Category Archives: Marketing

tujuan segmentasi Pasar

Secara umum segmentasi pasar mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan posisi kompetisi bisnis dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut terdapat tujuan-tujuan yang lebih sempit seperti, menigkatkan penjualan, memperbaiki pangsa pasar, melakukan komunikasi dan promosi yang lebih baik, dan memperkuat citra. Setidaknya terdapat 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan segmentasi pasar yaitu:

1. Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar. Perusahaan menempatkan konsumen di tempat yang utama, dan menyesuaikan produknya untuk memuaskannya (customer satisfaction at a profit).

2. Menganalisis pasar. Segmentasi pasar membantu penjual mendeteksi siap saja yang menyerang pasar produknya.

3. Menilai peluang (niche) Setelah menganalisis pasar, perusahaan yang menguasai konsep segmentasi dengan baik akan sampai pada ide untuk menemukan peluang. Peluang ini tidak selalu sesuatu yang besar, tetapi pada masanya akan menjadi besar.

4. Menguasai posisi yang superior dan kompetitif Perusahaan yang menguasai segmen dengan baik umumnyaadalah mereka yang paham betul konsumennya. Perusahaan memahami pergeseran-pergeseran yang terjadi di dalam segmennya.

5. Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien. Setelah mengetahui segmen yang dituju, maka perusahaan akan menentukan bagaimana berkomunikasi yang baik dengan segmen yang dituju.

facebook marketing

Dalam dunia marketing, tentunya suatu bisnis membutuhkan massa yang sebanyak-banyaknya, karena massa inilah yang akan membantu menyebarluaskan informasi tentang suatu produk, jasa, ataupun merk. Word of mouth promotion lebih banyak berperan disini,dan semakin banyak massa yang mau menyebarluaskan informasi bisnis anda, maka proses pemasaran akan semakin mudah dan murah. Akan tetapi massa yang banyak adalah bukan segalanya, massa yang yang harus anda kuasai adalah massa yang sudah tersegmen dan menjadi target utama pemasaran anda. Cobalah anda untuk melakukan facebook marketing.

Bagi facebooker, tentu sudah terbiasa berbagi informasi dengan orang lain mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukannya melalui kotak status. Melalui kotak status inilah seseorang bisa tahu mengenai eksistensi seseorang, komunitas, organisasi, public figure, atau bahkan suatu bisnis. Bagi anda yang kreatif memanfaatkan kotak status, pasti anda akan menulis di halaman profile anda dengan tulisan yang menarik, unik, dan mampu mendatangkan perhatian teman-teman anda sehingga mereka berkomentar terhadap status anda.

Kreatif, menarik, dan unik. Inilah kuncinya. Dalam dunia marketing, istilah ini disebut soft marketing.

Facebook adalah media yang sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis anda ataupun pribadi anda. Anda ingin terkenal ? Anda ingin memperkenalkan diri anda sebagai seorang ahli bidang bisnis, pembicara motivasi, pelatih sukses atau lainnya ? Atau anda ingin mempopulerkan komunitas, organisasi, atau kegiatan sosial nada ? Maka facebook adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Tekuni dan jalankan dengan serius program pemasaran online anda melalui facebook ini, dan lihatlah hasilnya beberapa bulan kemudian.

Pertanyaannya adalah  Bagaimana memaksimalkan akun facebook untuk kepentingan bisnis kita ? Adakah tips-tipsnya? Dan seberapa sulitkah caranya ? Well, pada prinsipnya facebook marketing tidaklah terlalu sulit jika kita mengetahui beberapa tips dan strategi memaksimalkan facebook. Yang paling utama adalah tetap fokus pada visi dan misi yang akan anda sampaikan, dan tetap tidak meninggalkan prinsip-prinsip ilmu marketing.

every business is a service business

Jika anda memiliki sebuah toko, mislanya toko cell phone, toko blu-ray, toko komputer, atau toko apapun, maka sebetulnya yang anda jual bukanlah produk yang ada di toko anda. Produk anda hanyalah merupakan output dari bagian produksi saja, sedangkan yang menentukan penghasilan anda agar berkelanjutan adalah service, manfaat, dan keuntungan yang diberikan toko anda kepada para konsumen. Bukan hanya di toko saja, yang menjadi tempat akhir produk sebelum sampai ke konsumen. Setiap bisnis adalah tentang pelayanan. Every business is a service business. Buat pelanggan puas, maka mereka akan kembali lagi dan kembali lagi. Inilah yang membuat penghasilan anda berkelanjutan, dan produktivitas per transaksi anda akan stabil bahkan meningkat.

Tidak percaya ? Ok, mari kita lihat contoh kasus berikut ini.

Di suatu pusat perbelanjaan, terdapat dua buah toko film yang saling berdampingan, yaitu Toko A dan Toko B. Kedua toko tersebut menjual dan memiliki koleksi produk yang sama, yaitu produk fashion terbaru. Yang membedakan adalah bahwa jika di Toko A pelayanan para pramuniaganya hanya biasa saja, sedangkan di Toko B mengedepankan service beyond service excellent. Dan apa yang terjadi ? Ternyata banyak pengunjung yang mendatangi Toko B dibandingkan dengan Toko A, dan tentu saja omzet penjualan Toko B lebih besar daripada Toko A. Kenapa? Karena dengan service yang dilakukan oleh Toko B membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama dan berbelanja di toko tersebut. Pelanggan puas, lalu akhirnya mereka menjadi pelayan setia, dan kesetiaan pelanggan adalah omzet bagi toko.

Semua itu adalah karena service. Service-lah yang menentukan omzet penjualan dan umur toko anda, bukan produk yang anda jual. Bagaimanapun lengkapnya koleksi barang di toko anda, anda akan rentan oleh serangan kompetitor jika anda tidak memiliki bentuk service yang hebat kepada konsumen anda.

Dan ini service ini berlaku bukan hanya untuk bisnis saja. Institusi, organisasi, pelayanan publik, bahkan hingga sekolah sekalipun umurnya akan dipengaruhi oleh service kepada penggunanya.Apabila service yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada para penggunanya, maka dengan kekuatan word of mouth akan membuat institusi, organisasi, atau sekolah tersebut banyak dilirik orang. Banyak orang yang ingin menggunakan jasanya. Tapi apabila service-nya buruk, maka lama kelamaan institusi, organisasi, atau sekolah tersebut akan ditinggalkan, dan pada akhirnya bubar. Sama seperti toko A yang akhirnya bangkrut dan tutup karena kalah bersaing dengan Toko B dalam hal service.

Jadi apapun yang anda jual, atau bahkan apapun bidang yang anda tekuni, maka ketahuilah bahwa service menentukan hidup dan matinya usaha anda, karena pada intinya every business is a service business.

Efek word of mouth di Bisnis Pariwisata

Bagaimana efek word of mouth di bisnis pariwisata? Begini penjelasannya. Beberapa waktu yang lalu saya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Pantai Pesisir Tengah Krui, Kabupaten Lampung Barat, Propinsi Lampung, Indonesia. Selama dua hari saya tinggal disana, saya merasakan nuansa yang hampir mirip dengan Bali, ada pantai yang indah, serta wisatawan mancanegara. Bedanya adalah jika di Bali sudah ramai dan terkenal, maka di Krui masih sepi dan mungkin belum banyak dikenal oleh orang. Bahkan mungkin kalangan lokal Indonesia pun belum mengenal pantai Pesisir Tengah Krui ini. Kenapa begitu? ini pastilah karena efek word of mouth di bisnis pariwisata bekerja secara otomatis di kalangan para pelancong bule. Buktinya lebih banyak wisatawan bule ketimbang wisatawan domestik. Bahkan selama saya disana, saya tidak menemukan wisatawan domestik satu pun. Wah ini aneh, tempat wisata di negeri sendiri tapi koq malah tidak dikenal. Atau mungkin karena pengaruh pandemi COVID-19 kali ya, sehingga sedang sepi…

Lalu kenapa pantai Krui ini lebih dikenal dikalangan wisatawan asing dibanding wisatawan domestik? Mungkin inilah alasannya.

The Power Of Word of Mouth

Berdasarkan penelitian, karakter wisatawan asing cenderung untuk melakukan eksplorasi dalam menjelajah suatu wilayah wisata, dan mereka biasanya mengeksplorasi suatu tempat yang belum pernah dituju sebelumnya. Apabila mereka menemukan tempat yang membuat mereka sebagai pelanggan merasa nyaman, mereka akan menyebarkan informasi mengenai tempat ini baik melalui social media, telepon, ataupun lainnya. Mereka akan bercerita di blog-blog miliknya tentang tempat wisata yang mereka singgahi ini. Dan dari cerita-cerita di blog mereka maupun di social media inilah akhirnya berita mengenai tempat wisata baru ini mulai tersebar di kalangan teman-temannya, dan akhirnya keseluruh dunia.

Inilah The Power of Word of Mouth. Kekuatan bahasa dan komunikasi dalam bergaul merupakan suatu senjata marketing yang berbiaya murah. Bahkan mungkin anda tidak perlu biaya untuk melakukan strategi marketing macam ini. Power of Word Of Mouth juga bisa menjadi senjata yang membinasakan bisnis anda ketika perbincangan negatif diarahkan ke produk anda.

Untuk tempat wisata Pantai Krui ini saya yakin Word Of Mouth-nya bernuansa positif, karena banyak wisatawan asing berkunjung kesini. Lalu kenapa bisa word of mouth-nya bersifat positif ? Saya yakin bukan hanya tempat yang indah dan bagus saja yang menjadi penilaian. Sisi pelayanan dan keramahan para penduduk pasti juga menjadi penilaian utama. Wisatawan adalah pendatang, dan pendatang akan merasa senang apabila mereka disambut dengan ramah, dilayani dengan sepenuh hati, dan mereka merasa aman tinggal ditengah-tengah masyarakat. Ini menunjukkan bahwa penduduk lokal di Krui sudah tahu bahwa pelayanan pelanggan adalah suatu investasi yang menguntungkan dan sangat murah.

Oleh karena itu, agar suatu pariwisata dapat maju sebetulnya dengan cara iklan yang gila-gilaan dan berbiaya mahal adalah kurang efektif jika para pelaku pariwisata yang berkepentingan tidak memahami arti penting pelayanan. Birokrasi dan regulasi pemerintah, karakter penduduk pribumi, infrastruktur wisata harus dirancang sedemikian rupa agar dapat melayani wisatawan dengan excellent. Dan jika pelayanan ini sudah excellent, maka untuk meningkatkan bisnis bidang pariwisata mungkin pemerintah akan bekerja lebih ringan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu tempat wisata. Dengan strategi marketing yang murah meriah yaitu Word of Mouth Marketing, devisa negara akan terkumpul banyak. itulah efek word of mouth di bisnis pariwisata yang berdampak sangat dahsyat baik pada lingkungan terkecil suatu daerah hingga suatu negara.

Jangan pikir masukin produk dagangan ke supermarket besar itu keren…..

Rata-rata pemilik produk dagangan, atau bahkan hampir semuanya pemilik produk yang baru berdiri, dalam pemikirannya merasa bahwa masuknya produk mereka ke supermarket kelas besar seperti indomaret, alfanart, Transmart, atau lainnya merupakan suatu kebanggaan…keren..luar biasa…Padahal…tunggu dulu…Jangan pikir masukin produk dagangan ke supermarket besar itu keren. Cermati dulu aturan-aturan yang ditawarkan oleh supermarket tersebut, dan ngaca diri mengenai kesanggupan perusahaan kita..jangan buang energi…Lho…Maksudnya gimana??

Begini…

Sudah dipastikan, bahwa menjadi supplier supermarket besar atau memasukkan produk dagangan ke supermarket tentu ada syarat-syarat tertentu. Dan biasanya, mereka tidak bersedia menerima produk hanya untuk satu atau beberapa gerai saja. Mereka menginginkan bahwa produk tersebut dapat dipasok ke seluruh gerai miliknya. Misal deh…Untuk memasukkan suatu produk dagangan ke supermarket A, supermarket A ini mematok syarat minimal bisa menyuplai 5 buah produk dagangan untuk setiap gerainya setiap dua minggu. Itu artinya, jika supermarket itu punya 1000 gerai di seluruh Indonesia, maka calon supplier tersebut harus mampu menyediakan produk minimal 5 pcs x 1000 gerai = 5.000 pcs barang setiap 2 minggu.

Persoalannya adalah, sanggupkah calon supplier tersebut memasok 5.000 pcs produk per dua minggu ? Banyak yang mungkin emosional menjawab..”Kita usahakan, yang penting kita bisa masuk supermarket itu…kan keren barang saya ada di rak display supermarket terkenal itu…” Atas dasar pemikiran tersebut, akhirnya sang calon supplier nekad pinjam uang di bank, menambah karyawan, pending order konsumen yang sudah langganan. Semua hanya demi memenuhi target pengiriman 5.000 pcs per dua minggu Oh, bagi saya, pemikiran pebisnis seperti itu adalah keliru besar… Kenapa? begini alasan saya ..

  1. Jika tidak mampu, mendingan tidak usah. Alangkah ruginya membatalkan pesanan konsumen yang sudah percaya dengan produk kita hanya demi pemenuhan kewajiban. Ujung-ujungnya, konsumen langganan menjadi tidak puas…dan….kabur…….
  2. Bicara soal kewajiban, secara alamiah sebetulnya manusia itu berharap untuk menghindari kewajiban…karena kewajiban adalah beban.. Aneh rasanya kita menandatangani kontrak kerjasama yang didalamnya ada kewajiban suplai sekian ribu barang per dua minggu yang kita belum tentu mampu dan belum pernah melakukannya. Lain soal kalo sudah mampu ya…
  3. Mending dapat uang yang pasti daripada dapat uang yang belum pasti. Maksudnya?? Ingat..pesanan konsumen setia kita adalah pesanan yang dipastikan kita dapat duit. bahkan mungkin karena mereka sudah percaya, mereka akan transfer uang dulu sebelum barangnya ada…Mereka sudah percaya loh…Trus apakah supermarket itu memperlakukan hal yang sama dengan konsumen loyal kita? Percaya kalo kita punya produk bagus?? TIDAK!!! Kalo nama merk kita kalah besar dengan nama merk supermarket itu, (dalam bahasa kerennya brand awareness) maka dipastikan supermarket itu ya gak mungkin bayar duluan…atau “barang datang saya bayar” Gak mungkin. Mereka pasti menerapkan sistem konsinyasi atau consignment, dimana mereka membayar setelah produk kita yang ada di display laku…dan itu biasanya tidak per toko. Tapi kumulatif dari penjualan 1000 gerai mereka. Sistem pembayaran konsinyasi dapat dilakukan ya terserah supermarketnya…bisa dua minggu sekali, atau bahkan sebulan sekali…Nah itu artinya, kita harus puasa dapat duit selama dua minggu atau satu bulan karena tertahan di supermarket tersebut. Karena tertahan dapat duit, maka..
  4. Kita memproduksi barang untuk suplai produk secara berkelanjutan adalah dengan cara meminjam dulu tabungan hasil untung kita sebelumnya, atau bahkan ada yang nekat meminjam uang ke bank untuk biaya operasional..wah itu tidak sehat..Mending kalo supermarketnya bayarnya lancar, kalo gak lancar, pembayaran macet? apa jadinya….malah bikin stress..

Jadi sebetulnya, jangan pikir masukin produk dagangan ke supermarket besar itu keren..Jika anda tidak cermat, mak bisa-bisa anda bunuh diri…perusahaanmu bisa tumbang gara-gara emosional ingin merk daganganmu mentereng di display supermarket…Saya mengalami hal itu karena 8 tahun saya di dunia retail…saya bekerja di perusahaan yang menyuplai produk ke salah satu supermarket terbesar di tahun 2000-an yang punya lebih dari 100 gerai di seluruh Indonesia. Apakah keren? tidak!!! Pusing setengah mati, hitung stok, nunggu pembayaran, kejar target suplai, ah…macam-macam deh pokoknya..dan itu gak keren…

Slow aja…mendingan jika punya produk sendiri maka merintis memasarkan sendiri. Tidak usah emosional ingin supali ke supermarket..justru ini berbahaya. Bahkan zaman sekarang, marketing atau menjual produk dan menjadi terkenal itu medianya banyak yang mudah. Anda bisa menjual melalui toko online, mengiklankan produknya melalui facebook, instagram, atau media sosial lainnya. Bahkan yang sekarang terbukti sukses, adalah dengan menjual sekaligus mengiklankan produk yang dimiliki melalui “landing page“. Ini menarik kalo kita buat iklan landing page, sudah pasti ada aja yang beli…atau alternatif lain adalah dengan mengiklankan melalui pihak ketiga yang bertarif tidak mahal seperti mengiklan di adsterra,

jadi sekali lagi…..jangan pikir masukin produk dagangan ke supermarket besar itu keren. Itu gak keren kalo maksa, yang akhirnya jadi gak mampu…Pelan-pelan saja…yang penting aliran uang masuk lancar terus…

Digital Printing Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis

Saat ini, segala sesuatu baik bisnis maupun kegiatan lainnya sangat bergantung pada teknologi. Demikian pula halnya dengan mencetak. Percetakan melalui berbagai media dan format yang berbeda-beda merupakan pemecahan masalah yang sangat penting dalam dunia bisnis saat ini. Bisnis saat ini menjadi lebih antusias dengan adanya proses pencetakan yang memberikan kualitas gambar yang tinggi dan waktu penyelesaian yang cepat.

Bisnis memerlukan komunikasi dengan para pemangku kepentingan, dan komunikasi tersebut dapat menggunakan berbagai alat. Sekarang Anda dapat mencetak brosur, kartu nama, brosur dan bahan lainnya dalam volume besar dengan harga yang terjangkau. Jika kebutuhan Anda adalah untuk menghasilkan cetakan dalam waktu yang singkat, maka cetak digital adalah jawabannya. Kecepatan proses ini cukup luar biasa dan kapasitasnya membuatnya menjadi prospek yang bisnis yang sangat menjanjikan.

Bisnis cetak digital tidak hanya terpaku pada produk cetaknya saja. Jasa desain khusus untuk setiap pelanggan dalam men”deliver” pesan yang akan disampaikan kepada target pasar juga merupakan peluang bisnis pelengkap bahkan bisa menjadi utama dalam bisnis digital printing. Hal ini tentunya luar biasa mengingat fakta bahwa suatu bisnis justru bisa fokus pada bagaimana mengembangkan hubungan dengan setiap pelanggan dalam konteks tertentu. Dan ini semua bisa tersampaikan hanya dengan sebuah gambar yang didesain secara unik dalam waktu yang singkat dan jumlah yang banyak. Percetakan digital dapat mengubah jalannya komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Seberapa efektif suatu profil bisnis dikomunikasikan kepada target pasar, sedikit banyak hal tersebut tergantung pada kualitas gambar cetakan serta desain yang dibuat.

Digital Printing dapat menawarkan leverage yang signifikan untuk kebutuhan komunikasi bisnis. Anda dapat menukar manfaat dengan bermitra dengan penyedia layanan. Penyedia layanan akan bekerja pada pendekatan yang akan memberikan pengaruh untuk kebutuhan komunikasi Anda. Dengan memiliki solusi pencetakan yang disesuaikan untuk brosur Anda, brosur dan kartu nama Anda dapat berakhir sebagai pemenang. Anda harus memberikan diri Anda kesempatan untuk menanggapi situasi yang berbeda dengan cara yang terjangkau.  Anda akan mendapatkan apa yang diinginkan untuk terlibat dengan para pemangku kepentingan dalam cara yang lebih baik.

Bagaimana Membuat Bisnis Event Yang Sukses

Event  yang sukses memiliki key performance indicator yang cukup jelas, yaitu ramai pengunjung, pengisi acara yang menampilkan suatu hiburan yang menyerupai sempurna dan jalannya event yang lancar dan tertib serta ditambah tujuan acara tersebut tercapai. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa membuat suatu event yang sukses tidaklah semudah membalikkan tangan. Membuat suatu event yang sukses dan berkualitas membutuhkan persiapan yang matang, perencanaan yang tepat, serta kerjasama tim yang kompak. Tanpa itu semua, maka sukses suatu event tidak akan terjadi. Untuk itulah, maka dapat dikatakan bahwa tidak semua orang, atau bahkan tidak semua perusahaan dapat membuat suatu event sukses dengan cara melakukannya sendiri. Terkadang, mereka menggandeng partner berupa event organizer yang sudah berpengalaman untuk melaksanakan suatu event.

Sebagai contoh, suatu perusahaan yang berniat menyelenggarakan suatu event pameran produk atau launching produk baru, mereka berfikir bahwa:

  1. Mereka tidak punya waktu banyak untuk melakukan persiapan pameran
  2. Mereka tidak memiliki pengalaman dalam merancang suatu event
  3. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menciptakan event yang tepat sasaran

Atas alasan-alasan tersebut, maka perusahaan akan lebih baik untuk menggandeng event organizer yang berpengalaman agar event dapat berjalan dengan sukses. Lebih baik mereka membayar daripada berhadapan dengan resiko kegagalan yang lebih besar.

Event bukan hanya bisnis semata, tapi didalam operasionalnya terkandung juga suatu seni yang kompleks. Karena itu tidak semua orang dapat membangun dan membuat suatu event yang penuh kreasi, menarik, meriah, dan berujung sukses. Adalah mereka yang memiliki kreativitas dan imajinasi tinggi sehingga ia dapat membuat event yang dibuatnya, baik business atau pleasure, “will be unique, stylish and unforgettable”. Dedikasi dan imajinasinya akan memastikan bahwa suatu events yang dirancangnya akan memiliki sesuatu yang ekstra. Jadi, jika anda menginginkan suatu event yang sukses, maka sudah seharusnya anda menghubungi seorang event organizer yang sudah berpengalaman dan memiliki daya imajinasi tinggi.

Empat Cara Web Desain Yang Dapat Membuat Anda Kehilangan Pelanggan Atau Pengunjung

Untuk semua jenis industri, internet menjadi semakin penting. Peningkatan jumlah pembeli di ranah online membuat pasar menjadi lebih kompetitif dari sebelumnya. Dengan begitu banyak kehadiran perusahaan yang beraktifitas secara online, maka tidak mengherankan bahwa desain web menjadi prioritas utama. Di sini, kita akan melihat beberapa cara di mana sebuah situs web yang dirancang buruk bisa menghilangkan kesempatan bisnis Anda.

Desain web yang membuat perangkat menjadi terasingkan

beberapa tahun terakhir ini, Web telah datang dengan salah satu perubahan paling signifikan dimana dengan teknologi android orang semakin mudah untuk mengaksesnya. Kini, tidak lagi terjadi semua pengunjung web akan duduk di rumah pada komputer desktop. Dengan android, pengunjung dapat mengunjungi situs web dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Tindak lanjut dari itu, maka perusahaan dapat mengharapkan kunjungan dari ponsel, tablet dan laptop.

Jika situs web Anda tidak diatur untuk menangani lalu lintas dari perangkat mobile, maka pengalaman pengguna akan dihukum berat. Memilih untuk menggunakan design situs khusus untuk mobile atau elemen desain responsif dapat memastikan bahwa pengunjung Anda akan bahagia, terlepas dari kesulitan menggunakan perangkat mereka. Untuk dicatat, Desain web responsif adalah design suatu web dimana design tersebut akan menyesuaikan bentuk dan ukurannya secara otomatis ketika dibuka di perangkat mobile (smartphone, Ipad, Blackberry, atau Tablet).

Navigasi yang sulit

Ini bukan hanya penting bagi Anda untuk menyajikan informasi dengan jelas kepada pengunjung Anda; Anda juga harus memungkinkan mereka untuk mengontrol apa yang mereka lihat. Jika pengunjung tidak dapat menavigasi situs Anda dengan mudah pada smartphone mereka, maka mereka cepat akan pindah ke pesaing Anda. Sebuah navigasi bar sederhana namun komprehensif adalah kunci untuk desain web yang baik.

Membosankan, konten statis

Web desain adalah jauh lebih dari sekedar cara website terlihat. Halaman yang isinya membosankan akan membuat pengunjung tidak tertarik. Pengguna web menghargai konten segar yang dapat membuat mereka dapat berinteraksi dengan mudah. Tidak peduli apakah perusahaan Anda menjual produk gigi atau jasa hukum, desain web interaktif akan menarik pengunjung Anda dan meningkatkan kesempatan Anda untuk membuat penjualan.

Koneksi internet hari ini mungkin jauh lebih cepat daripada dulu, tapi itu tidak berarti kecepatan koneksi tidak relevan. Mengisi halaman Anda dengan konten yang besar akan memperlambat waktu pembukaan bagi pengunjung. Jika pengunjung Anda dibuat untuk menunggu, Anda meningkatkan kemungkinan mereka pergi ke tempat lain.

Jika Anda tertarik untuk menanamkan konten besar seperti video, cobalah untuk menjaga mereka di halaman terpisah. Konten yang besar memiliki tempat dalam desain web yang baik tapi penting untuk dicatat bahwa jangan sampai hal itu merusak situs Anda.

Manager Produksi dan Manager Marketing

Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk produk Anda? Setelah Anda memasukkan semua pajak, biaya produksi, dan pemeliharaan, berapa banyak yang ingin pelanggan Anda bayar untuk menggunakan produk Anda? Sebagai manajer produk, kita semua memiliki hubungan dua sisi dengan harga produk yang akan dijual. Mereka ingin memperoleh uang sebanyak mungkin dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan di satu sisi mereka pun ingin agar produk yang dibuat memiliki kualitas bagus dengan biaya yang dikeluarkan serendah mungkin. Mereka juga menyadari bahwa jika harga produk terlalu tinggi, maka mungkin akan berakhir dengan ketakutan calon pelanggan untuk membayar manfaat produk yang dibuat.

Karena itu, butuh sinkronisasi antara manager produksi dengan manager pemasaran. Sang manager produksi harus mempertahankan kualitas produk yang dibuatnya, dan ini harus dikomunikasikan. Sementara itu manager marketing harus dengan pasti memahami pengetahuan produk yang dibuatnya, dan ini butuh informasi dari manager produksi. Dari sisi penentuan harga, kedua manager ini setidaknya akan memebri masukan kepada para CEO agar menetapkan  harga yang ideal untuk produk yang akan dijual.

Mungkin manager produksi tidak terlalu banyak perhatian akan kebutuhan pelanggan, dan permasalahan pelanggan, karena ia hanya bertanggung jawab atas barang saja. Sementara manager marketing harus benar-benar memahami  keinginan pelanggan dan keluhan pelanggan, karena inilah tujuan inti dari marketing. Namun tidak ada salahnya jika manager produksi memahami sedikit banyak tentang harapan-harapan pelanggan, sehingga ia dapat membuat suatu kebijakan atas standar mutu produk yang dibuat.

Marketing Unik Dari Perusahaan Penerbangan

Saat ini bisnis penerbangan semakin ketat. Maskapai penerbangan melakukan berbagai upaya agar bisnisnya tetap bertahan. Upaya trend yang dilakukan saat ini adalah dengan strategi LCC.

LCC adalah singkatan dari Low Cost Carrier. pada prinsipnya LCC adalah menurunkan boaya operasional suatu pesawat agar dapat mempertahankan profit. Strategi LCC ini akan berujung pada murahnya harga tiket. penurunan biaya opwrasional bisa berupa menurunkan/ menghilangkan catering di pesawat, pengurangam bahan bakar, atau pengurangan lainnya yang dirasa kurang penting. inyi utamanya hanyalah menwrbangkan seseorang ke tempat tujuan.

 Namun tidak demikian halnya dengan eva air Taiwan. Eva air Taiwan melakukan suatu strategi yang unik dan berbeda dengan maskapai lain. Ia menggunakan karakter kartun populer Hello Kitty untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama. Dari sisi penampilan pesawat, seluruh body pesawat yang digunakan di lukia dengan karakter Hello Kitty. Dari sisi pelayanan makanan di dalam pesawat, alih-alih mengurangi kualitas makanan, eva air Taiwan justru memodifikasi makanan yang sesuai dengan karakter Hello Kitty. Makanan dibuat selain lezat juga memarik dalam penampilan, tanpa perlu mengurangi kualitas.

 Tidak hanya penampilan pesawat dan pelayanan di dalam pesawat. Keseriusan Eva air mengusung karakter Hello Kitty dibuktikan dengan promosi terbang bersama pencipta karakter populer tersebut.

 Lalu apa tujuan mengusung karakter ini? Betulkah ini dapat menarik pelanggan lebih banyak? Untuk menarik pelanggan memang jawabannya perlu dibuktikan demgan data, yang mungkin saja tidak akan diperlihatkan kepada publik. Sedangkan untuk tujuan, kita dapat memperkirakan berdasarkan teori marketing.

 Seperti yang kita tahu, dalam marketing ada yang dinamakan segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting berarti suatu perusahaan membagi- bagi kriteria pelanhgan dalam kelompok tertentu. Kriteria yang dibagi tentu terserah pemilik bisnis, dalam hal ini eva air. Targeting berarti produk bisnis yang dimiliki diupayakan dapat terjual kepada satu atau beberapa segmen yang telah dibagi tersebut. Positioning berarti menancapkan pengaruh produk yang dimiliki pada target yang sudah ditandai.

 Mungkin saja Eva air Taiwan menemukan segmen bahwa ada banyak penumpang yang menyukai Karakter Hello Kitty sehingga ini dianggap segmen yang potensial untuk dijadikan target. Harapannya dan tujuannya adalah bahwa eva air memposisikan diri untuk melayani penumpang pencinta Hello Kitty. Dengan kata lain, jika ia ingat hello kitty, maka ia akan ingat eva air.

 Saya yakin analisis ini masih dangkal, perlu pembahasan yang lebih lanjut mengenai hal ini. Akan tetapi benang merah yang dapat disimpulkan disini adalah bahwa jasa penerbangan yang saat ini begitu ketat harus dihadapi dengan berbagai inovasi dan kreativitas marketing agar tetap bertahan. Eva air menunjukkan hal ini dengan cara yang sangat unik.