelanggan atau calon pelanggannya.

Marketing

Marketing adalah suatu perencanaan, implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu interaksi yang sama-sama menguntungkan.

Setelah membaca kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.

Advertising hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.

Advertising mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang bersaing ketat dengan riset marketing.

Cara terbaik untuk membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Marketing adalah suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya. Itulah jawaban dari apa beda marketing dengan advertising.