Category Archives: Marketing

INI DIA 4 TIPE PEMBELI DI TOKO ONLINE

Hits: 8

4 tipe pembeli toko online

Sejak 5 tahun ke belakang, belanja online sudah menjadi trend di kalangan masyarakat dan menjadi suatu revolusi bisnis ritel yang sangat mencolok. Terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 di tahun 2021-2022, Belanja online menjadi cara favorit masyarakat ketika larangan keluar rumah diberlakukan. Dari sekian banyak pembeli toko online, ternyata terangkum menjadi 4 tipe pembeli yang dikategorikan sesuai dengan kebiasaan mereka menjadi . Ini dia 4 tipe pembeli toko online.

Undecided Customer.

Undecided customer secara harfiah berarti pelanggan yang iseng-iseng browsing produk di e-commerce atau toko online. Pelanggan yang satu ini biasanya hanya membuka aplikasi e-commerce namun belum memiliki niat untuk membeli apapun, mereka hanya scrolling untuk melihat produk-produk menarik. Biasanya mereka scrolling ketika menemukan iklan di media sosial mereka tentang suatu produk. Mereka penasaran, membuka produk tersebut, dan kemudian scrolling produk lainnya.

Prospective Customer. 

Prospective Customer maksudnya adalah pelanggan yang sudah punya niat untuk membeli sesuatu di toko online tetapi masih mempertimbangkan akan produk tersebut. Pertimbangan ini adalah terkait dengan membandingkan harga yang lebih murah untuk produk yang sama, pertimbangan promosi, ongkos kirim, hingga mungkin alternatif produk sejenis namun berbeda merk. Mereka biasanya menunggu waktu yang tepat dan diskon yang pas untuk membeli suatu produk yang sudah direncanakan.

Loyal Customer. 

Loyal customer berarti pelanggan yang membuka aplikasi karena telah memutuskan apa yang ingin mereka beli, dan langsung melakukan transaksi saat itu juga. Mereka tidak memikirkan tentang ongkos kirim, promosi, atau membandingkan dengan produk sejenis. Pelanggan tipe ini biasanya adalah pelanggan yang membeli suatu produk karena kebutuhan mendesak, atau punya kelebihan uang belanja.

Impulsive Customer. 

Impulsive customer adalah pelanggan yang membeli suatu barang di toko online karena dipengaruhi oleh iklan produk yang mereka lihat di sosial media mereka (impulse buying customer), kemudian langsung melakukan transaksi karena khawatir misalnya lupa lagi produk yang mereka lihat di iklan. Pelanggan tipe ini biasanya mengesampingkan soal kualitas barang atau merk barang. Ketika mereka melihat iklan produk di media sosial, merasa bermanfaat, mereka langsung beli.

Itulah 4 tipe pembeli toko online saat ini. Dengan mengetahui keempat tipe pembeli toko online ini, maka dapat membantu para penjual online untuk membuat strategi pemasaran produk yang akan di jual di toko online. Misalnya strategi diskon, strategi ongkos kirim, atau strategi iklan yang menarik. Namun perlu diperhatikan bahwa 4 tipe pembeli ini berlaku untuk pembeli produk pada bisnis ritel online, bukan pada bisnis restoran atau bisnis makanan online

CARA PEMASARAN MURAH UNTUK BISNIS UMKM

Hits: 24

Pameran Bisnis UMKM

Pada tahun 2023 ini, sudah saatnya UMKM melakukan strategi pemasaran yang lebih maju agar tidak kalah bersaing dengan bisnis satu rumpun namun berskala besar. Para ahli memperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan investasi di bidang pemasaran pada sosial media, konten buatan pengguna atau users generated content, dan hiburan. Itu artinya jika investasi besar-besaran maka tentu akan diprediksi pula trend penggunaan hal tersebut yang melejit naik di mata customer. Untuk itu, kita pun sebagai pebisnis UMKM harus memanfaatkan prediksi trend ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial, konten berbasis pengguna, dan hiburan untuk pemasaran. Tentunya dengan modal yang tidak perlu mahal, bahkan mungkin hampir gratis. Berikut adalah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM.

Platform media sosial terkemuka seperti facebook atau instagram secara kumulatif memiliki banyak jutaan pengguna, sehingga tidak mengherankan jika media sosial menjadi target pemasaran yang potensial. UMKM dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mengiklankan produk miliknya. UMKM bisa membuat halaman facebook untuk bisnis atau instagram untuk bisnis. Cara yang lebih murah adalah dengan memposting produk-produk milik kita di halaman facebook pribadi kita yang sudah ada dan mengarahkannya ke halaman facebook bisnis yang dibuat.

Cara pemasaran murah berikutnya yang hebat dan hemat biaya untuk dalam rangka memperkenalkan produk UMKM adalah melalui konten yang dibuat pengguna, Konten yang dibuat pengguna ini bisa berupa konten video youtube, video pendek tiktok, snack video, atau instargram video. Konten yang dibuat pengguna seringkali lebih murah daripada upaya pemasaran yang lebih tradisional, dan hasilnya bisa mengesankan. kita harus ingat bahwa originalitas dan ketulusan komentar pelanggan tentang produk kita merupakan nilai yang sangat berharga. tidak ada yang lebih autentik selain suara pelanggan. Mintalah pelanggan-pelanggan setia anda untuk membuat testimoni atau konten tentang produk UMKM kita. Dan janan lupa meminta ijin untuk re-post konten tersebut i kanal-kanal media sosial anda.

Itulah cara pemasaran murah untuk bisnis UMKM yang dapat dilakukan bahkan bisa jadi tanpa biaya. Efek pemasaran word of mouth merupakan efek yang sangat powerful. Jika dulu pemasaran word of mouth itu tana teknoogi, kini word of mouth marketing sudah bisa menggunakan teknologi informasi.

TIPS SUKSES MANAJEMEN RITEL UNTUK PEDAGANG ECERAN PEMULA

Hits: 58

Pedagang eceran pemula berharap bisnis baru mereka akan cepat berkembang dan memperoleh progres pendapatan yang signifikan dalam waktu singkat. Saking bersemangatnya mereka, maka biasanya para pedagang eceran pemula ini melpakan aspek fundamental dari manajemen bisnis ritel. Manajemen bisnis ritel yang baik adalah tentang proses yang baik dan penerapan yang konsisten di lapangan. Manajemen Ritel adalah proses bagaimana mengelola kegiatan keseharian bisnis ritel, dimana kegiatan bisnis ritel ini tidak hanya tentang penjualan barangnya saja, melainkan juga mengenai proses pelayanan kepada pelanggan. Lalu bagaimanakah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula? Berikut adalah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula yag dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi bergelut di bisnis toko eceran.

Tips 1: Bisnis adalah Bisnis

Jika anda terjun ke dunia bisnis, maka anda haru konsisten dalam hati bahwa segala hal yang berhubugan dengan bisnis anda, maka anda harus meperlakukannya atas dasar bisnis. Tidak ada yang lain. Dalam Bahasa Inggris: “Business is business.” Jangan buat keputusan bisnis terlalu diitervensi oleh perasaan. Bisnis anda baru berkembang, jangan rencana bisnis anda buyar hanya karena anda mempekerjakan teman, membeli dari pemasok yang anda anggap kenal baik. Ingat, kenal baik secara personal belum berarti kita mengenal baik secara bisnis. Bisnis adalah urusan uang, dan kadangkala teman baik pun akan menjadi tidak baik jika sudah menyangkut uang. Karakter atau kepribadian seseorang akan muncul dengan sebenarnya ketika mereka dilibatkan dengan uang. Anda harus hati-hati itu. Bisnis adalah bisnis, walaupun teman, anda harus tegas, lengkapi perjanjian bisnis dengan catatan hitam putih, sehingga kita akan saling terkendali.

Tips 2: Pelihara data-data yang menyangkut bisnis agar selalu akurat.

Setiap pembelian barang, penjualan barang, harga jual, harga beli, prduk yang laris atau best seller, produk yang terus laku barang fast moving, produk yang kurang laku atau barang slow moving, barang tidak laku atau dead stok, harus tercatat semua. Informasi ini sangat penting untuk keberlangsungan produk anda di toko dan juga keberlangsungan sirkulasi uang di toko agar tidak macet. Jangan sampai anda beli barang yang habis di toko anda dengan jumlah besar hanya gara-gara satu atau dua orang menanyakan barang itu dalam satu hari, sementara anda tidak membaca data jualan yang memperlihatkan bahwa barang tersebut tidak pernah laku alias dead stok. Memelihara data juga berarti bahwa akses untuk mendapatkan data tersebut harus tepat dan cepat. Untuk itu, pedagang eeran pemula harus sudah mulai belajar pencatatan data-data penjualan.

Tips 3: Gabung dengan komunitas

Pedagang eceran pemula akan sulit berkembang jika bekerja secara sendiri. Anda harus bergabung dengan komunitas. Tentunya komunitas yang anda ikuti adalah komunitas yang ada hubungannya dengan bisnis anda. Jika anda memiliki toko jualan onderdil sepeda, maka bergabunglah anda dengan komunitas pesepeda. Ini sangat bermanfaat, karena selain mendapatkan informasi mengenai produk onderdil sepeda yang banyak dibutuhkan, komunitas pun dapat menciptakan kemunculan pelanggan setia untuk toko anda.

Tips 4: Lindungi uang anda.

Jika anda melakukan transaksi secara tunai, maka penting bagi anda untuk memiliki laci penyimpanan uang penjualan yang aman. Demikian juga dengan nomor rekening bank untuk bisnis anda. Pastikan bahwa uang hasil jualan eceran masuk ke rekening khusus jualan, tidak campur aduk dengan nomor rekening gaji suami misalnya… Anda juga harus memastikan bahwa proses bisnis yang anda jalankan, serta alur perputaran uang terlindung dari dari penipuan, pemerasan, dan biaya-biaya yang tidak penting lainnya. Melindungi uang anda juga termasuk didalmnya adalah tentang pengeluaran. Anda harus memperhatikan pengeluaran anda, baik pengeluaran pribadi maupun pengeluaran bisnis. Anda harus berhemat, dan harus memiliki cadangan uang tunai untuk waktu darurat. Jangan sampai cashflow anda bernilai negative…itu berbahaya.

Tips 5: Ikuti perubahan

Jika dahulu anda berjualan eceran baju adalah dnegan cara diam di toko menunggu orang yang dating ke toko, maka kini dengan adanya internet, kebiasaan itu harus dirubah. Anda harus mulai berjualan secara online. Jualan nline tidak mesti roduk anda terjual secara global. Jualan online pun bisa difokuskan pada skala local, misal dengan menjual barang di marketplace facebook untuk jualan baju khusus di kota anda. Atau anda membuat grup jualan lokalan dengan telegram atau whatsapp. Ini bisa semakin meningkatkan nama toko anda di mata local. Dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan penjualan. Manfaatkan platform media sosial untuk mengembangkan bisnis anda.

Tips 6: Selesaikan masalah bisnis secepatnya, jangan ditunda-tunda.

Jika Anda menemukan suatu masalah dalam bisnis anda, misal banyak barang yang hilang di toko atau dikenal dengan istilah shrinkage, maka anda harus segera menyelidiki masalah itu dengan segera. Segera selidiki, dan buat keputusan dengan cepat. Karena semakin Anda menunda membuat keputusan, maka semakin banyak kerugan yang diterima, baik itu biaya, waktu, emosi, dan tentu saja UANG. Sebaliknya, jika anda punya masalah dengan utang jatuh tempo anda, maka segera selesaikan utang tersebut, karena keterlambatan pembayaran utang yang jatuh tempo akan mempengaruhi reputasi anda di mata supplier. Jika reputasi anda buruk, maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan barang jualan anda, dan kemudahan-kemudahan lainnya dari supplier.

Tips 7: Pelanggan adalah Raja

Pelanggan adalah sumebr uang anda, karena itu perlakukan pelanggan bagaikan raja. Buat mereka merasa berkesan berbelanja di toko anda, sehingga mereka akan Kembali lagi dan Kembali lagi untuk berbelanja di toko anda. Anda harus mulai mempelajari bagaimana pelayanan pelanggan yang baik untuk bisnis ritel. Dalam hal pelayanan pelanggan, Anda harus memahami bahwa “Every business is a service business”. Artinya adalah bahwa apapun bisnis yang dijalankan, sesungguhnya itu semua adalah perkara pelayanan. Pelanggan adalah asset bisnis anda, pelayanan pelanggan adalah investasi anda. Memperlakukan dan memelihara asset dan investasi bisnis anda dengan baik maka uang akan mengalir dengan baik pula ke toko anda.

Itulah tips sukses manajemen ritel untuk pedagang eceran pemula. Inti dari semua ini adalah bahwa manajemen ritel itu harus selalu menggunakan akal sehat. Kedepankan akal sehat dalam mengurusi bisnis, dan selalu perhatikan faktor-faktor penentu penjualan di toko ritel.

Sejarah Barcode Untuk Berjualan di Toko

Hits: 42

Penggunaan Barcode kini sudah banyak digunakan oleh berbagai industri dan bisnis ritel. Barcode digunakan dalam proses bisnis ritel atau bisnis membuka toko karena sifatnya yang akurat, mudah digunakan, dan dapat menyediakan pengumpulan data yang seragam dan umpan balik yang tepat waktu, Penggunaan barcode dapat meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Kini, bukan hanya ritel saja yang menggunakan barcode, bidang manufaktur, pergudangan, pengiriman, transportasi dan sebagainya mulai menggunakan barcode untuk proses bisnisnya. Bahkan, pelacakan aset, perawatan kesehatan, konstruksi, manajemen dokumen, hingga tanda peserta pun kini menggunakan barcode.

Sejarah Barcode
Konsep barcode pertama kali dimulai oleh Wallace Flint pada tahun 1932. Dia menemukan sistem pembayaran otomatis untuk toko bahan makanan dengan menggunakan kartu berlubang, yang ditempatkan di alat pembaca.

Kemudian pada tahun 1948, Bernard Silver bersama temannya Norman Joseph Woodland meneliti sebuah metode yang dapat membaca informasi produk secara otomatis. Tinta sensitif sinar ultraviolet digunakan, dimana dengan tinta ini akan membuat pola tinta yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet. Namun, metode tersebut gagal karena ketidakstabilan dan pola pencetakan yang mahal.

Pada tahun 1949, sebuah paten diajukandengan judul “Alat dan Metode Pengklasifikasian”. Simbol yang terdiri dari serangkaian lingkaran konsentris digunakan oleh mereka. Namun, deskripsi diberikan pada simbologi barcode linier saat ini.

Pada tahun 1967, David J. Collins mendirikan Computer Identics Corporation dan mengembangkan sistem barcode hitam putih yang dapat dibaca oleh sinar laser. Sistem ini digunakan untuk distribusi, produksi, pengiriman, penyortiran, dan aplikasi lainnya.

Kemudian pada tahun 1967, salah satu sistem pemindaian pertama dipasang oleh Radio Corporation of America (RCA) yang menggunakan simbol barcode “bull’s eye”.

John F. Keidel menemukan sistem pembacaan barcode pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1969. The Universal Grocery Products Identification Code atau UGPIC atau Kode Identifikasi Produk Kelontong Universal mulai dikembangkan pada tahun 1970. Pada tahun 1970, barcode digunakan untuk perdagangan eceran untuk pertama kalinya oleh Monarch Marking. Sistem ini diterapkan untuk keperluan industri untuk pertama kalinya oleh Plessey Telecommunications.

Pada tahun 1970-an, US Supermarket Ad Hoc Committee of Uniform Grocery Product Code didirikan oleh The National Association of Food Chains (NAFC) yang merumuskan kode standar barcode 12 digit. Pada tahun 1973, UGPIC diubah menjadi Uniform Product Code (UPC) oleh George J. Laurer.

UPC Barcode scanner atau Pemindai Barcode UPC pertama dibuat pada tahun 1974 oleh NCR Corp. dan dipasang di supermarket Marsh di Troy, dan Permen karet Wrigley adalah produk pertama yang dipindai oleh pemindai barcode di supermarket.

Setelah mengalami banyak perubahan, barcode saat ini berkembang sebagai alat produktivitas bisnis yang paling efektif. Saat ini, sistem barcode tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis yang berbeda. Sistem ini terutama terdiri dari empat komponen, yaitu:

Printer Barcode
Printer Barcode digunakan untuk mencetak label barcode. Kini, Printer barcode desktop dan nirkabel sudah tersedia secara luas. Thermal transfer dan teknologi direct thermal biasanya digunakan oleh printer barcode. Jika dibandingkan dengan printer konvensional, printer ini mencetak label lebih cepat, lebih efisien, dan dengan kualitas cetak yang lebih baik. Memilih jenis printer barcode yang tepat untuk digunakan terutama didasarkan pada jenis label yang akan dicetak dan jumlah yang dicetak per hari.

Barcode Label
Label barcode tidak lain adalah tag di mana barcode dicetak menggunakan printer barcode. Label dilampirkan pada produk atau barang yang dibaca oleh pemindai. Tata letak label barcode bervariasi tergantung pada industri dan aplikasi. Setiap kombinasi teks, grafik, dan informasi barcode dapat dicetak pada barcode label. barcode label tersedia dalam berbagai bahan yang dapat bekerja di hampir semua lingkungan.

Barcode Scanner
Alat yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode scanner. Alat ini membantu dalam membaca informasi yang ada di barcode secara akurat dan mengurangi tingkat kesalahan seperti yang biasa dilakukan oleh pengolahan data secara manual. Barcode scanner menggunakan berbagai teknologi pemindaian seperti laser, CCD, dan 2D. Memutuskan menggunakan barcode scanner mana yang akan digunakan tergantung pada jenis simbologi barcode dan kondisi atau tempat atau lingkungan di mana alat tersebut akan digunakan.

Database
Proses sistem barcode tidak cukup hanya dengan membaca barcode. Informasi mengenai produk seperti deskripsi, harga, jumlah persediaan, dan akuntansi harus disimpan terlebih dahulu dalam database. Memindai barcode berarti mengakses informasi yang ada di database.

Itulah sejarah Barcode untuk berjualan di toko. Sistem barcode ini telah memberikan solusi efektif dan efisien bagi perusahaan ritel baik yang berskala besar ataupun kecil. Bahkan ketika anda membuka toko kecil untuk pertama kali pun, produk yang akan dijual kini dapat dipasang label barcode dengan menggunakan alat yang mudah dan murah.

SOCIAL COMMERCE – BELANJA DI MEDIA SOSIAL

Hits: 46

Social commerce berbeda dengan e-commerce. Social commerce pada dasarnya memanfaatkan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr atau lainnya. Metode yang digunakan dalam jenis perdagangan ini pada dasarnya cukup sederhana. Pemilik bisnis atau orang yang terkait dengan penjualan menggunakan situs ini untuk berinteraksi dengan calon pelanggan potensial. Mereka menggunakan beberapa teknik untuk mendorong penjualan produk atau layanan mereka secara online. Untuk menyederhanakan konsepnya, dapat dikatakan bahwa ketika e-commerce dilakukan menggunakan situs media sosial, ini disebut sebagai social commerce. Namun yang membedakan social commerce dari e-commerce adalah perdagangan melalui media sosial berkembang dari basis hubungan dimana e-commerce lebih bersifat transaksional, sementara social commerce – belanja di media sosial lebih bersifat berkomunikasi atau berinteraksi secara sosial sebelum akhirnya ditutup dengan transaksi penjualan.

Peluang Social Commerce
Ada tren yang berkembang dalam menggunakan media sosial untuk perdagangan guna meningkatkan penjualan mereka. Ini tidak diragukan lagi merupakan peluang besar untuk bisnis. Sistem social commerce didasarkan pada interaksi. Hal ini memberikan peluang bisnis yang jauh lebih baik untuk meningkatkan penjualan karena melalui situs ini mereka benar-benar dapat menyampaikan pesan dan moto mereka kepada pelanggan mereka.

Pertanyaan yang kini muncul adalah apa gunanya social e-commerce? Dengan menggunakan situs-situs ini, maka pelanggan potensial dapat memperoleh saran dari orang lain. Ada banyak produk dan layanan yang dijual saat ini dan variasi yang sangat besar ini dapat menjadi sumber kebingungan bagi pelanggan yang tidak dapat memutuskan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. Dengan menggunakan media sosial, maka diciptakan lingkungan di mana pelanggan yang ada berfungsi sebagai alat penting dalam meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk saat itu juga.

Hubungan Penting dalam Social Commerce
Social Commerce dilakukan melalui serangkaian rekomendasi produk dan membangun hubungan melalui interaksi pelanggan, setelah semua media sosial mendorong hubungan yang melahirkan kepercayaan yang memungkinkan perdagangan sosial. Menggunakan situs seperti Facebook dan Twitter, bisnis menyiapkan produk atau layanannya untuk ulasan atau peringkat. Melalui sistem ini maka akan dihasilkan umpan balik tentang produknya dan pada gilirannya akan berperan sebagai sebagai saran ‘terpercaya’ kepada klien baru. Ketika klien melihat bahwa orang lain menggunakan produk / layanan dan mendapat manfaat darinya, mereka didorong untuk membeli produk tersebut. Karena perdagangan melalui media sosial merupakan perpanjangan dari e-commerce, produk dapat dibeli secara online.

Berdagang melalui Facebook
Dalam hal perdagangan melalui Facebook atau perdagangan melalui situs lain, ini maksudnya adalah bahwa produk dijual menggunakan situs tersebut. Ada fasilitas keranjang belanja yang tersedia yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk di sana dan kemudian dari situs tanpa harus mengunjungi situs lain. Facebook misalnya menggunakan Facebook Open Graph yang memungkinkan perdagangan barang dilakukan dengan menggunakan Facebook. Untuk membantu bisnis, situs ini juga memperkenalkan alat seperti bingkai I yang memungkinkan bisnis mempelajari lebih lanjut tentang klien mereka. Ada banyak bisnis yang saat ini menggunakan layanan ini dan mendapatkan keuntungan darinya. Ada lebih banyak perusahaan yang mengambil konsep ini dan dari kelihatannya perdagangan sosial akan semakin berkembang karena perusahaan menyadari fakta bahwa ia memiliki banyak potensi. Facebook marketing merupakan potensi yang sangat memungkinkan untuk dapat dikembangkan demi mencapai tujuan bisnis yang meng-global.

MANFAAT POS DISPLAY DI TOKO ANDA

Hits: 41

POS Display adalah singkatan dari Point of Sale Display. Secara harfiah POS Display memiliki arti ‘titik penjualan’.POS Display merupakan bentuk promosi penjualan berupa end of gondola, counter display, atau floor standing. POS Display biasa ditemukan di area kasir ataupun area-area strategis lainnya di suatu toko atau pusat perbelanjaan, misalnya di dekat pintu masuk toko, Tampilan POS Display biasanya sangat menarik dan tentunya berperan penting dalam meningkatkan impulse buying customer, serta tentu dapat meningkatkan penjualan toko. Berikut adalah manfaat POS Display di toko anda yang penting untuk anda cermati dan bisa anda praktekan.

POS Display dapat Menarik Perhatian pembeli

Calon pembeli biasanya sering berjalan-jalan melewati lorong-lorong untuk mencari produk yang diinginkan. Kemasan suatu produk saja belum tentu cukup bisa mengesankan calon pembeli tersebut untuk akhirnya memtuskan untuk membeli barang. Untuk alasan itu, penjual sekarang menggunakan POS Display untuk menarik perhatian pengunjung toko.

POS Display menawarkan Banyak ruang untuk Branding

Manfaat lain dari POS Display ini adalah membantu memudahkan pembeli Anda untuk mengenali merek suatu produk. Jika anda pemilik toko dan sekaligus juga pemilik brand suatu produk, maka POS Display akan menawarkan banyak ruang untuk branding selain juga memberi Anda kesempatan untuk mendidik pembeli. Selain itu, dengan POS Display, maka dapat ditambahkan informasi atau tulisan menarik yang memberikan informasi tambahan tentang produk tersebut.

POS Display membantu Menemukan Produk Yang Dicari

POS Display dapat dipasang di ujung rak toko. Oleh karena itu, walaupun suatu produk disimpan di pojok toko, dengan adanya POS Display, maka produk tersebut akan tetap dapat mudah untuk ditemukan.

POS Display adalah alat Bantu untuk Memasarkan Produk

Perjuangan umum untuk merek adalah memastikan bahwa produk dapat dipasarkan secara efektif di toko ritel. Ini dibatasi oleh seberapa baik toko memahami merek suatu produk. Dengan adanya POS Display, maka toko dapat menentukan dengan tepat bagaimana suatu produk diiklankan di dalam toko. Tentu saja ini adalah strategi marketing yang murah dan menghemat banyak tenaga.

POS Display bisa Menghemat Biaya Promosi

Mengiklankan suatu produk di berbagai platform tentu memerlukan banyak uang. Dengan POS Display, maka suatu merek dagang dapat dikomunikasikan ke calon pembeli dengan biaya yang efektif. Bahkan bukan hanya merek dagang, suatu aplikasi resep masakan sedap dan sehat pun dapat diiklankan dengan menggunakan POS Display.

POS Display Menargetkan Impulse Buying Customers

POS Display dapat berfungsi untuk menarik pelanggan agar membeli suatu produk walau pada awalnya pengunjung tidak ada rencana untuk membelinya. POS display yang menarik akan memicu pengunjung untuk menciptakan Impulse Buying.

Itulah Manfaat POS Display di Toko anda. Jadi, jika suatu produsen menawarkan POS Display untuk dipajang di toko anda, maka jangan di tolak. Terima saja, dan pajang POS Display tersebut di tempat yang strategis. Jika laku banyak, tentu toko anda pun akan mendapatkan bonus penjualan. Jika anda adalah produsen suatu barang, maka mulai saat ini cobalah untuk membuat POS Display yang menarik, dan titipkan POS Display tersebut di toko-toko yang menurut anda cocok atau siapkan untuk POS Display tersebut untuk menghiasi booth pameran produk yang akan anda ikuti.

Self Employed di Bidang Bisnis Online

Hits: 90

Self Employed adalah orang yang bekerja tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu. Karena tidak terikat dengan perusahaan atau institusi tertentu, maka mereka mendapatkan uang sesuai dengan kerja keras mereka sendiri. Dalam istilah kerennya, seorang self employed adalah seorang wirausaha atau seorang entrepreneur. Banyak tidaknya mereka mendapatkan uang adalah sesuai dengan kerja keras mereka dan upaya mereka sendiri dalam membangun sumber rejekinya. Self employed sudah ada sejak dulu, akan tetapi self emloyed di bidang bisnis online baru mulai marak di era sekarang ini, atau yang disebut dengan era millenial.

Self employed di bidang bisnis online telah menjadi topik yang cukup trending semenjak perkembangan teknologi informasi semakin maju dan praktis, dan bisnis online menjadi pilihan utama bagi para calon pengusaha. Mengapa? Karena pendapatan di bisnis online bisa sangat menjanjikan. Pendapatan di bisnis online relatif tidak terpengaruh secara negatif oleh resesi ekonomi yang lesu dan menawarkan keamanan kerja. Banyak model self employed di bisnis online, mulai dari menjadi youtuber, pedagang e-commerce, atau bahkan menjadi developer aplikasi.

Sebuah bisnis online jauh lebih mudah untuk dimulai karena berbiaya rendah dalam memulainya. Banyak pebisnis online yang sukses bahkan telah membangun bisnis mereka dengan praktis tanpa biaya, mereka hanya mengandalkan waktu yang mereka mliki untuk mebangun platform bisnis online mereka. Youtuber membuat konten, penjual e-commerce memulai dengan menjadi dropshipper, Developer memulai dengan membuat aplikasi yang mereka sukai mereka. Dan mereka akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di aplikasi. Sama seperti Youtube. Jika anda memiliki blog atau website, maksimalkan blog anda untuk menjadi sumber pendapatan pasif dengan mendaftarkan blog atau website anda di Adsterra. Klik disini untuk bergabung dan melihat model bisnis adsterra.

Tujuan utama Anda dalam bisnis online atau bisnis apa pun adalah menghasilkan penjualan. Agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda harus mempromosikan produk atau layanan Anda ke audiens yang ditargetkan. Bisnis online yang sukses mengikuti rencana tindakan strategis. Tidak diragukan lagi, ide-ide hebat akan sering muncul ke permukaan saat menjalankan bisnis online Anda Di sinilah Anda perlu melatih kedisiplinan. Alih-alih mengejar setiap pikiran yang muncul di benak, cukup letakkan semua ide hebat Anda di buku catatan dan simpan untuk proyek masa depan.. Ini akan membuat segalanya lebih lancar dan Anda akan tetap berada di jalur sukses tanpa gangguan. Ini adalah praktik umum di kalangan pemasar berpengalaman.

Memulai dengan pemasaran afiliasi atau menjadi dropshipper dalam bisnis online mungkin merupakan metode termudah untuk menghasilkan pendapatan online. Ada banyak program afiliasi yang dapat Anda ikuti, seperti afiliasi involve.asia. Anda mulai menghasilkan uang segera dengan mempromosikan produk atau layanan orang lain. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk menjadi self employed dibisnis online. Sebagai afiliasi, tugas Anda membantu orang lain untuk mencari apa yang mereka cari. Dan ketika pembelian dilakukan, maka ANDA AKAN MENDAPATKAN INSENTIF!!! Semua dari produk atau jasa orang lain…

Pun demikian halnya dengan menjadi seorang dropshipper. Anda tidak perlu memiliki produk atau membeli produk sebagai modal untuk dijual kembali ke konsumen anda. Cukup dengan mengambil foto-foto produk milik orang lain, kemudian posting di blog anda atau aplikasi e-commerce. Ketika terjadi pembelian, maka tentu anda akan mendapatkan keuntungan. Anda pasti pernah mendengar bahwa “Kalau memulai bisnis itu harus punya modal” Nah itu adalah pernyataan yang tidak relevan untuk di bisnis online. Di bisnis online, jika anda cerdik, dan pandai melihat peluang, maka anda tidak perlu modal uang sama sekali untuk memulai menjadi self employed di bisnis onlen. Self employed di bidang bisnis online, anda tidak perlu modal, namun anda haru mau mengorbankan waktu anda untuk beristirahat. Karena di bisnis online, modal anda adalah waktu.

5 PLATFORM MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA. PILIH SALAH SATU ATAU GUNAKAN SEMUANYA

Hits: 123

Pemasaran Media Sosial atau marketing medsos adalah proses mendapatkan perhatian dan lalu lintas web atau traffic web melalui situs media sosial. Dalam proses ini, konten kreatif berupaya menjangkau massa atau target pemasaran melalui penciptaan publisitas dari suatu konten yang dipasang di platform media sosial. Pada intinya, setiap konten kreatif harus memahami tujuan, produk, layanan, dan alasan untuk mempromosikan melalui World Wide Web. Dunia Media Sosial saat ini sudah lebih luas dari sebelumnya. Media sosial adalah platform pemasaran yang sangat strategis yang menjangkau berbagai budaya, usia, agama, jenis kelamin, lokasi, minat dan semacamnya. Oleh karena itu media sosial merupakan alat yang sangat bagus dan dapat diandalkan untuk menjangkau dan menargetkan audiens di seluruh dunia. Berikut adalah berbagai platform dasar media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan marketing sosial media atau marketing medsos. Berikut adalah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Facebook
Jika Anda sudah menjadi pengguna Facebook, ini mungkin bukan hal baru bagi Anda, tetapi yang harus anda tahu, sebetulnya ada banyak fitur di Facebook yang dapat digunakan untuk marketing medsos. Anda dapat membuat halaman bisnis khusus dan berinteraksi secara langsung, dan gratis, dengan pelanggan Anda. Anda dapat mengunggah gambar, produk, dan bahkan mengirimkan link youtube channel anda melalui Facebook ini. Dengan Facebook anda dapat membagikan produk Anda ke teman-teman atau grup yang anda ikuti atau grup Facebook yang anda buat. Orang-orang membuka Facebook, dalam situasi apa pun, baik saat bepergian, di taman, di rumah, di sekolah, atau saat waktu luang di tempat kerja. Anda hadir disana di sana dengan cara mempromosikan produk anda apapun itu produknya, baik jasa, produk fisik, channel youtube, hingga bahkan blog andalan anda di Facebook. Intinya anda mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Blog
Blog adalah cara mudah bagi orang untuk berkomunikasi secara semi-profesional dalam hal konten tulisan. Pada menulis di blog, konten yang berkualitas dan judul yang menarik merupakan kunci untuk menarik mnat pembaca. Ada banyak CMS (Content Management Service) Layanan Manajemen Konten untuk blogging, di antaranya adalah Blogspot, WordPress dan Tumblr. Jika anda rajin menulis, dan kebetulan memiliki produk, maka Blog bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk anda di Medsos.

Twitter
Twitter adalah alat marketing medsos dengan cara membuat pesan dengan maksimum isi tulisan sebanyak 140 karakter. Melalui pesan tulisan ini, pengikut atau disebut dengan followers dapat membaca dan melihat isi pesan anda kapan saja di news feed merek a. melalui Twitter, para pengguna dapat membicarakan suatu Tweet, berinteraksi langsung, atau memulai percakapan baru. Jika anda suka membuat pantun, atau pandai merangkai kata-kata yang singkat namun berisi, maka Twitter bisa menjadi alat untuk marketing Medsos produk anda.

Linkedin
Linkedin mungkin platform media sosial yang tidak begitu populer bagi kalangan orang umum, namun bagi para profesional, atau pegawai kantoran, platform ini merupakan alat yang sangat strategis untuk melakukan marketing medsos. Jika di Facebook dan Twitter seseorang mengikuti siapa pun yang mereka minati untuk sekadar bersosialisasi serta bisnis dan perusahaan, maka Linkedin dimaksudkan untuk lebih fokus pada profesionalisme di media sosial.

Di Linkedin, Anda dapat menjadi bagian dari orang yang mencari pekerjaan/layanan, atau bagian dari perusahaan yang menawarkan pekerjaan/layanan. Dengan demikian, Anda dapat membuat profil pribadi dengan informasi profesional Anda, studi, informasi kontak, minat, sertifikasi, identifikasi, dll. Di Linkedin, anda dapat membuat halaman bisnis dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di Facebook atau Twitter. Dengan tujuan marketing Medsos, anda dapat membagikan informasi tentang merek, layanan, produk, jati diri anda melalui platform ini. jika anda memiliki keahlian tertentu dan menyasar target para profesional untuk mengenal kemampuan anda, maka Pergunakan Linkedin dan lengkapi profilnya dengan sebenar-benarnya.

Youtube
YouTube adalah platform yang sangat menarik saat ini dimana berii video-video yang dibuat oleh apa yang disebut dengan konten kreator Youtube. Saat ini hampir dipastikan semua orang menonton video di Youtube. Jika seseorang menyukai suatu video, maka orang tersebut akan menjadi pelanggan channel video tersebut dengan cara melakukan klik subscribe. Seperti misalnya jika seseorang menyukai konten video belajar bidang kelautan dan perikanan, maka mereka akan menjadi pelanggan Yusep Channel. Dengan menjadi pelanggan, maka mereka akan selalu mendapatkan informasi mengenai kehadiran video terbaru dari cannel tersebut.

melalui Youtube, Peluang produk Anda untuk dilihat sangat besar dan Anda juga bisa membuat orang berlangganan di Saluran Youtube Anda, Saluran Youtube atau Channel Youtube adalah ruang YouTube Anda sendiri tempat Anda mengunggah video Anda. Beberapa orang merasa jauh lebih menarik dan lebih mudah untuk menonton video daripada membaca suatu artikel di blog. Oleh karena itu, channel youtube bisa dimanfaatkan untuk promosi atau memasarkan produk anda melalui upload video yang menarik. Sebagai contoh, Jika Anda ingin mempromosikan suatu pakaian, Anda dapat mengunggah video berupa tayangan orang-orang yang menggunakan pakaian Anda. dan pada akhir video, anda dapat mengarahkan orang ke situs bisnis utama Anda. untuk semakin memperbesar target pemasaran anda, maka anda dapat meminta penonton untuk merekomendasikan dan membagikan video Anda ke orang lain. Demikianlah 5 Platform Media Sosial untuk promosi Bisnis Anda. Pilih Salah Satu atau Gunakan Semuanya.

Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

Hits: 218

Facebook telah menjadi platform periklanan dan promosi paling populer untuk semua jenis bisnis. Apakah anda adalah seorang pemula atau pemilik bisnis yang sudah mapan, dengan Halaman Facebook, Anda dapat menjangkau audiens ssecara maksimum dan dapat menargetkan mereka secara efektif. Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengiklankan situs web dan halaman web Anda sehingga dapat meningkatkan lebih banyak traffic pengunjung dan sebagai hasilnya, penjualan Anda akan meningkat. Berikut adalah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM

1. Pahami Pemasaran Facebook Terlebih Dahulu

Sebelum melompat ke platform ini untuk mengiklankan Halaman bisnis Facebook Anda, Anda perlu memahami bahwa Halaman bisnis Facebook Anda sangatlah penting untuk situs web Anda, dan Anda harus meletakkan semua informasi tentang situs Anda di Facebook. Gunakan kata kunci strategis untuk mengoptimalkan halaman bisnis Facebook Anda. Dengan Kata Kunci dan informasi yang tepat, Google juga akan menampilkan hasil yang diinginkan pengunjung. Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic organik melalui Penelusuran Google.

2. Buat Halaman Bisnis Facebook yang Cocok

Halaman Facebook untuk bisnis yang berbeda dengan halaman facebook pada umumnya akan mengoptimalkan target promosi anda. dan untuk alasan itu, Anda harus memilih Halaman Facebook yang tepat untuk bisnis Anda. Anda harus memilih halaman Facebook mana yang sesuai dengan merk bisnis anda. Apakah halaman facebook anda merupakan Bisnis atau Tempat Lokal, Perusahaan Pribadi, merek atau produk, Hiburan, Komunitas, atau figure personal. Dari halaman di atas tersebut, Anda akan dapat memilih halaman yang sesuai untuk bisnis lokal Anda. Karena bisnis lokal memiliki lokasinya, Anda perlu mengatur lokasi bisnis Anda dan dengan cara ini Anda dapat mengoptimalkannya. Tab halaman lokasi akan menunjukkan banyak bagian untuk diisi dengan benar. Anda perlu menambahkan informasi tersebut ke Halaman Facebook. Profil Facebook berbasis lokasi akan meminta Anda untuk memasukkan Nama, Alamat, Nomor Telepon, Nama Pengguna, Kategori, Alamat Situs Web, Email, dan Tentang. Isi dengan benar, dan sekali lagi fokus kepada kata kunci.

3. Cantumkan Jam Kerja dengan akurat

Sama seperti cantuman Google Bisnis, Anda perlu mengatur Jam Kerja secara akurat di halaman facebook. Jika Anda baru saja mengubah jam kerja, Anda perlu memperbaruinya, dan itu sama pentingnya untuk menjaga agar pengunjung dan pengguna tetap terbarui. Facebook tidak mengizinkan Anda untuk menyesuaikan jam kerja untuk liburan dan festival lainnya dan untuk alasan itu, Anda harus fokus untuk memanfaatkan Postingan Facebook. Anda dapat membuat pengguna Anda memahami tentang jam kerja pada hari libur melalui Postingan Facebook di halaman Anda.

4. Pilih Nama Pengguna yang sesuai

URL yang ramah pengguna akan membantu pengguna dan mesin pencari untuk menemukan halaman anda dengan cepat. Nama Pengguna yang singkat dan tepat di halaman Facebook Anda memudahkan pengguna untuk menemukan halaman Facebook Anda hanya dengan mencari di web. Jika anda menemukan tautan halaman bisnis Facebook Andaterkesan ganjil, Anda perlu mengubah Nama Pengguna dengan mengunjungi opsi Pengaturan. Anda hanya akan diizinkan untuk menyesuaikan Nama Pengguna setelah Anda memiliki beberapa like di halaman Facebook Anda.

5. Buat Profil yang menarik dengan Gambar dan video

Pastikan Anda telah mendesain halaman bisnis Anda dengan baik di Facebook dengan Gambar yang menarik. Sama seperti Profil Facebook Anda sendiri, Anda juga dapat menempatkan Gambar Sampul di halaman merek Facebook Anda. Facebook baru-baru ini mengubah area halaman sampul, dan sekarang, Anda dapat mengunggah video di bagian ini seperti situs web yang disesuaikan.

6. Kelola Ulasan dan Komentar

Hal ini memungkinkan pengunjung dan pengguna untuk meletakkan ulasan mereka dengan peringkat. Mereka juga dapat meninggalkan komentar mereka. Anda harus mendorong pengunjung Anda untuk memberikan ulasan tentang pelayanan anda terhadap pelanggan, dan informasi mereka ini yang tercantum di halaman akan membangun kesan yang baik pada pengunjung masa depan.

Demikianlah Cara Mengoptimalkan Halaman Facebook Anda untuk UMKM. Semoga bermanfaat, dan ..semoga sukses.

TIPS UNTUK MEMBANTU PEMASARAN ANDA DAN DITERAPKAN SECARA KONSISTEN

Hits: 151

Apakah Anda menemukan bahwa upaya pemasaran Anda serampangan dan di mana-mana? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Konsistensi adalah salah satu area di mana pengusaha sering mengalami kesulitan paling besar. Ini adalah area yang harus diperhatikan dengan cermat, karena untuk mengembangkan bisnis dan pendapatan Anda, Anda perlu secara konsisten terhubung dengan orang-orang yang sudah mencari apa yang Anda tawarkan. Berfokus hanya pada BEBERAPA strategi pemasaran utama dalam satu waktu dijamin akan memberi Anda hasil yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten :


• Jadwalkan waktu untuk pemasaran SETIAP hari dan SETIAP minggu: Saya tahu ini terdengar sederhana tetapi jangan abaikan! Anda mungkin memiliki setidaknya satu janji temu berulang di kalender Anda setiap minggu, baik itu untuk bisnis atau kehidupan pribadi Anda. Anda menepati janji itu setiap minggu karena itu penting bagi Anda dan melihat manfaatnya. Anda harus memiliki pendekatan yang sama untuk pemasaran Anda. Anda tidak bisa membiarkannya kebetulan. Bahkan jika Anda hanya menghabiskan 30 menit sehari dengan fokus mengambil tindakan spesifik untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam keuntungan Anda.

• Lakukan pemasaran Anda PERTAMA: Bagaimana Anda memulai hari Anda? Apakah Anda memiliki kebiasaan memulai setiap hari dengan membaca email? Ide buruk. Itu menarik Anda langsung ke mode reaktif; melakukan apa yang orang lain perlu Anda lakukan dan ingin Anda lakukan. Tentu saja, pasti ada tempat untuk itu. Anda memang perlu menyisihkan waktu untuk menanggapi pesan yang Anda terima. Namun, Anda tidak harus MEMULAI hari Anda dalam mode itu. Pilih sebagai gantinya untuk memulai hari Anda dengan aktivitas pemasaran. Perbarui blog Anda. Tindak lanjut dengan calon klien. Tulis buletin email Anda. Perbarui profil media sosial Anda. Apa pun aktivitasnya, Anda memulai hari dengan fokus pada pertumbuhan. Anda akan mulai melihat hasil langsung dari upaya konsisten Anda.

• Kerjakan rencana Anda: Salah satu alasan banyak pengusaha kesulitan dengan pemasaran mereka adalah karena mereka mencoba melakukan terlalu banyak dan tidak tahu harus mulai dari mana terlebih dahulu. Ketika Anda mengikuti sebuah rencana, Anda akan menjaga diri Anda dari membuang-buang waktu dan uang untuk strategi yang tidak sesuai dengan Anda. Anda akan secara konsisten menikmati hasil yang lebih baik (yaitu: lebih banyak keuntungan!) karena Anda mengambil tindakan yang terfokus.

• Bertanggung jawab pada diri sendiri: Dibiarkan dengan perangkat kita sendiri, TIDAK ADA dari kita yang akan tetap fokus pada tujuan kita seperti yang kita inginkan. Kami terus-menerus dibanjiri dengan informasi, peluang, dan gangguan baru setiap hari. Dan sangat mudah untuk terkelupas pada diri kita sendiri. Jadi sangat penting bahwa Anda membuat sistem akuntabilitas untuk diri sendiri. Inilah yang membuat pelatihan pemasaran begitu kuat. Anda memiliki seorang mentor, yang telah berjalan dengan sepatu Anda, untuk membantu Anda menyusun strategi, berpegang teguh pada janji yang Anda buat, dan membantu Anda mengatasi alasan Anda dan menghilangkan di mana Anda berdiri dengan cara Anda sendiri. Berinvestasi pada pelatih yang tepat adalah investasi TERBAIK yang dapat Anda lakukan di DIRI SENDIRI. Ketika Anda muncul sepenuhnya dan melakukan pekerjaan, berinvestasi dalam pembinaan selalu, selalu membayar untuk dirinya sendiri! Tidak ada pengusaha yang harus tanpa pelatih atau mentor dan itu termasuk Anda.
Anda tidak perlu merombak seluruh operasi Anda untuk mengatur dan mulai memasarkan bisnis Anda secara konsisten. Dengan beberapa tweak sederhana dan usaha yang konsisten Anda AKAN mendapatkan hasil! Jadwalkan waktu untuk pemasaran setiap hari, mulai hari libur Anda dengan memasarkan bisnis Anda, kerjakan rencana Anda, dan ciptakan akuntabilitas untuk diri Anda sendiri. Dalam waktu singkat, Anda akan mulai melihat peningkatan visibilitas, klien, dan pendapatan!
Tips mana yang akan Anda terapkan terlebih dahulu? Demikianlah tips untuk membantu pemasaran Anda dan diterapkan secara konsisten.